Disini Anda Dapat Melihat Syarat Dan Persyaratan CPNS 2014

download Disini Anda Dapat Melihat Syarat Dan Persyaratan CPNS 2014

of 15

description

tambang jalek

Transcript of Disini Anda Dapat Melihat Syarat Dan Persyaratan CPNS 2014

Disini anda dapat melihat Syarat dan Persyaratan CPNS 2014. Bagi anda yang berencana untuk ikut mendaftar CPNS pada tahun 2014 ini, anda harus mempersiapkan dan memperhatikan Syarat dan persyaratan CPNS 2014 ini bisa diterima. Ini adalah gambaran umum mengenaiSyarat pendaftaran CPNS 2014 untuk semua Formasi termasuk guru, bidan dan perawat dan formasi lainnya.

A. PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Indonesia; Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil; Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan; Berkelakuan baik; Sehat jasmani dan rohani; dan Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

B. PERSYARATAN KHUSUS

Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per-1 Desember 2014, ditunjukkan dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah; Bagi yang usianya lebih dari 35 (Tiga puluh lima) tahun sampai dengan 40 (empat puluh) dapat mengikuti pendaftaran dengan syarat memiliki masa kerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan masih bekerja terus-menerus sampai dengan dibukanya pendaftaran CPNS, yang dibuktikan dengan melampirkan fotocopy sah surat keputusan bukti pengangkatan pertama dan terakhir; (persyaratan khusus yang digeneralisasi dari syarat pendaftaran CPNS 2013). Persyaratan administrasi pelamar yakni: Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak empat lembar Fotokopi KTP, Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah terbaru (asli) Kartu tanda pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja.

Nantinya pendaftaran CPNS guru, bidan dan perawat serta formasi lain harus dilakukan secara online. Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara secara online pada situs yang dibuat khusus oleh panitia penerimaan CPNS. Alamat website pendaftaran CPNS ini akan diumumkan saat pengumuman pendaftaran sudah dibuka. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran online, peserta wajib mengirimkan berkas pendukung dengan gambaran sebagai berikut :

Surat Lamaran dibuat dengan tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam ditujukan Kepada sesuai instruksi pada pengumuman. Fotocopy KTP yang dilegalisir pejabat berwenang; Foto Copy Ijazah dan transkrip nilai (masing-masing dilegalisir); Catatan : ijazah yang diakui adalah yang sah dikeluarkan dari Sekolah/Perguruan Tinggi Negeri atau dari Sekolah/Perguruan Tinggi swasta yang terakreditasi atau yang telah mendapat ijin operasional/penyelenggaraan dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, serta dilegalisir/disahkan oleh Pejabat yang berwenang; Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (asli); Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar; Surat Keterangan Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (kartu kuning) asli; Lamaran dan lampirannya ini kemudian dimasukan dalam amplop kemudian dikirim melalui PO BOX yang ditentukan panitia sesuai batas waktu yang ditentukan.

Selanjutnya akan dilakukan seleksi berkas dan diumumkan nama-nama yang lulus seleksi berkas ini. Bagi yang lulus seleksi berkas akan diberikan nomor ujian tes CPNS dan setelah itu siap mengikuti tes CPNS 2013 yang terdiri dari dua tahap yaitu mengerjakan soal tes kompetensi dasar (TKD), kemudian bagi yang lulus TKD berhak mengikuti tahapan tes terakhir yaitu tes kompetensi bidang (TKB).

Perlu juga diketahui sistem penerimaan CPNS tahun 2014 ini merupakan sistem rekrutment yang baru yang mengutamakan transparansi dan kejujuran dalam proses seleksi. Sehingga yang bisa lulus CPNS tahun 2014 dalah orang-orang yang benar-benar bisa menyeselaikan soal-soal CPNS dengan nilai tertinggi.

Itulah Gambaran umum mengenai Syarat dan Persyaratan CPNS 2014. Segeralah melengkapi berkas-berkas yang diperlukan, perbanyak belajar dan berdoa, sukses untuk kita semua, Amin.

