Kerangka Panduan Tugas Akhir Ssi 250912

download Kerangka Panduan Tugas Akhir Ssi 250912

of 70

Transcript of Kerangka Panduan Tugas Akhir Ssi 250912

PEDOMAN PELAKSANAANTUGAS AKHIR

Untuk :Program Studi Ilmu KomputasiProgram Studi Teknik Fisika

FAKULTAS SAINSINSTITUT TEKNOLOGI TELKOMMARET 2012KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat kepada kita, sehingga pedoman pelaksanaan matakuliah Tugas Akhir ini bisa diselesaikan dalam bentuk buku. Buku pedoman ini dimaksudkan sebagai panduan bagi mahasiswa, administrasi, dosen pembimbing dan sivitas lainnya dari program studi yang ada pada Fakultas Sains dalam menyusun karya ilmiah sebagai Tugas Akhir.

Dalam Buku Pedoman ini, semua format dan tata cara penulisan Tugas Akhirdiuraikan dengan disertai beberapa contoh yang diharapkan membantu dalam penulisan Tugas Akhiryang baik dan benar. Buku pedoman ini telah diupayakan dengan sebaik-baiknya, namun demikian tentu ada beberapa kekurangan di dalamnya. Untuk itu diharapkan koreksi serta masukan dari pembaca. Pada kesempatan yang baik ini, kami ucapkan terima kasih kepada tim penyusun yang telah bekerja keras dalam menyusun buku pedoman ini. Akhir kata, semoga buku pedoman ini memberikan sebesar-besarnya manfaat untuk kita semua. Amin.

Bandung, Oktober 2012 Dekan

Ttd

Suwandi, M.Si94640119-1

DAFTAR ISI

ContentsBAB I Pendahuluan31.1Dasar Hukum31.2Tujuan41.3Definisi42.2Sanksi6PROSEDUR26PELAKSANAAN SEMINAR TA126PENGESAHAN26PROSEDUR32PENDAFTARAN SIDANG TA232PENGESAHAN328.19 Datar Hadir Sidang Akhir379.9 Form Daftar hadir Sidang Tugas Akhir37

BAB I Pendahuluan

1.1 Dasar HukumPedoman Penulisan Tugas Akhir ini disusun dengan berdasarkan:1) Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 16, ayat 1, antara lain berbunyi:"Pendidikan tinggi diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian. (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1989:12).2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam kaitannya dengan penilaian kemajuan belajar mahasiswa, antara lain disebutkan bahwa:"ujian dapat diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi, ujian Tugas Akhir." (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1990:7).3) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Akreditasi Program Studi Sarjana Standar 5, Elemen Penilaian ke-5, bahwa: Sistem pembimbingan tugas akhir (TUGAS AKHIR): ketersediaan panduan, rata-rata mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir, rata-rata jumlah pertemuan/ pembimbingan, kualifikasi akademik dosen pembimbing tugas akhir, dan waktu penyelesaian penulisan..4) Buku Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom tahun 2012 berdasarkan SK Rektor No. KR 095/AKD04/REK.0.1/12 dan Buku Kurikulum Program Studi S1 Teknik Fisika Institut Teknologi Telkom tahun 2012 berdasarkan SK Rektor No. KR 099/AKD04/REK.0.1/12. 5) KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOORDINATOR BIDANGPENGAWASAN PEMBANGUNAN DAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR : 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL DOSEN DAN ANGKA KREDITNYA

1.2 TujuanAdapun tujuan dari penyusunan Pedoman Tugas Akhir adalah:1) Memberikan arahan bagi seluruh sivitas akademika dan pihak lain yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan tugas akhir yaitu Mahasiswa, Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, Pengampu Mata Kuliah, Kelompok Keahlian (KK), Bagian Administrasi Akademik, dan Pihak Luar yang terkait. 2) Memberikan pengertian yang sama mengenai makna dari kegiatan tugas akhir. Dengan demikian diharapkan tidak akan terjadi penafsiran sepihak oleh semua pihak baik dalam pembimbingan, pengujian, dan pelaksanaan Tugas Akhir.

1.3 DefinisiTugas Akhir merupakan kegiatan/upaya untuk menampilkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah, merancang suatu sistem, dan/atau memahami suatu fenomena/kejadian dalam bidang keahliannya, yang diwujudkan dalam bentuk karya tertulis ilmiah.Hasil penyelesaian suatu masalah adalah jawaban atau usulan untuk mengatasi masalah tersebut yang dapat berupa uraian sistematis tentang tatacara yang akan diterapkan, model matematik ataupun fisik yang dibahas/digunakan, atau dapat juga berupa kombinasi-kombinasinya. Kegiatan yang dilakukan mencakup antara lain: Pengidentifikasian masalah. Analisa dan pemilihan metodologi. Desain pemecahan masalah. Realisasi pemecahan masalah tersebut dalam suatu perangkat lunak atau prototipe. Pengkajian atas hasil implementasi. Pembentukan dokumentasi dalam bentuk karya tulis ilmiah, yang merupakan suatu laporan tertulis atas hasil suatu penelitian yang cermat.

1.4 Ruang LingkupPedoman ini wajib digunakan oleh sivitas akademika Fakultas Sains sebagai panduan pelaksanaan tugas akhir.Pedoman ini meliputi mekanisme pelaksanaan Seminar dan Tugas Akhir I dan Tugas Akhir II.

BAB II Kode Etik Penelitian

2.1 Kode EtikKode Etik Penelitian meliputi:1) Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa kuliah, tugas akhir merupakan media pembelajaran untuk mengasah kemampuan menyelesaikan masalah nyata, mengembangkan kreativitas dan melakukan inovasi, oleh karena itu proses ini harus dijalani dengan semangat kejujuran, kerjasama dan saling menghargai.2) Tidak melakukan kecurangan akademik yang meliputi kegiatan:a. Memanipulasi data hasil eksperimen.b. Mengutip pernyataan, formula, data, metode dan hasil penelitian peneliti lain dengan tidak menyebutkan sumbernya.c. Menuliskan suatu artikel atau karya ilmiah yang dibuat orang lain dan diakui sebagai karyanya.3) Dalam hal pelaksanaan Tugas Akhir memerlukan data pendukung yang dimiliki pihak lain, maka ijin tertulis mutlak diperlukan.

SanksiPelanggaran yang berupa kecurangan akademik seperti yang dimaksud pada point 2.1 akan diberikan sanksi akademik yang akan diputuskan oleh Komisi Disiplin.

BAB III Petunjuk Pelaksanaan

Pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan secara bertahap melalui mata kuliah Seminar dan Tugas Akhir Iserta Tugas Akhir II. Seminar dan Tugas Akhir I serta Tugas Akhir II adalah suatu kesatuan, artinya judul Tugas Akhir I harus sama dengan judul Tugas Akhir II.Seminar dan Tugas Akhir IPrasyaratSeminar dan Tugas Akhir I dapat diambil oleh mahasiswa yang telah lulus mata kuliah minimal 100 SKS.

Pemilihan TopikTopik Tugas Akhir I diambil oleh mahasiswa dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:1. Topik atau Judul Tugas Akhir I merupakan bagian dari penelitian Kelompok Keahlian di Fakultas Sains. 2. Topik atau Judul Tugas Akhir I dikeluarkan dan ditetapkan oleh Ketua Kelompok Keahlian di Fakultas Sains.3. Mahasiswa dapat mengajukan Topik atau Judul Tugas Akhir lain, yang berbeda dengan yang dikeluarkan dan ditetapkan olehKetua Kelompok Keahlian, dengan syarat sejalan dengan roadmap penelitian Kelompok Keahlian melalui surat rekomendasi Ketua Kelompok Keahlian.

Pembimbing dan PengujiSelama proses pelaksanaan tugas akhir, mahasiswa harus dibimbing oleh satu Pembimbing atau dua Pembimbing (tim) dengan ketentuan sebagai berikut:a. Minimal 1 (satu) orang Pembimbing harus Dosen tetap Fakultas Sainsb. Pembimbing Tugas Akhir ditetapkan melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Sains IT Telkom.Pembimbing Tugas Akhirdikategorikan menjadi 3, yaitu a. Kualifikasi Pembimbing Tunggal (kategori M): Dosen berpendidikan S3 dengan jabatan akademik minimal Lektor;atau Dosen berpendidikan minimal S2 dengan jabatan akademik minimal Lektor Kepala.b. Kualifikasi Pembimbing I dibantu oleh Pembimbing II (kategori M): Dosen berpendidikan minimal S2 dengan jabatan akademik minimal Asisten Ahli.c. Kualifikasi Pembimbing Kategori B (hanya bisa sebagai Pembimbing II): Dosen berpendidikan minimal S2 tanpa jabatan akademik; atau Profesional (bukan dosen) yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya selama 3 tahun. Curriculum vitae profesional di-review oleh Ketua Kelompok Keahlian.

Tugas dan wewenang Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I: Memberikan arahan tentang rumusan akhir usulan penelitian, sistematika dan materi Tugas Akhir. Menelaah dan memberikan rekomendasi tentang prosedur penelitian yang digunakan. Memberikan persetujuan bahwa proposal Tugas Akhir telah selesai dan diijinkan seminar proposal Tugas Akhir. Memberikan penilaian Tugas Akhir I bersama dengan dosen penguji.

