EDISI 41 | Agustus 2016

36
EDISI 41 | Agustus 2016

Transcript of EDISI 41 | Agustus 2016

Page 1: EDISI 41 | Agustus 2016

EDISI 41 | Agustus 2016

Page 2: EDISI 41 | Agustus 2016

Surat Pembaca

Dear CS,

Melalui email ini, saya ingin menanyakan tentang uang asuransi bulanan atas polis saya no: DB-001644528, yang biasanya telah saya terima pada tanggal 5 setiap bulannya, sesuai tanggal kelahiran saya. Namun pada bulan Juli 2016 sejak tanggal 5, saya belum mendapatkan transfer uang tersebut pada rekening bank saya, yaitu Bank BCA nomor account 4290404890, atas nama saya sendiri.

Yang ingin saya tanyakan, pada tanggal berapa kepastian pembayaran dimaksud, seandainya ada hal yang perlu diperma-slahkan sehubungan rutinitas pembayaran asuransi tersebut, mohon saya dihubungi melalui telepon nomor: 0822 446 776 38. Terima kasih sebelumnya dan saya tunggu kabar selanjutnya.Terima kasih

Salam R. FX. Bagus Setijanto ([email protected])

Yth, bapak/Ibu R. FX. Bagus Setijanto

Dengan Hormat,

Terima kasih telah menghubungi Jiwasraya dan menjadi salah seorang nasabah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Dapat kami sampaikan bahwa Kantor Cabang Jiwasraya telah membayarakan manfaat anuitas tersebut pada tanggal 7 Juni 2016 ke rekening BCA Cabang A Yani Surabaya. Mohon agar dicek kembali rekening tersebut. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Pemegang Polis, Jiwasraya sedang melaksanakan pemutakhiran database pemegang polis, apabila berkenan kami mohon agar disampaikan kepada kami informasi sebagai berikut : 1. Alamat lengkap tempat tinggal. 2. Nomor telepon selular. 3. Alamat email pribadi Demikian kami sampaikan, apabila masih ada yang ingin disampaikan silahkan menghubungi kami kembali atau call center di 021-1500-151. Terima kasih. Salam Hangat, Bagian Komunikasi Korporat

Tanya Jawab

Harley Owners Group (HOG) atau komunitas Harley Davidson didirikan pada tahun 1983 yang bertujuan untuk membangun loyalitas yang kuat dan persaudaraan antar penggemar motor Harley-Davidson sebagai sarana untuk mempromosikan bukan hanya produk konsumen, tapi juga gaya hidup. Sebagai komunitas global dengan anggota di Jakarta saja lebih dari 500 orang, perkumpulan ini menjadi salah satu pasar yg menjanjikan bagi Jiwasraya,

khususnya bagi kalangan menengah ke atas yg merupakan pemilik MoGe tersebut.

Seperti apa persisnya organisasi tersebut dan bagaimana kaitannya dengan Jiwasraya menjadi pertim-bangan Redaksi untuk mengulas topik ini menjadi Kabar Utama edisi Agustus 2016.

Pada rubrik Dinamika, kami tampilkan Profil Kantor Cabang (Kancab) Bekasi

lengkap dengan Profil Nasabah dan Agen. Melalui rubrik ini pembaca dapat lebih mengetahui profil Kancab Bekasi beserta jajarannya serta kinerja yang diraih beberapa waktu terakhir.

Rubrik yang tak kalah menarik kami sajikan adalah Rubrik Sosok Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo yang sebelumnya berprofesi sebagai tentara, Destinasi wisata Kota Solo sekaligus dengan kulinernya, Rubrik Trend dengan aneka lomba 17

Agustusan serta beragam rubrik lain yang dapat memperkaya wawasan anda.

Sebelum mengakhiri sapaan Redaksi mengucapkan :

“DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 71 TAHUN, SEMOGA SEMAKIN JAYA”

Sebagai penutup, kami ucapkan selamat membaca dan semoga bermanfaat. Redaksi

Beranda02

Page 3: EDISI 41 | Agustus 2016

H 14 | Kantor Cabang Bekasi

Dinamika

Redaksi menerima sumbangan tulisan dari pembaca untuk rubrik Inspirasi, yang berisi seputar masalah manajemen pribadi dan keuangan, tulisan di ketik 1 spasi maksimal 4.000 karakter. (disertai foto diri penulis).

PELINDUNG/PENASIHATDireksi PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)

PENANGGUNG JAWABSumarsono

REDAKTUR PELAKSANAWiwik Sutrisno

SEKRETARIS REDAKSIFadian Dwiantara

REPORTERMaria Orient, Umi Prasetiana,Tri Novitalia Afifah,Kontributor Daerah Kantor Wilayah & Kantor Cabang

FOTOGRAFERAnhar Syamsurizal

DISTRIBUTORBagian Komunikasi Korporat

TU/BAGIAN KEUANGANBagian Komunikasi korporat

ALAMAT REDAKSIDivisi Sekertariat PerusahaanAsuransi Jiwasraya, Jl. Ir. H. Juanda No.34Jakarta 10120 T: 021 3845031 ext. 121, 236 F: 021 3862344 E: [email protected]

- Beranda

- Kabar Utama

- Kabar Foto

- Kabar Terkini

- Dinamika

- Kabar Daerah

- Agen Terpilih

- Nasabah Prioritas

- Sosok

- Sosialite

- Parenting

- Bugar & Sehat

- Kolom Khusus

- Destinasi

- Selera

- Tips

- Laporan Bulanan

- Trend

- Jiwasromli

H2

H4

H9

H10

H14

H16

H20

H21

H22

H23

H24

H25

H26

H28

H30

H32

H33

H34

H35

CONTENT

TrendAneka Lomba 17 Agustus | H 34

DestinasiWisata Kota Solo | H 28

Page 4: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Utama04

Page 5: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Utama

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

05

Sejarah Singkat HOG

Harley-Davidson mendirikan Harley Owners Group (HOG) pada tahun 1983 yang bertujuan untuk membangun loyalitas yang kuat dan persaudaraan antar penggemar motor Harley-Davidson sebagai sarana untuk mempromosikan bukan hanya produk konsumen, tapi gaya hidup. HOG juga telah membuat pendapatan baru bagi perusahaan, dengan memproduksi barang dagangan, yang nantinya ditawarkan kepada anggota HOG yang berjumlah lebih dari satu juta.

Merek sepeda motor lainnya, dan beberapa merek diluar Harley-Davidson, telah mencoba untuk meniru keberhasi-lan Harley-Davidson dalam dalam upaya menciptakan komunitas yang didukung oleh merek mereka sendiri.

Pada tahun 1991, HOG melakukan Go-International. HOG resmi membuka cabang pertamanya di Eropa, yaitu di Cheltenham, Inggris.

H.O.G merupakan komunitas terbesar di dunia saat ini, dengan jumlah anggota sekitar satu juta pengendara motor. Di Asia Pasifik, Harley-Davidson memiliki kantor regional di Singapura, dan mengoperasikan 235 dealers dan dengan jumlah anggota aktif mencapai 74.000 peserta.

Manfaat menjadi anggota HOG adalah, organisasi ini merupakan kelompok yang terorganisir, memiliki produk eksklusif, dan tentu akan mendapatkan diskon produk, diskon premi asuransi, dan majalah HOG. Selama satu tahun keanggotaan penuh disertakan dengan pembelian, baru terdaftar Harley-Davidson.

Organisasi HOG

Setiap dealer Harley-Davidson memiliki kesempatan untuk mensponsori komuni-tas HOG. Dan tidak ada komunitas HOG tanpa dukungan dari dealer Harley Davidson. Juga hanya satu komunitas HOG per-dealer. Dalam situasi tertentu, dealer bisa menghentikan sponsorship-

nya, dan komunitas HOG yang disponsori dealer tersebut dapat melanjutkan tanpa berhubungan dengan dealer.

Pada sekitar tahun 2014, Harey-Davidson mengubah peraturan (dengan situasi tertentu) dengan menjadikan dua komunitas per-dealer.

Sebuah komunitas biasanya tidak selalu memiliki orang terpilih dari dalam keanggotaan mereka untuk mengerjakan laporan berita apa yang mereka kerjakan, dan mengatur acara sepanjang tahun.

Begitu pula dengan HOG. Komunitas HOG dikelola oleh relawan yang mengumpul-kan dana dari anggota untuk mensubsidi biaya kegiatan dan biaya administrasi untuk menjalankan komunitas tersebut.

Event HOG

Pada beberapa cabang HOG, sebagian besar event komunitas HOG hanya diperuntukan bagi anggota dan tamu yang telah menandatangani persetujuan tertentu. Cabang-cabang HOG dapat

mengadakan touring baik secara individu ataupun kelompok ke berbagai daerah (antar kota maupun lintas provinsi), dan touring ini dapat diikuti oleh semua member HOG dari cabang manapun.

Charity

Di Amerika Serikat sendiri, kegiatan amal resmi HOG yaitu bernama Muscular Dystrophy Association (MDA). Komunitas HOG didorong untuk mendukung MDA atau badan amal lainnya, meskipun mendukung kegiatan amal bukan merupakan persyaratan bagi anggota HOG.

Kerjasama Jiwasraya dengan Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter

Untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, Jiwasraya beker-jasama dengan HOG Jakarta Chapter sejak bulan Februari 2016. Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada Jiwasraya untuk memberikan edukasi kepada seluruh anggota pemilik motor besar asal Amerika ini disetiap acara-acara yang dilaksanakan HOG Jakarta Chapter.

Sebagai salah satu program kerja Jiwasraya untuk menyasar komunitas-komunitas potensial, maka Jiwasraya sudah bekerjasama dengan beberapa komunitas diantaranya HOG Jakarta Chapter dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kerjasama dengan HOG Jakarta Chapter adalah dalam bentuk Jiwasraya secara ekslusif menyediakan perlindungan Asuransi Jiwa Kecelakaan Diri dengan manfaat khusus untuk seluruh anggota HOG Jakarta Chapter disamping itu Jiwasraya memiliki kesempatan untuk

memasarkan produk-produk Asuransi Jiwa lain kepada seluruh anggota HOG Jakarta Chapter pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Pemilik motor Harley umumnya lebih memilih untuk melakukan kegiatan

touring bersama – sama dengan pemilik motor Harley lainnya, Jiwasraya menang-kap kebutuhan akan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri bagi seluruh anggota HOG. Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri yang disediakan dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan seluruh anggota HOG Chapter Jakarta. Adapun ketentuan dan manfaat produk Asuransi Kecelakaan Diri khusus untuk anggota HOG Chapter Jakarta adalah:

Usia Masuk : 20 s/d 69 tahunMasa Asuransi : 1 Tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis setiap akhir Masa AsuransiPremi : Premi Sekaligus Rp 500.000,- (lima ratus ribu)Uang Asuransi : Rp 500.000.000,-Manfaat :

kecelakaan dengan mengendarai sepeda motor Harley Davidson dalam Masa Asuransi, maka akan dibayarkan Uang Asuransi sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

tetap Total akibat kecelakaan karena mengenadarai motor Harley Davidson sebesar Rp 500.000.000,-

Tertanggung mengalami Cacat Tetap Sebagian akibat kecelakaan karena mengendarai motor Harley Davidson.

Kecelakaan karena mengendarai motor Harley Davidson maksimal

Rp75.000.000,- dalam satu tahun

akibat kecelakaan dalam mengendarai motor Harley Davidson maksimal sebesar Rp 15.000.000,- dalam satu tahun.