Cat CPNS 2014. Pada tulisan kali ini saya akan memaparkan mengenai Apa itu CAT CPNS?: Pengenalan Sistem tes CAT CPNS 2014, Software CAT CPNS untuk Penerimaan CPNS 2014. Sistem CAT telah dipastikan untuk dipergunakan seperti dalam tes Penerimaan CPNS tahun 2013 ini sebagaimanaSurat Edaran Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013 dariMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)yang meminta pejabat pembina kepegawaian di seluruh Indonesia untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem Computer Assisted Test (CAT), termasuk spesifikasi minimal infrastruktur penggunaan CAT.

Menurut Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Arizal, mengatakan bahwa pelaksanaan tes CPNS 2012 akan menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini dipilih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi penerimaan CPNS menggunakan model sistem CAT.Pengenalan sistem CAT CPNS

Sistem Computer Assisted Test (CAT) adalahmetode seleksi menggunakan Software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini pentinguntuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.

Maksud dan Tujuan penggunaan sistem CAT

Adapun Maksud dan Tujuan penggunaan sistem CAT ini adalah untuk :1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional3. Menetapkan standar nilai

Keunggulan dan Manfaat Penggunaan CAT1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)4. Penilaian dilakukan secara obyektif5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya.

Software Latihan Cat CPNS 2014

Untuk latihan soal Cat CPNS, anda membutuhkan software CAT CPNS. Saya merekomendasikan kepada anda software CAT CPNS yang telah dikembangkan sejak tahun 2008 dan terus di update. Telah terbukti banyak orang yang berhasil LULUS tes CPNS setelah berlatih soal CPNS dengan software tersebut .

Selain untuk berlatih sistem Cat CPNS dengan software tersebut anda juga bisa berlatih menjawab soal soal cpns dengan simpel. Software tersebut hanya perlu anda download dan instal di laptop atau di tablet anda. Setelah ter-instal di laptop atau di tablet, anda bisa memulai latihan menyelesaikan soal cpns tanpa harus terhubung ke Internet. Dengan Software tersebut anda bisa melihat atau mengukur kemungkinan anda bisa lulus tes CPNS atau belum. Softwarenya bisa anda dapatkan dengan Mendaftar D1S1N1.

Nah itulah yang bisa saya tuliskan saat ini mengenai Sistem CAT untuk Tes CPNS 2014. Semoga tulisan saya ini bermanfaat, Sukses untuk kita semua, Amin.Kali ini saya akan menuliskan tentang Syarat Mengikuti Tes CPNS. Tes CPNS 2013 dan 2014 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu menggunakan sistem Sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan Tes CPNS dengan metode baru ini, mewajibkan peserta tes untuk melengkapi beberapa berkas penting sebagai persyaratan mengikuti Tes CPNS 2014.

Persyaratan Utama yaitu sebelumnya peserta tes harus terdaftar sebagai peserta tes CPNS dengan melakukan registrasi Pendaftaran CPNS secara online.

Persyaratan saat di lokasi pelaksanaan Tes CPNS adalah melengkapi data-data penting berikut ini :1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.6. Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.7. Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi).

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.

Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada September 2014. Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.

Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu. Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktik-praktik tidak terpuji itu.

Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya.

Bagi anda yang ingin Latihan Tes CPNS dengan metodeComputer Assisted Test (CAT) anda bisa mendapatkan Software Latihan Soal CAT dengan mendaftar DISINI.

Itulah yang bisa saya tuliskan mengenai Syarat Mengikuti tes CPNS. Semoga tulisan ini bermanfaat, tolong disebarkan agar semua orang tau persyaratan Tes CPNS ini. Sekian,Wassalam :)Kali ini saya akan menuliskan tentang Syarat Mengikuti Tes CPNS. Tes CPNS 2013 dan 2014 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu menggunakan sistem Sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan Tes CPNS dengan metode baru ini, mewajibkan peserta tes untuk melengkapi beberapa berkas penting sebagai persyaratan mengikuti Tes CPNS 2014.

Persyaratan Utama yaitu sebelumnya peserta tes harus terdaftar sebagai peserta tes CPNS dengan melakukan registrasi Pendaftaran CPNS secara online.

Persyaratan saat di lokasi pelaksanaan Tes CPNS adalah melengkapi data-data penting berikut ini :1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.6. Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.7. Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi).

