Buku Panduan Natal Tahun 2012

113
-MALAM NATAL- “ Allah Telah Mengasihi Kita “ (bdk. 1 Yoh.4:19) MC : Perayaan Natal yang setiap tahun kita rayakan bukanlah sekedar rutinitas belaka. Tuhan ingin menyapa kita dan Ia ingin kita menyadari betapa besar kasih Tuhan kepada kita umat manusia. Perayaan Natal adalah sapaan Tuhan bagi kita. Tuhan mau datang dan merasakan hidup sebagai manusia dalam diri Yesus Kristus yang lahir di kandang Betlehem. Kedatangan dan kehadiran Yesus Putra-Nya pada hari ini, ingin menunjukkan kepada Kita bahwa betapa Tuhan itu baik. Ia sangat baik; dan kebaikan-Nya itu berlimpah kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Mereka yang percaya kepada-Nya akan bersuka cita atas kelahiran ini seperti para gembala dan orang Majus dari Timur. Adakah kita juga seperti mereka? Apakah sukacita muncul dari hati kita untuk merayakan kedatangan Sang Juru selamat? Mari kita rayakan kelahiran Yesus dengan sukacita yang tulus. Demi kelangsungan dan hikmatnya perayaan misa Malam Natal ini, Handphone mohon dinonaktifkan. Mari kita berdiri menyambut rombongan imam sambil menyanyikan lagu pembukaan. I. RITUS PEMBUKA (Imam dan para pelayan lainnya berarak menuju ruang altar, menggabungkan diri dengan umat yang sudah berhimpun. Urut- urutan perarakan; paling depan adalah pelayan yang membawa pendupaan yang mengepul, pelayan yang membawa salib diapit oleh dua orang pembawa lilin, lektor, prodiakon, Petugas 1

description

Buku Panduan Misa Natal

Transcript of Buku Panduan Natal Tahun 2012

-MALAM NATAL-“ Allah Telah Mengasihi Kita “

(bdk. 1 Yoh.4:19)

MC : Perayaan Natal yang setiap tahun kita rayakan bukanlah sekedar rutinitas belaka. Tuhan ingin menyapa kita dan Ia ingin kita menyadari betapa besar kasih Tuhan kepada kita umat manusia. Perayaan Natal adalah sapaan Tuhan bagi kita. Tuhan mau datang dan merasakan hidup sebagai manusia dalam diri Yesus Kristus yang lahir di kandang Betlehem. Kedatangan dan kehadiran Yesus Putra-Nya pada hari ini, ingin menunjukkan kepada Kita bahwa betapa Tuhan itu baik. Ia sangat baik; dan kebaikan-Nya itu berlimpah kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Mereka yang percaya kepada-Nya akan bersuka cita atas kelahiran ini seperti para gembala dan orang Majus dari Timur. Adakah kita juga seperti mereka? Apakah sukacita muncul dari hati kita untuk merayakan kedatangan Sang Juru selamat? Mari kita rayakan kelahiran Yesus dengan sukacita yang tulus.Demi kelangsungan dan hikmatnya perayaan misa Malam Natal ini, Handphone mohon dinonaktifkan. Mari kita berdiri menyambut rombongan imam sambil menyanyikan lagu pembukaan.

I. RITUS PEMBUKA(Imam dan para pelayan lainnya berarak menuju ruang altar, menggabungkan diri dengan umat yang sudah berhimpun. Urut-urutan perarakan; paling depan adalah pelayan yang membawa pendupaan yang mengepul, pelayan yang membawa salib diapit oleh dua orang pembawa lilin, lektor, prodiakon, Petugas yangmenyalakan lilin Adven dan paling belakang; imam. Sementara itu koor menyanyikan lagu ).

Lagu Perarakan Berdiri Tanda Salib ; I : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh KudusU : AminSalam PembukaI : Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-Mu

1

PengantarMaklumat Kelahiran Tuhan Yesus Kristus:

Maklumat tentang kelahiran Yesus Kristus, Penyelamat dunia. Beribu ribu abad sesudah bumi dan segala isinya diciptakan; delapan belas abad sesudah Abraham menanggapi panggilan Allah; duabelas setengah abad sesudah Musa diutus Allah untuk mengantar umat Israel ke tanah yang dijanjikan; sepuluh abad sesudah Daud dipilih Allah menjadi raja umatnya; lima abad sesudah sisa umat Allah diantarkan kembali dari pembuangan babel. Sesudah kegenapan masa tiba, waktu Kaisar Agustus mengeluarkan perintah untuk mengadakan cacah jiwa di seluruh wilayah kerajaannya. Maka, sesudah dikandung Perawan Maria oleh kuasa Roh Kudus lahirlah di Betlehem, daerah Yehuda, Yesus Kristus Putra Bapa, untuk meyelamatkan umat manusia.

