Internet of things by lubna abidah (14753037)

11
Internet of Things Lubna Abidah (14753037) Manajemen Informatika B Politeknik Negeri Lampung

Transcript of Internet of things by lubna abidah (14753037)

Internet of ThingsLubna Abidah (14753037)Manajemen Informatika BPoliteknik Negeri Lampung

Pengertian Internet of Things

Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Menurut Wikipedia IoT adalah jaringan objek fisik atau “hal-hal” tertanam yang berhubungan dengan elektronik, software, sensor dan konektivitas, yang berarti melalui sistem komputasi tertanam namun mampu menggabungkan dalam infrastruktur internet yang ada. Dalam makna yang sederhana, IOT itu adalah semua benda yang akan diarahkan ke internet. Nantinya internet yang akan menjadi penghubung utama dalam interaksi benda yang sedang terhubung dan manusia hanya berperan sebagai pengatur serta pengawas perangkat Internet of Things secara langsung Istilah Internet of Things sendiri awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999. Kemudian istilah ini mulai terkenal melalui Auto-ID Center yang berada di MIT.

.

IOT diharapkan untuk menawarkan konektivitas canggih dari perangkat, sistem, dan jasa, mendukung Machine-to-Machine ( M2M) dan mencakup berbagai protokol, domain, dan aplikasi. Dan satu harapan yang paling tinggi, IoT akan terus diarahkan dalam mewujudkan sistem otomatisasi di hampir semua bidang bersama dengan teknologi canggih yang disebut “Smart Grid”.

Cara Kerja Internet of ThingsCara Kerja Internet of Things yaitu dengan memanfaatkan

sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak berapa pun.Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.Tantangan terbesar dalam mengkonfigurasi Internet of Things ialah menyusun jaringan komunikasinya sendiri, yang dimana jaringan tersebut sangatlah kompleks, dan memerlukan sistem keamanan yang ketat. Selain itu biaya yang mahal sering menjadi penyebab kegagalan yang berujung pada gagalnya produksi.

Implementasi Internet of Things

Kode batang

TV Internet

Kode QR

Contoh RFID yang ditempelkan pada sepatu untuk mendeteksi pelari di garis finish

EnvironmentalcontrolRemote Home Control

Kulkas Android

Penerapan IoT dapat diklasifikasikan ke dalam lima kategori yang berbeda: alat-alat cerdas, rumah pintar, smart city, lingkungan cerdas, dan perusahaan yang cerdas.

Tentunya Internet of Things tidak hanya sebatas untuk perangkat rumah saja melainkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan satu dunia mulai dari lingkungan, pangguna, penelitan, kesehatan, tata kota, pekerjaan, dan masih banyak lagi

Manfaat Internet of ThingsBanyak manfaat yang didapatkan dari internet of things. Pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita juga bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada. Contohnya :Iklan dan pemasaran terhubung. Cisco percaya bahwa kategori ini (Billboards terkoneksi internet) akan menjadi tiga terbesar kategori IoT, bersamaan dengan smart factories dan sistem pendukung telecommuting.Sistem pengelolaan sampah. Di Cincinnati , volume sampah masyarakat turun 17% dan volume daur ulang meningkat hingga 49% melalui pemanfaatan program “pay as you throw” berbasis teknologi IoT untuk memonitor siapa yang membuang sampah melebihi batas.Jaringan listrik pintar yang menyesuaikan tarif untuk penggunaan puncak energi. Jaringan listrik ini mewakili penghematan US$200 miliar hinga US$500 miliar per tahun sampai dengan 2025 berdasarkan McKinsey Global Institute.Sistem air cerdas. Kota Doha, Sao Paulo, dan Beijing mengurangi kebocoran air 40-50% dengan meletakkan sensor pada pompa dan infrastruktur air lainnya.Penggunaan dalam industri mencakup pabrik dan gudang terhubung, internet yang dikelola jaringan rakitan, dan sebagainya..

Menurut Gartner, Inc. sebuah perusahaan yang khusus melakukan penelitian untuk perkembangan teknologi, produk terbaru, dan riset pasar, mengatakan bahwa nanti akan ada hampir 26 miliar perangkat di Internet of Things pada tahun 2020, data ini didapat dari tren yang sudah berlangsung selama beberapa tahun yang lalu. Sementara itu, ABI Research memperkirakan bahwa lebih dari 30 miliar perangkat akan terhubung secara nirkabel ke internet pada tahun 2020. Sesuai survei terbaru dan studi yang dilakukan oleh Pew Research Internet Project, sebagian besar ahli teknologi 83 persen menyatakan setuju dengan gagasan bahwa Internet Things akan memiliki efek luas dan menguntungkan dalam kehidupan dan bisnis pada tahun 2025.

Internet of Things Tahun 2020 - 2025

Internet of Things

• www.youtube.com • Internet of things EconocomTV

Daftar Pustaka

Anonim. “Environmental Control Rooms”. 11 April 2015. http://www.percival-scientific.com/products/environmental-control-rooms# Anonim. “Internet of Things”.11April 2015. http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_of_Things Anonim. 11 April 2015 .http://www.crystalgraphics.com/asp/email.confirm.new.asp Duncan, Geoff. “You can’t avoid the ‘Internet of things’ hype, so you might as well understand it”. 11 April 2015. http://www.digitaltrends.com/home/heck-internet-things-dont-yet/ EconocomTV. “Internet of Things”. 11 April 2015. https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=p_R5ZVWMhzM Mukhlis,Fuadi. “Apa itu Internet of Things (IoT)?”. http://ashimima.com/apa-itu-internet-of-things-iot/ Putra, Adhitya Wibawa. “Internet of Things – Era Baru Semua Benda Dikendalikan Melalui Jaringan Internet” .11 April 2015. http://teknojurnal.com/internet-of-things-era-baru-semua-benda-dikendalikan-melalui-jaringan-internet/ Tarigan, Insaf Albert.. “T9000, Kulkas Android dari Samsung Dilengkapi Aplikasi Evernote dan Epicurious”. 11 April 2015. http://chip.co.id/news/technology/4886/t9000_kulkas_android_dari_samsung_dilengkapi_aplikasi_evernote_dan_epicurious http://google.com/  

TERIMAKASIH