Hasil praktikum tentang jaringan epitel (siti irmawati) word 2007

4
HASIL PRAKTIKUM TENTANG JARINGAN EPITEL Judul : Jaringan Epitel A. Tujuan Yaitu untuk memperkirakan luas jaringan epitel yang menutupi permukaan tubuh (kulit). B. Alat dan Bahan - Gunting - Selotip - Penggaris - Kertas Koran C. Langkah Kerja 1) Pertama-tama membungkus seluruh permukan tubuh dengan kertas koran secara rapih dan berlapis.Gunakan selotip agar setiap lembaran kertas terikat satu sama lainnya.Dan selimuti sampai ke tangan dan kaki,kecuali hanya bagian wajah saja. 2) Setelah tubuh terbungkus,guntinglah kertas Koran tersebut secara hati-hati pada bagian tangan kiri dan kanan,kaki kiri dan kanan,bagian perut bawah,atas,belakang depan,kepala,dan alas kaki kiri dan kanan. 3) Lalu letakanlah kertas hasil pemotongan pada bagian- bagian tadi di meja atau lantai,hingga membentuk sebuah bangun persegi. 4) Ukurlah panjang dan lebar kertas Koran pada masing-masing bagian anggota tubuh. 5) Setelah semua terukur,lalu hitung luas masing-masing potongan,kecuali pada bagian kepala,pada bagian ini menghitung volume.

Transcript of Hasil praktikum tentang jaringan epitel (siti irmawati) word 2007

Page 1: Hasil praktikum tentang jaringan epitel (siti irmawati) word 2007

HASIL PRAKTIKUM TENTANG JARINGAN EPITEL

Judul : Jaringan Epitel

A. Tujuan

Yaitu untuk memperkirakan luas jaringan epitel yang menutupi permukaan tubuh (kulit).

B. Alat dan Bahan

- Gunting

- Selotip

- Penggaris

- Kertas Koran

C. Langkah Kerja

1) Pertama-tama membungkus seluruh permukan tubuh dengan kertas koran secara rapih dan berlapis.Gunakan selotip agar setiap lembaran kertas terikat satu sama lainnya.Dan selimuti sampai ke tangan dan kaki,kecuali hanya bagian wajah saja.

2) Setelah tubuh terbungkus,guntinglah kertas Koran tersebut secara hati-hati pada bagian tangan kiri dan kanan,kaki kiri dan kanan,bagian perut bawah,atas,belakang depan,kepala,dan alas kaki kiri dan kanan.

3) Lalu letakanlah kertas hasil pemotongan pada bagian-bagian tadi di meja atau lantai,hingga membentuk sebuah bangun persegi.

4) Ukurlah panjang dan lebar kertas Koran pada masing-masing bagian anggota tubuh.

5) Setelah semua terukur,lalu hitung luas masing-masing potongan,kecuali pada bagian kepala,pada bagian ini menghitung volume.

Page 2: Hasil praktikum tentang jaringan epitel (siti irmawati) word 2007

D. Data Hasil Pengamatan

No. Bagian Tubuh Luas1 Kepala 157 cm2 Tangan kanan 2025 cm3 Tangan kiri 1664 cm4 Badan bawah depan 1196 cm5 Badan bawah belakang 1650 cm6 Badan atas depan 1890 cm7 Badan atas belakang 1410 cm8 Kaki kanan 2385 cm9 Kaki kiri 1914 cm

10 Alas kaki kanan 1120 cm11 Alas kaki kiri 720 cm

E. Pertanyaan

1. Berapa rata-rata luas jaringan epitel yang menutupi permukaan tubuh temanmu?

2. Adakah hubungan antara ukuran tubuh seseorang dengan banyak jaringan epitel (kulit) pada tubuh?Jelaskan!

3. Apa pendapatmu tentang percobaan ini?

Jawaban :

1. Yaitu sekitar 16131 cm.2. Ada!karena jaringan epitel (kulit) sendiri yaitu salah satunya berfungsi untuk

menyelimuti seluruh tubuh,secara otomatis maka ukuran tubuh akan berpengaruh pada banyaknya jaringan epitel.

3. Menurut kami,percobaan ini adalah salah satu cara yang sederhana dan lumayan efektif untuk tujuan memperkirakan luas jaringan epitel yang menutupi permukaan tubuh (kulit).Tetapi efektif disini dalam arti untuk percobaan dalam pembelajaran materi tentang jaringan epitel.

Page 3: Hasil praktikum tentang jaringan epitel (siti irmawati) word 2007

XI IPA 1

Nama anggota :

1. Agung Faturahman2. Alivia nurlailita3. Elia Nurihsaniati4. Shinta widyastuti5. Siti irmawati

Jaringan Epitel

Bidang study :BIOLOGI