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT.

Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada September 2014. Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.

Untuk mengatasi keadaan itu, harus diciptakan sebuah sistem yang bisa memutus mata rantai transaksi illegal, yang merusak sendi-sendi kehidupan bernegara itu. Pemerintah yakin, test CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini dapat menghindari terjadinya praktik-praktik tidak terpuji itu.

Dalam pelaksanaannya, panitia seleksi nasional pengadaan CPNS bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya.

Bagi anda yang ingin Latihan Tes CPNS dengan metodeComputer Assisted Test (CAT) anda bisa mendapatkan Software Latihan Soal CAT dengan mendaftar DISINI.

Itulah yang bisa saya tuliskan mengenai Syarat Mengikuti tes CPNS. Semoga tulisan ini bermanfaat, tolong disebarkan agar semua orang tau persyaratan Tes CPNS ini. Sekian,Wassalam :)LOWONGAN KERJA CPNS 2014 - Penerimaan CPNS 2014 merupakan berita yang banyak ditunggu - tunggu oleh masyarakat luas berbagai daerah, Banyak daerah sudah menggodok kebutuhan formasi dan ada yang sudah mengajukan usulan ke pemerintah pusat. Kemenpan sendiri menetapkan pelaksanaan ujian seleksi CPNS 2014 sekitar pertengahan tahun ini, sebelum atau sesudah pilpres 2014 mendatang. Kemenpan membeberkan bahwa CPNS 2014 kali ini akan merekrut sebanyak 100 ribu formasi yang diperebutkan, Kouta tersebut jauh lebih banyak dari tahun 2013 lalu, maka dari itu peluang dan persaingan semakin besar juga dihadapan anda.

CPNS Tahun 2014 / Google.co.id

Hanya kandidat dan pelamar terbaiklah yang lulus dalam ujian CPNS 2014. Sudah saatnya anda mempersiapkan diri dari sekarang, Mulai dari persyaratan berkas, Persyaratan umum, Persyaratan Usia dan persyaratan pendukung lainnya. Berikut ini adalah persyaratan Penerimaan CPNS Tahun 2014

PERSYARATAN UMUM CPNS 20141. Pelamar CPNS adalah Warga Negara Indonesia2. Pelamar CPNS Tidak mengkonsumsi obat2an terlarang 3. Pelamar CPNS tidak pernah terlibat dalam kejahatan (dipenjara) 4. Pelamar CPNS tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;5. Pelamar Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atao Pegawai Negeri;6. Pelamar CPNS siap untuk penempatan disemua area NKRI7. Pelamar CPNS Adalah kandidat dengan tamatan Sarjana, Diploma atao SMK/SMA sesuai formasi yg dilamar pada CPNS 2014CATATAN : Dalam persyaratan pendidikan terakhir, Transkip nilai dan ijasah, IPK atau nilai rata2, akan berbeda-beda pada masing-masing instansi. Setiap Instansi akan memberikan syarat khusus yang harus dilengkapi dan mungkin berbeda dengan instansi lain. Misalnya pada Penerimaan CPNS Kementrian Hukum & HAM 2013 tahun lalu, Kemenkumham tersebut memberikan persyaratan kualifikasi pendidikan tidak jauh beda dengan tahun 2014 ini.

PERSYARATAN NILAI CPNS 2014 (IPK / Nilai rata2 Ijasah)1. Pelamar CPNS Untuk kualifikasi pendidikan formasi SLTA/ SMU/ SMA/ Sederajat dengn memiliki Nilai Ijazah/STTB (termasuk paket C) rata-rata 7,0 (khusus untk Papua nilai rata-rata 6,5)2. Pelamar CPNS Untuk kualfikasi pendidikan sarjana biasanya memiliki standar nasional dengan minimal indeks prestasi komulatif IPK 2.75 (khusus Papua IPK minimal 2.50)3. Pelamar CPNS Untuk Kualifikasi Tenaga Dokter Umum biasanya memiliki IPK minimal 2,60CATATAN : Persyaratan IPK ini merupakan contoh dari syarat pendaftaran CPNS 2013 di Kemenkeu tahun lalu. Dan untuk persyaratan instansi atau lembaga kementerian lain biasanya memiliki perbedaan yang jauh lebih tinggi atau rendah tergantung instansi atau formasinya (Perbedaan untuk tahun 2014 tidak jauh beda dengan tahun 2013)