Tugas dan wewenang Pembimbing II: Membantu Pembimbing I dalam menilai dan memperkaya usulan penelitian. Memberikan pertimbangan, tanggapan, dan saran mengenai prosedur penelitian yang digunakan serta sistematikanya. Pada kasus khusus dimana mahasiswa tidak dapat menghubungi Pembimbing I, maka Pembimbing II, atas rekomendasi Pembimbing I, berwenang memberikan persetujuan bahwa proposal Tugas Akhir telah selesai dan diijinkan sidang seminar Tugas Akhir. Pada kasus khusus dimana mahasiswa tidak dapat menghubungi Pembimbing I, maka Pembimbing II, atas rekomendasi Pembimbing I, berwenang memberikan persetujuan bahwa Tugas Akhir telah selesai dan diijinkan sidang Tugas Akhir. Pada kasus khusus dimana mahasiswa tidak dapat menghubungi Pembimbing I, maka Pembimbing II, atas rekomendasi Pembimbing I, berwenang memberikan persetujuan terhadap revisi buku Tugas Akhir setelah sidang.Hak Pembimbing Tugas Akhir: Pembimbing Tugas Akhir memiliki hak penuh untuk mengundurkan diri.Jika merasa tidak sanggup melakukan proses bimbingan atas suatu topik Tugas Akhir atau karena alasan lainnya. Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I memiliki hak penuh untuk memberikan persetujuan akhir atas suatu Tugas Akhir untuk diajukan ke sidang Tugas Akhir. Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I wajib hadir dalam sidang Tugas Akhir sebagai Ketua Sidang. Pembimbing Tugas Akhir memiliki hak penuh untuk memberikan Nilai Akhir atas suatu Tugas Akhir setelah sidang Tugas Akhir berakhir. Pembimbing Tugas Akhir wajib menyediakan waktu bimbingan minimal satu kali dalam seminggu. Setiap Dosen Tetap Fakultas Sains IT Telkom wajib membimbing maksimal 4 (empat) mahasiswa Tugas Akhir. Setiap Pembimbing Tugas Akhir wajib mematuhi seluruh aturan pada Petunjuk Pelaksanaan TA.

Dosen penguji Tugas Akhir I adalah dosen yang bertindak sebagai dosen penguji pada seminar proposal Tugas Akhir. Dosen penguji bersama dengan dosen pembimbing Tugas Akhir I berhak memberikan nilai Tugas Akhir I mahasiswa. Dosen penguji ditunjuk oleh KetuaProgram Studi atas rekomendasi dari dosen pengampu mata kuliah.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Dosen pengampu mata kuliah Tugas Akhir I adalah dosen yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi untuk mengkoordinir pelaksanaan Tugas Akhir I. Tugas dari dari dosen pengampu mata kuliah Tugas Akhir I adalah:1) Memberikan kuliah singkat tentang metodologi penelitian dan tata cara penulisan proposal Tugas Akhir I.2) Mengoleksi judul-judul Tugas Akhir yang ditawarkan oleh Kelompok Keahlian.3) Melakukan dokumentasi judul tugas akhir yang diambil oleh mahasiswa.4) Menentukan dosen penguji seminar Tugas Akhir I.5) Mengoordinir pelaksanaan Seminar Tugas Akhir I.

Standar KelayakanBerikut adalah kriteria yang digunakan untuk menilai kelayakan proposal Tugas Akhir 1:a. Kontribusi terhadap pengembangan keilmuan, berupa pengembangan/modifikasi/penerapan dari model atau metode tertentu atau pembuatan prototipe untuk kasus tertentu, dengan karakteristik tertentu, beserta analisisnya dan didukung dengan studi literatur yang memadai.b. Kemanfaatan, yaitu sejauh mana output yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk masalah sehari-hari.c. Feasible dari sisi waktu pengerjaan, sarana pendukung, dan biaya.EvaluasiEvaluasi Tugas Akhir I dilakukan melalui seminar proposal Tugas Akhir. Seminar proposal Tugas Akhir dilaksanakan secara terbuka. Artinya, siapapun berhak hadir di dalam ruangan seminar. Mahasiswa yang melaksanakan seminar berhak mengundang siapapun, seperti nara sumber dari institusi/instansi manapun, orang tua, saudara dan sebagainya untuk hadir di dalam ruangan seminar. Evaluasi dilakukan oleh 2 orang dosen penguji. Aspek yang dinilai adalah

NOASPEKDASAR PENDEKATANNILAI

Materi Tugas Akhir

1Format dan kelengkapan naskah1. Kelengkapan unsur naskah Tugas Akhir (pengantardaftar pustaka), termasuk kesesuaian pustaka yang diacu 2. Sistematika penulisan (urutan penggolongan dalam bab-bab dan subbab) 3. Format Tugas Akhir sesuai dengan pedoman Fakultas 4. Kesesuaian judul dengan isi (subyek/topik, obyek/bahan)3

2

5

5

2Pendahuluan1. Ketepatan latar belakang pemilihan topik dan kontribusinya terhadap pengembangan keilmuan, berupa pengembangan/modifikasi/penerapan dari model atau metode tertentu atau pembuatan prototipe untuk kasus tertentu, dengan karakteristik tertentu,2. Kesesuaian perumusan masalah3. Kesesuaian perumusan tujuan dan kemanfaatan, yaitu sejauh mana output yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk masalah sehari-hari.5

55

3Kedalaman landasan teori1. Landasan teoritis pentingya penelitian dilakukan yang ada di latar belakang 2. Kesesuaian teori dengan tujuan dan metode penelitian 3. Kedalaman teori yang ada di tinjauan pustaka, dan metode 5

3

5

4Metode penelitian1. Informasi tentang lokasi, waktu, bahan dan alat 2. Informasi desain penelitian 3. Informasi tentang prosedur kerja 4. Kesesuaian metode yang digunakan dalam penelitian 2

555

IIPresentasi Tugas Akhir I

1Penguasaan materi keilmuwan dan metode penelitian1. Penguasaan materi penelitian (penguasaan mhs dalam menjelasan materi saat menjawab pertanyaan setiap penguji) 2. Penguasaan metode penelitian (penguasaan mhs dalam menjelasan materi saat menjawab pertanyaan setiap atau semua penguji) 15

10

2Obyektivitas dan cara menanggapi pernyataan /mempertahankan pendapat1. Kemampuan mhs dalam menjelaskan topik yang akan dikerjakan 2. Obyektivitas dalam menjawab pertanyaan dan mempertahankan pendapat sesuai dengan definisi/batasan yang digunakan 10

10

NILAI TOTAL100

Sedangkan total penilaian untuk kedua aspek tersebut adalah hasil penilaian aspek Materi Tugas Akhir digabung dengan hasil penilaian aspek Presentasi Tugas Akhir.Adapun komposisi penilaian adalah sebagai berikut :NOJABATANNILAI TOTALBOBOTNILAI AKHIR

1Pembimbing 60

4Penguji I40

5Penguji II

NILAI AKHIR

Sementara nilai mutu untuk Seminar TA 1 menggunakan formula sebagai berikut NOINTERVAL NILAI AKHIR (NA)NILAI HURUF

180 NAA

265 NA < 80B

350 NA < 65C

4 NA < 50E

Jika dinyatakan tidak lulus Seminar dan Tugas Akhir I, maka mahasiswa melaksanakan Seminar Tugas Akhir I dengan batas waktu 1 semester.

Tugas Akhir II

1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.2.1. PrasyaratTugas Akhir II sebagai berikut :a.Mahasiswa aktif dan mengambil matakuliah TA II pada semester tersebut.b.Telah lulus MK TA I3.2.2. Pembimbing dan Penguji3.2.2.1PembimbingKualifikasi merujuk ke poin 3.1.3.

3.2.2.1.1Tim Pembimbing TASelama proses pelaksanaan tugas akhir, mahasiswa harus dibimbing oleh satu Pembimbing atau dua Pembimbing (tim) dengan ketentuan merujuk kepada poin 3.1.3., 3.1.4, dan 3.1.5. yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Sains.

3.2.2.2Penguji3.2.2.2.1Tim Penguji Sidang TA Tim Penguji sidang TA terdiri dari Ketua Sidang dan 3 (tiga) orang dosen atau profesional sebagai Anggota Sidang yang ditentukan oleh Tim TA. Tim Penguji mendapatkan Nota Dinas dari Fakultas Sains. Ketua Sidang adalah Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I (tidak bisa diwakilkan termasuk kepada Pembimbing II).

3.2.2.2.2Tugas Penguji Menguji kemampuan mahasiswa dalam membuat tugas akhir. Memberi penilaian yang obyektif terhadap mahasiswa sesuai dengan petunjuk ujian tugas akhir. Menyerahkan hasil penilaian dan menerima keputusan ketua penguji.

3.2.3. Pelaksanaan Bimbingan1. Mahasiswa yang telah memperoleh SK Tugas Akhir segera melakukan bimbingan secara rutin dengan mengisi form bimbingan yang ditandatangani oleh pembimbing yang bersangkutan. Form bimbingan bisa diperoleh di administrasi fakultas. 2. Bimbingan sebaiknya dilakukan sedikitnya sekali dalam seminggu. Waktu dan tempat bimbingan dapat ditentukan oleh masing-masing pembimbing.3. Kartu Bimbingan yang sudah diisi minimal 8 kali selama penyelesaian TA diserahkan ke administrasi fakultas pada saat pendaftaran sidang tugas akhir.

3.2.4. Syarat Sidang Tugas AkhirSyarat Sidang Tugas Akhir adalah: Menyerahkan Buku Tugas Akhir. Kartu bimbingan Paper style mengikuti versi paper Jurnal Telekomunikasi Lulus Evaluasi Pra sidang yang dilakukan minimal di depan pembimbing 3.2.5. Evaluasi3.2.5.1. Seminar Pra Sidang TA Sebelum sidang TA, Tim Pembimbing dan mahasiswa wajib mengadakan Seminar Pra Sidang sebagai dasar bagi Tim Pembimbing dalam memberikan penilaian. Seminar Pra Sidang bisa berupa demo program saja atau presentasi dan demo program yang dilaksanakan di ruang dosen, di laboratorium, atau di tempat lainnya, secara tertutup atau terbuka bagi pihak lain. Tim Pembimbing dan mahasiswa wajib membuat Berita Acara Seminar Pra Sidang. Keputusan layak atau tidak layak untuk mengikuti Sidang TA ditentukan Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I.

3.2.5.2. Persyaratan Sidang TASebelum mendaftar Sidang TA, mahasiswa diwajibkan memenuhi persyaratan sebagai berikut : Berita Acara Seminar Pra Sidang. Empat eksemplar draft buku TA yang sudah disetujui Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I atau Pembimbing II atas rekomendasi Pembimbing I. Draft buku TA ini bersifat final untuk sidang TA. Artinya, mahasiswa tidak boleh melakukan perbaikan terhadap draft buku TA tersebut sebelum sidang TA dilaksanakan. Draft buku TA tidak boleh dijilid softcover, tetapi cukup di-clip. Kartu Bimbingan TA

3.2.5.3. Tim Penguji Sidang TA Tim Penguji sidang TA terdiri dari Ketua Sidang dan 3 (tiga) orang dosen atau profesional sebagai Anggota Sidang yang ditentukan oleh Tim TA. Tim Penguji mendapatkan Nota Dinas dari Fakultas Sains. Ketua Sidang adalah Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I (tidak bisa diwakilkan termasuk kepada Pembimbing II).