Halal Bihalal

Masih dalam bulan Syawal 1437H HOG Jakarta Chapter melaksanakan kegiatan Halal Bihalal di Pondok Indah Golf tanggal 24 Juli 2016 yang dihadiri oleh lebih dari 500 orang anggota. Pada kesempatan ini Jiwasraya diberi kesempatan untuk membuka booth dan membuat games menarik bagi pengunjung.

Kegiatan Halal Bihalal akan dilanjutkan dengan kegiatan touring Celebes Manado – Gorontalo – Palu – Mamuju – TanaToraja – Makassaar. Selamat melakukan touring semoga selamat sampai kembali di Jakarta. (Umi)

Page 6: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Utama06

mengadakan touring baik secara individu ataupun kelompok ke berbagai daerah (antar kota maupun lintas provinsi), dan touring ini dapat diikuti oleh semua member HOG dari cabang manapun.

Charity

Di Amerika Serikat sendiri, kegiatan amal resmi HOG yaitu bernama Muscular Dystrophy Association (MDA). Komunitas HOG didorong untuk mendukung MDA atau badan amal lainnya, meskipun mendukung kegiatan amal bukan merupakan persyaratan bagi anggota HOG.

Kerjasama Jiwasraya dengan Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter

Untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, Jiwasraya beker-jasama dengan HOG Jakarta Chapter sejak bulan Februari 2016. Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada Jiwasraya untuk memberikan edukasi kepada seluruh anggota pemilik motor besar asal Amerika ini disetiap acara-acara yang dilaksanakan HOG Jakarta Chapter.

Sebagai salah satu program kerja Jiwasraya untuk menyasar komunitas-komunitas potensial, maka Jiwasraya sudah bekerjasama dengan beberapa komunitas diantaranya HOG Jakarta Chapter dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kerjasama dengan HOG Jakarta Chapter adalah dalam bentuk Jiwasraya secara ekslusif menyediakan perlindungan Asuransi Jiwa Kecelakaan Diri dengan manfaat khusus untuk seluruh anggota HOG Jakarta Chapter disamping itu Jiwasraya memiliki kesempatan untuk

Page 7: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Utama

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

07

memasarkan produk-produk Asuransi Jiwa lain kepada seluruh anggota HOG Jakarta Chapter pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Pemilik motor Harley umumnya lebih memilih untuk melakukan kegiatan

touring bersama – sama dengan pemilik motor Harley lainnya, Jiwasraya menang-kap kebutuhan akan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri bagi seluruh anggota HOG. Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri yang disediakan dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan seluruh anggota HOG Chapter Jakarta. Adapun ketentuan dan manfaat produk Asuransi Kecelakaan Diri khusus untuk anggota HOG Chapter Jakarta adalah:

Usia Masuk : 20 s/d 69 tahunMasa Asuransi : 1 Tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis setiap akhir Masa AsuransiPremi : Premi Sekaligus Rp 500.000,- (lima ratus ribu)Uang Asuransi : Rp 500.000.000,-Manfaat :

kecelakaan dengan mengendarai sepeda motor Harley Davidson dalam Masa Asuransi, maka akan dibayarkan Uang Asuransi sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

tetap Total akibat kecelakaan karena mengenadarai motor Harley Davidson sebesar Rp 500.000.000,-

Tertanggung mengalami Cacat Tetap Sebagian akibat kecelakaan karena mengendarai motor Harley Davidson.

Kecelakaan karena mengendarai motor Harley Davidson maksimal

Page 8: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Utama08

Rp75.000.000,- dalam satu tahun

akibat kecelakaan dalam mengendarai motor Harley Davidson maksimal sebesar Rp 15.000.000,- dalam satu tahun.

Halal Bihalal

Masih dalam bulan Syawal 1437H HOG Jakarta Chapter melaksanakan kegiatan Halal Bihalal di Pondok Indah Golf tanggal 24 Juli 2016 yang dihadiri oleh lebih dari 500 orang anggota. Pada kesempatan ini Jiwasraya diberi kesempatan untuk membuka booth dan membuat games menarik bagi pengunjung.

Kegiatan Halal Bihalal akan dilanjutkan dengan kegiatan touring Celebes Manado – Gorontalo – Palu – Mamuju – TanaToraja – Makassaar. Selamat melakukan touring semoga selamat sampai kembali di Jakarta. (Umi)

Page 9: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Foto

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

09

Tahun ini PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) kembali menerima penghargaan dari Majalah Investor. Bertempat di Mawar Room Balai Kartini (29/6), Direktur Jiwasraya De Yong Adrian berkesempatan menerima award tersebut.

Penghargaan ketiga ini diberikan sebagai penghargaan kepada Jiwasraya sebagai Asuransi Jiwa Terbaik 2016 dengan kategori Asuransi Jiwa beraset di atas Rp 15 triliun. Dengan penghargaan ini tentunya semakin memotivasi Jiwasraya untuk menjadi asuransi terbesar dan terbaik di Indonesia. (Fadian)

Jiwasraya The Best Insurance Versi Majalah Investor

Page 10: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Terkini10

Momentum Idul Fitri yang biasa dirayakan sebagai sarana saling memaafkan dan bersilaturrahim (menyambung kasih sayang) dimanfaatkan oleh seluruh jajaran Direksi dan karyawan Jiwasraya. Acara yang berlangsung singkat namun penuh makna ini dilaksanakan pada 11 Juli 2016 di Aula Kantor Pusat Jiwasraya, Jakarta.

Selain seluruh Direksi hadir dengan formasi lengkap, hadir pula seluruh karyawan Kantor Pusat, Perwakilan dari Kantor Wilayah Utama dan sebawahnya, serta para Ketua dan Pengurus Persatuan Istri Karyawan (PIK) Jiwasraya.

“Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin” diucapkan oleh Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim. Kesempa-tan untuk saling memaafkan hendaknya dapat kembali mensucikan hati setelah melalui rangkaian ibadah selama sebulan penuh di Bulan Ramadhan 1437 H.

Sebagai pemimpin yang senantiasa bertanggung jawab, Beliau juga tidak

menyia-nyiakan kesempatan berkumpul seperti ini untuk terus mengkoreksi kinerja selama setengah tahun di tahun 2016. Jiwasraya harus terus memacu energi yang lebih di tahun ini untuk memenuhi target mencapai 15 triliun. Hal lain yang juga harus menjadi cambuk bagi perusahaan agar semakin menanjak ditengah ketatnya persaingan industri asuransi.

Hendrisman juga mengajak seluruh karyawan untuk bekerja secara benar sesuai dengan Standar Operational

Procedure (SOP) yang sudah ada untuk bisa meraih target akhir tahun sebesar 15 Triliun yang meningkat dari target tahun sebelumnya yang hanya 10,8 triliun. Selain itu, himbauan agar seluruh karyawan bekerja secara kordinatif di setiap lini untuk menciptakan kondisi perusahaan yang semakin baik ke depannya.

Acara juga diisi dengan bersalam-salaman, dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama. (Novi)

Halal Bihalal Kantor Pusat Jiwasraya

Page 11: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Terkini

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

11

Pendidikan secara berjenjang yang diselenggarakan Jiwasraya dari mulai NEO sampai dengan MDP merupakan program berkesinambungan yang setting Divisi Sumber Daya Manusia untuk terus meng-upgrade kualitas dari segi knowl-edge, leadership, integrity dan competency seluruh karyawan Jiwasraya.

Di 2016 ini, karyawan Jiwasraya berkesempatan mendapatkan pendidi-kan berjenjang tersebut, setelah menjalani pendidikan New Employee Orientation tahun 2015. Sebanyak 29 peserta dari seluruh unit kerja diseluruh Kantor Jiwasraya mengikuti pendidikan yang dibuka di ruang kelas Apartemen Cilandak, sedangkan kegiatan pendidikan akan berlangsung dari 18 – 28 Juli 2016.

Hadir dalam pembukaan diklat Direktur Utama Hendrisman Rahim, Direktur SDM Dan Umum Muhamad Zamkhani, Kepala SPI Jasnovaria, Kadiv SDM Udhi Prasety-anto dan Kadiv Aktuaria Perusahaan Iswardi.

Dalam sambutannya Hendrisman menyebut peserta ODP merupakan generasi harapan, generasi yang akan

Officer Development Program BATCH I 2016

membawa Jiwasraya menuju perubahan menjadi perusahaan yang profesional. Generasi yang menjadi harapan dari manajemen dalam membangun Jiwasraya, saat ini Jiwasraya memerlukan sumber daya yang mampu menjalankan aktivitas perusahaan sesuai dengan SOP dan kaidah yang telah diatur.

Dia menambahkan agar peserta selama pendidikan ini menunjukan kualitas untuk menjadi yang terbaik, diklat ini menjadi ajang pembuktian diri dan peningkatan dari semua aspek, baik dari aspek knowledge, kompetensi dan attitude. Selain itu, Hendrisman berpesan agar diklat ini dimanfaatkan untuk sharing experience dan menjalin komuni-kasi baik dengan instruktur maupun antar peserta, tujuannya agar sekembalinya peserta ke unit kerja masing-masing peserta dapat menyempurnakan SOP dan berinovasi untuk mengembangkan unit kerja dan perusahaan tentunya.

Terakhir, Hendrisman menggambarkan mengenai peneterasi industri asuransi di Indonesia masih minim dan di 2018 ini menjadi 3 besar di industri asuransi, hal ini menjadi peluang bagi Jiwasraya untuk meningkatkan mengedukasi masyarakat

tentang pentingnya asuransi sekaligus meningkatkan bisnis perusahaan. Peluang ini menjadi kesempatan dan tantangan bagi para peserta, dengan kerja keras, semangat baru dan berbagi displin ilmu yang dimiliki bukan tidak mungkin generasi harapan, dapat menjadi generasi perubahan yang mewujudkan Jiwasraya menjadi perusa-haan profesional yang akan menjadi leader di industri asuransi dimasa mendatang.

Setelah acara sambutan, rangkaian pembukaan diklat ditutup dengan penyematan secara simbolis name tag peserta diklat kepada perwakilan peserta yakni, Rian Anggara Putra dari Seksi Operasional dan Penjualan Kantor Cabang Surabaya Timur dan Stefany Putri Octalien dari Seksi Pertanggungan Kantor Cabang Ende yang menandai diklat New Employee Orientation Batch I 2016 dimulai. Acara pembukaan diklat diakhir dengan ramah tamah dan foto bersama seluruh peserta.

Selamat belajar dan semoga sukses..!!! (Fadian)

Page 12: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Terkini12

Sebagai perusahaan asuransi yang terus berkembang, Jiwasraya selalu mempersiapkan kader terbaiknya yang akan membawa Jiwasraya menjadi perusahaan asuransi terdepan di industri asuransi masa datang. Pembentukan kader-kader berkualitas tidak hanya dilakukan dengan menempatkan para karyawan di unit kerja diseluruh Kantor Jiwasraya, tetapi yang lebih penting adalah memberikan pembekalan baik hardskill dan softskill melalui diklat yang diselenggarakan Divisi Sumber Daya Manusia.

Divisi SDM sebagai fasilitator penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bertanggungjawab untuk membentuk karyawan Jiwasraya yang memiliki integritas dan kompetensi tinggi demi memajukan Jiwasraya, melalui program pendidikan dan pelatihan awal dengan nama New Employee Orientation Program 2016 (NEO) Divisi SDM membentuk kader-kader baru Jiwasraya untuk menjadi karyawan yang profesional dan memiliki integritas tinggi bagi kemajuan Jiwasraya.

