Diskusi Mk Biologi Seluler 21.05.2013

3
DISKUSI MK BIOLOGI SELULER Hari/Tgl: Selasa, 21 Mei 2013 KASUS 1 Seekor anjing ditemukan mati dengan kondisi bagian abdomen membesar. Setelah dilakukan nekropsi ditemukan gambaran patologi anatomi yang berupa pembengkakan pada liver. Pemeriksaan preparat histopatologi liver juga ditemukan adanya hipertrofi dan hyperplasia sel-sel hepatosit yang mengindikasikan adanya tumor/cancer. Cancer merupakan suatu penyakit dimana sel tumor mengalami ketidakmampuan untuk melakukan apoptosis, sehingga akan terjadi pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Apoptosis merupakan salah satu fenomena sel yang ditandai dengan adanya kematian sel yang terprogram sebagai respon terhadap adanya signal ekstraseluler maupun intraseluler, melalui mekanisme komunikasi sel (signal transduction). Adanya gangguan dalam komunikasi sel (misal gangguan pada MAP kinase cascade) dapat menyebabkan gangguan pada proses apoptosis, sehingga menyebabkan berbagai macam abnormalitas seperti cancer, auto immune disease, neurodegenerative disease, dll. Instruksi: 1. Identifikasi dan diskusikan istilah-istilah asing (kata sulit) 2. Jelaskan secara skematis bagaimana mekanisme penghantaran signal (signal transduction) pada proses apoptosis ! 3. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang MAP kinase? Mengapa gangguan pada MAP kinase cascade dapat menyebabkan gangguan pada proses apoptosis, jelaskan pengaruhnya !

description

Diskusi Mk Biologi Seluler 21.05.2013

Transcript of Diskusi Mk Biologi Seluler 21.05.2013

Page 1: Diskusi Mk Biologi Seluler 21.05.2013

DISKUSI MK BIOLOGI SELULER

Hari/Tgl: Selasa, 21 Mei 2013

KASUS 1

Seekor anjing ditemukan mati dengan kondisi bagian abdomen membesar. Setelah dilakukan nekropsi ditemukan gambaran patologi anatomi yang berupa pembengkakan pada liver. Pemeriksaan preparat histopatologi liver juga ditemukan adanya hipertrofi dan hyperplasia sel-sel hepatosit yang mengindikasikan adanya tumor/cancer.

Cancer merupakan suatu penyakit dimana sel tumor mengalami ketidakmampuan untuk melakukan apoptosis, sehingga akan terjadi pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Apoptosis merupakan salah satu fenomena sel yang ditandai dengan adanya kematian sel yang terprogram sebagai respon terhadap adanya signal ekstraseluler maupun intraseluler, melalui mekanisme komunikasi sel (signal transduction).

Adanya gangguan dalam komunikasi sel (misal gangguan pada MAP kinase cascade) dapat menyebabkan gangguan pada proses apoptosis, sehingga menyebabkan berbagai macam abnormalitas seperti cancer, auto immune disease, neurodegenerative disease, dll.

Instruksi:

1. Identifikasi dan diskusikan istilah-istilah asing (kata sulit)2. Jelaskan secara skematis bagaimana mekanisme penghantaran signal (signal

transduction) pada proses apoptosis !3. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang MAP kinase? Mengapa gangguan

pada MAP kinase cascade dapat menyebabkan gangguan pada proses apoptosis, jelaskan pengaruhnya !

4. Jelaskan analisa saudara tentang kasus diatas, dihubungkan dengan kegagalan proses apoptosis karena adanya defect pada signaling pathway !

5. Pada kasus cancer, apakah ada kemungkinan penyebab yang lain selain faktor diatas? Terangkan analisa saudara !

Page 2: Diskusi Mk Biologi Seluler 21.05.2013

KASUS 2

Pada kasus diatas, cancer juga dapat terjadi sebagai akibat dari adanya mutasi genetik sehingga menyebabkan kesalahan dalam Sintesis Protein. Dimana terjadi kesalahan dalam penerjemahan sekuen DNA menjadi sekuen asam amino/protein, sehingga dihasilkan protein yang abnormal (non-fungsional).

Adanya agen-agen mutagen dan carcinogen (seperti Tumor suppressing gene dan proto-oncogene) juga dapat menyebabkan resiko terjadinya cancer.

INSTRUKSI:1. Identifikasi dan diskusikan istilah-istilah asing !2. Jelaskan analisa saudara terkait dengan kasus diatas dihubungkan dengan

gangguan pada proses sintesis protein !3. Apa yang saudara ketahui tentang mekanisme RNA editing yang dapat

digunakan sebagai cara untuk memperbaiki kesalahan dalam penerjemahan sekuen DNA tersebut.

4. Apa yang saudara ketahui tentang Tumor suppressing gene dan proto-oncogene? Bagaimana ekspresi kedua factor tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya cancer