(Sementara maklumat natal dinyanyikan pembawa bayi Yesus, anak, remaja, suami, istri berjalan menuju kandang natal sambil membawa bayi Yesus. Setelah maklumat natal selesai dinyanyikan pembawa bayi Yesus menyerahkan Bayi Yesus untuk diletakan di kandang natal. Lampu kandang natal baru dihidupkan setelah bayi Yesus berada di kandang natal. Semua memberi hormat dengan menundukan kepala, kemudian imam mendupai kandang tersebut.Sementara imam mendupai kandang natal, koor menyanyikan lagu. Setelah lagu selesai petugas yang telah ditunjuk berdoa di depan kandang Natal.).Anak : Yesus sahabat kami yang lahir di palungan, kami sahabat-

sahabat-Mu bersembah sujud di depan palungan-Mu, memuji Dikau yang lahir bagi kami. Kami bersyukur karena kami Engkau perkenankan memanggil-Mu sahabat kecil kami. Ijinkanlah kami untuk meneladani kesederhanaan dan kerendahan hati-Mu. Dengan demikian kami dapat menjadi anak-anak yang patut dibanggakan oleh orang tua dan oleh Bapa di surga.

Remaja : Yesus yang lahir di palungan, kami anak-anak muda bersujud di depan palungan tempat Engkau dibaringkan. Kami mengangkat hati kami untuk memuji dan memuliakan keagungan-Mu yang sudi lahir di dunia dan menjadi manusia hina seperti kami. Bantulah kami untuk bertumbuh dan menggapai masa depan kami sesuai dengan rencana-Mu. Bantulah kami agar tidak mengikuti keinginan dunia ini melainkan hanya mengikuti kehendak-Mu. Sebab Engkaulah masa depan kami dan tumpuan harapan kami.

Suami : Yesus yang lahir di palungan, Engkau dibesarkan oleh Yosef

2

hingga dewasa. Bantulah kami para suami agar meneladani Yosef yang setia dan bertanggungjawab mendampingi Bunda Maria dan membesarkan Dikau.

Istri : Yesus yang lahir di palungan, Engkau terlahir dari seorang ibu yang yang menjadi teladan para ibu di dunia ini. Bantulah kami para ibu untuk menjadi seperti Bunda Maria. Berani mengatakan “Ya” pada kehendak Allah terutama di dalam mendampingi suami dan membesarkan anak-anak kami.

Lagu Malam Kudus(setelah lagu malam kudus selesai, lampu gereja dinyalakan)

Pernyataan tobat:I : Saudara-saudari, mari kita menyesali dan mengakui segenap

kesalahan dan dosa kita agar layak menyambut kedatangan Sang Juru Selamat yang kita rayakan dalam perayaan ini ...

I + U : Saya mengaku kepada Allah yang mahakuasa ...I : Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni

dosa kita dan menghantar kita ke hidupan yang kekal.U : Amin

Tuhan Kasihanilah BerlututKemuliaan ( Gloria ) BerdiriMadah kemuliaan diangkat oleh imam atau solis dan dilanjutkan oleh seluruh umat. Pada saat menyanyikan kemuliaan misdinar membunyikan semua lonceng.

Doa Pembukaan :I : Marilah kita berdoa

Allah Bapa kami di surga, tiada orang yang pernah melihat Engkau. Dalam diri Yesus Putra-Mu Engkau demikian dekat. Dialah cahaya dalam kegelapan, keselamatan dalam bahaya, dan kedamaian dalam kegelisahan kami. Bukalah kiranya hati dan budi kami, agar berani mewartakan sukacita ini kepada siapa pun yang Kausayangi. Demi Yesus Kristus,.......

U : Amin

II. LITURGI SABDA

3

Bacaan Pertama : DudukL : Pembacaan dari Kitab Yesaya ( 9 : 1 – 6 ) “ Seorang Putera dianugerahkan kepada kita”

Bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekannya, dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat sipenindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Median. Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebut orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapak yang kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas tahta daud dan di dalam Kerajaannya, karena Ia mendasarkan dan mengkokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan Tuhan semesta alam akan melakukan hal itu.

Demikianlah Sabda Tuhan

U : Syukur kepada Allah.

Mazmur Antar Bacaan : (lihat buku Mazmur tanggapan hal 23)Refren :“Hendaklah langit bersukacita, dan bumi bersorak- sorai di hadapan wajah Tuhan, karena Ia sudah datang”

Bacaan Kedua ;L : Pembacaan dari surat Rasul paulus kepada Titus (2 : 11– 14 )

“Rahmat Allah tampak bagi semua orang ” Saudara terkasih, kini rahmat Allah yang menyelamatkan semua

orang telah tampak. Rahmat itu mengajak kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk

4

membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Demikianlah sabda Tuhan

U : Syukur kepada Allah.