Pembukaan NEO batch I tahun 2016 dilaksana-kan pada tanggal 14 Juli 2016, diklat yang dilaksanakan sampai dengan 29 Juli 2016 diikuti oleh 26 peserta dari seluruh unit kerja

Jiwasraya diseluruh Indonesia. Hadir dalam pembukaan yang dilakukan di Gedung Pusdiklat Jiwasraya, Kepala Divisi SDM Udhi Prasetyanto yang didampingi Kepala Divisi Umum dan Pengadaan Budiyono serta Kepala Divisi DPLK Jiwasraya Lusiana.

Diawal sambutannya Udhi menyampaikan program NEO ini merupakan awal baru bagi karyawan Jiwasraya dalam menapaki karir, diklat ini menjadi titik awal bagi peserta sebagai pembuktian dan pembekalan diri, sehingga sekembalinya ke unit kerja akan menjadi individu yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Jiwasraya.

Melanjutkan sambutan Lusiana mendeskripsi-kan mengenai potensi yang dimiliki karyawan baru yang tentunya memiliki fighting spirit, kemampuan, style yang beragam dan tentu saja pendidikan dari bebagai disiplin ilmu. Hal tersebut dapat dijadikan modal yang bagus bagi peserta untuk dapat memberikan kemampuan yang terbaik, disamping itu kerja keras dan kerja cerdas akan menjadi added value bagi Jiwasraya mewujudkan sebagai perusahaan terbesar di industri asuransi melalui kontribusi dari karyawan baru.

Ditambahkan pula oleh Budiyono bahwa pentingnya aspek kedispilinan bagi setiap karyawan, dalam hal ini Budiyono memberikan credit point atas program Divisi SDM yang memberikan porsi lebih dalam meningkatkan aspek kedisiplinan karyawan. Dia menambah-kan bahwa amanah yang diberikan perusahaan kepada setiap karyawan merupakan tantangan, karena hal tersebut untuk kemajuan perusahaan. Diharapkan melalui diklat ini peserta dapat meningkatkan knowledge dan menunjukan attitude yang baik, karena penilaian yang dilakukan tidak hanya hardskill tetapi juga softskill.

Setelah acara sambutan, rangkaian pembu-kaan diklat ditutup dengan penyematan secara simbolis name tag peserta diklat kepada perwakilan peserta yakni, Prilia Kartika Permatasari dari Seksi Evaluasi Penjualan Dan Inkaso Kantor Wilayah Surabaya dan Firman Prihansyah dari Seksi Perencanaan Penjualan Kantor Pusat yang menandai diklat New Employee Orientation Batch I 2016 dimulai. Acara pembukaan diklat diakhir dengan ramah tamah dan foto bersama seluruh peserta.

Selamat belajar dan semoga sukses..!!! (Fadian)

New Employee Orientation Program BATCH I 2016

Page 13: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Terkini

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

13

Beberapa orang berpakaian khas seragam office boy terlihat sumringah dan berkumpul menuju Ruang Van Kerchem Kantor Pusat Jiwasraya. Ternyata para Srikandi Jiwasraya yang tergabung dalam Persatuan Istri Karyawan (PIK) sudah menyambut kedatangan para office boy, security, dan para karyawan dasar Jiwasraya untuk memberikan bingkisan sembako sebagai persiapan lebaran yang sedang dinantikan para umat Muslim. PIK Jiwasraya dikenal peduli dalam mengadakan kegiatan-kegiatan sosial untuk menunjang citra perusahaan di mata masyarakat. Selain pada kalangan eksternal perusahaan, mereka juga tak lupa dengan peran para karyawan dasar yang turut mendukung kelancaran proses pekerjaan di kantor-kantor Jiwasraya.

Acara yang berlangsung pada Senin, 27 Juni 2016 di Ruang Van Kerchem Kantor Pusat Jiwasraya, dihadiri oleh para Ketua Umum PIK Jiwasraya Pusat Luthfia Hendrisman Rahim, Rahma Hary Prasetyo, Tati De Yong Adrian dan Kusmeini Muhamad Zamkhani yang juga turut andil menyerahkan bingkisan-bingkisan yang sudah disusun dengan baik oleh para pengurus PIK Jiwasraya.

Luthfia Hendrisman Rahim juga menyampai-kan harapannya bahwa kegiatan peduli terhadap sesama dapat berlangsung terus sampai kapanpun. Setelah sebelumnya para

Penyerahan Bingkisan lebaran Oleh PIK Jiwasraya

pengurus PIK disibukkan dengan kegiatan bazar Ramadhan akhir pekan lalu, kali ini tenaga PIK kembali dikerahkan untuk menyiapkan paket-paket bingkisan sebagai wujud tolong menolong dan amal kebaikan di bulan Ramadhan. Ia menginginkan seluruh pengurus PIK tetap bekerja dengan ikhlas agar kegiatan berjalan dengan mudah dan lancar. Harapannya semoga semua kegiatan PIK diberikan kemudahan dan mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bingkisan yang terdiri dari bahan-bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula, teh, susu, sirup dan sebagainya diberikan kepada para office boy, security, karyawan anak perusahaan

PT. Eka Daya Karya Sejahtera (EDKS) dan PT. Stannia Bineka Jasa serta jajaran karyawan dasar di lingkungan kerja Kantor Pusat dan Kantor Wilayah Utama Jiwasraya sejumlah 225 orang. Acara pembagian bingkisan Lebaran PIK kali ini diketuai oleh Diana Erry Syafruddin dan dibantu oleh seluruh pengurus PIK yang sangat cekatan menyambut para penerima bingkisan.

Sepertinya PIK Jiwasraya turut menghiasi Ramadhan kali ini dengan kegiatan bermanfaat yang bisa membuat orang-orang di sekeliling kita ikut tersenyum merasakan nikmatnya beribadah di bulan penuh berkah dan merayakannya bersama di hari kemenangan nanti. (Novi)

Page 14: EDISI 41 | Agustus 2016

Dinamika14

Saat ini Kantor Cabang Bekasi dipimpin oleh Ushanna Tribawanto dan dibantu oleh tiga Kepala Seksi dan empat Pegawai. Sedang untuk mendukung aktivitas operasional, Kantor Cabang Bekasi membawahi 9 Area Manager, 23 Unit Manager dan 204 Marketing Associate. Jumlah Portofolio saat ini terdiri dari 2.900 Polis Pertanggungan Perorangan dan 339 Polis Pertanggungan Kumpulan.

Tugas Pokok

Dalam pencapaian target premi di tahun 2016, perusahaan mematok sebesar Rp115,5 miliar

KANTOR CABANG BEKASI

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Bekasi

merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri. Bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan

Kota Pejuang.

Sejak dibentuk pada tahun 1999, Kantor Cabang Bekasi (Bekasi Branch Office) merupakan Bagian dari Cirebon Regional Office, namun per-Februari 2015 bergabung dengan Kantor Wilayah Utama Jakarta. Kantor Cabang Bekasi yang cukup strategis berada di tengah

Kota Bekasi Jl. Jend. Sudirman Grand Mall Blok C.1-2, Bekasi.

pencapaian di tahun ini sesuai BOD Aspiration. Selain itu, hal-hal lain yang menjadi tugas pokok Kantor Cabang Bekasi antara lain :a. Pemetaan pasar yang intensif dan fokus sesuai dengan kondisi Demografis Bekasi.b. Menyiapkan Agen yang “qualified” untuk menggarap pasar dimaksud.c. Memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Agen dengan melakukan supervisi, coaching, concelling, dan role playing.d. Melakukan monitoring dan evaluasi untuk

mengetahui hasil kinerja organisasi.e. Seluruh Jajaran Kantor Cabang Bekasi senantiasa melakukan tugas & tanggung jawab sesuai SOP yang berlaku.

Hambatan dan Solusi

Seiring pejalanannya, Kantor Cabang Bekasi kerap menemukan hal-hal yang menghambat lajunya dalam meraup sasaran target dari tahun ke tahun. Namun persoalan yang sering terjadi dalam kegiatan operasional seperti Manager Agen

masih banyak yang belum mampu menutup premi sekaligus dengan besaran yang signifikan sehingga kurang berdampak pada penerimaan kantor cabang.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang mendadak kurang memaksimalkan penggarapan target ke perusahaan-perusahaan lain. Estimasi cadangan premi sekaligus, banyak yang tidak cair sesuai jadwal tagihannya dan kemampuan rata-rata penjualan para Agen di Cabang Bekasi lebih banyak melakukan penjualan premi berkala dibanding premi sekaligus.

Namun, berbagai kendala tersebut tidak lantas membuat segenap jajaran Kantor Cabang Bekasi patah arang. Terlihat dari strategi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut diantaranya :a. Kepala Cabang & Kepala Seksi Operasional secara konsisten melakukan monitoring terhadap kinerja Area Manager khususnya untuk penutupan premi sekaligus.b. Melakukan supervisi secara terjadwal setiap hari Senin & hari Jum’at untuk mengetahui sejauh mana aktifitas Agen.c. Melakukan role playing untuk meningkatkan product knowledge serta meningkatkan kemampuan & kepercayaan diri Agen.d. Memenuhi formasi tenaga pemasar yang masih kurang, yakni sebanyak 3 Area Manager

dan 13 Unit Manager di semester II/2016.

Prestasi yang Pernah Dicapai

Kantor Cabang Bekasi sejak terbentuk di tahun 1999 sudah pernah meraih prestasi peringkat 1 secara nasional dalam penerimaan premi.

Tahun 2015, di tahun pertama kepemimpinan-nya, Ibu Ushana Tribawanto mampu mengan-tarkan Cabang Bekasi meraih Rangking 2 Nasional Penerimaan Premi dan itu merupakan semangat dan prestasi seluruh tim Cabang Bekasi untuk meraih yang lebih baik pada tahun ini.

Dan, di tahun yang sama, Kantor Cabang Bekasi berhasil menjadi Juara Umum tingkat kantor cabang se-Kanwil Utama Jakarta.

Di Tahun 2015, dari Target Premi NBOBPPPK sebesar Rp90,6 miliar mampu tercapai sebesar Rp72,6 miliar atau rasio 80,21%. Dan di tahun berjalan 2016, dengan target sebesar Rp115,5 miliar sudah terealisasi sebesar Rp85 miliar hingga saat ini.

Rencana ke depan dan Kiat Kordinasi Tim

Sasaran target Kantor Cabang Bekasi dapat terwujud apabila fungsi dan peran AM dan UM dalam membangun organisasi yang kuat dan solid dapat berjalan optimal. Bekerja sama dengan Team Kantor Wilayah Utama, LPPA maupun Lintas Divisi untuk peningkatan sumber daya Team Operasional Bekasi.

Hal lainnya yakni memastikan organisasi Cabang Bekasi berjalan

sesuai dengan ketentuan BOD Apiration 2016. Kegiatan

aktivitas bisnis organisasi di Cabang Bekasi diinten-

sifkan dengan penajaman pada

sektor

Operasional untuk mencapai target yang

telah ditentukan (Premi, Polis dan Rekrut)

dan melakukan supervisi atas kinerja Operasional dan

back office untuk mengetahui aktifitas proses bisnis dengan jelas. Membuat suasana organisasi cabang kondusif dan bersama-sama berfikir secara kooperatif memenuhi carry over yang harus dicapai.

Selain itu, ada kiat-kiat khusus yang juga diberlakukan dalam lingkup Cabang Bekasi antara lain :a. Dalam mendevelop organisasi harus ada elemen trust yang menjadi basis.b. Gunakan bahasa yang makin sederhana, praktis dan relevan dengan kerja sehari-hari pada level operasional.c. Memberikan reward kepada individu maupun tim terbaik yang mencapai kinerja tinggi.d. Dalam upaya menjadikan organisasi menjadi baik diperlukan kesabaran, kesungguhan dan pengorbanan dalam menghadapi perbedaan pendapat, biaya, tenaga dan fikiran namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka persistensi dan konsistensi akan memberikan hasil yang sepadan.

