Checklist Pemeriksaan Kepala Leher 2013

4
CHECKLIST PEMERIKSAAN KEPALA LEHER Nama :.................................................. No.Mhs :.................................................. Aspek yang dinilai Nilai 0 1 2 Definisi : Perawat Mengkaji fisik bagian luar kepala dan leher Tujuan : 1. Untuk mengetahui kondisi fisik kepala klien 2. Untuk mendeteksi tanda status kesehatan kepala klien secara menyeluruh. Persiapan Alat : Lampu senter Tahap Pra-interaksi: 1. Cuci tangan 2. Siapkan alat-alat Tahap Orientasi: 1. Memberi salam, panggil klien dengan panggilan yang disenangi 2. Memperkenalkan nama perawat 3. Menjelaskan tentang kerahasiaan 4. Jelaskan prosedur dan tujuan tindakan pada klien atau keluarga Tahap Kerja : 1. Dekatkan alat dengan pasien 2. Jelaskan tindakan dan tujuan 3. Cuci tangan 4. Lakukan pemeriksaan 1. Inspeksi Atur posisi pasien duduk atau berdiri. Anjurkan untuk melepas penutup kepala, kaca

Transcript of Checklist Pemeriksaan Kepala Leher 2013

CHECKLIST PEMERIKSAAN KEPALA LEHERNama

:..................................................

No.Mhs:..................................................

Aspek yang dinilaiNilai

012

Definisi : Perawat Mengkaji fisik bagian luar kepala dan leherTujuan :

1. Untuk mengetahui kondisi fisik kepala klien2. Untuk mendeteksi tanda status kesehatan kepala klien secara menyeluruh.

Persiapan Alat :

Lampu senter

Tahap Pra-interaksi:

1. Cuci tangan

2. Siapkan alat-alat

Tahap Orientasi:

1. Memberi salam, panggil klien dengan panggilan yang disenangi

2. Memperkenalkan nama perawat

3. Menjelaskan tentang kerahasiaan

4. Jelaskan prosedur dan tujuan tindakan pada klien atau keluarga

Tahap Kerja :

1. Dekatkan alat dengan pasien

2. Jelaskan tindakan dan tujuan

3. Cuci tangan

4. Lakukan pemeriksaan

1. Inspeksi

Atur posisi pasien duduk atau berdiri. Anjurkan untuk melepas penutup kepala, kaca mata, dll. Lakukan inspeksi atau mengamati bentuk kepala, kesimetrisan dan keadaan kulit kepala. Inspeksi penyebaran, ketebalan, kebersihan dan tekstur, warna rambut Ukuran, bentuk dan posisi kepala terhadap tubuh, Normal kepala tegak lurus dan digaris tengah tubuh. Tulang kepala umumnya bulat dengan tonjolan frontal dibagian anterior dan oksipital dibagian posterior.

2. Palpasi

Pakai sarung tangan (terutama jika terdapat luka/lesi dikepala). Lakukan palpasi dengan gerakan memutar lima jari yang lembut menggunakan ujung jari, lakukan mulai dari depan turun kebawah melalui garis tengah kemudian palpasi setiap sudut garis kepala. Rasakan apakah terdapat benjolan / massa, tanda bekas luka dikepala, pembengkakan, nyeri tekan. Jika hal itu ditemukan perhatikan berapa besrnya / luasnya, bagaimana konsistensinya, dan dimana kedudukannya, apakah didalam kulit, pada tulang atau dibawah kulit terlepas dari tulang.

3. Auskultasi Tempatkan diafragma stetoskop pada daerah oksipital, temporal dan orbital, lalu dengarkan apakah ada suara bruit.

Tahap terminasi

1. Menanyakan pada pasien apa yang dirasakan setelah dilakukan kegiatan.

2. Menyimpulkan hasil prosedur yang dilakukan

3. Melakukan kontrak untuk tindakan selanjutnya

4. Berikan reinforcement sesuai dengan kemampuan klien

Tahap dokumentasi

Catat seluruh hasil tindakan dalam catatan keperawatan

Keterangan:

0 = tidak dikerjakan

1 = dikerjakan tidak lengkap/ tidak sempurna

2 = dikerjakan dengan benar/ sempurna

Catatan : .....

Total Nilai :Total Point=

Item penilaian

Mataram,25 oktober2013

Penguji

(..)