PERSYARATAN UMUR / USIA CPNS 20141. Pelamar CPNS untuk SLTA Sederajat/SMU/SMA memiliki Minimal 18 - 28 tahun2. Pelamar CPNS Untuk Sarjana S1 memiliki Minimal 18 - 30 tahun3. Pelamar CPNS Dokter Umum mempunyai Min 18 - 32 tahunCATATAN : Untuk kualifikasi umur tanggal lahir tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013 di Kemenkeu dan diprediksi tidak akan jauh beda dengan kualifikasi usia CPNS 2014 nanti

PERSYARATAN BERKAS CPNS 20141. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada pimpinan instansi atau lembaga 2. Copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir dilegalisir 3. Copy SKCK dilegalisir4. Copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja 5. Copy Akta kelahiran6. Copy KTP berlaku 7. Surat keterangan dan Surat Pernyataan berbadan sehat, tdak buta warna, tdak tuli & tdak bertato (Surat pernyataan dibubuhi materai Rp.6000)8. Surat Pernyataan tidak bekerja di instansi Pemerintah/BUMN/swasta dibubuhi materai Rp.60009. Melampirkan Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran10. Pas Foto 3 x 4 = 2 lembar berwarna dasar Biru (untk kartu peserta ujian).MEKANISME UJIAN CPNS 2014 (Sistem CAT)Pada penerimaan CPNS kali ini Kemenpan RB telah mengatakan sesuai dengan peraturan baru badan kepegawaian daerah, Ujian seleksi CPNS akan menggunakan perangkat software CAT (Computer Assisted Test) Dan sistem LJK akan dihilangkan mulai tahun ini. Sistem CAT dirasa sangat lebih transparan dan jujur, maka seleksi CPNS 2014 akan terhindar dari tindak kecurangan yang digunakan pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

CARA UNTUK LULUS CPNS 2014 Penggunaan serta pengenalan terhadap sistem CAT sangat dianjurkan untuk dikuasai, karena pemerintah akan memakai sistem ini dalam ujian CPNS 2014 mendatang, Diharapkan pelamar CPNS 2014 sudah mengetahui dan belajar sistem ini mulai dari sekarang. Untuk itu dianjurkan karena persaingan perekrutan CPNS 2014 sangat ketat dan harus menguasai semua aspek keahlian, Karena salah satu metode untuk lulus CPNS 2014 hanya dengan belajar soal-soal CPNS sistem CAT dengan benar. silakan persiapkan diri anda dengan banyak belajar soal-soal prediksi CPNS dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) melalui situs resmi www.soalkerja.com. Mengapa harus di soalkerja.com? Karena situs tersebut akan memberikan Software CAT (Computer Assisted Test) yang bisa anda install di laptop/ komputer atau handphone anda, sehingga nantinya anda bisa melakukan simulasi ujian CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) setiap hari di komputer anda disertai dengan Ribuan soal-soal prediksi CPNS terbaru. Tunggu apalagi persiapkan diri anda untuk lulus ujian CPNS 2014 mendatang dengan pesan sekarang juga Software CAT (Computer Assisted Test) dan Ribuan ebook CPNS lainnya di situs resmi www.soalkerja.com

Demikianlah informasi Persyaratan Penerimaan CPNS Tahun 2014 yang kami rangkum untuk anda, semoga sangat berguna bagi kamu yang ingin menjadi peserta CPNS 2014 Mendatang. GbuSilahkan Pencet Tombol Facebook (SUKA ATAU BAGIKAN) dibawah, Untuk lihat Jadwal Pendaftaran CPNS 2014 Seluruh Indonesia >> Persyaratan Pendaftaran CPNS Tahun 2014 Blogkerja.com | Informasi Pendaftaran dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2014 - Pada tahun 2013 Jumlah peminat CPNS sangatlah besar, mulai dari pendaftaran CPNS daerah hingga Kotamadya, dapat dilihat dari tempat pendaftaran yang dipadati oleh pelamar CPNS. Besarnya jumlah peminat CPNS tentunya memperketat persaingan antar pelamar, dan hanya yang terbaiklah yang berhak lulus.Di awal tahun 2014 ini sudah saatnya anda mempersiapkan diri karena untuk lulus Ujian CPNS tahun 2014 tidaklah mudah, berikut ini informasi umum persyaratan dan pendaftaran cpns tahun 2014.Persyaratan Pendaftaran CPNS Tahun 2014A. Persyaratan umum Warga Negara Indonesia; Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri; Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta; Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; Pelamar merupakan lulusan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2014