Pengantar Injil ( lihat buku mazmur tanggapan hal 24 ) Berdiri

U : Alleluya... Alleluya.P : Kabar gembira kubawa kepada-Mu: Pada hari ini lahirlah penyelamat

dunia, Tuhan kita Yesus Kristus.

Bacaan Injil : Lukas 2 : 1 – 14

I : Tuhan bersama-muU : Dan ber-sama roh-muI : Inilah Injil Yesus Kristus menurut LukasU : Dimuliakanlah Tuhan

Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. Demikian juga Yosef pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke Kota Daud yang bernama Betlehem, - karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.

Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anak yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka, “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi

5

dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.” Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara surga yang memuji Allah, katanya, “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi, dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

I : Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.

U : Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kamiHomili / kotbah : DudukAku Percaya Berdiri

Doa Umat : I : Seorang Putera lahir bagi kita, Emanuel, Tuhan beserta kita nama- Nya. Dialah tanda tetap bahwa Allah menyayangi kita. Maka, marilah kita menghaturkan doa kepada-Nya dengan perantaraan

Yesus Putera-Nya yang terbaring di palungan: ___ W : 1 . . . . . . . 6 5 1 1

Marilah ki - ta mo – hon

U : 3 . . . . . . 4 4 3 // Kabulkanlah doa kami ya Tu- han

P : Bagi Gereja kita : Ya Bapa, semoga iman akan perutusan Yesus tetap mendorong

Gereja untuk selalu memperbaharui diri, umat dan masyarakat seturut kehendak-Mu. Marilah kita mohon ...

P : Bagi Perdamaian di antara umat manusia : Ya Bapa, semoga nyanyian para malaikat terwujud benar, dan tercapailah perdamaian, bukan perang, kebahagiaan bukan

penderitaan, kegembiraan bukan kesedihan, bagi seluruh umat manusia. Marilah kita mohon ...

P : Bagi para penganggur, gelandangan, pengungsi dan tawanan: Ya Bapa, semoga mereka dapat menemukan pada diri kami segala

sesuatu yang mereka perlukan, tangan-tangan yang mau menolong, dan terutama hati yang penuh cinta kasih.

Marilah kita mohon…..P : Bagi para pengungsi, dan tawanan:

Ya Bapa, perkenankan Gereja semakin menghayati tugas panggilannya, melahirkan Kristus kembali dalam hati rakyat jelata dan

6

masyarakat kecil, terutama bagi mereka yang mengungsi akibat bencana alam dan konflik agama. Marilah kita mohon ...

P : Bagi kita sendiri yang berkumpul di sekitar altar ini : Ya Bapa, semoga dalam suasana perayaan natal ini kami tak

melupakan mereka yang terpencil dan menderita Marilah kita mohon:I : Allah Bapa Mahapengasih dan penyayang, kami mohon, pandanglah

kami dengan kasih sayang-Mu, agar kami semakin sadar bahwa Engkau beserta kami dan kami beserta Engkau, bahwa Engkaulah Allah kami, dan kami umat-mu, bahwa Engkau Bapa kami, dan kami putera-puteri-Mu. Demi Kristus Putera-Mu Tuhan dan pengantara kami.

U : AminIII. LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan DudukLagu Persembahan : (Petugas pembawa persembahan berarak ke altar setelah dijemput oleh misdinar. Bila ada tarian persembahan, tarian persembahan mengiringi perarakan persembahan. Imam dan misdinar menerima persembahan di depan altar. Para pembawa persembahan dan penari menerima berkat dari imam, kemudian menghormati altar dan kembali ke tempat duduk. Misdinar melayani imam di meja altar dengan membawa piala, hosti, dan anggur setelah itu bahan persembahan didupai dan dilanjutkan dengan mendupai imam serta seluruh umat. Pada waktu misdinar mendupai umat, umat berdiri. Setelah didupai imam mencuci tangan.)

Berdiri

I : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanmu dan persembahanku berkenan kepada Allah, Bapa yang maha kuasa

U : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persembahan BerdiriI : Allah Bapa Maha Pengasih, terimalah persembahan roti dan anggur,

suka duka dan matiraga kami selama masa Adven, sebagai lambang syukur dan cinta kasih kami pada perayaan Natal Putra-Mu terkasih. Sebab Engkau telah mendahului kami menaruh cinta kasih sedalam-

7

dalamnya dengan menganugerahkan Yesus Kristus, Putra-Mu yang telah menjelma dan lahir di dunia, dan yang kami mohon berkenan lahir kembali di dalam diri kami, keluarga dan masyarakat kami. Dialah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U : Amin

Doa Syukur Agung : Berdiri

I : Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-muI : Marilah mengarahkan hati kepada TuhanU : Sudah kami arahkanI : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kitaU : Sudah layak dan sepantasnyaI : Sungguh layak dan sepantasnya, Ya Bapa yang kudus, Allah yang

kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu sebab ketika sabda-Mu menjadi manusia Engkau memancarkan di hadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kini dapat kami kenal dalam diri Putera-Mu, Juru selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi Ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayangkan. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi.