3.2.5.4. Pelaksanaan Sidang TA Sidang TA dilaksanakan secara semi terbuka. Artinya, Tim Penguji dan mahasiswa yang melaksanakan sidang TA berhak menentukan siapa saja yang boleh hadir di ruangan sidang dan siapa saja yang tidak boleh hadir di ruangan sidang. Hal ini dilakukan agar sidang berjalan dengan tertib dan tidak terjadi gangguan terhadap Tim Penguji maupun mahasiswa yang melaksanakan sidang. Pengunjung sidang bersifat pasif, hanya boleh berbicara ketika diberi kesempatan oleh Ketua Sidang. Sidang TA dilaksanakan dalam waktu maksimum 90 menit yang terdiri dari tiga sesi: 1) Sesi presentasi selama maksimum 15 menit oleh mahasiswa yang melaksanakan sidang; 2) Sesi demo program dan tanya jawab antara mahasiswa dan Tim Penguji; dan 3) Sesi diskusi untuk memutuskan hasil sidang yang dilakukan secara tertutup oleh Tim Penguji.

3.2.5.5. Penilaian Sidang TA Penilaian Tugas Akhir ditinjau dari dua aspek yaitu materi Tugas Akhir dan presentasi Tugas Akhir. Tabel berikut adalah aspek penilaian Tugas Akhir yang dinilai dari materi Tugas Akhir dan presentasi Tugas Akhir beserta interval penilaiannya :NOASPEKDASAR PENDEKATANNILAI

Materi Tugas Akhir

1Format dan kelengkapan naskah5. Kelengkapan unsur naskah Tugas Akhir (pengantardaftar pustaka), abstrak (Indonesia, Inggris), termasuk kesesuaian pustaka yang diacu 6. Sistematika penulisan (urutan penggolongan dalam bab-bab dan subbab) 7. Format Tugas Akhir sesuai dengan pedoman Fakultas 8. Kesesuaian judul dengan isi (subyek/topik, obyek/bahan)3

3

5

5

2Abstrak1. Kelengkapan komponen abstrak (disesuaikan dengan pedoman skripsi: judul, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan, kata kunci) 2. Sistematika penulisan abstrak 3. Kesesuaian abstrak dengan isi (dalam hal: tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan) 2

25

3Kedalaman landasan teori4. Landasan teoritis pentingya penelitian dilakukan yang ada di latar belakang 5. Kesesuaian teori dengan tujuan dan metode penelitian 6. Kedalaman teori yang ada di tinjauan pustaka, metode, dan pembahasan 3

5

5

4Metode penelitian5. Informasi tentang lokasi, waktu, bahan dan alat 6. Informasi desain penelitian 7. Informasi tentang prosedur kerja 8. Kesesuaian metode yang digunakan dalam penelitian 2

555

5Analisis hasil dan pembahasan1. Hasil penelitian (data disajikan secara informatif dalam bentuk tabel, grafik, dan gambar, dan termasuk kesesuaian judul dengan tampilan data), kesesuaian penjelasan hasil penelitian dengan tampilan data, bukan data mentah 2. analisis data penelitian (ketepatan dalam menganalisis data sesuai dengan metode statistik/deskriptif) 3. Pembahasan (membahas secara komprehensif) 10

13

12

6Kesimpulan dan saran1. Kesimpulan menjawab setiap rumusan permasalahan 2. Saran merupakan implikasi hasil penelitian 5

5

IIPresentasi Tugas Akhir

1Penguasaan materi keilmuwan dan metode penelitian3. Penguasaan materi penelitian (penguasaan mhs dalam menjelasan materi saat menjawab pertanyaan setiap penguji) 4. Penguasaan metode penelitian (penguasaan mhs dalam menjelasan materi saat menjawab pertanyaan setiap atau semua penguji) 20

15

2Obyektivitas dan cara menanggapi pernyataan /mempertahankan pendapat3. Kemampuan mhs dalam menjelaskan hasil 4. Obyektivitas dalam menjawab pertanyaan dan mempertahankan pendapat sesuai dengan definisi/batasan yang digunakan 20

15

3Wawasan ilmu-ilmu yang terkait (komprehensip)Kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan di luar penelitian namun terkait dengan topik penelitian selama masih mendukung kompetensi lulusan (Pertanyaan penguji min 1) 30

NILAI TOTAL

Sedangkan komposisi penilaian untuk kedua aspek tersebut adalah : 70% aspek materi tugas akhir dan 30% aspek presentasi tugas akhir.Adapun komposisi penilaian adalah sebagai berikut :NOJABATANNILAI TOTALBOBOTNILAI AKHIR

1Pembimbing I60

2Pembimbing II

3Penguji I40

4Penguji II

5Penguji III

NILAI AKHIR

Sedangkan konversi dari nilai akhir ke nilai huruf diberikan dalam formula sebagai berikut :NOINTERVAL NILAI AKHIR (NA)NILAI HURUF

180 NAA

265 NA < 80B

350 NA < 65C

4 NA < 50E

Catatan : Mahasiswa dengan nilai C dapat mengulang Sidang Tugas Akhir dengan nilai maksimal B Nilai Akhir TA dikeluarkan pada akhir sidang TA dan langsung menjadi nilai TA II. Pembimbing TA berhak memberikan pertimbangan sebagai justifikasi terhadap Nilai Akhir TA pada Sidang Akademik Program Studi. Bila tidak lulus Sidang Tugas Akhir, maka mahasiswa dapat mengulang Sidang dengan waktu yang ditentukan oleh Ketua Sidang.

3.3. Pasca Sidang Tugas Akhir II 3.3.1. RevisiYang berhak menyatakan bahwa Revisi TA telah selesai adalah Pembimbing Tunggal atau Pembimbing I atau Pembimbing II atas rekomendasi Pembimbing I dan sekretaris sidang Tugas Akhir.Jika revisi TA belum selesai sampai batas waktu yang telah ditentukan pada saat sidang TA, maka hasil sidang TA dinyatakan batal dan mahasiswa diberi kesempatan 1 (satu) kali untuk melaksanakan sidang ulang dan dilaksanakan paling lambat 2 (dua) bulan terhitung dari sidang TA sebelumnya. Jika sidang ulang tidak lulus, maka mahasiswa harus mengganti judul TA tersebut. Dengan demikian, mahasiswa harus mengajukan proposal TA dengan judul baru dan harus melaksanakan seminar proposal TA. Nilai TA I yang lama dibatalkan dan diganti dengan nilai TA I yang baru.3.3.2. PenyelesaianMahasiswa dinyatakan lulus Mata Kuliah TA jika telah mengumpulkan semua dokumen di bawah ini ke administrasi jurusan Teknik Informatika STT Telkom: Satu eksemplar buku TA hasil revisi yang telah dijilid hardcover dan ditandatangani oleh Pembimbing TA dan terdapat Lembar Pernyataan (tentang keaslian karya TA) yang sudah ditandatangani oleh mahasiswa. CD yang berisi: buku TA (.DOC, .PDF dan .html), Jurnal TA (.DOC dan .PDF), poster TA (.DOC dan .PDF) dengan format yang sesuai template, semua literatur/paper yang digunakan sebagai referensi, semua file program (souce code, .EXE, Database, dsb), dan Curiculum Vitae (.DOC dan .PDF). Dua lembar foto berwarna ukuran 3 x 4.

BAB IV Kepemilikan Tugas Akhir

1. 2. 3. 4. 4.1. Hak Paten dan Hak CiptaHasil Tugas Akhir adalah milik Institut Teknologi Telkom. Institut Teknologi Telkom memiliki hak penuh untuk mengajukan hak paten atau hak cipta atas hasil Tugas Akhir. Jika mahasiswa mengambil topik Tugas Akhir berupa proyek penelitian atau pengembangan yang merupakan kerjasama dengan suatu instansi/institusi lain, maka harus ada perjanjian mengenai kepemilikan hasil Tugas Akhir sebelum seminar proposal Tugas Akhir dilaksanakan. Perjanjian yang dimaksud adalah perjanjian antara Institut Teknologi Telkom dengan instansi/institusi tersebut.

4.2. Publikasi IlmiahHasil Tugas Akhir dapat dipubilkasikan pada suatu konferensi atau jurnal ilmiah dimana mahasiswa sebagai Penulis Utama dan pembimbing Tugas Akhir sebagai Penulis Pendamping. Pembimbing Tugas Akhir bisa menulis ulang, menggunakan kalimatnya sendiri, beberapa hasil TA sehingga pembimbing berhak menjadi Penulis Utama dan mahasiswa sebagai Penulis Pendamping. Hal ini bisa terjadi karena pembimbing Tugas Akhir memiliki ide besar yang kemudian dibagi ke dalam beberapa topik Tugas Akhir.Lampiran 1 Prosedur Pendaftaran Seminar Tugas Akhir I

PROSEDURPENDAFTARAN SEMINAR TA1

PENGESAHANDisusun oleh :

Sri Suryani, M.Si.Diperiksa oleh :

Suwandi, Drs., M.SiDisetujui oleh :

Dr. Heroe Wijayanto ST,MT

Disahkan oleh :

Ahmad Tri Hanuranto, Ir., MT

Wakil Dekan I Fakultas SainsDekan Fakultas SainsQMRRektor

I. KEGUNAANProsedur ini memberikan panduan mengenai proses pendaftaran seminar proposal TA 1, yaitu proses pendaftaran seminar oleh mahasiswa kepada admin fakultas untuk melakukan seminar proposal TA1.