A. Untuk formasi SLTA Sederajat/SMU/SMA dengan Nilai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar SLTA sederajat/SMU/SMA (termasuk paket C) rata-rata 7,0 (khusus untuk Papua nilai rata-rata 6,5)B. Untuk formasi Sarjana dengan IPK minimal 2,75 (khusus untuk Papua Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.50)C. Untuk formasi Tenaga Dokter Umum dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60D. Contoh persyaratan IPK ini adalah contoh syarat pendaftaran CPNS 2013 di Kemenkeu. Untuk instansi lain biasanya ada perbedaan lebih tinggi atau lebih rendah tergantung instansi dan formasinya.

B. Persyaratan usia

Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013 di Kemenkeu dan mungkin juga tidak berbeda jauh dengan persyaratan usia CPNS 2014 nanti:A. Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk SLTA Sederajat/SMU/SMAB. Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 30 tahun untuk Sarjana S1C. Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 32 tahun untuk Dokter Umum;

C. Persyaratan berkasa. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;b. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir sesuai dengan Surat Edaran dari BKN;c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;j. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;k. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian).

Persiapkan diri anda sejak awal, silahkan pelajari materi soal-soal CPNS terlengkap yang bisa anda dapatkan disini : Download Soal CPNS.

Demikian informasi mengenai Persyaratan dan jadwal CPNS Tahun 2014. Informasi diatas diambil dari beberapa sumber. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda untuk mempersiapkan diri menghadapi penerimaan CPNS Tahun 2014. Terima kasih. Tata Cara Pendaftaran CPNS SecaraUmumTahapan Tes CPNS Setiap tahunnya berbagai instansi pemerintah melakukan penerimaan calon pegawai negeri. Apakah Anda berminat? Sebelum mendaftar, kenali dulu seperti apa proses seleksi dan tahapannya.1. PendaftaranSaat ini pendaftaran untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa dilakukan secara online. Biasanya masing-masing kementerian memiliki situs yang bisa diakses untuk pendaftaran tersebut. Saat mendaftar, pastikan Anda sudah memiliki email. Selain secara online, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengirimkan berkas-berkas persyaratan ke panitia pusat penerimaan CPNS.2. PersyaratanUntuk persyaratan, Anda bisa mengeceknya langsung ke situs kementerian yang dituju. Persyaratannya cukup banyak mulai dari melengkapi foto kopi ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir, transkrip nilai, membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemnakertrans) yang masih berlaku. Kartu kuning ini bisa Anda dapatkan di kecamatan tempat Anda tinggal.3. Pendaftaran UlangUntuk mengetahui apakah Anda lolos seleksi tahap pertama atau tidak (seleksi administrasi), panitia akan mengumumkannya secara online. Jadi Anda harus rajin meng-update situs penerimaan CPNS yang Anda tuju. Kalau lolos, panitia akan meminta Anda melakukan pendaftaran ulang. Dalam pendaftaran ulang ini Anda akan diminta mengirimkan berbagai berkas administrasi. Khusus ijazah, Anda akan diminta melengkapi ijazah mulai dari SD hingga pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir.4. Ujian KompetensiSetelah lolos seleksi dari pendaftaran ulang tersebut, Anda akan mendapatkan nomer dan kartu ujian. Ujian biasanya dilakukan di masing-masing kota yang ditunjuk. Ujian tersebut mulai dari psikotes hingga mengenai pengetahuan umum, terutama perkembangan berita terkini.5. WawancaraLulus dari ujian kompetensi, Anda akan diminta menjalani tes wawancara. Tes wawancara ini meliputi pertanyaan mengenai diri Anda dan pendapat seperti berita yang tengah berkembang.6. Tes KesehatanTes kesehatan biasanya dilakukan di rumah sakit pemerintah. Tes kesehatan ini mulai dari pengukuran tinggi badan, warna, pendengaran dan lain-lain.7. Diklat Pra JabatanSetelah semua tahapan seleksi dilalui dan Anda dinyatakan lulus, CPNS kemudian diminta mengikuti diklat Pra Jabatan selama satu bulan. Usai diklat ini akan ada ujian kompetensi lagi. Kalau Anda lulus dari ujian tersebut, baru bisa mendapatkan Surat Keputusan Anda diangkat menjadi PNS 100%. Setelah mendapatkan SK tersebut, PNS diminta menjalani tes kesehatan lagi secara menyeluruh. Ref:eny/eny/wolipop.

