China Central Television CCTV

download China Central Television CCTV

If you can't read please download the document

  • date post

    28-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    133
  • download

    8

Embed Size (px)

description

tugas teori arsitektur

Transcript of China Central Television CCTV

  • LokasiBeijing, ChinaFungsiKantor pusat sebuah stasiun televisiLuas Area/ Luas Bangunan465.000 mJumlah Lantai Bangunan44 lantaiPosisiDi area 10Ha di CBD baru di BeijingTinggi210 mRentang Tahun Proses DesainunknownNama Pemilik/ OwnerChina Central TelevisionSifat dan kategori desainNon sayembaraArsitekRem Koolhaas dan Ole ScheerenRentang Tahun PembangunanMaret 2003 1 Januari 2008Nama KonsultanCecil Balmond dan tim Ove Arup & Partners

  • Pada dasarnya masa bangunan CCTV Headquarter merupakan kombinasi suatu blok masa bangunan yang stabil jika sudah tergabung satu sama lain, hal ini dikarenakan momen yang diakibatkan oleh kemiringan menara dan joint building overhang yang melayang pada bagian atas diimbangi oleh joint building pada bagian bawah sehingga masa bangunan dapat seimbang satu sama lain. Namun masalahnya adalah ketika pembangunan, kestabilan menara harus diperhitungkan dengan tepat. Para insinyur harus mempertimbangkan stabilitas gedung pada setiap fase yang mempunyai konstruksi berbeda- beda, dan harus mempersiapkan struktur yang mendukung pembangunan menara selama kedua menara tersebut terhubung dan seimbang satu sama lain.

  • Menara dibangun di sudut-sudut diagonal dengan jarak 160m 160m dan dihubungkan oleh sebuah podium sembilan lantai berbentuk L dengan tiga lantai bawah tanah (basement).Unsur-unsur tersebut kemudian bergabungkan kembali di bagian atas pada ketinggian 51 lantai oleh sebuah jembatan berbentuk L sama halya seperti podium yang bawah.Ukuran box menara yanr pertama adalah 40m 60m dan box yang kedua adalah 52m 42m.Yang diperkuat oleh inti beton tipis di dalam gedung yang mendukung lantai internal.

  • fungsi sistem struktur pada bangunan CCTV sangat terlihat dan ditonjolkan sebagi value (nilai-nilai) pada tampilan fasadnya. Seluruh masa dangunan seolah olah diselimuti oleh rangka-rangka diagonal yang menjadi struktur utama. Rangka-rangka tersebut saling berhubungan satu sama lain untuk menyalurkan gaya dari bangunan tersebut. Jika dilihat dengan seksama sistem rangka diagonalnya sangat tidak beraturan dan terlihat abstrak, hal ini dikarenakan masa bangunan yang tidak simetris dengan bentuk yang tidak sama serta faktor kemiringan

  • Letak Lokasi China Central Television

  • Fungsi struktural sangat mendominasi tampilan fasad gedung ini, sistem yang dipakai adalah sistem struktur exoskeleton diagrid diadopsi di wajah luar gedung sebagai struktur tabung yang melawan gravitasi, gaya lateral dan gaya lainnya.Posisi kolom diagonal dan tabung mencerminkan distribusi kekuatan di permukaan kulit bangunan.