Karakteristik negara vietnam

download Karakteristik negara vietnam

of 23

  • date post

    08-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    166
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of Karakteristik negara vietnam

  1. 1. KARAKTERISTIK NEGARA VIETNAM Disusun Oleh: Alfi Nabila (04) Alya Ifdholiya Misfa (05) Erreina Saifa Aurelian (12) Salindri Dara Rizkita (30)
  2. 2. Peta Konsep VIETNAM PETA BATAS BENTANG ALAM IKLIM PENDUDUK DAN PEREKONOMIAN FLORA & FAUNA WILAYAH LETAK LUAS
  3. 3. Peta Negara Vietnam
  4. 4. Bendera dan Lambang Negara
  5. 5. Batas-batas Wilayah, Letak, dan Luas Wilayah negara Vietnam terletak di pantai timur Semenanjung Indo Cina. Secara astronomis wilayah Vietnam terletak di antara garis lintang 4LU 24LU dan garis bujur 104BT 109BT. Luas wilayah Vietnam kurang lebih 331.653 km, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut, 1. Sebelah utara : Republik Rakyat Cina 2. Sebelah timur : Laut Cina Selatan dan Teluk tonkin 3. Sebelah selatan : Laut Cina Selatan 4. Sebelat barat : Kamboja, Laos, dan Teluk Siam
  6. 6. Bentang Alam Bentang alam Vietnam secara umum dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu sebagai berikut : 1. Pegunungan Utara, Terletak di bagian barat laut yang wilayahnya sebagian besar tertutup oleh hutan lebat. Pegunungan utara merupakan hulu dari beberapa sungai besar di Vietnam, seperti : Sungai Songka/Sungai Merah, Sungai Mekong, Sungai Songcay, Sugai Songgam, dan Sungai Songoau. Puncak tertinggi di Vietnam adalah Gunung Fan Si Pan dengan tinggi kira-kira 3.143 m.
  7. 7. 2. Pegunugan Annam Rangkaian pegunungan ini terletak di sebelah barat, yang membujur dari pegunungan utara sampai ke Ho Ci Minh.
  8. 8. 3. Dataran pantai Dataran ini terletak di sebelah timur bagian tengah yang membujur dari delta Sungai Merah sampai delta Sungai Mekong.
  9. 9. 4. Delta Sungai Mekong Daerah ini merupakan dataran aluvial yang subur dari Sungai Mekong, yang berada pada ketinggian 3 m dari permukaan laut.
  10. 10. Negara ini memiliki iklim monsoon tropis, dengan kelembaban rata rata 84% sepanjang tahun. Monsoon atau muson adalah musim angin periodik yang kerap terjadi di Samudra Hindia dan sebagian Asia. Angin ini bertiup dari arah barat daya di India dan wilayah wilayah di sekitarnya. Iklim muson kerap ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Tetapi karena perbedaan pada garis lintang dan keanekaragaman topografi, iklimnya cenderung sangat bervariasi dari satu tempat dengan tempat lainnya. Pada saat musim dingin, umumnya terjadi dari November hingga April, angin muson mengarah ke Teluk Tonkin, dampaknya adalah musim dingin di sebagian besar Vietnam justru kering. Suhu tahunan rata rata umumnya lebih tinggi di dataran rendah dibanding pegunungan atau dataran tinggi. Iklim
  11. 11. Penduduk Keadaan penduduk Daerah-daerah di Vietnam yang padat penduduknya, yaitu di sekitar Sungai Merah dan Hanoi di bagian utara serta bagian selatan di sekitar Sungai Mekong dan Ho Ci Minh penduduk Vietnam sebagian besar orang Vietnam, dan beberapa orang Cina, Thai, dan Khmer yang merupakan kelompok peduduk pendatang. Penduduk asli orang vietnam adalah orang Champa dan Montagnard di Vietnam bagian utara dan orang Muang, Tay, Nung terdapat di selatan. Penduduk Vietnam sebagian besar manganut agama Budha. Bahasa resmi yang digunakan di Vietnam adalah bahasa Vietnam.