Kudus Berdiri

Doa Syukur Agung I Berlutut

I : Ya Bapa, yang Mahamurah, dengan rendah hati kami mohon demi Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami : Sudilah menerima dan

pemberian ini, persembahan ini kurban kudus yang tak bernoda ini. Kami mempersembahkannya kepada-Mu pertama-tama untuk Gereja-Mu yang kudus dan katolik. Semoga Engkau memberikan kepada-Nya damai, perlindungan, persatuan dan bimbingan, bersama hamba-Mu, Paus kami..., dan Uskup kami ...., serta semua orang yang menjaga dan menumbuhkan iman katolik, sebagaimana kami terima dari para rasul.

8

Ingatlah ya Tuhan, akan hamba-hambamu .... yang meminta doa kami dan semua orang yang berhimpun disini, yang iman dan baktinya

Engkau kenal dan Engkau maklumi; bagi mereka kurban ini kami persembahkan kepada-Mu. Ingatlah juga akan mereka yang mempersembahkan kepada-Mu kurban pujian ini bagi dirinya sendiri dan bagi kaum kerabatnya untuk penebusan jiwa mereka, untuk keselamatan dan kesejahteraan yang mereka harapkan dari-Mu, ya Allah yang benar, hidup, dan kekal. Dalam persatuan dengan seluruh Gereja, kami merayakan malam yang amat suci ini, saat penyelamat dunia dilahirkan oleh Santa Perawan Maria, tetap perawan mulia, Bunda Yesus Kristus, Tuhan dan Allah kami, Santo Yusuf suaminya, serta para rasul dan para martir-Mu yang bahagia; Santo Petrus dan Paulus, Andreas, Yakobus dan Yohanes, Thomas, Yakobus dan Filipus, Bartolomeus dan Matius, Simon dan Tadeus, Linus, Kletus, Klemens dan Siktus, Kornelius dan Siprianus, Laurensius dan Krisogonus, Yohanes dan Paulus, Kosmas dan Damianus, dan semua orang kudus-Mu. Atas jasa dan doa mereka, lindungilah dan tolonglah kami dalam segala hal.

U : Amin

I : Maka kami mohon ya Tuhan, sudilah menerima persembahan kami, hamba-hamba-Mu, dan persembahan seluruh keluarga-Mu ini:

bimbinglah jalan hidup kami dalam damai-Mu, luputkanlah kami dari hukuman kekal dan terimalah kami dalam kawanan pilihan-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami.

U : Amin

I : Ya Allah, kami mohon sudilah memberkati persembahan kami ini sebagai persembahan yang sempurna, yang benar, dan yang

berkenan kepada-Mu, agar bagi kami menjadi Tubuh dan Darah Putera-Mu terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus.

(putra altar membunyikan lonceng/gong)I : Pada hari sebelum menderita Ia mengambil Roti dengan tangannya

yang kudus dan mulia, dan sambil menengadah kepada-Mu, Allah Bapa-Nya yang mahakuasa, Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MAKANLAH; INILAH TUBUHKU YANG

9

DISERAHKAN BAGIMU.

Demikian pula, sesudah perjamuan, Ia mengambil piala yang luhur dengan tangan-Nya yang kudus dan mulia. Sekali lagi Ia

mengucapkan syukur dan memuji Dikau lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MINUMLAH: INILAH PIALA DARAHKU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

Anamnese :I : Setiap kali kita makan roti ini, dan minum dari piala ini, kita

menyatakan iman kita.

U : Wafat-Mu kami kenang, ya Tuhan yang bangkit mulia. Datanglah, umat-Mu menanti penuh iman dan harapan.

I : Oleh karena itu, ya Bapa, kami, hamba-Mu, dan juga umat-Mu, Tuhan kami: penderitaan-Nya yang menyelamatkan, kebangkitan-Nya dari

alam maut, dan juga kenaikan-Nya yang mulia ke surga. Dari anugerah-anugerah yang telah Engkau berikan kepada kami, ya Allah yang mahamulia, kami mempersembahkan kepada-Mu kurban yang murni, kurban yang suci, kurban yang tak bernoda, roti suci kehidupan abadi dan piala keselamatan kekal. Sudilah memandang persembahan ini dengan hati yang rela dan wajah berseri; dan sudilah menerimanya seperti Engkau berkenan menerima persembahan hamba-Mu Habel dan kurban leluhur kami Abraham, dan seperti Engkau berkenan menerima kurban suci dan tak bernoda yang dipersembahkan kepada-Mu oleh Melkisedek, Imam Agung-Mu.