II. RUANG LINGKUPProsedur ini berlaku untuk pendaftaran seminar proposal TA 1 Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom. Unit yang terlibat adalah admin fakultas, mahasiswa, dosen pembimbing, dosen wali dan mahasiswa, mulai dari proses pengeluaran syarat pendaftaran dan jadwal pendaftaran seminar, persiapan kelengkapan persyaratan seminar, pemberian persetujuan, pengesahan nilai, pendaftaran seminar proposal tugas akhir, pengeluaran jadwal seminar serta persiapan pelaksanaan seminar.

III. PENGECUALIANTidak Ada

IV. DEFINISI4.1Admin Fakultas adalah Staff yang bertugas untuk menangani administrasi Fakultas4.2Dosen Pembimbing adalah dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan proposal Tugas Akhir4.3Dosen Penguji adalah dosen yang menguji mahasiswa pada saat pelaksanaan seminar4.4Dosen Wali adalah dosen yang bertugas membina dan memberikan bimbingan dalam bidang akademik dan bidang terkait kepada mahasiswa selama masa studi di IT Telkom4.5Surat Tugas TA 1 adalah Surat Tugas TA1 yang diberikan kepada pembimbing4.6Ketua Kelompok Keahlian adalah ketua kelompok keahlian yang memimpin sebuah group pengembangan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat

V. REFERENSI5.1Klausul 7.1 ISO 9001:20085.2Buku Pedoman Institusi IT Telkom, Tentang Aturan Akademik

VI. DESKRIPSI PROSES

VII. UKURAN KINERJAProsesIndikator KinerjaMedia PengukuranFrekuensi Pengukuran

Kegiatan Pendaftaran Seminar Proposal TA 1Jadwal Seminar dikeluarkan dengan tepat waktu (maksimal 1 minggu setelah pendaftaran seminar)Pengumuman Jadwal SeminarSatu kali periode pelaksanaan

VIII. REKAMAN8.1Jadwal Pendaftaran Seminar8.2Proposal8.3Rekaman Berita Acara Bimbingan8.4SK Tugas Akhir8.5Fotokopi KTM8.6Pengumuman Jadwal Proposal (waktu, ruangan dan dosen penguji)8.7List syarat-syarat pendaftaran Seminar8.8Nilai yang telah divalidasi8.9Papan Nama8.10Lembar Penilaian8.11Lembar Revisi8.12Berita Acara Seminar8.13Daftar Hadir Seminar Proposal Tugas Akhir

IX. DOKUMEN TERKAIT9.1 Pedoman Pelaksanaan Tugas Akhir9.2 Prosedur Pelaksanaan Seminar Proposal TA 19.3Form Berita Acara Bimbingan9.4Form Lembar Penilaian9.6Form Lembar Revisi9.7Form Berita Acara Seminar Proposal Tugas Akhir9.8Form Daftar hadir Seminar Proposal Tugas Akhir

X. LAMPIRAN Riwayat Perubahan DokumenNo. Rev.Tanggal RevisiUraian Perubahan

00XX XXX XXXXTerbitan Pertama

Lampiran 2 Prosedur Pelaksanaan Seminar Tugas Akhir 1

PROSEDURPELAKSANAAN SEMINAR TA1

PENGESAHANDisusun oleh :

Sri Suryani, M.Si.Diperiksa oleh :

Suwandi, Drs., M.Si.

Disetujui oleh :

Dr. Heroe Wijayanto ST,MT

Disahkan oleh :

Ahmad Tri Hanuranto, Ir., MT

Wakil Dekan I Fakultas SainsDekan Fakultas SainsQMRRektor

I. KEGUNAANKegunaan dari prosedur ini adalah untuk mendefinisikan tugas dan tanggung jawab mahasiswa, admin fakultas, dosen pembimbing dan dosen penguji dalam pelaksanaan seminar proposal, serta tindak lanjut hasil pelaksanaan seminar proposal.

II. RUANG LINGKUPProsedur ini berlaku untuk pelaksanaan seminar proposal Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom. Unit yang terlibat adalah admin fakultas, mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji, mulai dari proses konfirmasi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji, persiapan dan penyerahan papan nama dan map berkas penilaian seminar, penyelenggaraan seminar Proposal, pengambilan papan nama dan berkas penilaian seminar serta revisi Proposal.

III. PENGECUALIANTidak Ada

IV. DEFINISI4.1Proposal 1 adalah salah satu syarat kelulusan program Strata 14.2Seminar Proposal adalah presentasi dan tanya jawab antara mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji berkaitan dengan Proposal4.3Admin Fakultas adalah Staff yang bertugas untuk menangani administrasi Fakultas4.4Dosen Pembimbing adalah dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan Proposal4.5Dosen Penguji adalah dosen yang menguji mahasiswa pada saat pelaksanaan seminar4.6Dosen Wali adalah dosen yang bertugas membina dan memberikan bimbingan dalam bidang akademik dan bidang terkait kepada mahasiswa selama masa studi di IT Telkom4.7Surat Tugas TA 1 adalah Surat Tugas TA 14.8 Ketua Kelompok Keahlian adalah ketua kelompok keahlian yang memimpin sebuah group pengembangan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat

V. REFERENSI5.1Klausul 7.1 ISO 9001:20085.2SK TA 15.3Buku Pedoman Institusi IT Telkom, Tentang Aturan Akademik

VI. DESKRIPSI PROSES

VII. UKURAN KINERJAProsesIndikator KinerjaMedia PengukuranFrekuensi Pengukuran

Pelaksanaan Seminar Proposal Tugas AkhirKesiapan sarana/prasarana untuk Seminar TA 1 , kelancaran proses Seminar dan adanya hasil keputusan Seminar Checklist kesiapan sarana/prasarana Seminar Proposal TA dan pelaksanaan Seminar1 kali periode peaksanaan

VIII. REKAMAN8.1Formulir Penilaian8.2Lembar revisi sebelum diisi 8.3Hasil Penilaian Seminar TA 18.4Lembar Revisi yang telah terisi8.5Berita Acara Seminar Proposal Tugas Akhir8.6Daftar hadir Seminar Proposal Tugas Akhir8.7Lembar Revisi yang telah disetujui dosen penguji8.8Lembar Persyaratan pengumpulan Proposal8.9Lembar Orisinalitas yang telah diisi8.10Proposal8.11Papan Nama mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji

IX. DOKUMEN TERKAIT9.1Prosedur Pendaftaran Seminar TA 1 9.2 Form Penilaian Seminar 9.3Form Lembar Revisi9.4Form Berita Acara9.5Form Daftar Hadir Seminar Proposal Tugas Akhir9.6Form Lembar Orisinalitas

X. LAMPIRAN Riwayat Perubahan DokumenNo. Rev.Tanggal RevisiUraian Perubahan

00XX XX XXXXTerbitan Pertama

Lampiran 3 Prosedur Pendaftaran Sidang Tugas Akhir II

PROSEDURPENDAFTARAN SIDANG TA2

PENGESAHANDisusun oleh :

Sri Suryani, M.Si.Diperiksa oleh :

Suwandi, Drs., M.Si.

Disetujui oleh :

Sri Widaningrum, MT

Disahkan oleh :

Ahmad Tri Hanuranto, Ir., MT

Wakil Dekan I Fakultas SainsDekan Fakultas SainsQMRRektor

I. KEGUNAANProsedur ini memberikan panduan mengenai proses pendaftaran sidang TA 2, yaitu proses pendaftaran sidang oleh mahasiswa kepada admin fakultas untuk melakukan sidang TA2.

II. RUANG LINGKUPProsedur ini berlaku untuk pendaftaran sidang TA 2 Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom. Unit yang terlibat adalah admin fakultas, mahasiswa, dosen pembimbing, dosen wali dan mahasiswa, mulai dari proses pengeluaran syarat pendaftaran dan jadwal pendaftaran siding, persiapan kelengkapan persyaratan siding, pemberian persetujuan, pengesahan nilai, pendaftaran sidang tugas akhir, pengeluaran jadwal sidang serta persiapan pelaksanaan sidang.

III. PENGECUALIANTidak Ada

IV. DEFINISI4.1Admin Fakultas adalah Staff yang bertugas untuk menangani administrasi Fakultas4.2Dosen Pembimbing adalah dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir4.3Dosen Penguji adalah dosen yang menguji mahasiswa pada saat pelaksanaan sidang4.4Dosen Wali adalah dosen yang bertugas membina dan memberikan bimbingan dalam bidang akademik dan bidang terkait kepada mahasiswa selama masa studi di IT Telkom4.5SK Tugas Akhir adalah Surat Keputusan Tugas Akhir4.6Ketua Keahlian adalah ketua kelompok keahlian yang memimpin sebuah group pengembangan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat

V. REFERENSI5.1Klausul 7.1 ISO 9001:20085.2Buku Pedoman Institusi IT Telkom, Tentang Aturan Akademik

VI. DESKRIPSI PROSES

VII. UKURAN KINERJAProsesIndikator KinerjaMedia PengukuranFrekuensi Pengukuran

Kegiatan Pendaftaran Sidang TA 2Jadwal Sidang dikeluarkan dengan tepat waktu (maksimal 1 minggu setelah pendaftaran sidang) beserta kelengkapannyaPengumuman Jadwal Sidang dan kelengkapannyaSatu kali periode sidang

VIII. REKAMAN8.1Jadwal Pendaftaran Sidang8.2Draft Tugas Akhir8.3Rekaman Lembar Pengesahan8.4Rekaman Berita Acara Bimbingan8.5Rekaman Buku Rencana Tugas Akhir8.6Hasil Penilaian Pembimbing8.7SK Tugas Akhir8.8Fotokopi KTM8.9Pengumuman Jadwal Sidang (waktu, ruangan dan dosen penguji)8.10List syarat-syarat pendaftaran sidang8.11Foto 4x68.12Nilai yang telah divalidasi8.13Tugas Akhir8.14Papan Nama8.15Lembar Penilaian8.16Lembar Revisi8.17Berita Acara Sidang8.18 Datar Hadir Sidang Akhir

IX. DOKUMEN TERKAIT9.1 Prosedur Pelaksanaan Sidang TA II9.2Prosedur Perpanjangan KTM (ITT-AK-DDA-BAA-PR-008)9.3Form Lembar Pengesahan 9.4Form Berita Acara Bimbingan9.5Form Lembar Penilaian9.6Form Lembar Revisi9.7Form Berita Acara Sidang Tugas Akhir 9.8 Form Daftar hadir Sidang Tugas Akhir

X. LAMPIRAN Riwayat Perubahan DokumenNo. Rev.Tanggal RevisiUraian Perubahan

00XX XXX XXXXTerbitan Pertama

Lampiran 4 Prosedur Pelaksanaan Sidang Tugas Akhir II

PROSEDURPELAKSANAAN SIDANG TA II

PENGESAHANDisusun oleh :

Sri Suryani, M.Si.Diperiksa oleh :

Suwandi, Drs., M.Si.

