Chlorophyta (ind)

download Chlorophyta (ind)

of 12

  • date post

    04-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    38
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Chlorophyta (ind)

Nadya Rizq

14 20

Alga hijau mengandung klorofil a dan b serta pigmen karoten yang mengasilkan warna berbeda-beda (antara warna hijau-hijau kekuningan). Di dalam kloroplas terdapat pirenoid (butir protein pembentuk pati)

Chlorophyta, ganggang hijau

Re: volvox

Ciri chlorophyta Ada yang uniseluler ada yang mutiseluler Berbentuk bulat, filamen, lembaran, menyerupai tumbuhan tinggi Memiliki pigmen dominan berupa klorofil (a dan b), selain itu juga memiliki karoten Habitat di air tawar, air laut, tanah basah Autotorof Reproduksi vegetatif (membelah diri, fragmentasi) dan generatif (isogami, anisogami, oogami)

Berbentuk bulat, filamen, lembaran, menyerupai tumbuhan tinggi

Macam chlorophyta

Chlorophyta sel tunggal tidak dapat bergerakChlorococcum. Hidup di air tawar, berkembang biak secara isogami Chlorella. Hidup di air tawar, air laut, dan di tempat tempat basah. Bentuk seperti bola, protoplas berbentuk seperti mangkuk

Chlorophyta sel tunggal dapat bergerak

Chlamydomonas. Uniseluler, bentuk bulat dengan dua flagela. Habitat di air payau, air laut, dan di tanah. Reproduksi dengan membelah diri dan konjugasi

Chlorophyta berkoloni tidak dapat bergerak

Hidrodyction. Bentuk seperti jala, habitat di air tawar. Reproduksi vegetatif (zoospora dan fragmentasi) dan generatif (konjugasi)

Chlorophyta berkoloni dapat bergerak

Volvox. Koloni berbentuk seperti bola berflagel, habitat di air tawar. Reproduksi vegetatif (ragmentasi) dan generatid (konjugasi).

Chlorophyta berbentuk filamen (benang)Spirogyra. Kloroplas berbentuk spiral, habitat di air tawar. Reproduksi dengan fragmentasi dan konjugasi.

Oedogonium. Habitat di air tawar, reptoduksi dengan zoospora berflagel banyak atau dengan penyatuan ovum dengan sperma.

Chlorophyta bentuk lembaranUlva (selada laut). Habitat di perairan laut yang dangkal (melekat ). Reproduksi secara vegetatif (zoospora) dan generatif (pembentukan gaamet betina dan gamet jantan)