c2o Newsletter, vol. 2, June 2010

2

Click here to load reader

description

Newsletter c2o, terbit tiap bulan untuk menginformasikan kegiatan dan koleksi perpustakaan C2O. ---- Perpustakaan kecil di Surabaya, Indonesia, dengan koleksi sekitar 4000 buku dan film bermutu dalam bahasa Inggris dan Indonesia. C2O library . cinémathèque . café Jl. Dr. Cipto 20, Surabaya 60264 INDONESIA Email: [email protected] Senin, Rabu-Jumat 10.00-19.00 Sabtu-MInggu 11.00-20.00 Selasa tutup

Transcript of c2o Newsletter, vol. 2, June 2010

Page 1: c2o Newsletter, vol. 2, June 2010

Pakaianmerupakanekspresidari iden.‐tas seseorang. Namun bagaimanapunjuga,pilihankitadalamberpakaian jugaterbataspadabermacam‐macamkaidahsosial yang menentukan/menyarankancara‐cara berpakaian tertentu dalamkontekstertentu.

Tulisan‐tulisan dalambuku inimenghin‐dari dikotomi “substansi dalam” versus“kulit luar” dan memusatkan cara‐caradan sarana seper. apa digunakanindividu, kelompok maupun ins.tusisosial untuk saling mamhami melaluipakaian. Beberapa tulisan mencerma.bagaimana kaidah berpakaian berubahdan dibakukan dari jaman penjajahan

hingga pemerintahan sekarang. Tulisan‐tulisan lainnya menyorotperkecualian‐perkecualian dan kekuatan‐kekuatan yangmemproduksiperubahan‐perubahantersebut.

Outward Appearances

HenkSchulteNordholtPenerbit:LKiS,2005[1997]No.panggil:390.09598NOROut

E.BretondeNijsadalahpseudonimRobNieuwenhuys, pengarangMirror of The

Indies:AHistoryofDutchColonialLitera‐

ture(diterbitkandalambahasaIndonesiasebagai Bianglala Sastra) dan HikayatLebak.TerlahirdariayahBelandadanibuJawa‐Belandadi1908,diamulaimenulisFaded Portraits (diterbitkan sebagaiBayangan Memudar di Indonesia) saatdiadikurungolehtentaraJepang.

Satumemoirfiksidenganse;ngHindiaBelanda,FadedPortraits dibukadengankema.anTanteSophiedi1940diBatavia.Kemudian, seolahmembangunmemori,kitamelihat cerita hidupnya, suami dankeluarganya sehubungan dengan cerita

penuturnya. Melalui adegan kema.an Tante Sophie, kita memasukisuasanaHindiayangkentaldenganatmosfertengkarmulutnya,obsesipadawarnakulitdankedudukansosial.

FADED PORTRAITs

E.BretondeNijs(RobNieuwenhuys),1954Publisher:Periplus,1999CallNo.:FDENFad

RESENSI BUKU (BHS. INDONESIA) RESENSI BUKU (BHS. INGGRIS)

Setelah Eraserhead, Blue Velvet, siapayang akanmenyangka kita akan pernahmenyaksikan film David Lynch untuksemua umur, bahkan diproduksi olehWaltDisney?

Dibuat berdasarkan kisah nyata, TheStraight Story menceritakan perjalananAlvin Straight dari Iowa ke Wisconsin.Film ini .dak menunjukkan kekerasan,seks, ataupun kegelapan di balik surgaterang Amerikan secara langsung. Bolamainanyangmenggelindingsepi,rumahyang terbakar, perempuan histerispenabrak rusa, dan curhat veteranperangdibar,semuanyamemberisedikitpetunjukdangambaran tentang cerita‐

cerita yang tak terungkapkan, bayang‐bayang dan ingatan akankegagalan,kesalahandankerusakanyangberdampak.dakhanyapadadirinya,tapijugapadaorang‐orangsekitarnya.

The Straight Story

HenkSchulteNordholtPenerbit:LKiS,2005[1997]No.panggil:390.09598NOROut

Fokus: Pribumi India: Keaslian pribumisebagai prak.k budaya: ‘suku’ danbangsadiIndia.Bagaimana‘suku’diinko‐rporasikan dalam negara kolonial danposkolonial di India. Iden.tas. Iden.taspribumi:bebanataupembebasan?