I : Kami mohon kepada-Mu ya Allah yang mahakuasa: utuslah malaikat- mu yang kudus mengantar persembahan ini ke altar-Mu yang luhur, kehadapan keagungan ilahi-mu, agar kami semua yang mengambil

bagian dalam perjamuan ini, dengan menyambut Tubuh dan Darah Putra-Mu, dipenuhi dengan segala berkat dan rahmat surgawi. Demi Kristus, Tuhan kami.

U : Amin

I : Ingatlah juga, ya Tuhan hamba-hamba-Mu ......................... yang telah mendahului kami dengan meterai iman dan beristirahat dalam damai.

Kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, perkenankanlah mereka dan

10

semua orang yang telah beristirahat dalam Kristus mendapat kebahagiaan, terang, dan damai. Demi Kristus, Tuhan kami.

U : Amin

I : Perkenankan juga kami, hamba-hamba-Mu yang berdosa ini, yang berharap atas kerahiman-mu yang berlimpah, mengambil bagian

dalam persekutuan dengan para rasul dan para martir-Mu yang kudus: dengan Yohanes Pembaptis, Stefanus, Matias dan Barnabas, Ignasius dan Aleksander, Marselinus dan Petrus, Felisitas dan Perpetua, Agata dan Lusia, Agnes, Sisilia, dan Anastasia, dan semua orang kudus-Mu; perkenankanlah kami menikmati kebahagiaan bersama mereka, bukan karena jasa-jasa kami, melainkan karena kelimpahan pengampunan-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dengan pengantaraan Dia, Engkau senantiasa menciptakan, menguduskan, menghidupkan, memberkati, dan menganugerahkan segala yang baik kepada kami.

Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.

U : AminKOMUNI

Doa Bapa Kami Berdiri

I : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita bernyanyi...

Embolisme :

I : Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya bersih dari noda

dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tenteram sambil mengharapkan kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.

U : Sebab Tuhanlah Raja, yang mulia dan berkuasa untuk selama- lamanya.

Doa Damai :I : Pada malam natal yang suci, para malaikat bernyanyi : “Kemuliaan

11

kepada Allah di surga dan damai di bumi kepada orang yang berkenan kepada-Nya.” Maka marilah kita mohon damai Natal kepada Sang Raja Damai : Tuhan Yesus Kristus, Raja Damai, jangan memperhitungkan kesalahan kami masing-masing, tetapi perhatikanlah iman gereja-Mu, dan restuilah kami supaya menampakan keselamatan-Mu di dalam masyarakat kami, dengan hidup rukun dan damai menurut kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

I : AminI : Damai Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-mu

Anak Domba Allah Berlutut

Persiapan Komuni Berlutut

I : Sabda telah menjadi manusia, dan kita melihat kemulian-Nya. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.

I + U : Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh...

U : Amin

MC : Sang raja Damai telah lahir dan tinggal di tengah-tengah kita. Ia lahir sebagai rahmat Allah yang tampak bagi semua manusia. Mari kita

menyambut sang Raja itu untuk tinggal di dalam hati kita dengan penuh rasa gembira. Mohon perhatian :

1. Yang menerima komuni adalah umat yang sudah dibaptis dan telah menerima komuni pertama.

2. Tempat untuk menerima komuni dibagi sebagai berikut :o Dua pembagi komuni di depan altaro Dua pembagi komuni di lorong tengaho Satu pembagi komuni di pintu sampingo Satu pembagi komuni di tenda

Penerimaan Komuni : Saat penerimaan komuni, misdinar mendampingi pembagi komuni dengan membawa lilin bernyala. Sesudah selesai komuni, beberapa misdinar membantu membawa air untuk membersihkan piala dan membereskan altar.

12

Doa Sesudah Komuni: BerdiriI : Marilah berdoa

Allah Bapa maha pengasih dan penyayang, kami mengucap syukur atas perayaan Natal ini, atas kehadiran-Mu ditengah kami, atas kunjungan-Mu di dalam diri kami. Kami mohon berkat kekuatan-Mu agar kami semakin menghayati misteri Natal dan benar-benar berusaha menghadirkan Dikau di tengah keluarga dan masyarakat kami, yang sangat mendambakan kedamaian dan keadilan. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U : Amin.

IV. RITUS PENUTUP

Pengumuman: DudukBerkat dan Pengutusan Berdiri

I : Saudara-saudari terkasih, Yesus Kristus telah lahir di tengah kita. Kegelapan hidup yang tidak menentu telah diusir-Nya, dan cahaya

baru bersinar atas dunia dan atas hati kita. Dari sebab itu marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat Tuhan.