Kepala Kantor Cabang Bekasi

Ushanna Tribawanto, wonder women kelahiran Cilacap ini memiliki hobby cooking, shopping, traveling, coaching dan conselling. Mengawali karier di Jiwasraya sebagai Kepala Cabang Bekasi melalui jalur pro hire. Semangat kerja tinggi yang dimiliki memberikan motivasi terhadap organisasi yang dipimpin, terbukti dengan pencapaian kinerja di Tahun pertama membawa Cabang Bekasi mencapai peringkat ke 2 tingkat Nasional dan Juara Umum Kegiatan HUT tingkat Kantor Wilayah Utama Jakarta.

Wanita Ramah dan fashionable ini memiliki motto “Transformasi Bukanlah Opsi tapi Mandatory”. Dalam dunia market yang amat dinamis dan terintegrasi konsumen semakin demanding, teknologi semakin inovatif, lifestyle yang kian cepat berubah, menjadikan transformasi kinerja bukanlah sebuah opsi tapi sebagai mandatory jika seorang Agen ingin terus menjadi bagian di masyarakat bisnis asuransi yang sukses. (Novi/Tim Kantor Cabang Bekasi)

Page 15: EDISI 41 | Agustus 2016

Dinamika

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

15

Saat ini Kantor Cabang Bekasi dipimpin oleh Ushanna Tribawanto dan dibantu oleh tiga Kepala Seksi dan empat Pegawai. Sedang untuk mendukung aktivitas operasional, Kantor Cabang Bekasi membawahi 9 Area Manager, 23 Unit Manager dan 204 Marketing Associate. Jumlah Portofolio saat ini terdiri dari 2.900 Polis Pertanggungan Perorangan dan 339 Polis Pertanggungan Kumpulan.

Tugas Pokok

Dalam pencapaian target premi di tahun 2016, perusahaan mematok sebesar Rp115,5 miliar

pencapaian di tahun ini sesuai BOD Aspiration. Selain itu, hal-hal lain yang menjadi tugas pokok Kantor Cabang Bekasi antara lain :a. Pemetaan pasar yang intensif dan fokus sesuai dengan kondisi Demografis Bekasi.b. Menyiapkan Agen yang “qualified” untuk menggarap pasar dimaksud.c. Memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Agen dengan melakukan supervisi, coaching, concelling, dan role playing.d. Melakukan monitoring dan evaluasi untuk

mengetahui hasil kinerja organisasi.e. Seluruh Jajaran Kantor Cabang Bekasi senantiasa melakukan tugas & tanggung jawab sesuai SOP yang berlaku.

Hambatan dan Solusi

Seiring pejalanannya, Kantor Cabang Bekasi kerap menemukan hal-hal yang menghambat lajunya dalam meraup sasaran target dari tahun ke tahun. Namun persoalan yang sering terjadi dalam kegiatan operasional seperti Manager Agen

masih banyak yang belum mampu menutup premi sekaligus dengan besaran yang signifikan sehingga kurang berdampak pada penerimaan kantor cabang.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang mendadak kurang memaksimalkan penggarapan target ke perusahaan-perusahaan lain. Estimasi cadangan premi sekaligus, banyak yang tidak cair sesuai jadwal tagihannya dan kemampuan rata-rata penjualan para Agen di Cabang Bekasi lebih banyak melakukan penjualan premi berkala dibanding premi sekaligus.

Namun, berbagai kendala tersebut tidak lantas membuat segenap jajaran Kantor Cabang Bekasi patah arang. Terlihat dari strategi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut diantaranya :a. Kepala Cabang & Kepala Seksi Operasional secara konsisten melakukan monitoring terhadap kinerja Area Manager khususnya untuk penutupan premi sekaligus.b. Melakukan supervisi secara terjadwal setiap hari Senin & hari Jum’at untuk mengetahui sejauh mana aktifitas Agen.c. Melakukan role playing untuk meningkatkan product knowledge serta meningkatkan kemampuan & kepercayaan diri Agen.d. Memenuhi formasi tenaga pemasar yang masih kurang, yakni sebanyak 3 Area Manager

dan 13 Unit Manager di semester II/2016.

Prestasi yang Pernah Dicapai

Kantor Cabang Bekasi sejak terbentuk di tahun 1999 sudah pernah meraih prestasi peringkat 1 secara nasional dalam penerimaan premi.

Tahun 2015, di tahun pertama kepemimpinan-nya, Ibu Ushana Tribawanto mampu mengan-tarkan Cabang Bekasi meraih Rangking 2 Nasional Penerimaan Premi dan itu merupakan semangat dan prestasi seluruh tim Cabang Bekasi untuk meraih yang lebih baik pada tahun ini.

Dan, di tahun yang sama, Kantor Cabang Bekasi berhasil menjadi Juara Umum tingkat kantor cabang se-Kanwil Utama Jakarta.

Di Tahun 2015, dari Target Premi NBOBPPPK sebesar Rp90,6 miliar mampu tercapai sebesar Rp72,6 miliar atau rasio 80,21%. Dan di tahun berjalan 2016, dengan target sebesar Rp115,5 miliar sudah terealisasi sebesar Rp85 miliar hingga saat ini.

Rencana ke depan dan Kiat Kordinasi Tim

Sasaran target Kantor Cabang Bekasi dapat terwujud apabila fungsi dan peran AM dan UM dalam membangun organisasi yang kuat dan solid dapat berjalan optimal. Bekerja sama dengan Team Kantor Wilayah Utama, LPPA maupun Lintas Divisi untuk peningkatan sumber daya Team Operasional Bekasi.

Hal lainnya yakni memastikan organisasi Cabang Bekasi berjalan

sesuai dengan ketentuan BOD Apiration 2016. Kegiatan

aktivitas bisnis organisasi di Cabang Bekasi diinten-

sifkan dengan penajaman pada

sektor

Operasional untuk mencapai target yang

telah ditentukan (Premi, Polis dan Rekrut)

dan melakukan supervisi atas kinerja Operasional dan

back office untuk mengetahui aktifitas proses bisnis dengan jelas. Membuat suasana organisasi cabang kondusif dan bersama-sama berfikir secara kooperatif memenuhi carry over yang harus dicapai.

Selain itu, ada kiat-kiat khusus yang juga diberlakukan dalam lingkup Cabang Bekasi antara lain :a. Dalam mendevelop organisasi harus ada elemen trust yang menjadi basis.b. Gunakan bahasa yang makin sederhana, praktis dan relevan dengan kerja sehari-hari pada level operasional.c. Memberikan reward kepada individu maupun tim terbaik yang mencapai kinerja tinggi.d. Dalam upaya menjadikan organisasi menjadi baik diperlukan kesabaran, kesungguhan dan pengorbanan dalam menghadapi perbedaan pendapat, biaya, tenaga dan fikiran namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka persistensi dan konsistensi akan memberikan hasil yang sepadan.

Kepala Kantor Cabang Bekasi

Ushanna Tribawanto, wonder women kelahiran Cilacap ini memiliki hobby cooking, shopping, traveling, coaching dan conselling. Mengawali karier di Jiwasraya sebagai Kepala Cabang Bekasi melalui jalur pro hire. Semangat kerja tinggi yang dimiliki memberikan motivasi terhadap organisasi yang dipimpin, terbukti dengan pencapaian kinerja di Tahun pertama membawa Cabang Bekasi mencapai peringkat ke 2 tingkat Nasional dan Juara Umum Kegiatan HUT tingkat Kantor Wilayah Utama Jakarta.

Wanita Ramah dan fashionable ini memiliki motto “Transformasi Bukanlah Opsi tapi Mandatory”. Dalam dunia market yang amat dinamis dan terintegrasi konsumen semakin demanding, teknologi semakin inovatif, lifestyle yang kian cepat berubah, menjadikan transformasi kinerja bukanlah sebuah opsi tapi sebagai mandatory jika seorang Agen ingin terus menjadi bagian di masyarakat bisnis asuransi yang sukses. (Novi/Tim Kantor Cabang Bekasi)

Ushanna TribawantoKepala kantorCabang Bekasi

Page 16: EDISI 41 | Agustus 2016

Pada Hari jumat 16 Juni 2016 bertepatan dengan hari ke 12 ramadhan 1437 H, di Masjid Anas Bani Malik Pondok Bahar Kota Tangerang telah dilaksanakan acara pembagian santunan dan alat tulis, serta buka bersama anak panti asuhan yang merupakan bagian dalam rangkaian acara Jiwasraya Berbagi tahun 2016.

Acara yang mengundang 200 orang anak panti asuhan ini, mengambil tema Jiwasraya Berbagi. kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat berbagi dan juga memberikan semangat kepada anak-anak panti agar tetap semangat dalam menyongsong masa depan.

Pada kegiatan kali ini, Jiwasraya dihadiri oleh Kepala Kantor Cabang Tangerang Amin Nurdi beserta supporting unit Kantor Cabang Tangerang. Sementara itu, hadir dari perwakilan tuan rumah acara ini adalah H. Ahmad Nasuha selaku pengurus Masjid Anas Bani Malik dan H. Nur Satriadi selaku pengurus Yayasan Panti Asuhan Pondok Bahar.

Dalam sambutannya, Amin Nurdi menyampaikan bahwa Jiwasraya sebagai salah satu BUMN turut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dalam rangka membangun negeri. Amin Nurdi menambahkan bahwa kegiatan seperti ini akan terus berlanjut sebagai bentuk tanggung jawab sosial Jiwasraya kepada masyarakat.

Pada sambutan selanjutnya, pengurus yayasan panti asuhan yang diwakili oleh H. Nur Satriadi mengucapkan terima kasih kepada Jiwasraya yang telah mengadakan program Jiwasraya Berbagi dengan melakukan kegiatan pembagian santunan, alat tulis, serta buka bersama anak panti asuhan. Kegiatan ini dinilai tepat sasaran, mengingat anak-anak panti yang memang membutuhkan perhatian dan juga kepedulian dari sesama agar terus termotivasi dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan dari anak-anak panti asuhan, dimana

secara berkelompok anak-anak panti asuhan bergantian membacakan hafalan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Asmaul Husna, dan juga shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan medengarkan tausiah dari Drs. H. Jaja Sudirja dengan tema puasa, puasa yang diharapkan mampu menjadi penebus dosa sehingga menjadikan jiwa-jiwa yang fitri pada akhirnya.

Dengan rasa antusisme yang tinggi dari anak panti asuhan, rangkaian acara berikutnya adalah kuis dengan pertanyaan seputar pengetahuan agama Islam, dimana bagi yang bisa menjawab mendapatkan souvenir menarik dari Jiwasraya. Alhamdulillah semua pertanyaan dapat dijawab dengan benar dimana hal itu menunjukan bahwa walaupun menghadapi keterbatasan, mereka mampu tetap bisa berprestasi dan juga mepunyai potensi untuk menjadi generasi

penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dalam pengetahuan umum saja, namun juga dalam pengeta-huan agama.

Alhamdulillah rangkaian demi rangkaian acara berjalan dengan lancar, bertepatan dengan berkumandangnya Adzan Maghrib, acara ditutup dengan doa dan buka bersama seluruh peserta dari anak panti asuhan dan undangan yang hadir.

Setelah menyantap hidangan berbuka yang sudah disiapkan, semua anak panti asuhan dan juga para tamu undangan berbondong-bondong mengam-bil wudhu untuk Shalat Maghrib berjamaah. Dilanjutkan dengan pembagian santunan dan alat tulis bagi seluruh anak panti asuhan yang hadir.