Disetujui oleh :

Sri Widaningrum, MT

Disahkan oleh :

Ahmad Tri Hanuranto, Ir., MT

Wakil Dekan I Fakultas SainsDekan Fakultas SainsQMRRektor

I. KEGUNAANKegunaan dari prosedur ini adalah untuk mendefinisikan tugas dan tanggung jawab mahasiswa, admin fakultas, dosen pembimbing dan dosen penguji dalam pelaksanaan Sidang Tugas Akhir, serta tindak lanjut hasil pelaksanaan sidang tugas akhir.

II. RUANG LINGKUPProsedur ini berlaku untuk pelaksanaan sidang Tugas Akhir Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom. Unit yang terlibat adalah admin fakultas, mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji, mulai dari proses konfirmasi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji, persiapan dan penyerahan papan nama dan map berkas penilaian siding, penyelenggaraan sidang Tugas Akhir, pengambilan papan nama dan berkas penilaian siding serta revisi Tugas Akhir.

III. PENGECUALIANTidak Ada

IV. DEFINISI4.1Tugas Akhir II adalah salah satu syarat kelulusan program Strata 1. Tugas Akhir (TA) biasanya berisikan Bab 1 (Pendahuluan), Bab 2 (Landasan Teori), Bab 3 (Metodologi Penelitian), Bab 4 (Pengumpulan dan Pengolahan Data), Bab 5 (Analisa), dan Bab 6 (Kesimpulan) 4.2Sidang TA adalah presentasi dan tanya jawab antara mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji berkaitan dengan Tugas Akhir4.3Admin Fakultas adalah Staff yang bertugas untuk menangani administrasi Fakultas4.4Dosen Pembimbing adalah dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir4.5Dosen Penguji adalah dosen yang menguji mahasiswa pada saat pelaksanaan sidang4.6Dosen Wali adalah dosen yang bertugas membina dan memberikan bimbingan dalam bidang akademik dan bidang terkait kepada mahasiswa selama masa studi di IT Telkom8.7 SK Tugas Akhir adalah Surat Keputusan Tugas Akhir

V. REFERENSI5.1Klausul 7.1 ISO 9001:20085.2SK TA II5.3Buku Pedoman Institusi IT Telkom, Tentang Aturan Akademik

VI. DESKRIPSI PROSES

VII. UKURAN KINERJAProsesIndikator KinerjaMedia PengukuranFrekuensi Pengukuran

Pelaksanaan Sidang Tugas AkhirKesiapan sarana/prasarana untuk Sidang TA II (Papan Nama, Map Berkas Penilaian, Proyektor, dll) 100%Checklist kesiapan sarana/prasarana Sidang TASatu kali periode sidang

VIII. REKAMAN8.1Formulir Penilaian8.2Lembar revisi sebelum diisi 8.3Hasil Penilaian Sidang TA II8.4Lembar Revisi yang telah terisi8.5Berita Acara Sidang Tugas Akhir8.6Daftar hadir Sidang Tugas Akhir8.7Lembar Revisi yang telah disetujui dosen penguji8.8Lembar Persyaratan pengumpulan buku8.9Lembar Orisinalitas yang telah diisi8.10Buku TA8.11CD Buku TA8.12 Papan Nama mahasiswa, dosen pembimbing dan dosen penguji

IX. DOKUMEN TERKAIT9.1Prosedur Pendaftaran Sidang TA II 9.2 Form Penilaian TA 9.3Form Lembar Revisi9.4Form Berita Acara9.5Form Daftar Hadir Sidang Tugas Akhir9.6 Form Lembar OrisinalitasLAMPIRAN Riwayat Perubahan DokumenNo. Rev.Tanggal RevisiUraian Perubahan

0026 April 2011Terbitan Pertama

Lampiran 5 Daftar Kualifikasi Dosen untuk Pembimbing Tugas Akhir II

4. PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTASINONAMAPENDIDIKANJFAMB

P TP IP II

1ADIWIJAYAS3LEKTOR KEPALAVVV

2DANANG MURSITAS2LEKTORVV

3DENI SAEPUDINS3LEKTORVVV

4ENDANG BUDIASIHS2ASISTEN AHLIVV

5ERNI DWI SS2NON JFAV

6ERWIN BUDI SS2LEKTOR KEPALAVVV

7FHIRA NHITAS2NON JFAV

8FITRIYANIS2ASISTEN AHLIVV

9INDWIARTIS2LEKTORVV

10IZZATUL UMMAHS2NON JFAV

11JONDRIS2LEKTORVV

12KEMAS MUSLIM LS2NON JFAV

13MAHMUD IMRONAS2LEKTORVV

14RIAN F UMBARAS2ASISTEN AHLIVV

15SRI SURYANI PS2LEKTORVV

16YULIANT SIBARONIS2LEKTORVV

17ZKA BAISALS2LEKTORVV

5. PROGRAM STUDI TEKNIK FISIKANONAMAPENDIDIKANJFAMB

P TP IP II

1AMALIYAH INDAH S2ASISTEN AHLIVV

2DUDI DARMAWANS2LEKTORVV

3HERTIANA BS2NON JFAV

4INDRA CHANDRAS2ASISTEN AHLIVV

5ISMUDIATI PURIS2ASISTEN AHLIVV

6MAMAT ROHMATS2LEKTORVV

7M RAMDLAN KS2LEKTORVV

8REZA FAUZI IS2NON JFAV

9SUPRAYOGIS2LEKTORVV

10SUWANDIS2LEKTORVV

Lampiran 6 KARTU BIMBINGAN TUGAS AKHIRINSTITUT TEKNOLOGI TELKOMBERITA ACARA BIMBINGAN TUGAS AKHIRPROGRAM STUDI .

NAMA:NIM:NAMA PEMBIMBING I:NAMA PEMBIMBING II:JUDUL TUGAS AKHIR:

NOTANGGALCATATAN HASIL BIMBINGANTANDA TANGAN PEMBIMBING

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

Catatan :1. BAP ini wajib diisi setiap mahasiswa bimbingan ke dosen pembimbing2. BAP ini merupakan salah satu persyaratan untuk pendaftaran Sidang Tugas Akhir Lampiran 7 Surat Tugas Dekan Fakultas Sains IT TELKOM

SURAT TUGAS DEKAN FAKULTAS SAINS IT TELKOMNOMOR : KP. /AKD25/FSA.4.0/2012

TENTANG

PENUGASAN PEMBIMBING TUGAS AKHIR I MAHASISWAPROGRAM STUDI SEMESTER GANJIL/GENAP TAHUN AKADEMIK 2012/2013

DEKAN FAKULTAS SAINS

Menimbang : a. Bahwa dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas Tugas Akhir mahasiswa yang mengambil matakuliah Tugas Akhir I, maka diperlukan adanya dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir tersebut b. Sehubungan dengan butir a di atas, maka penugasan dosen pembimbing Tugas Akhir I bagi mahasiswa Fakultas Sains perlu ditetapkan dalam Surat Tugas Dekan Fakultas Sains

Mengingat : 1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Nomor 6 Tahun 2003 ,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3390); 2. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan;3. Peraturan Pemerintah No.66 Tahun 2010 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan jo. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan jo. Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi;4. Anggaran Dasar Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi yang termuat dalam Akta Notaris Woratni Ahmadi,SH Tanggal 23 Mei 1990 nomor 163 dan diubah dengan Akta Notaris yang sama tanggal 23 Nopember 1990 nomor 174 dan diubah lagi dengan Akta Notaris yang sama tanggal 09 September 1993 nomor 70, serta diubah lagi dengan Akta Notaris yang sama tanggal 14 Nopember 1996 nomor 61;5. Statuta Institut Teknologi Telkom;6. RIP dan RENETA Institut Teknologi Telkom periode 2006-2017;7. Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi Nomor KEP.080/SDM-02/YPT/2009 tanggal 27 April 2009 tentang Tabel Tarif Kegiatan di Lingkungan Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi;8. Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Nomor KP.098/AKD12/1.0.0/08 tentang Kurikulum 2008 Program Studi Magister , Sarjana dan Diploma III di lingkungan Institut Teknologi Telkom.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : Keputusan Dekan Fakultas Sains tentang Penugasan Pembimbing Tugas Akhir I Mahasiswa Program Studi Semester Ganjil/Genap Tahun Akademik 2012/2013Pertama : Menunjuk dan mengangkat nama-nama berikut sebagai dosen pembimbing dari mahasiswa :

Nama: Nim: Judul Tugas Akhir I:

PembimbingKodeNama Dosen

I

Kedua : Surat Tugas ini berlaku selama enam bulan sejak tanggal ditetapkan

Bandung, September 2012Dekan Fakultas Sains

Suwandi, MSiNIP.