I : Semoga Tuhan yang mahabaik mengobarkan semangat kebajikan dalam hati saudara.

U : Amin.I : Semoga Tuhan menjadikan saudara pewarta kabar sukacita yang

menyelamatkan.U : Amin.I : Semoga Tuhan menganugerahkan damai ke atas bumi dan berkenan

akan amal bakti saudara.U : Amin.I : Semoga saudara sekalian dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah

yang mahakuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.U : Amin.

Pengutusan :I : Saudara sekalian, perayaan Misa Malam Natal telah selesai.U : Syukur kepada AllahI : Marilah pergi, kita diutus.U : Amin.

13

Lagu Penutup Berdiri

-MISA NATAL PAGI-“ Allah Telah Mengasihi Kita “

(bdk. 1 Yoh.4:19)

MC : Selamat Hari Raya Natal... Dalam peristiwa Natal, Tuhan membuktikan cinta-Nya besar kepada kita. Ia rela menjadi bayi yang

lemah dan tinggal di antara kita. Dengan merayakan Natal, kelahiran Yesus Kristus, Penyelamat kita, kita rayakan keselamatan kita dari kegelapan dan dosa. Mari kita rayakan dengan penuh syukur kelahiran Tuhan dengan segenap hati.

14

Demi kelangsungan dan hikmatnya Perayaan Misa Natal, mohon HandPhone ( HP ) dinonaktifkan selama Misa berlangsung. Mari kita berdiri menyambut rombongan imam sambil menyanyikan lagu pembukaan.

I. RITUS PEMBUKAPerarakan masuk : Lagu pembukaan:

BerdiriImam dan misdinar, dan pelayan-pelayan lainnya masuk, setiba di depan altar memberi hormat dan menunduk kemudian mendupai altar dan gua/kandang Natal. Urut-urutan perarakan: lihat pada malam natal).

Tanda Salib dan Salam :I : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh KudusU : Amin.I : Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Putra-Nya

Yesus Kristus beserta kita.U : Dan sertamu jugaKata Pengantar :Pernyataan Tobat :I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah sabda Allah yang ada sejak awal

mula, dan menjadi perantara pencipta alam semesta. Tuhan kasihanilah kami.

U : Tuhan kasihanilah kamiI : Engkaulah sabda Allah yang menjelma menjadi manusia dan menjadi

cahaya kami dalam kegelapan. Kristus kasihanilah kami.U : Kristus kasihanilah kami.I : Engkaulah sabda Allah, penuh rahmat dan kebenaran, yang menjelma

menjadi manusia lemah dan tinggal di antara kami. Tuhan kasihanilah kami.

U : Tuhan kasihanilah kami.Tuhan Kasihanilah Kami : BerlututGloria/Kemuliaan :

BerdiriDoa Pembukaan :I : Marilah berdoa :

Allah Bapa kami yang Mahabaik, kelahiran Yesus Kristus Putra-Mu di Betlehem, Sabda-Mu yang telah menjelma, Kau jadikan dasar dan

15

puncak iman kepercayaan kami. Kami mohon bantuan rahmat-Mu, agarselalu dapat bersatu dengan Dia, Penyelamat kami, umat manusia, yang sedang berziarah di dunia. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami…

U : Amin

II. LITURGI SABDA

Bacaan Pertama :L : Pembacaan dari Kitab Yesaya ( 52 : 7 – 10 )

“ Segala Penjuru dunia akan menyaksikan penyelamatan oleh Allah kita”

Betapa indahnya melihat dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang yang mengabarkan berita damai, dan

memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: “Allah itu Raja!” Dengarlah suara orang-orang yang mengawal engkau: mereka bersama-sama bersorak-sorai. Sebab dengan mata kepala sendiri mereka melihat bagaimana Tuhan kembali ke Sion. Bergembiralah, bersorak-sorailah bersama-sama hai reruntuhan Yerusalem! Sebab Tuhan telah menebus Yerusalem. Tuhan telah menunjukan tangan-Nya yang kudus di depan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat penyelamatan oleh Allah kita.

Demikianlah sabda Tuhan

U : Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan : (Buku Mazmur, hal. 25)Refren :“Hendaklah langit bersukacita, dan bumi bersorak-sorai

dihadapan wajah Tuhan, karena Ia sudah datang”Bacaan Kedua :

L : Pembacaan dari surat kepada Umat Ibrani ( 1 : 1 – 6 )“ Allah berbicara kepada kita dengan perantaraan

Putera-Nya.” Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali, dan dalam pelbagai

cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita, dengan perantaraan Putera-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang

16

berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah, dan gambar wujud Allah, dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi daripada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah daripada nama mereka. Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan, “Putera-Kulah, Engkau! Engkau telah Kuputerakan pada hari ini”? dan “Aku akan menjadi Bapak-Nya, dan Ia akan menjadi Putera-Ku”? Dan ketika Ia membawa pula Putera-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata, “semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”

Demikianlah sabda Tuhan

U : Syukur kepada Allah.