Persyaratan CPNS 2014

A.Persyaratan umum1. Warga Negara Indonesia;2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;7. Pelamar merupakan lulusan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2014

Untuk persyaratan kualifikasi pendidikan, Izajah dan nilai IPK ini berbeda-beda di masing-masing instansi. Setiap instansi menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi yang mungkin berbeda dengan instansi lain. Misalnya instansi Kementrian Hukum dan HAM, berikut ini adalah contoh persyaratan kualifikasi pendidikan sebagai syarat pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2013 yang lalu dan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan syarat pendaftaran CPNS Kemenkumham nanti:

* Untuk formasi SLTA Sederajat/SMU/SMA dengan Nilai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar SLTA sederajat/SMU/SMA (termasuk paket C) rata-rata 7,0 (khusus untuk Papua nilai rata-rata 6,5)* Untuk formasi Sarjana dengan IPK minimal 2,75 (khusus untuk Papua Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.50)* Untuk formasi Tenaga Dokter Umum dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60 * Contoh persyaratan IPK ini adalah contoh syarat pendaftaran CPNS 2013 di Kemenkeu. Untuk instansi lain biasanya ada perbedaan lebih tinggi atau lebih rendah tergantung instansi dan formasinya.

B.Persyaratan usia

Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013 di Kemenkeu dan mungkin juga tidak berbeda jauh dengan persyaratan usia CPNS 2014 nanti:* Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk SLTA Sederajat/SMU/SMA* Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 30 tahun untuk Sarjana S1* Minimal 18 tahun dan maksimal berusia 32 tahun untuk Dokter Umum;

C.Persyaratan berkasa. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;b. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir sesuai dengan Surat Edaran dari BKN;c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;j. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;k. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian).

Jadwal kegiatan Penerimaan CPNS 2014Semua proses dilakukan secara nasional artinya penyelesaian final perihal jadwal penerimaan pendaftaran CPNS 2014 ini bukan untuk satu daerah saja, artinya baru akan diumumkan setelah semua daerah yang mengajukan formasi CPNS 2014 usulan mendapat verifikasi data yang valid, tinggal penentuan waktu yang tepat sesuai dengan keperluan pelaksanaan tes CPNS 2014 berdasarkan konsep awal yang dibuat. Untuk mengetahui info terbaru selanjutnya, maka silakan pantau situs ini atau anda bisa update melalui Fanpage Facebook Achsan Blog di samping.

Padapenerimaan CPNS 2014 menerapkan mekanisme pengisian lembar jawaban komputer (LJK) dan Computer Assisted Test (CAT). Dan diharapkan supaya selesksi CPNS tahun depan lebih transparan. Rekrutmen CPNS untuk formasi tahun 2014 harus memenuhi 3 syarat utama yakni analisis beban kerja, analisis beban jabatan, dan fiskal daerah. "daerah yang belanja pegawainya kurang dari 50 % dari jumlah APBD dapat melakukan rekrutmen cpns, sebaliknya tidak dperkenankan".

Demikian apa yang bisa saya bagikan mengenai pengumuman lowongan cpns 2014, cpns 2014, ujian cpns, tes soal cpns, soal cpns 2014. Saya berharap artikel ini untuk dihare ke facebook, twitter & google plus supaya bisa memberikan info ke teman anda yang sendang membutuhkan