Lampiran 8 Keputusan Dekan Fakultas Sains IT TELKOM

KEPUTUSAN DEKAN FAKULTAS SAINS IT TELKOMNOMOR : KP. /AKD25/FSA.4.0/2012

TENTANG

PENETAPAN PEMBIMBING TUGAS AKHIR II MAHASISWAPROGRAM STUDI SEMESTER GANJIL/GENAP TAHUN AKADEMIK 2012/2013

DEKAN FAKULTAS SAINS

Menimbang : a. Bahwa dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas Tugas Akhir mahasiswa yang mengambil matakuliah Tugas Akhir II, maka diperlukan adanya dosen yang bertugas membimbing mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir tersebut b. Sehubungan dengan butir a di atas, maka penetapan dosen pembimbing Tugas Akhir bagi mahasiswa Fakultas Sains perlu ditetapkan dalam Surat Keputusan Dekan Fakultas Sains

Mengingat : 1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Nomor 6 Tahun 2003 ,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3390); 9. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan;10. Peraturan Pemerintah No.66 Tahun 2010 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan jo. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan jo. Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi;11. Anggaran Dasar Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi yang termuat dalam Akta Notaris Woratni Ahmadi,SH Tanggal 23 Mei 1990 nomor 163 dan diubah dengan Akta Notaris yang sama tanggal 23 Nopember 1990 nomor 174 dan diubah lagi dengan Akta Notaris yang sama tanggal 09 September 1993 nomor 70, serta diubah lagi dengan Akta Notaris yang sama tanggal 14 Nopember 1996 nomor 61;12. Statuta Institut Teknologi Telkom;13. RIP dan RENETA Institut Teknologi Telkom periode 2006-2017;14. Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi Nomor KEP.080/SDM-02/YPT/2009 tanggal 27 April 2009 tentang Tabel Tarif Kegiatan di Lingkungan Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi;15. Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Nomor KP.098/AKD12/1.0.0/08 tentang Kurikulum 2008 Program Studi Magister , Sarjana dan Diploma III di lingkungan Institut Teknologi Telkom.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : Keputusan Dekan Fakultas Sains tentang Penetapan Pembimbing Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Semester Ganjil/Genap Tahun Akademik 2012/2013Pertama : Menunjuk dan mengangkat nama-nama berikut sebagai dosen pembimbing I dan II dari mahasiswa :

Nama: Nim: Judul Tugas Akhir:

PembimbingKodeNama Dosen

I / T

II

Kedua : Keputusan ini berlaku selama enam bulan sejak tanggal ditetapkan

Bandung, September 2012Dekan Fakultas Sains

Suwandi, MSiNIP.

Lampiran 9 Sampul Luar dan Dalam TUGAS AKHIR

JUDUL TUGAS AKHIR

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk memenuhi persyaratanmemperoleh gelar Sarjana .

Disusun oleh :

PROGRAM STUDI INSTITUT TEKNOLOGI TELKOMFAKULTAS SAINS2012

Lampiran 10 Halaman Pengesahan Dosen PembimbingLEMBAR PERSETUJUAN

JUDUL TUGAS AKHIR

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk memenuhi persyaratanmemperoleh gelar Sarjana .

Disusun oleh :

Telah diperiksa dan disetujui oleh :

Dosen Pembimbing IDosenPembimbing II

Lampiran 11 Halaman Pengesahan LEMBAR PENGESAHAN

JUDUL TUGAS AKHIR

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk memenuhi persyaratanmemperoleh gelar Sarjana

Disusun oleh :

TUGAS AKHIR ini telah diuji dan dinyatakan lulus padaTanggal

PengujiPenguji Penguji

MengetahuiKetua Program Studi

Lampiran 12 ABSTRAK

ABSTRAK

Narwan Ginanjar, Program Studi ., Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom, September 2012, Pengukuran Evaluasi Hasil Kuisioner Pengajaran Untuk Identifikasi Proses Pembelajaran Pada Kelas Matematika (STUDI KASUS: SEMESTER GENAP 2010/2011 IT TELKOM), Dosen Pembimbing : Suwandi, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Sri Suryani, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas suatu proses pendidikan secara mutlak menjadi tanggung jawab pihak perguruan tinggi, akan tetapi juga harus ada dukungan dari civitas akademika yaitu mahasiswa, dosen dan unit pendukung. Untuk mengetahui kualitas dari proses pendidikan dapat dilihat salah satunya dari proses pembelajarannya. Selama ini proses pembelajaran di kelas hanya dipantau dari niai mutu yang diperoleh di kelas, tanpa adanya pemantauan proses pembelajaran di kelas tersebut. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan memantau proses tersebut salah satunya melalui Kuisioner yang berisikan masukan serta saran dari mahasiswa itu sendiri terhadap semua layanan yang telah diberikan oleh perguruan tinggi tersebut, salah satunya pada proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengukuran terhadap evaluasi hasil kuisioner pengajaran untuk mengidentifikasi proses pembelajaran pada beberapa kelas, khususnya kelas matakuliah bidang keilmuan matematika. Pengukuran evaluasi menggunakan skor yang dapat menentukan mutu proses pembelajaran di kelas. Data yang digunakan adalah hasil kuisioner pengajaran semester genap 2010/2011 untuk matakuliah bidang keilmuan matematika. Skor dihitung dengan memberikan pembobotan pada jumlah jawaban per item pernyataan. Dari hasil skor yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran pada kelas matematika dalam katagori cukup. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan masukan bagi institusi dalam melakukan proses perbaikan mutu pembelajaran.Kata kunci : Kualitas, Evaluasi, Pengukuran

Lampiran 13 HALAMAN KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studi di Program Studi , Fakultas Sains, Institut Teknologi Telkom.

Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini dapat terselesaikan berkat bantuan, petunjuk , dan bimbingan dari berbagai pihak yang telah banyak membantu proses penyelesaian tugas akhir ini, oleh karena itu tak lupa penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

6. Bapak Suwandi, M.Si. selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan arahan untuk kesempurnaan penulisan tugas akhir ini.7. Ibu Sri Suryani, M.Si. selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan arahan untuk kesempurnaan penulisan tugas akhir ini.8. Semua pihak dan teman-teman yang telah banyak banyak membantu dalam pelaksanaan survey serta masukan penyelesaian laporan.

Semoga tugas akhir ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekaligus dapat menjadi bahan acuan untuk penelitian lebih lanjut.

Bandung, september 2012

penulis

Lampiran 14 DAFTAR ISI

DAFTAR ISIHalaman

KATA PENGANTARI

LEMBAR PERSEMBAHANIi

LEMBAR PERSETUJUANIii

LEMBAR PENGESAHANIv

DAFTAR ISIV

DAFTAR TABELVi

DAFTAR GAMBARVii

DAFTAR LAMPIRANViii

DAFTAR SIMBOLIx

ABSTRAKX

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang1

1.2 Rumusan Masalah2

1.3 Batasan Masalah3

1.4 Tujuan 4

1.5 Manfaat5

BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Definisi Spasial6

2.2 Model Eksperimental7

2.3 Model Teoritis8

2.4 Simple Kriging9

2.5 Ordinary Kriging10

2.6 Pengujian Model11

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Metode Penelitian12

3.2 Tempat Penelitian13

3.3 Variabel Penelitian14

3.4 Alat dan Bahan Penelitian15

3.4.1 Alat Penelitian16

3.4.2 Bahan Penelitian17

3.5 Prosedur Penelitian18

3.6 Rancangan Penelitian19

3.7 Pengujian20

3.8 Diagram Alir Penelitian21

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Data Hasil Penelitian22

4.2 Pengolahan Data23

4.3 Hasil Analisis24

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan25

5.2 Saran26

DAFTAR PUSTAKA27

LAMPIRAN

Lampiran 15 DAFTAR TABEL

DAFTAR TABEL

No.JudulHalaman

Tabel 1.1Produksi minyak bumi di Indonesia selama tahun 2005-2010 15

Tabel 2.5Distribusi Produksi Minyak per bulan di Indonesia28

Tabel 4.2Prediksi Produksi Minyak Bumi 5 tahun mendatang40

Lampiran 16 DAFTAR GAMBAR

DAFTAR GAMBAR

No. JudulHalaman

Gambar 1.1Total produksi minyak di Indonesia pada tahun 2005-20108

Gambar 2.3Semivariogram Eksperimental21

Gambar 4.3Prediksi produksi minyak bumi23

Gambar 5.2Contoh gambar contour35

Lampiran 17 DAFTAR LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN

No.JudulHalaman

Lampiran 1Peta wilayah Kota Bandung108

Lampiran 2Matriks Peluang Transisi faktor-faktor pendapatan mempengaruhi perilaku berpergian masyarakat Kota Bandung109

Lampiran 18 Halaman Daftar Simbol

DAFTAR SIMBOL

Besaran dasarSatuan dan singkatannya

Simbol

Daya ,Pancaran FluksWatt atau WP

FrekuensiHertz atau HzF

GayaNewton atau NF

MassaKilogram atau KgM

InduktansiHenry atau HH

Kapasitas listrilFarad atau VC

Kerapatan fluks magnetTesla atau TT

Konduktansi listrikSiemens atau SS

Kuat peneranganlux atau lxE

PanjangMeter atau mL

TemperaturDerajat celcius atau CT

TekananPascal atau PaP

Lampiran 19 Penulisan Persamaan

Contoh penulisan persamaan dalam Tugas Akhir yang terletak dalam Bab III dengan nomor urut 1 :

Lampiran 20 TABEL

Tabel 1. Produksi Minyak Bumi di Indonesia tahun 2006 - 2010

20062007200820092010

Jatibarang17181853194719681999

Cepu386429477459461

Sumatera260275299312302

Sulawesi256264282273272

Sumber : Data minyak Indonesia ( 2011:28 )

Lampiran 21 GAMBAR dan GAMBAR KUTIPAN

Gambar 4.1 Lokasi Sampel dari 15 Titik Data

Lampiran 22 Proses Bisnis Proposal TA

31

Prosedur Pendaftaran Sidang TA 1

Rekaman

Deskripsi Proses

Flow Proses

Mulai

1. Admin Fakultas

Mengeluarkan syarat pendaftaran dan jadwal pendaftaran seminar

2. Mahasiswa

Melengkapi Persyaratan seminar

Selesai

1. Admin Fakultas akan mengeluarkan jadwal pendaftaran seminar beserta syarat-syarat yang diperlukan dalam pendaftaran seminar. Adapun syarat-syarat pendaftaran seminar adalah sebagai berikut:1) Draft Proposal (boleh fotokopi)2) Lembar Pengesahan Tugas Akhir sebanyak 4 buah (lembar pengesahan boleh fotokopi tetapi tanda tangan pembimbing harus asli)3) Berita Acara Bimbingan 4) Biodata Pembimbing 5) Validasi nilai yang telah disahkan oleh dosen wali

