Kisi-Kisi Soal SPK UTS 2012

2
KISI-KISI Soal: 1. Menurut Simon, pengambilan keputusan manajerial sinonim dengan proses keseluruhan dari manajemen, sebut dan jelaskan fase- fase pada proses pengambilan keputusan tersebut? Jawab : Proses Pengambilan keputusan merupakan kontiunum yang terentang dari keputusan Terstrukstur s/d Tidak Terstruktur Proses Pengambilan Keputusan dengan proses 3 fase a. Inteligensi (mencari kondisi-kondisi yang memerlukan keputusan) b. Desain (Menanam, mengembangkan, dan menganalisis tindakan yang mungkin diambil) c. Pilihan (memilih satu tindakan dari pilihan yang tersedia) 2. Mengapa manajemen sering disamakan dengan pengambilan keputusan? Dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan? Jawab : 3. Jelaskan secara singkat apa itu keputusan terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur. Jawab : 4. Berikan dua definisi dari DSS dari yang sudah ada. Apa yang umumnya ada pada definisi tersebut? Dan coba berikan definisi Anda sendiri mengenai DSS? 5. Sebut dan jelaskan komponen utama dari DSS dan jelaskan dengan singkat masing-masing komponen tersebut? 6. Model-model diklasifikasikan sebagai model strategis, taktis, dan operasional. Apa tujuan dari klasifikasi tersebut? Berikan contohnya (Universitas, Rumah Sakit, Restoran dll) 7. Adaptable and flexible, Modelling and Analysis serta interactive easy of use adalah beberapa karakteristik dari sebuah sistem pendukung keputusan, Jelaskan! 8. Sebutkan dan jelaskan salah satu contoh kasus DSS dalam aplikasi nyata di suatu institusi atau perusahaan dan jelaskan manfaat metode yang di gunakan!

Transcript of Kisi-Kisi Soal SPK UTS 2012

Page 1: Kisi-Kisi Soal SPK UTS 2012

KISI-KISI Soal:

1. Menurut Simon, pengambilan keputusan manajerial sinonim dengan proses keseluruhan dari manajemen, sebut dan jelaskan fase-fase pada proses pengambilan keputusan tersebut?Jawab :Proses Pengambilan keputusan merupakan kontiunum yang terentang dari keputusan Terstrukstur s/d Tidak TerstrukturProses Pengambilan Keputusan dengan proses 3 fase

a. Inteligensi (mencari kondisi-kondisi yang memerlukan keputusan)b. Desain (Menanam, mengembangkan, dan menganalisis tindakan yang mungkin

diambil)c. Pilihan (memilih satu tindakan dari pilihan yang tersedia)

2. Mengapa manajemen sering disamakan dengan pengambilan keputusan? Dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan?Jawab :

3. Jelaskan secara singkat apa itu keputusan terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur.Jawab :

4. Berikan dua definisi dari DSS dari yang sudah ada. Apa yang umumnya ada pada definisi tersebut? Dan coba berikan definisi Anda sendiri mengenai DSS?

5. Sebut dan jelaskan komponen utama dari DSS dan jelaskan dengan singkat masing-masing komponen tersebut?

6. Model-model diklasifikasikan sebagai model strategis, taktis, dan operasional. Apa tujuan dari klasifikasi tersebut? Berikan contohnya (Universitas, Rumah Sakit, Restoran dll)

7. Adaptable and flexible, Modelling and Analysis serta interactive easy of use adalah beberapa karakteristik dari sebuah sistem pendukung keputusan, Jelaskan!

8. Sebutkan dan jelaskan salah satu contoh kasus DSS dalam aplikasi nyata di suatu institusi atau perusahaan dan jelaskan manfaat metode yang di gunakan!

9. Apa itu manajemen basis model? Dan bedakan antara model statis dan model dinamis? 10. Sistem DSS pada umumnya didasarkan pada data yang diorganisai dalam data warehouse,

Apa yang anda ketahui tentang data warehouse dan data mining?11. Produktivitas sering diukur dengan rasio antara output dan input. Bagaimana anda akan

mengukur produktivitas dari a. Tenaga Penjualb. Mahasiswa

12. Ada perbedaan antara Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Pendukung Keputusan, Jelaskan Perbedaan khusus antara Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Sistem Pendukung Keputusan.

13. Berikan contoh Penerapan DSS dalam Manajemen Akademik yang bisa dikembangkan. 14. Manajemen Model, Manajemen Database dan Manajemen Dialog adalah beberapa

komponan pembentuk Ssstem Pendukung Keputusan, Jelaskan dengan lengkap masing-masing komponen tersebut?

Page 2: Kisi-Kisi Soal SPK UTS 2012

15. Dapatkah anda mengidentifikasi teknologi-teknologi yang akan datang yang dapat digunakan dalam Management Support System?