Pengantar InjilI : Alleluya. Alleluya.

Hari ini cahaya gemilang turun ke dunia, dan fajar suci menyinari kita; marilah menyembah Tuhan, hai semua bangsa

U : Alleluya. Alleluya.

Bacaan Injil

I : Inilah Injil Yesus Kristus karangan Santo Yohanes ( 1 : 1 – 18 )“Sabda telah menjadi manusia dan tinggal diantara kita”

Pada mulanya adalah sabda; sabda itu bersama-sama dengan Allah dan sabda itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; Ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh Dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi Ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang itu sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dunia. Ia telah ada dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

17

Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya tidak menerima-Nya. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Sabda itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Putera Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya, “Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian daripadaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.” Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Putera Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan

U : Terpujilah Kristus.

Homili / Kotbah :Aku Percaya :

BerdiriDoa Umat :

Berdiri

I : Tuhan hendak tinggal di antara kita, dan kita adalah putera-puteri-Nya di rumah-Nya. Dengan kepercayaan ini marilah kita berdoa kepada

Bapa kita.

P : 1 … 3 // Kami mo – hon

Refr : 2 … 2 1 // Kabulkanlah doa kami, ya Tu – han

P : Ya Bapa, semoga iman akan perutusan Yesus tetap mendorong Gereja untuk memperbaharui diri dan mendorong masyarakat seturut

kehendak-Mu. Kami mohon

18

( ke Refr ).P : Ya Bapa, semoga tercapailah perdamaian bagi umat manusia, bukan

perang; kebahagiaan, bukan penderitaan; kegembiraan bukan kesedihan. Kami mohon ( ke Refr ).

P : Ya Bapa semoga kelahiran Putera-Mu di gua Betlehem menjadi hiburan bagi mereka yang lemah dan papa, dan membangkitkan

semangat optimis dalam perjuangan hidup mereka. Kami mohon… ( ke Refr )

P : Ya Bapa, semoga suasana perayaan Natal tidak menyebabkan kami melupakan mereka yang terpencil dan menderita. Kami mohon..( Ke

Refr )I : Allah Bapa kami, hidup adalah suatu permohonan terus-menerus.

Dengarkanlah doa putra-putri-Mu, dan berilah tanggapan dalam diri Yesus Putera-Mu, Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U : Amin

III. LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan : Duduk

Lagu Persembahan : MB 342(Petugas pembawa persembahan berarak ke altar setelah dijemput oleh misdinar. Bila ada tarian persembahan, tarian persembahan dapat mengiringi persembahan tersebut. Imam dan misdinar menerima persembahan di depan altar. Para pembawa persembahan dan penari menerima berkat dari imam, kemudian menghormati altar dan kembali ke tempat duduk. Misdinar melayani imam di meja altar dengan membawa piala, hosti, dan anggur setelah itu bahan persembahan didupai dan dilanjutkan dengan mendupai imam serta seluruh umat. Pada waktu misdinar mendupai umat, umat berdiri. Setelah didupai imam mencuci tangan.)

BerdiriI : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanmu dan

persembahanku berkenan kepada Allah, Bapa yang maha kuasaU : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan

keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persembahan

19

I : Allah Bapa kami yang Maha pengasih, semoga Roh Kebijaksanaan dan Kebenaran Kau tunjukkan kepada kami berkat roti dan anggur ini, berkat Yesus, Putra-Mu terkasih, yang menjadi kedamaian kami dan menghimpun kami di sekitar altar ini untuk bersyukur di hadapan-Mu. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami....

U : Amin

Doa Syukur Agung :Berdiri

I : Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-muI : Marilah mengarahkan hati kepada TuhanU : Sudah kami arahkanI : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kitaU : Sudah layak dan sepantasnyaI : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang

kekal dan kuasa, bahwa di mana pun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab ketika sabda-Mu menjadi manusia, Engkau memancarkan dihadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kini dapat kami kenal dalam diri Putra-Mu, Juru Selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayang. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi...