5a. Draft Proposal5b. Lembar Pengesahan5c. Berita Acara Bimbingan5d. Biodata Pembimbing5e. Validasi Nilai5f. Surat Tugas TA 15g. Fotokopi KTM5h. Hasil penilaian penguji

6. Pengumuman jadwal seminar

3. Dosen Pembimbing

Memberikan Persetujuan

4. Dosen Wali

Mengesahkan nilai yang sudah divalidasi

5. Mahasiswa

Melakukan Pendaftaran

7. Admin Fakultas

Mempersiapkan Pelaksanaan Seminar

6. Admin Fakultas & Ketua Kelompok Keahlian

Mengeluarkan Jadwal seminar

2. Mahasiswa Melengkapi persyaratan seminar, meliputi: 1) Draft Proposal 2) Berita Acara Bimbingan 3) Surat Tugas TA 1 4) Fotocopy KTM

3a. Dosen pembimbing akan melakukan pengecekkan terhadap Proposal yang diajukan oleh mahasiswa3b.Apabila dosen pembimbing menyatakan Proposal layak untuk diseminarkan maka dosen pembimbing akan menandatangani lembar pengesahan yang diajukan oleh mahasiswa3c. Apabila dosen pembimbing menyatakan Proposal belum layak untuk diseminarkan maka dosen pembimbing akan meminta mahasiswa untuk merevisi Proposal yang diajukan sampai disetujui oleh dosen pembimbing

4a. Dosen wali mengesahkan nilai yang sudah divalidasi

5a. Mahasiswa menyerahkan persyaratan pendaftaran seminar ke admin fakultas5b. Mahasiswa menuliskan nama, nim, dan no handphone pada buku pendaftaran seminar5c. Admin Fakultas melakukan pengecekkan persyaratan seminar

6a. Ketua Kelompok Keahlian menentukan dosen penguji berdasarkan topik TA terkait6b.Admin Fakultas mengkonfirmasi jadwal dengan dosen pembimbing6c. Admin Fakultas mengkonfirmasi jadwal dengan dosen penguji6d. Admin Fakultas menentukan jadwal seminar dan ruangan6e.Admin Fakultas mengeluarkan jadwal seminar, yang berisikan nama mahasiswa, nama penguji, nama pembimbing, waktu dan ruangan

7a. Papan nama7b. Lembar Penilaian 7c. Lembar Revisi7d. Berita Acara seminar Proposal Tugas Akhir7e. Daftar hadir seminar Proposal Tugas Akhir

7. Admin Fakultas akan mengeluarkan jadwal pendaftaran seminar beserta Mempersiapkan kelengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan seminar. Adapun kelengkapan pelaksanaan seminar adalah sebagai berikut:1) Papan nama mahasiswa, penguji dan pembimbing2) Lembar Penilaian3) Lembar Revisi4) Berita acara seminar Tugas Akhir5) Daftar hadir seminar Tugas Akhir (untuk mahasiswa yang menyaksikan seminar)

1a. Jadwal pendaftaran seminar1b. List syarat-syarat pendaftaran seminar

2a. Draft Proposal2b. Berita Acara Bimbingan2c. Surat Tugas TA 12d. Fotocopy KTM

3a. Proposal3b. Lembar Pengesahan

4. Validasi nilai yang sudah disahkan

Pelaksanaan Seminar TA 1

Rekaman

Deskripsi Proses

Flow Proses

Mulai

1. Admin Fakultas

Mengkonfirmasi kepada dosen pembimbing dan penguji serta mempersiapkan dan menyerahkan papan nama dan map berkas penilaian seminar

1a. Formulir penilaian1b. Lembar revisi1c. Berita acara seminar1d. Daftar hadir seminar tugas akhir

Selesai

3a. Draft Proposal Tugas Akhir3b. Lembar Pengesahan3c. Berita Acara Bimbingan3d. Lembar Revisi rangkap 4, yaitu :- Lembar pertama untuk admin fakultas- Lembar dua untuk mahasiswa- Lembar ketiga untuk dosen pembimbing- Lembar keempat untuk dosen penguji

2. Mahasiswa, Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji

Menyelenggarakan Seminar TA 1

3. Admin fakultas dan dosen pembimbing

Mengambil papan nama dan Berkas Penilaian Seminar

2a. Hasil penilaian seminar TA 12b. Lembar revisi yang telah terisi2c. Berita Acara seminar TA2d. Daftar hadir seminar

4. Mahasiswa

Melakukan Revisi Proposal

1a. Satu hari sebelum perlaksanaan seminar, admin fakultas melakukan konfirmasi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji. Ketua Kelompok Keahlian menyediakan dosen penguji pengganti apabila pada saat pelaksanaan sidang ada dosen penguji yang berhalangan hadir.1b. Sebelum seminar dilaksanakan, admin Fakultas menyerahkan papan nama dosen pembimbing, papan nama dosen penguji dan papan nama mahasiswa serta Map berkas penilaian seminar (yang terdiri atas formulir penilaian, lembar revisi, berita acara seminar, daftar hadir seminar Tugas Akhir) ke Dosen Pembimbing1c. Admin Fakultas mempersiapkan ruangan

2a. Dosen pembimbing membuka dan memimpin seminar Tugas Tugas Akhir 2b. Mahasiswa menyajikan presentasi Tugas Akhir (sesuai dengan waktu yang diberikan oleh pimpinan seminar)2c. Mahasiswa (mahasiswa menyaksikan seminar TA) mengisi daftar hadir seminar 2d.Dosen penguji dan mahasiswa melakukan tanya jawab2e.Dosen pembimbing dan dosen penguji berdiskusi untuk memberikan keputusan seminar, yaitu Lulus atau tidak lulus dan nilai Tugas Akhir

3a. Admin fakultas mengambil papan nama3b. Dosen Pembimbing mengembalikan map berkas penilaian seminar, daftar hadir seminar, berita acara, lembar revisi admin fakultas

4a. Admin Fakultas menyerahkan KTM Mahasiswa4b. Admin menggandakan lembar revisi dan menyerahkan kepada masing-masing dosen pembimbing, dosen penguji dan mahasiswa pada hari yang sama4c. Mahasiswa melakukan revisi sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan 4d. Mahasiswa menyerahkan revisi Proposal Tugas Akhir ke Admin Fakultas

4a. Lembar revisi yang telah disetujui dosen penguji4b. lembar orisinalitas yang telah disahkan4c. Proposal TA1

Prosedur Pendaftaran Sidang TA II

Rekaman

Deskripsi Proses

Flow Proses

Mulai

1. Admin Fakultas

Mengumumkan jadwal dan persyaratan pendaftaran sidang

2. Mahasiswa

Melengkapi Persyaratan sidang

Selesai

1. Admin Fakultas akan mengeluarkan jadwal pendaftaran sidang beserta syarat-syarat yang diperlukan dalam pendaftaran sidang. Adapun syarat-syarat pendaftaran sidang adalah sebagai berikut:1) Draft Tugas Akhir sebanyak 4 eksemplar (boleh fotokopi)2) Lembar Pengesahan Tugas Akhir sebanyak 4 buah (lembar pengesahan boleh fotokopi tetapi tanda tangan pembimbing harus asli)3) Berita Acara Bimbingan (pembimbing 1 minimal 8 kali bimbingan, pembimbing 2 minimal 6 kali bimbingan)4) Buku Rencana Tugas Akhir5) Pas foto hitam putih ukuran 4x6 sebanyak 4 buah (laki-laki menggunakan jas, perempuan menggunakan baju nasional/ kebaya)6) Validasi nilai yang telah disahkan oleh dosen wali7) SK Tugas Akhir (umur SK minimal 2 bulan)8) Fotokopi KTM atau KTM sementara

5a. Draft Tugas Akhir5b. Lembar Pengesahan5c. Berita Acara Bimbingan5d. Buku Rencana Tugas Akhir 5e. Biodata Pembimbing5f. Validasi Nilai5g. SK Tugas Akhir5h. Fotokopi KTM5i. Foto 4x65j. Hasil penilaian pembimbing

6. Pengumuman jadwal sidang

3. Dosen Pembimbing

Memberikan Persetujuan

4. Dosen Wali

Mengesahkan nilai yang sudah divalidasi

5. Mahasiswa

Melakukan Pendaftaran

7. Admin Fakultas

Mempersiapkan Pelaksanaan Sidang

6. Admin Fakultas & Ketua Kelompok Keahlian

Mengeluarkan Jadwal Sidang

2. Mahasiswa Melengkapi persyaratan sidang, meliputi: 1)Draft Tugas Akhir(optional: Bab 1:Pendahuluan, Bab 2:Landasan Teori, Bab 3: Metodologi Penelitian, Bab 4: Pengumpulan dan Pengolahan Data, Bab 5: Analisa, Bab 6: Kesimpulan) 2) Berita Acara Bimbingan 3) Buku rencana Tugas Akhir 4) Foto 4x6 5) SK Tugas Akhir 6) Fotocopy KTM

3a. Dosen pembimbing akan melakukan pengecekkan terhadap Tugas Akhir yang diajukan oleh mahasiswa3b.Apabila dosen pembimbing menyatakan Tugas Akhir layak untuk disidangkan maka dosen pembimbing akan menandatangani lembar pengesahan yang diajukan oleh mahasiswa3c. Apabila dosen pembimbing menyatakan Tugas Akhir belum layak untuk disidangkan maka dosen pembimbing akan meminta mahasiswa untuk merevisi Tugas Akhir yang diajukan sampai disetujui oleh dosen pembimbing

4a. Dosen wali mengesahkan nilai yang sudah divalidasi

5a. Mahasiswa menyerahkan persyaratan pendaftaran sidang (draft TA, lembar pengesahan, berita acara bimbingan, buku rencana TA, pas foto 4x6 sebanyak 4 buah, biodata pembimbing, bukti setor, validasi nilai yang sudah disahkan dosen wali, SK Tugas Akhir, fotokopi KTM) ke admin fakultas5b. Mahasiswa menuliskan nama, nim, dan no handphone pada buku pendaftaran sidang5c. Admin Fakultas melakukan pengecekkan persyaratan sidang