Berbagi tidak hanya aktifitas memberi, tapi merupakan perwujudan rasa syukur kepada Yang Maha Pemberi Rizki. Jiwasraya Berbagi, Jiwasraya Peduli. (Azis Rahman)

KC Tangerang

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Daerah16

JIWASRAYA BERBAGI : Pembagian Santunan, Alat Tulis dan Buka Bersama Anak Panti Asuhan

Page 17: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Daerah

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

17

Jumat, 24 Juni 2016 di Kantor Cabang Bogor telah dilaksanakan Pasar Murah Ramadhan 1437H dan Santunan untuk anak yatim. Ini merupakan kali kedua Kantor Cabang Bogor ditunjuk oleh Kantor Pusat sebagai pelaksana, program ini juga dilaksanakan secara serentak oleh 2 BUMN lainnya di beberapa titik Kota Bogor, yaitu PT. Taspen (Persero) dan PT. Pegadaian (Persero).

Program ini dimulai dari jam 09.00 WIB s.d. 15.00 WIB, dan dibuka oleh Yuniarti Soemartono selaku Kepala Kantor Cabang Bogor PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) serta dihadiri juga oleh Dhanny

Bacthazar dan Bina Jandoli selaku perwakilan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkuan (PKBL) PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Dalam sambutannya, Yuniarti Soemartono menyampai-kan ke warga yang sudah mengantri bahwa dana penjualan sembako ini akan disalurkan kembali untuk pembangunan masjid. Pasar Murah Ramadhan 1437H menjual 500 paket sembako senilai Rp150.000,00 dijual dengan harga Rp25.000,00 yang terdiri dari beras 10kg, minyak goreng 2 liter dan gula putih 2kg.

Pelaksanaan Pasar Murah Ramadhan 1437H dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yaitu di Kantor Cabang Bogor sebanyak 400 paket dan Desa Cihideung Ilir di kaki Gunung Salak sebanyak 100 paket dengan sasaran masyarakat yang kurang mampu. Dari hasil penjualan seluruh paket sembako tersebut, dananya yang terkumpul di sumbangkan untuk pembangu-nan Masjid Baitul Marhamah di daerah Ciluar dan Masjid Darussalam di Desa Pasir Jambu. Untuk pemberian santunan anak yatim dilaksanakan di Pondok Pesantren dan Rumah Yatim Al-Itqan Depok dan di Dinas Sosial Balai Perlindungan Sosial Asuhan

Anak Cibalagung Bogor masing-masing sebanyak 75 anak yatim.

Terlihat animo yang tinggi dari warga sekitar dengan adanya pelaksanaan Pasar Murah Ramadhan 1437H di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Bogor dan program ini berjalan secara tertib dan aman. Beberapa warga menyampaikan bahwa program ini sangat membantu, terutama di bulan Ramadhan yang dimana harga-harga mengalami kenaikan. Diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan. (Antaresa)

KC BogorPasar Murah Ramadhan 1437 H

Page 18: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kabar Daerah18

Pada tanggal 15 Juli 2016 telah diserahkan polis asuransi jiwa produk JS Plan Optima 9 kepada AKBP Muhammad, S.IK oleh Sumbawa Area Manager Taufik. Polis tersebut diserah-kan langsung diruang kerja bapak Kapolres Sumbawa. Kerja sama ini akan dilanjut-kan dengan memberikan kesempatan ke PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk memberikan presentase produk kepada seluruh jajaran anggota Polres Sumbawa. (Taufik)

Bertempat di Gedung Dana Pensiun Bank Riau Kepri Pekanbaru pada tanggal 2 Juni 2016 telah dilaksanakan penandatangan PKS antara Jiwasraya Wilayah Pekanbaru dengan Dana Pensiun Bank Riau Kepri dalam rangka pengelolalaan Program Asuransi Imbalan Pasca Kerja Dana Pensiun Bank Riau Kepri.

Penandatangan PKS tersebut dihadiri dari Pihak Jiwasraya Kepala Wilayah Pekanbaru Rotua Pasaribu yang didamp-ingi oleh Kabag Penjualan & Osaka Marpaung dan Kabag Pertanggungan Frans Magel Sinaga, sementara dari pihak

Dana Pensiun Bank Riau Kepri dihadiri oleh Haznam Harum selaku Ketua Pengurus Dana Pensiun Bank Riau Kepri dan Sumitri Bibra selaku Wakil

ketua pengurus Dana Pensiun Bank Riau Kepri.

Dalam kesempatan tersebut Haznam Harum menyatakan

sudah lama mengenal Jiwasraya sejak kecil dan sampai sekarang masih tetap eksis, semoga kerjasama dengan Jiwasraya yang merupakan satu-satunya asuransi milik Negara ini dapat diikuti oleh Dana Pensiun lainnnya yang ada di Indone-sia.

Selanjutnya Haznam Harum menyambut baik kerjasama tersebut dan diharapkan dapat ditingkatkan lagi khususnya Nasabah Individu bagi Pegawai Dana Pensiun Bank Riau Kepri dan juga bagi Pegawai PT. Bank Riau Kepri. (Osaka Marpaung)

KW Pekanbaru

KC mataram

Penyerahan Polis Asuransi Jiwa Bapak Kapolres Sumbawa Besar

Pendantanganan PKS Antara Jiwasraya – Dana Pensiun Bank Riau Kepri

Page 19: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Daerah

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

19

KW Surabaya

Bertempat di ballroom Hotel Pullman JL Basuki Rahmad Surabaya, Selasa 19 Juli 2016 telah ditandatangani Memo-randum of Understanding (MOU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) mengenai Bancassurance dan Layanan Produk Bank antara PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kanwil Surabaya dengan PT. Bank Pembangunan daerah Jawa timur TBK. Sebelumnya, Jiwasraya dengan Bank Jatim bekerja sama dalam hal pengelolaan Asuransi Purna Jabatan untuk Direksi serta Komisaris dan Tunjangan Hari Tua untuk Karyawan diling-kungan Bank Jatim.

Kerja sama yang baik antara Jiwasraya dengan Bank Jatim sudah dimulai sejak Januari 2003. Saat itu Asuransi Jiwasraya dengan Bank Jatim

bekerjasama dalam hal pengelolaan dana Tunjangan Hari Tua (THT) untuk seluruh pegawai Bank Jatim. Tidak hanya itu, Kerjasama antara perusahaan BUMN dan BUMD Pemprov Jatim ini ditambah lagi dengan pengelolaan Asuransi Purna Jabatan bagi seluruh jajaran Direksi Bank Jatim. Selanjutnya, kerjasama kedua perusahaan ini diperluas lagi dengan Kerjasama Bancassurance dan Layanan Produk Bank pada Bulan Juli 2016 Ini.

Kerjasama ini muncul akibat Jiwasraya dan Bank Jatim melihat berbagai keuntungan jika kedua perusahaan ini ber afiliasi, diantaranya melalui kerjasama ini Jiwasraya mendapatkan keuntungan untuk dapat menggenjot pendapatan premi, sementara

itu Bank Jatim melalui kerjasama ini juga diberikan keuntungan pendapatan “Non Bunga” fee based income dan memberikan nilai tambah bagi Bank Jatim yaitu berupa proteksi bagi nasabah Bank Jatim dan kemungkinan untuk memperluas pasar.

Direktur Bank Jatim R. Soeroso

menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat diting-katkan lagi. Bank jatim membuka seluas-luasnya kerjasama dengan PT. Asuransi Jiwasraya (persero). Bank Jatim mengincar untuk bekerjasama untuk semua produk bank Jatim yang bisa diakses oleh Jiwasraya. (Bangun RIchad Busana)

PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Wilayah Surabaya Bekerjasama Dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk Dalam Hal Bancassurance dan Layanan Produk Bank

Page 20: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Awal Karir sebagai Agen

Staf administrasi dan Agen asuransi, dua sisi pekerjaan yang memiliki karateristik berbeda. Satu sisi pekerjaan harus dilaksanakan sesuai aturan perusahaan secara baku, sedangkan disisi lain pekerjaan yang menuntut si Agen agar dapat menterjemahkan aturan perusa-haan menjadi benefit baik bagi perusahaan dan dirinya. Tantangan menarik inilah yang menjadi dipilihan oleh Area Manager 36 tahun yang lalu, sebelum terjun ke dunia asuransi.

Berawal dari ajakan teman yang telah menjadi agen di Jiwasraya, dimana pada saat itu masih bekerja sebagai staf akuntansi disebuah perusahaan di Jakarta. Banyak hal yang dipertimbangkan Ibu yang hobi kuliner dan travelling ini untuk memutuskan menjadi Agen asuransi, selain awan mengenai asuransi dan background pendidikan akuntansi tidak menjadi halangan beralih profesi ke dunia asuransi.

Lebih dari itu pertimbangan jarak antara rumah dengan kantor yang menjadi dekat dengan waktu kerja yang fleksibel, maka akhirnya tahun 2006 dia memutuskan untuk bergabung menjadi tenaga pemasar di Jiwasraya di bawah supervisi Kantor Cabang Bekasi.

Hal yang paling berkesan

Pada dasarnya setiap manusia akan mengalami hal baru, sukses tidaknya setiap individu akan hal baru tersebut, ditentukan dengan kemauan untuk terus belajar dan mengasah kemampuan diri. Prinsip inilah yang dipegang Wanita kelahiran Bekasi, agar pilihannya menjadi tenaga pemasar berbuah hasil yang maksimal.

Baginya Agen yang sukses adalah Agen yang memliki produksi dan komisi yang besar, itulah

kesan yang diperolehnya selama 10 tahun berkiprah menjadi Agen Jiwasraya. Ada kesan yang baik, ada pula kesan yang tidak sesuai harapan, manakala produksi di depan mata ternyata pemegang polis lebih memilih mengalokasikan dananya untuk keperluan yang lebih mendesak. Itulah kehidupan menurutnya, ada hal-hal yang terkadang sudah direncanakan namun meleset. Tetapi bukan Yuli namanya kalau meratapi kegagalan dan menjadikan kegagalan sebagai motivasi diri untuk terus beraktivitas agar dapat memberi-kan kontribusi bagi unit kerja dengan produksi premi sebanyak-banyaknya.

Prestasi dan Penghargaan yang pernah diraih

Membalikkan keadaan dari kegagalan menjadi kesuksesan merupakan hal yang paling luar biasa, kegagalan mendapatkan prospek di depan mata bukanlah masalah. Baginya kegagalan menjadi cambuk untuk meraih kesuksesan dimasa mendatang, buktinya Wanita yang juga pengurus posyandu ini beberapa kali mendapatkan reward dari Kantor Cabang dan Kantor Wilayah.

Sesuatu hal yang tidak dapat dia bayangkan apabila terus meratapi keterpurukan tanpa bisa bangkit, maka tidak akan ada Yuli yang seperti saat ini, dipercaya perusahaan memimpin satu unit kerja Area di bawah Kantor Cabang Bekasi.

Kiat Sukses menjadi Agen

Redaksi beruntung bisa berbincang dengan Yuli dan berbagi pengalamannya agar menjadi Agen yang sukses. Menurutnya menjadi sukses kuncinya adalah menjadi diri sendiri, dengan begitu Agen akan dapat berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimliki, dan

tentunya ditopang dengan peningkatan kemampuan Agen itu sendiri. Dan lebih penting lagi adalah lakukan aktivitas sesuai dengan aturan perusahaan atau SOP yang berlaku, menjalin komunikasi yang baik dengan tim pendukung dengan tujuan melakukan evaluasi aktivitas, sharing and solution semua permasalahan baik masalah pekerjaan maupun yang bukan pekerjaan.

