hidrogenasi 2015

16
Alifa Nur Rohmah 08.2012.1.01538 Trifena Chrisnawangsih 08.2012.1.01541 Jose Londa Goa 08.2012.1.01554 Ririn Adyus 08.

description

All bout hidrogenasi process, typicaly of hidrogenesis, catalyts and how to conrol it

Transcript of hidrogenasi 2015

  • Alifa Nur Rohmah08.2012.1.01538Trifena Chrisnawangsih08.2012.1.01541Jose Londa Goa08.2012.1.01554Ririn Adyus08.

  • Hidrogenasiadalah istilah yang merujuk padareaksi kimiayang menghasilkan adisihidrogen(H2). Proses ini umumnya terdiri dari adisi sepasangatomhidrogenke sebuah molekul. Hidrogenasi merupakan reaksi hidrogen dengan senyawa organik, Reaksi ini terjadi dengan penambahan hidrogen secara langsung pada ikatan rangkap dari molekul yang tidak jenuh sehingga dihasilkan suatu produk yang jenuh.

  • Pada dasarnya hidrogenasi adalah sebuah reaksi yang menghasilkan adisi hidrogen (H2), Reaksi ini terjadi dengan penambahan hidrogen secara langsung pada ikatan rangkap dari molekul yang tidak jenuh sehingga dihasilkan suatu produk yang jenuh.

  • Alkene + Hydrogen --> Alkane

    Biasanya reaksi hidrogenasi berjalan sangat lambat oleh karna itu sering digunakan katalis-katalis yang dimana fungsinya adalah untuk mempercepat proses reaksi hidrogenasi, beberapa contoh reaksi yang sering digunakan antara lain nikel, platina, dll.

  • Hidrogenasi SubstratHidrogenasi KatalitikKatalis homogenKatalis heterogenHidrogenalisis

  • Penambahan H2 ke alk e ne affords alk ne dalam reaksi protypical :

  • Hidrogenasi katalitik, yaitu reaksi hidrogenasi dengan menggunakan katalis logam seperti nikel, platina dan palladium yang merupakan teknik yang umum digunakan. Penggunaan katalis diperlukan agar reaksi yang berjalan efisien dan dapat digunakan. Hidgrogenasi non-katalik hanya berjalan dengan kondisi temperature yang sangat tinggi.

  • nikel Raney hydrogenationsKatalis homogen termasuk rhodium senyawa berbasis yang dikenal sebagai katalis Wilkinson dan iridium berbasis katalis Crabtree. Contohnya adalah hidrogenasi carvone :

  • katalisis heterogen adalah katalis yang terjadi dalam fase yang lebih dari satu atau mempunyai fase yang berbeda, katalis dapat berupa padatan dalam cairan atau padatan dalam gas. Katalis heterogen untuk hidrogenasi lebih umum digunakan ke industri. hal ini disebabkan sistem katalis heterogen memiliki beberapa keuntungan misalnya dapat digunakan pada suhu tinggi sehingga dapat dioperasikan pada berbagai kondisi

  • Katalisator heterogen umumnya lebih murah, kereaktifannya yang tinggi, ramah lingkungan, dengan waktu reaksi yang tidak lama, selektivitas yang baik, penanganan sederhana, dan juga menghemat energi

  • Hidrogenolisis adalah reaksi di mana ikatan diputuskan ketika hidrogen diadisi. Hidrogenolisisadalahreaksi kimiadimana karbon-karbon atau karbon -heteroatomikatan tunggal dipecah atau diadisi oleh hidrogen.Heteroatom dapat bervariasi, tapi biasanya adalah oksigen, nitrogen, atau sulfur.

  • Reaksi lain dari hidrogenolisis yang sering digunakan untuk kepentingan komersial adalah hidrogenolisis dari lemak stearin menjadi alkohol dan gliserol oleh katalis sepertikromit tembaga.Alkohol rantai panjang yang dihasilkan ini,banyak digunakan dalam industri, antara lain sebagai bahan baku pembuatan deterjen yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

  • Hubungan antara proses kondisi dan efeknya pada tingkat reaksi

    Reaction Rate

    Temperature

    Pressure

    Agitation

    Catalyst

  • Ada 4 proses :Thermal DecompositionSteam ReformingPartial OxidationBy Product From Catalytic Reforming