Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses

download Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses

of 6

  • date post

    06-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    68
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Freshasan

Transcript of Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses

KISAH INSPIRATIF PENGUSAHA SUKSES

KISAH INSPIRATIF PENGUSAHA SUKSES

Hasanuddin Hady Kusuma

wirausaha tidak dimulai dari keturunan akan tetapi dimulai dari diri sendiri

Di sudut kota Semarang, tepatnya Tembalang , terdapat sebuah kedai sop buah yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa maupun masyarakat luas. Pemilik nya adalah tak lain alumni Mahasiswa FEB UNDIP 2010 yaitu Hasanuddin Hady Kusuma atau lebih dikenal dengan sapaan Mas Hasan. Kedai yang memiliki konsep kualitas cafe haga mahasiswa ini telah tersebar di kota-kota besar di pulau Jawa. Selain kota Semarang,Saat ini usaha freshasan telah merambah kota Jakarta maupun malang. Terobosan telah dilakukan melalui media sosial maupun menciptakan menu-menu baru. Dengan keuletannya dan rasa pantang menyerah dari Seorang Mas hasan, kini ia menjadi Entrepeuner muda yang menginspirasi banyak orang. Tak hanya omsetnya yang setiap bulannya semakin meningkat dan mulai membuka cabang-cabang baru di kota-kota besar lainnya, namun Mas Hasan telah di kenal banyak orang, dengan seringnya ia diundang sebagai pembicara di Semarang maupun luar Kota Semarang.

Kedai Freshasan yang didirikan sejak 11 juli 2012, awalnya hanya sebuah kedai kecil dengan sebuah gerobak di wilayah bunderan UNDIP, kini usahanya telah berbuah manis. Namun sebelum kesuksekan yang di raihnya saat ini, Mas Hasan telah banyak mengalami jatuh bangun dalam menjalankan usahanya agar tetap bisa berlanjut dan melakukan berbagai usaha yang telah dirintis agar tidak gulung tikar. Dengan kesuksesan yang saat ini diraih tidak menutup kemungkinan beliau dalam menjalankan usahanya senantiasa gigih, pantang menyerah tidak putus asa, berjiwa pekerja keras, menyukai tantangan dan mampu mengatasi tantangan yang ada dengan ikhlas. Selain itu dalam meningkatkan kualitas sop buahnya dengan melakukan terobosan melalu media sosial dan inovasi menu-menu yang di tawarkan.

Awal mulainya berdirinya sebuah usaha yang bernama Freshasan adalah niat mas hasan yang berkinginan mandiri dengan usahanya sendiri. ia berfik bahwa kuliah selama 3 tahun setelah itu lulus mendapatkan hasil dari ilmu yan telah didapat dari kampus dan ingin menaikan haji kedua orang tuanya. Hal tersebut berlanjut pada acara seminar yang diadakan AISEC tentang entreprenuership beliau terinspirasi pada salah satu pembicara yang merupakan usahawan yang cukup sukses. Perlu juga seorang pengusahawan memiliki tokoh pengusaha yang sukses, karena dapat menjadi suntikan motivasi untuk selalu semangat dan tidak kenal kata menyerah. Salah satu tokoh pengusaha yang menjadi idola Mas Hasan adalah Khoirul Tanjung. Khoirul Tanjung tersebut merupakan seorang dokter tetapi beliau dapat menjadi pengusaha yang sukses dan memiliki berbagai perusahaan. Lalu mulai dari situlah laki-laki yang sering dipanggil Hasan itu mulai tertarik pada dunia usaha didukung juga dengan pembelajaran yang telah didapatkan dari perkuliahan beliau mengetahui ilmu tentang berwirausaha namun apa gunanya apabila kita mengatahui ilmunya tapi tidak dapat langsung mempraktekan pada kehidupan sehari-hari. Beliau bersunggung-sungguh untuk melakukan sebuah kegiatan berwirausaha dengan tekad dan kegigihan.Beliau berencana sebelum membuka usaha beliau terlebih dahulu meminta restu orang tua. Namun setiap hasil dari rencana yang ingin dilakukan tidak semua hasil rencanakan terpenuhi. Pada awalnya orang tua Mas Hasan tidak menyetuji untuk membuka usaha. Tujuan utama Mas Hasan disekolahkan jauh-jauh dari Jakarta ke Semarang untuk bersungguh-sunggu menempuh pendidikan dan mendapatkan nilai yang baik. Sehingga pada akhirnya ia dapat bekerja menjadi pegawai. Dan kedua orang tua beliau takut nantinya tidak bisa fokus pada kuliahnya namun akan mementingkan usaha yang akan dirintis. Namun anggapan tersebut dapat patahkan dengan menunjukan IP yang telah diraih. Sehingga saat ini orang tuanya menyetujui apa yang telah menjadi pilihan Mas Hasan.