Sedangkan dengan pemegang polis, hubungan baik dan pelayanan purna jual prima itu mutlak baginya, Bagi seorang Agen melayani dengan hati kebutuhan nasabah menjadi pintu-pintu meraih kesuksesan dimasa yang akan datang. Sehingga saat ini Ibu yang aktif dimajelis ta’lim ini sudah merasakan suksesnya menjadi Agen asuransi, membeli properti, menyelesaikan studi buah hati sampai sarjana dan memiliki tabungan hari tua adalah bukti sukses bekerja dengan hati dan aturan.

Harapan tahun ini

Kantor Cabang Bekasi dan Unit Kerja Area Bekasi VII merupakan unit pendukung Jiwasraya untuk meraih capaian premi 2016, dengan tingginya target yang diamanahkan perusahaan kepadanya menjadi tantangan untuk tetap produktif. Apapun dia lakukan agar unit kerja dapat meraih produksi maksimal, dengan begitu reward yang didapatkan pun semakin besar, selain itu, Yuli akan terus memotivasi unit kerjanya agar menjadi tim yang solid, kompak dan penuh kekeluargaan. Sehingga prinsip bekerja dengan hati, dapat diwujudkan, dapat kekuatan untuk terus berprestasi lebih bagi Jiwasraya. Dan tidak lupa kodratnya menjadi Ibu dan Isteri yang baik bagi keluarga, di tengah-tengah kesibukannya menjadi Agen Jiwasraya. (Fadian)

LAKUKAN DENGAN HATIDAN ATURAN

KIAT SUKSES KERJA

Eka Yuli YantiArea Manager Bekasi VII

Agen Terpilih20

Page 21: EDISI 41 | Agustus 2016

Nasabah Prioritas

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

21

Drs. Gempa Nursyamsu Yasin, MM, salah seorang nasabah Jiwasraya yang berhasil tim redaksi wawancarai adalah salah satu pemangku kepentingan di sebuah perusahaan BUMN PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN) yang bergerak di bidang pengelolaan kawasan industri terpadu berstatus berikat yang berfungsi sebagai kawasan proses ekspor (Export Processing Zone – EPZ), non-berikat, dan jasa pelayanan logistik yang meliputi usaha angkutan, mekanik dan dokumen (forwarding), serta pergudangan (warehousing), yang saat ini menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Dalam perkenalannya dengan Jiwasraya, pria yang juga aktif dalam kegiatan organisasi sebagai Ketua Yayasan BKM dan Sekolah Islam Cikarang Bekasi ini, memulai untuk memiliki polis Jiwasraya pada tahun 2003 lalu. Seiring perjalanan-nya hingga saat ini, beliau telah mengumpulkan sebanyak sepuluh polis atas nama dirinya dan keluarganya.

Kepercayaan terhadap Jiwasraya dinilainya melalui beberapa sisi. Yang pertama adalah dari sisi produk, Jiwasraya memiliki produk yang bagus dan variatif, tinggal kita sesuaikan dengan manfaat yang kita inginkan, sekaligus berinvestasi dan memiliki manfaat proteksi untuk masa depan. Dari sisi perusahaan, beliau amat mempercayai Jiwasraya, karena merupakan satu-satunya perusahaan

asuransi jiwa pelat merah yang mampu memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk perusahaan perbankan. Dan dari sisi pelayanan, Jiwasraya selalu memberikan pelayanan yang optimal bagi seluruh nasabah-nasabahnya. Dari pengalamannya selama ini, Jiwasraya selalu cepat tanggap, ramah dan dapat memberikan solusi ketika ada hal-hal yang mengganjal bagi para nasabahnya. Ketiga hal itulah yang membuat Ia semakin yakin menjadi bagian dari Jiwasraya.

Secara keseluruhan, Jiwasraya sudah menunjang keinginan dan memberikan manfaat maksimal bagi setiap nasabah. Seperti motto yang selalu dijunjung dirinya Hidup adalah ibadah harus bermanfaat untuk orang banyak dan selalu berusaha yang terbaik “JUST DO THE BEST & GOD TO BE THE REST”.

Kedepannya, Ia berkeinginan agar Jiwasraya terus-menerus berinovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan

dan menambah produk-produk baru yang menarik sesuai dengan perkem-bangan zaman. Selain itu, meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan IT dan teknologi daring dalam setiap prosedur transaksi, seperti layaknya perusahaan perbankan yang telah lebih dahulu mengadaptasi teknologi digital dalam setiap layanannya kepada nasabah. Jiwasraya hendaknya bisa mencontoh pelayanan seperti itu untuk memudahkan setiap nasabah dalam memantau pengembangan investasi dan nilai tunainya secara real time dan transparan.

Tentu dibalik itu semua, harapannya adalah Jiwasraya selalu memberikan imbal hasil yang tinggi, tetapi tidak pernah mengabaikan keamanan dalam pengelolaan dana setiap nasabahnya. Kepercayaan yang telah ada selama ini tetap dipertahankan, sehingga Jiwasraya akan terus menjadi pilihan utama dalam berasuransi bagi masyarakat Indonesia. (Novi)

Drs. GEMPA NURSYAMSU YASIN, MM

Investasi AmanUntuk ImbalHasil Tinggi

Page 22: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Sosok22

Mayor Arh. (Purn.) H. Yoyok Riyo Sudibyo lahir di Batang, Jawa Tengah, 23 April 1972, adalah Bupati Batang yang menjabat sejak 13 Februari 2012. Bersama wakilnya Soetadi, ia dilantik pada 13 Februari 2012 setelah memenangkan pilkada Batang pada Desember 2011 dengan perolehan 113.027 suara (40,03 persen) mengalahkan dua kandidat lainnya.

Pada 2006, Yoyok Riyo memutuskan untuk pensiun dini dan mengakhiri kariernya di militer. Ia memilih fokus untuk membesarkan usaha garmen yang sudah dirintisnya. Pilihannya untuk pensiun merupakan perjudian besar dalam kariernya. Selama menjadi pengusaha, usaha garmen yang ditekuninya maju pesat hingga memiliki 60 toko di Papua dan Batang.

Pada saat pilkada Kabupaten Batang 2012, Yoyok awalnya maju sebagai calon independen, didukung oleh kelompok masyarakat, petani dan pegiat LSM. Pada detik-detik menjelang pendaftaran ke KPUD, partai-partai politik menyatakan dukungannya, sehingga secara resmi pasangan Yoyok-Soetadi tercatat sebagai

Dari seorang Mayor, lalu memutuskan untuk pensiun dini dan beralih profesi menjadi pedagang. Namun nasib membawanya menjadi seorang bupati sebuah kabupaten, yaitu kabupaten Batang. Bagaimana kisah

perjalanan Yoyok Sudibyo, sehingga ia bisa menjadi bupati yang berprestasi? Simak artikel berikut ini.

pasangan yang didukung oleh Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan sejumlah partai nonparlemen di Batang.

Ketika Yoyok mulai menjabat bupati, kondisi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang sedang terpuruk. Namun, Yoyok memiliki caranya sendiri dalam mengelola pemerintahan. Yoyok menerapkan keterbukaan. Dia membuka rumah dinasnya selama 24 jam bagi masyarakat. Meski sudah menjadi bupati, Yoyok juga masih sering naik sepeda ke masjid di Alun-alun Kota Batang untuk shalat berjemaah. Yoyok juga menerapkan transparansi anggaran dan pembangunan. Mulai 2012, Pemkab Batang bekerja sama dengan Ombudsman RI di bidang layanan publik, termasuk mulai menerapkan lelang jabatan.

Meraih Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015

Menurut dewan juri Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015, Yoyok memiliki rekam jejak yang bersih sebagai

kepala pemerintahan daerah. Yoyok membuat pakta integritas Pelaksana Kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam pencegahan dan pemberantasan Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). Ia juga mengadakan Festival Anggaran agar seluruh perencanaan anggaran bisa dipamerkan kepada masyarakat secara transparan. Selain itu, ia menggandeng Transparency International Indonesia, Indonesia Corruption Watch (ICW) , dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendorong terciptanya pemerintah yang bersih.

Batang menjadi daerah pertama di Jawa Tengah dalam pencanangan zona integritas bebas korupsi. Sejak Yoyok menjabat, terjadi penghematan di Kabupaten Batang mencapai Rp 5-6 miliar, peningkatan pendapatan daerah Rp 14,4 miliar, dan efisiensi belanja pegawai Rp 42,4 miliar.

Bersama Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Yoyok dinilai menjadi sosok yang pro terhadap pemberantasan korupsi. (Dhani)

Page 23: EDISI 41 | Agustus 2016

Sosialite

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

23

Ana yang mempunyai nama lengkap Aldiana Maulidia atau Ana Aldiana saat ini berumur 43 tahun, dan anaknya Fia (Luthfia Rizki Almanda) yang sekarang berumur 18 tahun. Mereka benar-benar baru melakukan duet dalam setahun terakhir ini. Fia sendiri masih bersekolah di Alec Hunter Humanities College Inggris.

Kemampuan Ana dan Fia dalam berolah vokal membuat juri Britain’s Got Talent terpukau. Tak tanggung-tanggung, oleh penyelenggara acara penampilan Ana dan Fia dijadikan sebagai teaser program mereka yang ditayangkan beberapa hari sebelum hari penayangan resmi.

Dalam penjuriannya, Simon Cowell memberikan banyak pujian atas penampilan Ana dan Fia yang membawakan lagu Barbra Streisand dan Celine Dion yang berjudul Tell Him. Duet Ana dan Fia dianggap penuh emosi dan

mampu membuat penontonnya menangis.

Tak ayal, duet Ana dan Fia menjadi pemberitaan banyak media besar. Sebutlah misalnya The Mirror, CNN, Dailymail dan juga The Telegraph tak ingin ketinggalan menyugukan berita tentang duet yang mampu menguras emosi ini.

Bagi Ana, Britain’s Got Talent adalah langkah awalnya buat menapak periode depan yang lebih cerah, karena sebelumnya ia mengalami periode buruk dengan pernikahannya. Ana & Fia bakal beradu dengan peserta lain yang pun tidak kalah berbakatnya untuk memperebutkan hadiah uang tunai sebesar US$358 ribu atau setara dengan Rp4,7 miliar.

Awal mula Ana dan Fia menetap di Inggris sejak tahun 2011. Ketika itu mereka

tinggal dengan kakak Fia yang bernama Afi di Essex. Ana Aldiana sempat mengisi program yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London bulan Agustus 2014 lalu dalam program rangkaian HUT Republik Indonesia juga terlibat aktif dalam penggalangan dana buat Manado di KBRI London.

Tahun 1995, Ana merupakan pramugari di Garuda Indonesia. Kemudian ia pindah ke penerbangan asing Air Atlanta Icelandic yang berbasis diberbagai macam negara.

Sebelum mengikuti Britain’s Got Talent, Ana Aldiana sempat tampil di beraneka ragam turnamen menyanyi. Sebutlah Hailai Singing Festival, Jawara Cipta Magnet Bintang dan sempat mewakili Indonesia ke program 3rd Asean Pioneer Karaoke Championship. Ana juga sempat tampil live di stasiun tv SBC di Singapore. (Dhani)

Nama Indonesia kembali muncul dalam ajang pencarian bakat di luar negeri. Kali ini berkat duet kompak ibu-anak, Ana (43) dan Fia Almanda (18), dalam acara pencarian bakat di Inggris bernama Britain's Got Talent.

