Cover Depan 2003

2
Journal Reading Tanggal : 23 Maret 2015 Oleh : Jordan David NIM : 030.10.144 Pembimbing : dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK, MM Tes Serologik ELISA dan Tes Flow ML Pada Lepra Tipe Lepromatosa Dengan ENL Irene Tanita Utami, Muhammad Dali Amiruddin, Sri Vitayani Muchtar Departemen Penyakit Kulit Kelamin Universitas Hasanuddin Fakultas Kedokteran/ Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar. IJDV Vol.1 No.4 2013 Abstrak Lepra adalah suatu penyakit kronis yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae(M.leprae), suatu patogen obligat intraseluler. Erythema nodusum leprosum(ENL) adalah suatu reaksi lepra tipe 2 yang utamanya terjadi pada lepromatous leprosy. Reaksi ini biasanya terjadi selama pengobatan dan setelah pengobatan lepra. Pemeriksaan serologis telah dilakukan untuk menentukkan antibodi manusia terhadap M.leprae. Salah satu antibody yang spesifik terhadap M.leprae adalah antibodi anti fenolik glikolipid-1 (anti PGL-1).

description

cov

Transcript of Cover Depan 2003

Journal Reading

Tanggal: 23 Maret 2015Oleh

: Jordan DavidNIM

: 030.10.144Pembimbing: dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK, MMTes Serologik ELISA dan Tes Flow ML Pada Lepra Tipe Lepromatosa Dengan ENL

Irene Tanita Utami, Muhammad Dali Amiruddin, Sri Vitayani Muchtar

Departemen Penyakit Kulit Kelamin Universitas Hasanuddin Fakultas Kedokteran/ Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

IJDV Vol.1 No.4 2013

AbstrakLepra adalah suatu penyakit kronis yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae(M.leprae), suatu patogen obligat intraseluler. Erythema nodusum leprosum(ENL) adalah suatu reaksi lepra tipe 2 yang utamanya terjadi pada lepromatous leprosy. Reaksi ini biasanya terjadi selama pengobatan dan setelah pengobatan lepra. Pemeriksaan serologis telah dilakukan untuk menentukkan antibodi manusia terhadap M.leprae. Salah satu antibody yang spesifik terhadap M.leprae adalah antibodi anti fenolik glikolipid-1 (anti PGL-1).

Suatu kasus dari ENL selama pengobatan MDT pada lepromatous leprosy dimana dilakukan pemeriksaan ELISA dan terkonfirmasi oleh ML Flow telah dilaporkan.