Tidak salah jika seorang mas Hasan menginginkan untuk berusaha kerena sejak kecil beliau hidup dengan kedua orang tua yang bermata pencaharian sebagai pengusaha sehingga secara tidak langsung sudah memiliki ilmu bagaimana cara berwirausaha dengan baik. Lewat seorang teman yang pintar beragama beliau di beri video yang berisikan sebuah kisah-kisah inspiratif dari kenyataan hidup seseorang yang sebelumnya melukan perbuatan mendekati zina tetapi dia susah untuk mendapatkan rezeki. Setelah menonton video tersebut beliau makin mantap dalam menjalankan usaha sop buah.

Setelah berjuang mencari bantuan kesana kemari akhirnya mas Hasan mendapatkan tempat berjualan didekat bundaran Undip. Pemilik lapak tersebut adalah bapak kos dari mas Hasan sendiri. Di saat perundingan bapak kos sempat menanyakan ke mas Hasan Apa yang akan ia di tempat itu. Dan saat itu mas Hasan masih bingung ingin berjualan apa. Tiba-tiba beliau mampunyai ide untuk berjualan Sop Buah. Lalu bapak kos tersebut juga menyakan kembali tentang tujuan usaha yang akan dimualinya tersebut. Namun mas Hasan langsung menjawab jika ia suka buang-buahan, kemudian cuaca Semarang yang panas, apalagi masih jarang yang menjual sop buah, akan menjadi usaha yang menjajikan. Selain itu ia berniat ingin menyediakan gizi untuk masyarakat terpenuhi.Ia ingin mendapatkan uang sendiri dari hasil kerja keringat sendiri yang akan membuatnya merasa lebih berarti daripada terus meminta uang kepada orang tua.

Namun masih ada kendala lagi dalam menyewa tempat berjualan yaitu modal karena saat itu mas Hasan belum mempunyai uang untuk membayar sewa tempat tersebut. Beruntungnya bapak kos mas Hasan berbaik hati untuk tidak dulu membayar sewa, membayar sewanya bisa kapan pun dibayar saat usahanya itu sudah berjalan. Ia berusaha mendapatkan modal untuk usahanya. Usaha yang dilakukan mas Hasan Saat itu dengan menggunakan uang tabungan nya yang telah dikumpulkan saat di bangku sekolah dengan usaha kecil-kecilan dengan menerima pesanan baju dari teman sekolahnya. Dengan kegigihannya, ia terus meminta restu kepada orang tuanya. Jiwa Pantang menyerah dan tidak mudah putus asa, akhirnya terbalas dengan Orang tua mas Hasan merestui usahanya dan memberikan investasi berupa modal untuk memulai usaha tersebut.

Asal mula kata freshasan, ia pertama kali mendapatkan ide dari seorang temannya di AISEC yang juga seorang pengusaha yang sukses. Apa arti dari freshasan tersebut adalah kata fres yang diambil dari bahasa Inggris yang berarti segar, kata hasan adalah nama nya sendiri tetapi juga memiliki makna tersendiri yang diambil dari bahasa Arab yang berarti baik. Dapat disimpulkan arti keseluruhan dari FRESHASAN adalah kesegaran baik dalam setiap buah yang dijual. Disamping itu juga ada tanda titik yang menandakan tujuan yang ingin diraih untuk dapat menghajikan kedua orang tuanya.

Kedai yang tak pernah sepi pengunjung ini menghabiskan sekitar 650 sampai 700 porsi tiap minggunya. Jika dihitung keseluruhan di semua outlet bisa terjual totalnya 650-700 porsi. Keinginan Mas Hasan membuka banyak cabang di seluruh Indonesia dilakukannya dengan promosi membawa brosur ketika pergi kemanapun, SMS, BBM, Twitter, beserta radio dengan harapan target bisa tercapai dengan membuka 100 cabang. Untuk motivasi diri Mas Hasan adalah bisa membagi waktu antara kuliah dan bisnis, bisa membantu bagi pemerintah dalam berwirausaha. Setelah berdiri saat ini Mas Hasan sebagaimanagerdenganmelakukan controlling sehingga bisnis usahanya bisa dipertahankan dan dapat lebih maju sehingga omset RP.800.000,00 sampai RP.900.000,00 tiap hari dapat tercapai.

Prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Freshasan ini meliputi sudah pernah masuk di radio-radio Semarang, Sudah pernah masuk tv lokal Semarang, menjadi pembicara seminar nasional fakultas-fakultas di UNDIPmaupun Universitas yang ada di Semarang, finaly youth start up icon @the_markerters dari Semarang, testimoni-testimoni yang dapat diakases di favorite twitter @freshasan. Disetiap kelebihan pasti ada kekurangan yaitu srana dan prasarana yang kurang mendukung namun hal itu dapat ia tutupi dengan kualitas yang ditawarkan.

Sumber : Kartika Cahyaningrum