Lainnya: ‘Merdeka’, menceritakangambar‐gambar dari Indonesian PressPhoto Service (IPPHOS), didirikan 1946oleh Frans danAlexMendur danUmbabersaudar. Koleksi dari ANTARA danBERITA Film Indonesia dihancurkansetelah1965.SejarawanZweersmelacakgambar‐gambar ini di Arsip NasionalRepublikIndonesiadiJakarta.

Interna.onal Ins.tuteforAsianStudies(IIAS)adalahpusatpeneli.anpostdoctoral di Leiden dan Amsterdam, dengan objek.f mendorongpeneli.an lintasdisiplindankompara.fmengenaiAsiadanmempro‐mosikankerjasamanasionaldan internasiona. IIASmemfokuskandiripadailmusosialhumanioradaninteraksinyadenganilmu‐ilmulainnya.

IIAS Newsletter no. 53, 2010

IndigenousIndiaEncouragingknowledgeand

enhancingthestudyofAsia

RESENSI FILM RESENSI PERIODIKAL

C2O Vol. 02, Jun

i 201

0

ne

wsletter

Jl. Dr. Cipto 20 (jalan kecil seberang Konsulat Amerika)Surabaya, Indonesia 60264Telp. (031) 77525216 | HP 0858 5472 5932Senin, Rabu - Jumat 10.00 - 19.00Sabtu - Minggu 11.00 - 20.00. Selasa tutup

web : http://c2o-library.net | email : [email protected]

facebook: http://facebook.com/c2o.library

JL. RAYA DR. SUTOMO

JL. DR

. CIPTO

DR

. WA

HID

IN

JL. M.H

. THAM

RIN

JL. IMAM

BO

NJO

L

JL. UN

TUN

G SUR

OPATI

JL. TRUN

OJOYO

JL. R

AYA

DA

RM

OJL

. UR

IP S

UM

OH

AR

JO

RAYA D

IPONEGOR

O

JL. WR. SUPRATMAN

JL. D

INO

YOJL

. NGA

GEL

JL. POLISI ISTIMEWA

R.A. KARTINI

C2O

KONSULAT

AMERIKA

SEK

OLA

HST

. MA

RIA

KATEDRAL

HKY

SMUK

St. Louis

Ruang publik yang menyediakan berbagai

referensi buku (fiksi & non-fiksi) dan

audio-visual pilihan untuk disewa atau

dibaca di tempat. Saat ini koleksi kami

mencakup lebih dari 4,000 buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan

tema utama sastra, sejarah, sosial budaya, seni & disain. Juga tersedia

beragam komik & novel grafis, dan

lebih dari 900 film penting / langka dalam

sejarah sinema beserta literaturnya.

Reading...

Learning

...

vWriting... a

nd C

offee!!

Page 2: c2o Newsletter, vol. 2, June 2010

REPORTASE ACARA Film screening, June 2010:Around the World in a Decade, Pt.2CANGKR

UK5Juni2010//Pla.orm|JiaZhang‐ke2000|HongKong|192m|BW|13+|Bhs.Mandarin,teksInggris

Di Fenyang, propinsi Shanxi, perubahan sosio‐ekonomi besar‐besarantak ayal mempengaruhi satu grup teater kecil ama.r, mencerminkanperubahanlebihbesarpadapopulasiumumCina.Dimulaiditahun1979grup tersebut menampilkan musik propaganda Mao Zhedong, danberakhir di tahun 80an di mana mereka mementaskan musik popKantondanpengaruhbesarBaratyangtakterelakkan.

12Juni2010//TheDeathofMr.Lazarescu|Cris.Puiu2005|Romnia|154m|Warna|PG|Bhs.Romania,teksInggris

Mr. Lazarescu,kakek tuaalkoholikberusia62 tahun,.nggal sendiridiapartemen kumuhnyabersama.gaekor kucing. Tiba‐.ba jatuh sakit,tetangga‐tetangganya, dengan niatan baik, sibuk membantunyameskipun pada akhirnya lebih menyusahkannya. Saat bantuanparamedikdatang,diaberpindah‐pindahdarisatuklinkkekliniklainnya.