6a. Ketua Kelompok Keahlian menentukan dosen penguji berdasarkan topik TA terkait6b.Admin Fakultas mengkonfirmasi jadwal dengan dosen pembimbing6c. Admin Fakultas mengkonfirmasi jadwal dengan dosen penguji6d. Admin Fakultas menentukan jadwal sidang dan ruangan6e.Admin Fakultas mengeluarkan jadwal sidang, yang berisikan nama mahasiswa, nama penguji, nama pembimbing, waktu dan ruangan

7a. Papan nama7b. Lembar Penilaian 7c. Lembar Revisi7d. Berita Acara Sidang Tugas Akhir7e. Daftar hadir Sidang Tugas Akhir

7. Admin Fakultas akan mengeluarkan jadwal pendaftaran sidang beserta Mempersiapkan kelengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan sidang. Adapun kelengkapan pelaksanaan sidang adalah sebagai berikut:1) Papan nama mahasiswa, penguji dan pembimbing2) Lembar Penilaian3) Lembar Revisi4) Berita acara sidang Tugas Akhir5) Daftar hadir Sidang Tugas Akhir (untuk mahasiswa yang menyaksikan sidang)

1a. Jadwal pendaftaran sidang1b. List syarat-syarat pendaftaran sidang

2a. Draft Tugas Akhir(optional: Bab 1:Pendahuluan, Bab 2:Landasan Teori, Bab 3: Metodologi Penelitian, Bab 4: Pengumpulan dan Pengolahan Data, Bab 5: Analisa, Bab 6: Kesimpulan)2b. Berita Acara Bimbingan2c. Buku rencana Tugas Akhir2d. Foto 4x62e. SK Tugas Akhir2f. Fotocopy KTM

3a. Tugas Akhir3b. Lembar Pengesahan

4. Validasi nilai yang sudah disahkan

Pelaksanaan Sidang TA II

Rekaman

Deskripsi Proses

Flow Proses

Mulai

1. Admin Fakultas

Mengkonfirmasi kepada dosen pembimbing dan penguji serta mempersiapkan dan menyerahkan papan nama dan map berkas penilaian sidang

1a. Formulir penilaian1b. Lembar revisi1c. Berita acara sidang1d. Daftar hadir sidang tugas akhir

Selesai

3a. Draft Tugas Akhir3b. Lembar Pengesahan3c. Berita Acara Bimbingan3d. Lembar Revisi rangkap 4, yaitu :- Lembar pertama untuk admin fakultas- Lembar dua untuk mahasiswa- Lembar ketiga untuk dosen pembimbing- Lembar keempat untuk dosen penguji

2. Mahasiswa, Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji

Menyelenggarakan Sidang TA II

3. Admin fakultas dan dosen pembimbing

Mengambil papan nama dan Berkas Penilaian Sidang

2a. Hasil penilaian sidang TA II2b. Lembar revisi yang telah terisi2c. Berita Acara sidang TA2d. Daftar hadir sidang

4. Mahasiswa

Melakukan Revisi Tugas Akhir

1a. Satu hari sebelum perlaksanaan sidang, admin fakultas melakukan konfirmasi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji. Ketua Kelompok Keahlian menyediakan dosen penguji pengganti apabila pada saat pelaksanaan sidang ada dosen penguji yang berhalangan hadir.1b. Sebelum sidang dilaksanakan, admin Fakultas menyerahkan papan nama dosen pembimbing, papan nama dosen penguji dan papan nama mahasiswa serta Map berkas penilaian sidang (yang terdiri atas formulir penilaian, lembar revisi, berita acara sidang, daftar hadir sidang Tugas Akhir) ke Dosen Pembimbing1c. Admin Fakultas mempersiapkan ruangan

2a. Dosen pembimbing 1 selaku pimpinan sidang membuka sidang2b.Mahasiswa menyajikan presentasi Tugas Akhir (sesuai dengan waktu yang diberikan oleh pimpinan sidang)2c. Mahasiswa (mahasiswa menyaksikan sidang TA) mengisi daftar hadir sidang 2d.Dosen penguji dan mahasiswa melakukan tanya jawab2e.Dosen pembimbing dan dosen penguji berdiskusi untuk memberikan keputusan sidang, yaitu Lulus atau tidak lulus dan nilai Tugas Akhir

3a. Admin fakultas mengambil papan nama3b. Dosen Pembimbing mengembalikan map berkas penilaian sidang, daftar hadir sidang, berita acara, lembar revisi admin fakultas

4a. Admin Fakultas menyerahkan KTM Mahasiswa4b. Admin menggandakan lembar revisi dan menyerahkan kepada masing-masing dosen pembimbing, dosen penguji dan mahasiswa pada hari yang sama4c. Mahasiswa melakukan revisi4d. Dosen pembimbing menyetujui hasil revisi4c. Mahasiswa menyerahkan Buku TA, CD ke Fakultas

4a. Lembar revisi yang telah disetujui dosen penguji4b. lembar orisinalitas yang telah disahkan4c. Buku TA4d. CD

Ketua Program Studi

Wakil Dekan

Mahasiswa

Admin

Dosen Pembimbing

1. Memperoleh >100 sks2. Penyusunan Pra-Proposal3. Mempersiapkan Transkrip Akademic

Persiapkan Lembar-lembar1. Evaluasi Pra-proposal2. Pembimbingan Proposal TA3. Kesediaan Pembimbing

1. Pengusulan 3 Calon Dosen Pembimbing2. Persetujuan Seminar

Penetapan Dosen Pembimbing

Kesediaan Pembimbing

1. Persiapan Seminar2. Perbaikan & Perbanyakan Proposal

Penerimaan Pendaftaran Seminar

Penyusunan Jadwal

Undangan Seminar

Penerimaan1. Undangan Seminar2. Proposal

Seminar Proposal :1. Evaluasi Proposal2. Hasil Evaluasi Proposal

Lulus/Diterima

Penandatanganan Daftar Hadir

Penandatanganan Daftar Hadir

Kartu Pembimbingan

1. Pengarsipan Dokumen & Revisi Proposal2. Pembuatan Surat Tugas Bimbingan3. Penyerahan Proposal Pendalaman Pengarsipan Revisi Proposal

Pelaksanaan Pembimbingan

Konsultasi Penyempurnaan Proposal

PenyelesaianProposal

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

16

18

13

14

tidak diterima

diterima

15

17

(< 6 bulan)

19

MAHASISWA

KetuaProgram Studi

Dekan / Wakil Dekan

Admin

PEMBIBMBING

INSTANSI TUJUAN

Memenuhi SyaratSudah Seminar Proposal

Menerbitkan Surat Permohonan Data

Surat Permohonan Data

Pengesahan

Memberikan Nomor Surat dan StempelMengagendakan dan Mengarsip

Memberi Balasan

Disposisi Surat Balasan dari Instansi

Disposisi kepada Mahasiswa ybs

Mahasiswa Menerima Surat BalasanMencari Instansi Baru

Melakukan Kegiatan di Instansi yang Dituju

Bimbingan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

Diterima

10

Kepala Lab

Mahasiswa

Admin

Ketua Program Studi

Dosen Pembimbing

1. Penelitian2. Perancangan

Penyediaan Dokumen Rekomandasi Penggunaan Laboratorium

1. Konsultasi Pembimbingan2. Penandatangan Rekomendasi

Disetujui ?

1. Persetujuan PenggunaanLab2. Penyediaan Dokumen Penggunaan Laboratorium

1. Penggunaan Lab2. Pengisian Dokumen

1. Konsultasi2. Pengisian & Paraf Dokumen

PenandatangananMakalah Seminar Hasil

Penyusunan Makalah Seminar Hasil

Persiapan Seminar Hasil

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

ya

tidak

Lampiran 24 Penggunaan Laboratorium Untuk Penyelesaian TA

Wakil Dekan

Admin

Pembimbing/Penguji

Mahasiswa

Persiapakan1. Perbanyak Draf Buku TA2.Pendaftaran Pra Sidangl3. Kartu Bimbingan

Tanda Tangan :1. Draf Buku2. Kartu Bimbingan

Pelaksanaan 1. Pendaftaran Pra Sidang2. Jadwal Pra Sidang3. Daftar Hadir 4. Lembar Penilaian

Pengisian lembar Daftar Hadir Calon Peserta Pra Sidang

1. Penentuan Dosen Pengujii Pra Sidang2. Tanda Tangan Surat Tugas Dpsen Pengujii 3. Tanda Tangan Jadwal

Penerimaan 1. Undangan 2. Draf Buku

1. Pra Sidang2. Penandatangan Daftar Hadir 3. Penilaian

Kelulusan

1. Pengarsipan Dokumen

Persiapan Sidang

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

lulus

Tidak lulus

Lampiran 25 Proses Bisnis Pra Sidang TA

Mahasiswa

Penguji

Admin

Wakil Dekan

Kaprodi

Pembimbing

Portofolio Akademik

Penggandaan Buku TA 6 eksemplar1. Siapkan persyaratan 2. Portofolio Akademik

Sidang

Penyempurnaan TA Penyelesaian

Persiapan WISUDA

Penerimaan :1. Buku TAi2. SK Penguji & Jadwa3. Pelaksanaan Ujian Sidang: Lembar Nilai Pembimbing Lembar Nilai Penguji & Lembar Revisi

Pengecekan Kelengkapan

Pengesahan Portofolio

1. Pendaftaran Ujian2. Pengumpulan - Buku TA 6 eksemplar3. Penyusunan Jadwal Ujian4. Lembar Nilai Pembimbing, Lembar Nilai Penguji & Lembar Nilai Revisi

Pengeshan

Paraf SK Penguji & Jadwal

Pengumuman Hasil Sidang

Penandatanganan Buku TA

Penandatanganan Sidang

Penerimaan :1. Buku TA2. Jadwal3. Penilaian Pembimbingan

1. Pengesahan Laporan TA2. Penerimaan Buku TA

1

2

Lengkap

3

4

5

6

7

10

8

Tidak lulus

9

11

Lulus

12

15

14

( 3 bulan)

13

Lampiran 26 Proses Bisnis Sidang TA