Etnis Sunda

download Etnis Sunda

of 13

  • date post

    04-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    244
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Tugas Bahasa sunda

Transcript of Etnis Sunda

Slide 1

ALVINGGASCOPYRIGHT_2K15APING GANTENG BINGGO

present

PROFIL ETNISSUKU SUNDA

Suku Sundaadalah kelompoketnisyang berasal dari bagian barat pulauJawa,Indonesia, dengan istilahTatar Pasundanyang mencakup wilayah administrasi provinsiJawa barat,Banten,Jakarta,Lampungdan wilayah baratJawa Tengah(Banyumasan). Bahasa yang digunakan untuk suku sunda adalah bahasa sunda itu sendiri.

PERILAKU SOSIALPerilaku sosial suku sunda pada dasarnya harus dilandasi oleh sikapsilih asih, silih asah, dan silih asuh,artinya harus saling mengasihi, saling mengasah atau mengajari, dan saling mengasuh sehingga tercipta suasana kehidupan masyarakat yang diwarnai keakraban, kerukunan, kedamaian, ketentraman, dan kekeluargaan.

PAKAIAN ADAT PRIA :Terdiri dari baju jas dengan kerah menutup leher yang disebut dengan JAS TAKWA, Kain batik/KAIN DODOT dengan motif bebas, Celana panjang yang sewarna dengan JAS TAKWA, Penutup kepala/ BENDO, Kalung, Sebilah keris yang terselip di belakang pinggang,Alas kaki atau selop,Rantai kuku macan atau jam rantai sebagai hiasan.PAKAIAN ADAT WANITA :Baju kebaya motif polos dengan hiasan sulam atau manik-manik, Kain batik atau KAIN KEBAT DILEPE. Ikat pinggang/BEUBEUR, Selendang/ KAREMBONG, Beberapa hiasan kembang goyang yang menghiasi bagian atas kepala serta rangkaian bunga melati yang menghiasi sanggul rambut, kalung, Alas kaki/selop yang warnanya sama dengan warna kebaya

Makanan khasBeberapa jenis makanan jajanan tradisional Indonesia yang berasal dari tanah sunda, seperti sayur asem, sayur lodeh, pepes, lalaban, dll.

Ciri khas senjata suku sunda Kujang Struktur Kujang

(1) Papatuk atau congo, yaitu bagian ujung yang runcing(2) Eluk atau siih, yaitu lekukan-lekukan pada badan kujang (3) Waruga yaitu badan atau wilahan kujang (4) Mata yaitu lubang-lubang kecil yang terdapat pada waruga yang jumlahnya bervariasi, antara 5 hingga 9 lubang. (5) Tonggong, yaitu sisi tajam yang terdapat pada bagian punggung kujang (6) Tadah, yaitu lengkung kecil pada bagian bawah perut kujang(7) Paksi, yaitu bagian ekor kujang yang berbentuk lancipdi atas waruga kujang.

Kearifan lokal sundaNilai-nilai budaya Sunda tua diperoleh dari suku Baduy Dalam, Kampung Naga dan desa-desa adat lainnya di daerah Sunda, yang diturunkan secara lisan dari orang-orang tua ke generasi dibawahnya, beserta prasasti-prasasti yang masih ada. Menurut orang-orang tua mereka diberi tahu bahwa ilmu mengenai tata ruang wilayahdibuat pada abad 8 dan sudah dituliskan, pada abad ke 14, kitab-kitab tersebut dibawa oleh penjajah (Belanda dan Portugis) untuk kepentingan mereka. Kepentingan mereka adalah kepentingan ekonomi dengan merubah tatanan ruang di Indonesia, seperti halnya perkebunan teh dll.

Tarian adat suku sundaTari Jaipong

Tari Ketuk Tilu

Tari MerakTari Topeng

Rumah Adat suku sundaSecara tradisional rumah orang Sunda berbentuk panggung dengan ketinggian 0,5 m - 0,8 m atau 1 meter di atas permukaan tanah. Pada rumah-rumah yang sudah tua usianya, tinggi kolong ada yang mencapai 1,8 meter. Kolong ini sendiri umumnya digunakan untuk tempat mengikat binatang-binatang peliharaan seperti sapi, kuda, atau untuk menyimpan alat-alat pertanian seperti cangkul, bajak, garu dan sebagainya. Untuk naik ke rumah disediakan tangga yang disebut Golodog yang terbuat dari kayu atau bambu, yang biasanya terdiri tidak lebih dari tiga anak tangga. Golodog berfungsi juga untuk membersihkan kaki sebelum naik ke dalam rumah.

kesenian adat suku sunda

Kuda LumpingReogKuda RennggongWayang GolekBuncisGendangAngklung

Upacara adat suku sunda Mapag Panganten