19Juni2010//Moolaadé|OusmaneSembene2004|Senegal|134m|Warna|NR|BhsJula&Prancis,teksInggris

Ketakutanmenghadapi ritualmu.lasi genital (female circumcision),disatudesaAfrikaempatgadismudamelarikandirikerumahColléArdoGalloSy.Colléberpegangpadaadat‐is.adatmoolaadé(hakperlindun‐gan, sanctuary) untuk melindungi mereka, menimbulkan konflik danmemaksapendudukuntukberpihakpadasatusisi.Keteganganmening‐katantaraparatradisionalis(laki‐laki&perempuan)danCollé,memba‐hayakanpernikahanputrinyasendiridenganputramahkotasuku.

26Juni2010//SilentLight|CarlosReygadas2007|Meksiko/Prancis|132m|Warna|SU|Plautdietsch,teksInggris

Portret transgresi spiritual, kema.an dan transfigurasi di komunitasMennonit di Meksiko utara, Silent Light bercerita mengenai segi.garoman.s klasik, dengan se;ng komunitas tradisional dengan keper‐cayaan tradisional. (Dialogdalamfilm inimenggunakandialek JermanMedieval Plautdietsch.) Johan, seorang petani yang keras dan taat,suami Esther, berselingkuh secara terbuka dengan tetangganya,Marianne,yangdiapercayasebagaipasanganseja.nya.

CANGKRUK adalah ide untuk berbagi dan bertukar ide antarakelompok‐kelompok ataupun komunitas komunitas dengan berbagaidiferensiasi latar belakang. Mereka juga diajak untuk menceritakanprosesbagaimanamereka terinspirasi, prosesmereka selama ini, danproyekapayangakanmerekabuatsejauhini.Pertemuaninidiharapkanagarkitadapatsalingberbagipengalamandanmembawaide‐idebarudaripertemuantersebutyangmungkindapatmenginspirasi.apkomu‐nitasnya.

PEMBICARA:BandungAffairs–www.bandungaffairs.comJongArsitek–www.jongarsitek.comFoldMagazine–www.foldmagazine.comOrdersSchmorders–www.ordersschmorders.wordpress.com

felkiza–surabayafashioncarnivalAntonioCarlos‐surabayafood.comphleg–audiokarbitdemayaBingFei–ADGIchapterSurabayaX‐Go–BunuhDiriStudio&KGBDAndyBud…–ButawarnaAghastyoGhalis–Ruang109BennyWicaksono–SurabayaNewMediaArt

TerimakasihkepadaKukuhRizaldanteman‐temandariBandungyangtelahmengupayakanacaraini,seluruhpesertadantentusaja,semuahadirin.

Sabtu,29Mei2010,18.30‐22.00WIB

Pemutaran2apSabtu,17.30diC2O,Jl.Dr.Cipto20Surabaya.Gra.s(donasiterbuka)&untukumum.

KOLEKSIBARU‐lengkapnya:hjp://c2o‐library.net/library/new‐arrivals/A?ertheFact:DuaNegeri,EmpatDasawarsa,SauAntropologPengarang:CliffordGeertzPenerbit:LKiS,1998[1995]No.Panggil:301.092GEEAm

SejarahParaPembesarMengaturBataviaPengarang:MonaLohandaPenerbit:MasupJakarta,2007No.Panggil:959.822LOHSej

Sadur:SejarahTerjemahandiIndonesiadanMalaysiaPengarang:Henri‐ChambertLoir(ed.)Penerbit:KPG,2010No.Panggil:408CHASad

WaysofSeeingPengarang:JohnBergerPenerbit:Penguin,1972No.Panggil:759.95BERWay

TheTrueHistoryofChocolatePengarang:SophieD.Coe,MichaelCoePenerbit:Thames&Hudson,2000No.Panggil:

OrangLaut,BajakLaut,RajaLautPengarang:AdrianB.LapianPenerbit:KomunitasBambu,2009[2001]No.Panggil:364.1640959LAPOra

Pahlawan‐pahlawanBelia:KeluargaIndonesiadalamPoli2kPengarang:SayaSasakiShiraishiPenerbit:KPG,1997No.Panggil:408CHASad

IIASNewslePerNo.53'Indigenous'IndiaEdisi:MusimSemi,2010Penerbit:Interna.onalIns.tuteforAsianStudiesNo.Panggil:M950.429IIA2010.053