Ana dan Fia

Page 24: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Parenting24

Sleep is the golden chain that ties health and our bodies together. (Thomas Dekker)

Kutipan Oleh Thomas Dekker sangat menggambarkan dampak tidur dalam kehidupan kita. Tidur sangat memen-garuhi (mempengaruhi) kesehatan dan kualitas hidup kita. Tidur adalah proses alami mengistirahatkan fungsi kerja tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Banyak ahli percaya bahwa tidur memberikan ketenangan dan memulih-kan kondisi tubuh, baik secara fisik, emosi, sosial, maupun proses kognitif otak.

Bicara tentang perkembangan anak, tidur adalah prioritas utama yang harus dipenuhi bagi bayi dan anak-anak untuk menunjang pertumbuhan yang optimal. Tidur sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang yang optimal karena puncak produksi hormon pertumbuhan bayi dan anak-anak terjadi pada fase tidur malam. Pada saat tidur malam terjadi pengeluaran hormon pertumbuhan secara optimal, sehingga terjadi pertum-buhan tinggi badan pada anak. Tidur memberikan waktu pada tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang hilang. Hal ini diperlukan untuk pembentukan tubuh yang sehat yang membantu perkembangan otak (daya konsentrasi & atensi yang baik, daya tangkap serta daya ingat yang berkembang dengan baik) dan menjaga stabilitas emosi. Tidur juga

bermanfaat membuat anak lebih waspada serta dapat berkonsentrasi dan mengerjakan tugasnya dengan baik.

Tidur berperan signifikan dalam membentuk perkembangan kecerdasan dan kemampuan sosial yang optimal. Departemen Pediatri dan Kesehatan Anak di Jepang meneliti mengenai dampak pola tidur bayi usia 18 bulan terhadap tiga aspek perkembangan, yaitu fungsi motorik, bahasa, dan fungsi sosial (dalam Brain and Development Journal, 2016). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bayi yang memiliki jam tidur sebelum pukul 22.00 disertai dengan tidur siang berkorelasi positif dengan hasil perkembangan yang lebih baik pada ketiga aspek perkembangan di atas. Penelitian ini menyimpulkan kebiasaan tidur yang tepat sangat penting untuk perkembangan yang sehat pada bayi.

Berdasarkan ahli perkembangan manusia, Papalia (2011), jam tidur yang disarankan pada bayi usia 0-1 tahun adalah ±16-18 jam per hari, pada anak usia 1-3 tahun adalah 12-14 jam per hari, dan anak usia 3-6 tahun adalah ±11-12 jam per hari. Tidur siang juga dapat menjadi alternatif unggulan dalam membentuk kebiasaan tidur anak yang sehat. Salah satu manfaat tidur siang adalah memulihkan kondisi anak, baik secara fisik maupun psikologis. Anak menjadi tidak rewel dan dapat

beraktivitas dengan baik pada sore dan malam hari. Pada dasarnya tidur siang tidak akan menganggu waktu tidur di malam hari, selama orang tua memberi-kan pengaturan yang seimbang. Menera-pkan jam istirahat yang sama setiap harinya juga penting untuk menjaga ritme tubuh untuk berfungsi dengan baik. Jam biologis yang teratur pada tubuh akan memaksimalkan perkembangan pada anak (regenerasi sel tubuh), selain itu juga mengajarkan sikap disiplin dan konsisten pada anak. Disiplin tidur sangat penting karena jika tidak diterapkan sedini mungkin berpotensi menganggu kesehatan dan perkembangan anak.

Sebuah studi oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyebutkan bahwa anak di bawah usia 5 tahun yang tidak bisa tidur malam dengan nyenyak (sekitar 10 – 12 jam), memiliki risiko tinggi terkena obesitas. Gangguan tidur pada anak dapat memengaruhi sistem imunitas anak, perkembangan fungsi hormon, metabolisme tubuh, sistem jantung, dan pembuluh darah, serta proses belajar dan daya ingat. Oleh karena itu, orang tua harus selalu memperhatikan dan mengatur pola tidur yang sesuai dengan kebutuhan anak untuk mendukung perkembangannya.

* FOUNDER & CEO PERSONAL GROWTH** PSIKOLOG ANAK – PERSONAL GROWTH

O l e h R a t i h I b r a h i m , P s i k o l o g * d a n K a r i n a P r i l i a n i , P s i k o l o g * *

Page 25: EDISI 41 | Agustus 2016

Bugar & Sehat 25

Beraktivitas di dalam ruangan dan punya rutinitas harian yang padat bukan halangan untuk melatih otot tubuh. Latihan body weight ialah salah satu latihan otot tubuh

yang memiliki kelebihan, yaitu tidak membutuhkan peralatan khusus. Nah, berikut ini beberapa latihan body weight yang patut Anda coba.

Body Weight Training

Pull upPull-up adalah latihan yang sangat efektif karena bekerja pada beberapa otot dalam tubuh Anda. Yang menarik adalah bahwa semua otot-otot ini terlihat. Jadi, ketika Anda melakukan pull up, efeknya ada pada bagian tubuh yang terlihat. Selain itu, pull up juga bekerja pada otot-otot kaki (belakang), lengan, bahu, perut, panggul, dan lengan.

Push upPush up adalah latihan yang melatih otot lengan, bahu, dada, serta otot inti perut. Latihan ini sangat populer bagi yang melakukan fitnes dan olah raga di rumah karena ini adalah latihan yang efektif untuk mendapatkan dada yang bidang dan membakar kalori. Cara melakukanya adalah letakkan telapak tangan dilantai,

rentangkan tubuh anda ke belakang, lalu gunakan ujung kaki sebagai tumpuan. Turunkan tangan hingga siku membentuk sudut 90 derajat lalu angkat lagi ke posisi semula. Lakukan sebanyak mungkin yang anda bisa dan hasilnya akan segera terlihat pada tubuh Anda.

CrunchCrunch adalah latihan untuk otot perut. Crunch lebih praktis dari sit up karena bisa dilakukan tanpa harus ada yang meno-pang kaki kita. Cara melakukan crunch adalah berbaring lalu angkat lutut hingga kaki dengan lantai berbentuk segitiga. Dorong kedepan tubuh bagian atas sampai miring 30 derajat dari lantai. Lakukan berulang-ulang sesuai jumlah set yang sudah anda tentukan.

Jumping jackJumping jack adalah latihan dengan menggerakkan seluruh tubuh. Jumping

jack dilakukan dengan cara melompat dengan membuka tutup kaki dan menepuk kan tangan diatas kepala. Ini merupakan Olah raga yang mudah tapi membakar banyak kalori.

Tricep dipTricep dip melatih otot tricep. Caranya tempatkan tangan dibelakang punggung, gunakan tangan untuk menyangga tubuh dengan jari-jari menghadap ke depan. Luruskan kaki ke depan dan gunakan tumit sebagai tumpuan. Turunkan badan secara perlahan lalu naikkan lagi. Agar lebih efektif gunakan kursi sebagai penyangga tangan.

Mudah bukan? Yuk hidup sehat mulai dari rumah Anda. (Dhani)

Page 26: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Kolom Khusus26

BAGAIMANA

Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan, baik itu kesuksesan dalam dunia pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Untuk mencapai kesuksesan setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda, tetapi tujuannya hanya satu yaitu SUKSES. Manusia tidak dilahirkan untuk Gagal,tetapi manusia berusaha terus menerus untuk menaklukkan kegagalan. Untuk menaklukkan kegagalan harus ada Perubahan

(Change).

Page 27: EDISI 41 | Agustus 2016

Kolom Khusus

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

27

Tuntutan Perubahan dalam dunia pekerjaan tidak bisa kita hindari, termasuk perubahan yang terjadi di Jiwasraya. Kalau kita lihat perkembangan Jiwasraya 10 tahun terakhir sangat banyak Perubahan yang telah dilakukan oleh managemen, baik restrukturisasi, reorganisasi, pergantian logo, inovasi produk, sistem renumerasi, sistem teknologi yang semuanya itu bertujuan untuk meningkatkan produktifitas, penyegaran, menstimulasi kreativitas dan inovasi. Perubahan yang terjadi membawa hasil yang signifikan yang patut kita banggakan yang sampai saat ini bisa kita nikmati bersama.

Perubahan adalah hukum kehidupan (John F. Kennedy). Dunia berubah dengan kecepatan tinggi, banyak perusahaan besar yang tutup karena tidak siap dengan perubahan. Orang yang mengan-tisipasi dan memanfaatkan perubahan yang akan mencapai kesuksesan. Banyak Perusahaan yang gagal karena masih menganut status quo, mempertahankan prosedur yang berjalan selama ini yang membuat merasa nyaman.

SIKAPI PERUBAHAN

Perubahan yang terjadi dalam dunia kerja perlu kita sikapi secara positif agar kita dapat mencapai kesuksesan. Berikut beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menyikapi perubahan dalam dunia kerja :

1. Start With YourselfPerubahan harus dimulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal-hal kecil, dari yang paling mudah dan dimulai dari sekarang. Supaya sukses menghadapi perubahan harus percaya diri, memfokuskan pikiran pada hasil yang positif, menginspirasi diri sendiri untuk menyambut, serta

mendukung perubahan yang terjadi. Kita harus memvisual-isasikan diri sendiri meraih kesuksesan sebagai wujud nyata dari perubahan tersebut.

2. Tinggalkan Status QuoRelakan yang lama pergi dan sambutlah sesungguhnya yang baru sudah datang. Yakinlah yang baru akan lebih baik dari yang lama. Untuk berubah kita harus membuang kebiasaan lama dan mengadopsi tentang hal-hal yang baru. Jangan mengeluh, kerjakan apa yang bisa kita kerjakan terhadap perubahan.

3. BeradaptasiKetika kita berhadapan dengan peruba-han kita harus dapat beradaptasi dalam organisasi dengan menyesuaikan perilaku dan emosi kita. Kemampuan menyesuai-kan diri adalah faktor penting dalam menghadapi perubahan. Kunci kesuk-sesan adalah kemampuan beradaptasi

4. Manfaatkan PeluangKetika kita berada dalam suasana perubahan kembangkan kompetensi lebih dari nilai rata-rata, terus belajar dan mengikuti perubahan yang ada, jangan mengkritik, mengutuk dan mengeluh. Tonjolkan hal-hal yang positif, berikan apresiasi yang jujur dan tulus, carilah kelebihan orang lain, arahkan perhatian pada orang lain dan belajarlah dari mereka, karena mereka adalah pelopor perubahan.

5. Berikan Value Pada PerubahanSetiap perubahan selalu membawa nilai-nilai baru. Orang-orang yang akan berubah memerlukan cara-cara baru dan pengetahuan baru dalam melihat sesuatu. Memberikan nilai tambah adalah sesuatu yang harus diciptakan untuk

menghadapi perubahan.

Berikanlah ide atau gagasan baru

kepada atasan ataupun kepada rekan

kerja,jangan pernah takut untuk memberikan ide baru selama ide tersebut mendukung perubahan. Budayakan Displin dalam bekerja,karena disiplin merupakan langkah awal meraih kesuksesan. Jika sebelumnya Anda tidak disiplin mulailah sekarang jangan menunda waktu.

6. AntusiasmeAntusiasme berasal dari bahasa Yunani yang artinya “Terilhami” Arti harfiahnya Tuhan Dalam Diri Kita. Antusiaslah menghadapi perubahan karena ada kekuatan yang luar biasa dalam diri kita Tuhan dalam diri kita yang akan membantu setiap saat terhadap apa yang akan kita lakukan. Jangan pernah takut akan perubahan, sebab perubahan itu akan membawa kesuksesan bagi kita.