  12. 12. Menurut sejarahnya, Agama Buddha Mahayana, Taoisme dan Konfusianisme mempunyai pengaruh kuat terhadap kehidupan berbudaya dan beragama masyarakat Vietnam. Menurut sensus tahun 1999, 80.8% orang Vietnam tidak beragama. Kristen diperkenalkan Perancis dan juga oleh kehadiran militer Amerika meskipun tidak banyak pengaruhnya. Cukup banyak penganut Katolik Roma dan Protestan dikalangan komunitas Cao Dai dan Hoa Hao. Gereja Protestan terbesar adalah Evangelical Church of Vietnam dan Montagnard Evangelical Church.
  13. 13. Keanggotan Islam Bashi dan Sunni biasanya diakreditasikan kepada etnis minoritas Cham, tetapi ada juga pengikut Islam lainnya di bagain Barat Daya Vietnam. Pemerintah Vietnam telah dikritik atas kekerasan beragama. Tetapi, berkat perbaikan tentang kebebasan beragama belakangan ini, pemerintah Amerika Serikat tidak lagi menganggap Vietnam sebagai Country of Particular Concern (negara yang ikut campur dalam bidang-bidang tertentu).
  14. 14. Perekonomian Vietnam adalah negara agraris dengan hasil utamanya padi.
  15. 15. 1) Sektor pertanian Hasil pertanian yang terpenting adalah beras. Hasil pertanian lainnya kopi, teh, gula, jagung, kedelai, kapas, karet, ubi jalar, dan singkong. 2) Sektor Peternakan dan Perikanan Hasil ternak negara Vietnam terutama kerbau, sapi, babi, dan unggas terus meningkat. Perikanan dipusatkan di Teluk Tonkin dan daerah penangkapan ikannya di Laut Cina Selatan.
  16. 16. 3) Perindustrian Kota-kota penghasil industri antara lain: Hanoi : pusat utama pabrik semen, mesin, bahan kimia. Haipong : pusat utama gelas, porselin, tekstil Thai Nguyen : pusat industri besi baja Nan Dinh : pusat tekstil Ho Chi Minh City : pusat industri sepeda, rokok, kertas, semen, tekstil, penggilingan padi. Lan Thao : pusat industri superphosfat Hac Bac : pusat industri nitrogen.
  17. 17. 4) Pertambangan Quang Yen di sebelah utara Hanoi terdapat endapan antrasit yang paling besar di Asia Tenggara. Nong Song (di utara Da Nang) terdapat sedikit endapan batu bara. Bijih besi ditambang dan diolah di Thai Nguyen (di utara Hanoi) dan di daerah selatan (Thanh Hoa, Vinh, dan Ha Tinh). Barang tambang lain terpenting adalah fosfat (di Cao Cai), timah (di Tinh Tuc), grafit (di Lao Kay), dan emas (di Bong Meiu).
  18. 18. 5) Perdagangan Ekspor utama negara Vietnam adalah : beras, karet, kopi, tebu, batu bara, bijih logam, semen dan ikan. Sedangkan impornya berupa bahan makanan, hasil-hasil industri, minyak, petrokimia, gandum, dan mesin-mesin.
  19. 19. Burung berukuran agak kecil, dari paruh hingga ke ekor sekitar 11 cm, dengan warna cokelat berangan dan kepala hitam. Iris mata berwarna merah, paruh abu- abu biru, dan kaki kebiruan. Burung muda berwarna cokelat kotor. Ras- ras tertentu memiliki warna hitam di perutnya. Jantan dan betina berwarna serupa. Siamang adalah kera hitam yang berlengan panjang, dan hidup pada pohon- pohon. Pada umumnya, siamang sangat tangkas saat bergerak di atas pohon sehingga tidak ada predator yang bisa menangkap mereka. Bondol Cokelat Siamang Fauna Vietnam
  20. 20. Tikus Sawah Tikus berukuran sedang, cenderung lebih kecil daripada tikus got, dengan panjang 30-40cm (termasuk ekor). Warna rambut coklat kekuningan. Perutnya berambut kelabu dengan tepi putih. Ekornya berwarna coklat.
  21. 21. Sinensis Bretschneidera Sinensis Bretschneidera pohon yang tinggi dengan perbungaan besar. Callicarpa erioclona adalah menghasilkan buah kecil yang dapat dimakan. Daun dapat dicampur dengan minyak kelapa untuk mengobati luka terbuka. Callicarpa erioclona Flora Vietnam
  22. 22. Sagittaria sagittifolia Sagittaria sagittifolia adalah tanaman herba tahunan, tumbuh di air 10-50 cm dalam. Daun di atas air panah berbentuk, helai daun panjang 15-25 cm dan 10-22 cm yang luas, pada tangkai daun yang panjang memegang daun hingga 45 cm di atas permukaan air.