Memulai perubahan dari diri sendiri memungkinkan kita menerapkan pendekatan yang terstruktur terhadap perubahan organisasi. Agar perubahan mencapai kesuksesan harus didukung penuh oleh orang yang terkait, semua team harus berkomitmen penuh dan fokus pada perubahan. Perubahan harus dikomunikasikan dan diintegrasikan seluruh fungsi organisasai dalam lingkungan kerja. Tugas kita adalah menantang diri sendiri untuk setidaknya mencoba satu cara menyesuaikan diri pada perubahan setiap hari. Jadikanlah cara ini sebagai sesuatu yang positip dan produktif. (Osaka Marpaung)

Oleh Osaka Marpaung

Page 28: EDISI 41 | Agustus 2016

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Destinasi28

TAMAN SRIWEDARI

(Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Penumping,Laweyan)

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang identik dengan

unsur sejarah. Dahulu kala, taman ini disajikan sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Karena Sultan Pakubuwono X terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Sekarang, siapa pun bisa datang ke mari untuk berwisata. Makin lama, pengunjun-

gnya makin ramai, apalagi di sana ada Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabrata dan Ramayana. Di sana juga banyak fasilitas hiburan untuk semua umur, restoran kecil, dan stand penjualan souvenir.

GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU

(Alamat: Tawangmangu, Kecamatan Karanganyar)

Wisata alam ini adalah wisata alam yang

paling terkenal di Solo. Pemandangan indah dan udara yang sejuk menjadikan tujuan utama bagi para pengunjung untuk berakhir pekan bersama orang terdekat. Apalagi di sana banyak villa, penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. Lucunya, di sekitar air terjun

banyak kera dan kamu bisa menikmati sate kelinci di sana. Yang bikin air terjun ini unik adalah adanya tradisi upacara Dukhutan, Mondosiyo, Suryo Jawi yang boleh diabadikan oleh kamera.

Page 29: EDISI 41 | Agustus 2016

Destinasi

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

29

Kota Solo atau disebut juga Surakarta adalah sebuah kota berlokasi di provinsi Jawa Tengah. Karena lokasinya yang strategis, kota Solo ramai dikunjungi orang yang dalam perjalanan menuju kota lain untuk singgah sejenak. Selain untuk tempat singgah, Solo juga mempunyai tempat wisata yang menarik. Berikut wisata di Solo yang wajib dikunjungi?

KERATON KASUNANAN SURAKARTA HADININGRAT

(Alamat: Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon)

Dulu, keraton ini merupakan kerajaan Mataram, tapi karena permasalahan

politis dengan Belanda akhirnya Kerajaan Mataram dipecah jadi dua, yaitu Kasunanan Surakata yang dipimpin oleh Pakubowono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi. Keraton Kansunanan Surakarta Hadiningrat adalah cikal bakal kota Surakarta yang lebih dikenal sebagai

kota Solo. Pakubuwono III mendirikan keraton ini sejak tahun 1744, sehingga tempat ini sangat menyimpan banyak nilai sejarah tentang Solo. Uniknya, arsitektur keraton ini terinspirasi dari Eropa dan Jawa dengan nuansa putih dan biru.

NGARSOPURO NIGHT MARKET SOLO

(Alamat: jalan Diponegoro (Mangkunegaran), Surakarta)

Ngarsopuro merupakan bagian dari jalanan di Solo yang disulap sedemikian

rupa menjadi kawasan yang nyaman untuk berkumpul. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh anak muda yang biasanya nongkrong setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00 – 21.00 WIB untuk bergaul atau sekedar berkumpul bersama teman-temannya. Selain digunakan untuk nongkrong dan berkumpul, tempat ini

juga dijadikan sebagai tempat untuk berdagang bak pasar malam dengan harga serba murah. Barang-barang yang dijual oleh para pedagang antara lain kerajinan, batik, souvenir, kuliner khas Solo, dan sebagainya. (Ahmad)

Page 30: EDISI 41 | Agustus 2016

Selera30

Soto GadingTempat wisata kuliner solo yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat makan enak di Solo yang berdiri atau beralamat di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto, No. 75, Joyosuran Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat yang kita maksudkan adalah bernama Soto Gading yang tentu saja merupakan salah satu tempat buruan para pencinta kuliner Solo. Sebenarnya soto yang di sajikan di tempat soto gading ini sangat mirip dengan soto kudus yang juga rasanya tidak kalah enak.

Kuah bening yang akan Anda dapatkan bila mencicipi soto gading ini sangat gurih, ditambah lagi dengan irisan daging sapi dan juga irisan ayam goreng membuat soto gading menjadi makanan yang istimewa. Jika Anda sedang dalam kondisi lapar, sebaiknya tambahkan nasi putih ke dalam soto gading tersebut. Untuk minuman yang disajikan di tempat yang bernama soto gading ini yakni Anda bisa memilih beras kencur daj juga minuman jahe dingin yang sangat menyegarkan.

Solo bisa jadi tak sepopuler saudaranya, Yogyakarta. Namun, kota yang juga pernah

berjaya di bawah Kesultanan Surakarta ini bisa dibanggakan dalam hal kuliner. Agar tahu ke mana harus melangkah saat berada di Solo,

simak rangkuman 4 kuliner di Solo yang harus dicoba berikut ini.

Page 31: EDISI 41 | Agustus 2016

Selera

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

31

Tahu Kupat SholihinTempat wisata kuliner solo yang selanjutnya

adalah sebuah tempat wisata kuliner yang sangat terkenal di Solo seperti tempat makan yang bernama Tahu Kupat Sholihin ini. Sebuah tempat makan yang bernama Tahu Kupat Sholihin dan bertempat di Jalan Gajahmada No. 95, Solo, Jawa Tengah ini mampu menyedot minat masyarakat untuk menikmati sajian yang ada di tempat wisata kuliner solo yang satu ini, hal ini di karena-

kan sajian tahu kupat disini sangat lezat.

Lokasi yang sangat dekat dengan Masjid Solikhin membuat tempat ini cepat di jangkau

oleh masyarakat solo. Sebenarnya ini dari tahu kupat yang di sajikan di sini adalah ketupat, taode,

tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kacang goreng dan terakhir di siram dengan bumbu khas dari

Tahu Kupat Sholihin ini yang tentu bisa menggoyang lidah Anda. Untuk harga dari makanan yang di sajikan di

tempat wisata kuliner solo ini yakni mulai dari Rp. 8.000 Anda sudah bisa menikmati sajian makanan yang ada di sini.

Sate Buntel Tambak SegaranSolo sangat kreatif dalam mengolah kuliner. Jika Anda biasa menyantap sate yang itu-itu saja, saatnya Anda mencicipi sate buntel khas Solo. Sesuai namanya, sate ini dibungkus sebelum dibakar. Dibungkus bagaimana? Sate ini terdiri dari daging kambing cincang yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Saat dibakar, lemak akan meleleh dan menambah cita rasa sate buntel.

Sate buntel yang paling populer adalah Sate Buntel Tambak Segaran yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Selain sate buntel, tempat wisata kuliner ini juga menyediakan menu lainnya seperti sate daging kambing biasa dan gule kambing. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam.

Page 32: EDISI 41 | Agustus 2016

Seorang penceramah, professor salah satu universitas di Malaysia, UITM (Universiti Teknologi MARA), yang juga terlibat dengan kegiatan olah raga negara menasihatkan supaya pada waktu mandi tidak boleh membasuh kepala terlebih dahulu.

Berikut cara mandi yang benar :

1. Pertama siramkan air di telapak kaki2. Kemudian dilanjutkan dgn segayung di betis3. Segayung di paha4. Segayung di perut5. Segayung di bahu6. Berhentilah sejenak 5-10 detik7. Kita akan merasakan seperti uap/angin yang keluar dari

ubun-ubun dan tubuh bagian atas. Setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa.

Seperti pada gelas yang diisi air panas kemudian kita isi dengan air dingin. Apa yang terjadi? Gelas akan retak!

Jika itu terjadi pada tubuh kita, apa yang retak?

Suhu tubuh kita cenderung panas dan air yang kita siramkan ke tubuh kita bersuhu dingin. Maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiramkan air pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi terperangkap dan dapat membawa maut

karena pecahnya pembuluh darah.

Oleh sebab itu kita sering menjumpai orang jatuh di kamar mandi dan tiba-tiba terkena 'stroke'.

Boleh jadi kita sering masuk angin karena cara mandi kita yang salah. Boleh jadi kita sering migrain karena cara mandi yang salah.

Cara mandi ini baik bagi semua peringkat umur terutama yang mempunyai sakit diabetes, darah tinggi, kolesterol dan migrain/sakit kepala sebelah. (Ahmad)

Kita sering mendengar orang jatuh di kamar mandi, lalu terkena stroke dan sebagainya. Kenapa kita jarang mendengar jatuh di tempat-tempat yang

lain? Artikel ini akan mengungkapkan bahwa kenapa kebanyakan orang sering sekali terjatuh di kamar mandi.

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Tips32

Page 33: EDISI 41 | Agustus 2016

Laporan Bulanan

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

33

NEW JS LINK dan PROMAPAN & IDAMAN

Page 34: EDISI 41 | Agustus 2016

Trend34

Kabar Jiwasraya Agustus 2016

Pacu Kude, Aceh

Salah satu tradisi unik yang selalu dilakukan untuk memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia di kota Serambi Mekkah adalah Pacu Kude. Tradisi yang berasal dari Aceh Tengah ini sebenarnya merupakan lomba balap kuda. Namun yang membuatnya unik adalah setiap joki tidak ada yang memakai pelana (tempat duduk orang pada punggung kuda) dan hanya diperuntukan bagi mereka yang berusia 12-20 tahun. Keseruan dari acara Pacu Kude tidak perlu diragukan lagi. Setiap acara pacuan kuda tersebut diadakan, ratusan penonton pun pasti akan rela mengantri dan berdesak-desakan demi menyaksikan perlombaan ini.

DI NUSANTARA

Lomba Sampan Layar, Batam

Jika di Aceh terdapat Pacu Kude, maka di Batam ada Lomba Sampan Layar. Setiap tahun, lomba ini selalu hadir untuk semakin memeriahkan HUT RI. Lomba Sampan Layar sendiri sudah ada sejak tahun 1959 dan tetap eksis hingga sekarang. Setiap acara ini digelar, ribuan penonton akan berbondong-bondong datang kemudian memadati daerah tepi laut hingga pelataran pelabuhan yang ada di daerah Belakang Padang (sebuah kecamatan di Kota Batam).

Di bulan Agustus 2016 ini, negeri kita tercinta Indonesia akan memasuki

usia ke 71 . Biasanya 1 minggu sebelum HUT RI, orang-orang sudah

mempersiapkan perayaan seperti apa yang akan dilakukan di daerah

tempat tinggal mereka. Dari banyaknya tradisi yang ada, ini dia

tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah saat hari

kemerdekaan tiba.

Lomba Dayung, BanjarmasinBagi masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merayakan kemerdekaan belum terasa lengkap kalau belum ada lomba dayung. Lomba yang selalu diadakan bertepatan dengan HUT RI ini diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Lomba dayung biasa diselenggarakan di Sungai Marta Pura. Cara perlombaannya, peserta harus menempuh jarak 500 meter dimana satu perahu diisi oleh 10 orang. Selain memperebutkan hadiah uang tunai, peserta yang menang juga akan memperoleh piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Selatan.

Page 35: EDISI 41 | Agustus 2016

lomba makan kerupuk

Page 36: EDISI 41 | Agustus 2016