Kudus : BerdiriDoa Syukur Agung X: ( TPE baru ) BerlututI : Sungguh kuduslah Engkau, Ya Allah. Engkau baik hati terhadap kami

dan menaruh kasih sayang kepada semua orang. Terima kasih, Ya Bapa, karena segala kebaikan-Mu itu, terutama karena Engkau mengutus Yesus Kristus Putra-Mu kepada kami. Ia lahir di Betlehem sebagai anak kecil dan disembah oleh para gembala dengan hati gembira. Para sarjana datang dari jauh mempersembahakan hadiah kepada-Nya. Ia menjadi besar, suka membantu sesama-Nya, dan selalu patuh kepada-Mu. Ia mengumpulkan kami di sini supaya merayakan perjamuan sesuai dengan pesan-Nya. Bapa yang Mahabaik, kuduskanlah persembahan roti dan anggur ini dengan

20

kuasa Roh Kudus, agar menjadi bagi Tubuh dan (+) darah Putera-Mu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus. Sebab dalam perjamuan malam sebelum sengsara dan wafat-Nya, Yesus mengambil roti. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, seraya berkata ;

TERIMALAH DAN MAKANLAH:INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN BAGIMU.

Sesudah itu, Ia mengambil piala berisi anggur. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MINUMLAH: INILAH PIALA DARAHKU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUNAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

I : Marilah menyatakan misteri iman kitaU : Wafat Kristus kita maklumkan, kebangkitan-Nya kita muliakan,

kedatangan-Nya kita rindukan.I : Oleh karena itu Ya Bapa yang kudus, dengan gembira kami

mengenangkan segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Yesus Kristus demi keselamatan kami. Dalam kurban ini, kami merayakan wafat dan kebangkitan-Nya. Maka, kami mohon terimalah kami sendiri bersama Putera-Mu. Ia rela mati bagi kami, tetapi engkau membangkitkan-Nya kembali:

U : Ya Allah Engkau sungguh baik hati, t’rimalah persembahan Pujian kami.

I : Kini Yesus hidup bersama-Mu, namun tetap tinggal di tengah-tengah kami.

U : Ya Allah Engkau sungguh baik hati, t’rimalah persembahan pujian kami.

I : Pada akhir zaman, Ia akan datang sebagai raja agung. Dalam Kerajaan-Nya, tiada lagi orang yang menderita sengsara.

U : Ya Allah Engkau sungguh baik hati, t’rimalah persembahan pujian kami.

I : Bapa, Engkau menghibur hati kami dengan roh Kudus dan mengundang kami menyambut tubuh Kristus dari meja perjamuan ini.

Semoga makanan ini menguatkan kami dalam mengabdi Engkau. Ya, Bapa, dampingilah Bapa Suci…., Bapa uskup kami…., dan para

21

uskup semuanya. Semoga dalam masa natal ini, kami, umat-Mu, mendapat ketenteraman hati sehingga mampu mendamaikan yang bermusuhan dan mengampuni yang bersalah. Dan semoga dalam kerajaan-Mu yang abadi, bersama Santa Perawan Maria dan para kudus, kami dapat bersatu dengan Kristus dan hidup bahagia selama-lamanya.

I : Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang Mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus,

segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.U : Amin

Doa Bapa Kami: Berdiri

I : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita bernyanyi...

Embolisme :

I : Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya bersih dari noda

dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tentram sambil mengharapkan kedatangan penyelamat kami, Yesus Krsitus.

U : Sebab Tuhanlah Raja, yang mulia dan berkuasa untuk selama- lamanya.

Doa Damai :I : Kristus adalah sabda Allah yang penuh rahmat dan kebenaran, yang

menjadi manusia lemah dan tinggal diantara kita. Dialah Allah manusia yang mendamaikan kita dengan Bapa di surga. Maka marilah kita mohon damai kepada-Nya

U : Tuhan Yesus Kristus, Raja Damai, jangan memperhitungkan kesalahan kami masing-masing, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu,

dan restuilah kami supaya menampakan keselamatan-Mu di dalam masyarakat kami, dengan hidup rukun dan damai menurut kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin.

I : Damai Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-muPemecahan Roti :Selama pemecahan roti, koor menyanyikan lagu Anak Domba Allah

22

Komuni :

I : Saudara-saudari terkasih, Tuhan Yesus bersabda, “Akulah roti hidup yang turun dari surga. Jika seorang makan dari roti ini, ia akan hidup

selama-lamanya.” Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.

U : Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

MC : Sang Raja Damai bersedia lahir dan tinggal di tengah-tengah kita. Namun kadang-kadang kita enggan menerima-Nya. Marilah dengan

hati terbuka dan gembira menyambut Sang Raja itu untuk tinggal di dalam hati kita.

Mohon perhatian untuk beberapa hal berikut ini ; Yang menerima komuni adalah umat yang sudah dibaptis secara

katolik dan telah menerima komuni pertama. Tempat menerima komuni :

Dua pembagi komuni di depan altar Dua pembagi komuni di lorong tengah Satu pembagi komuni di pintu samping Satu pembagi komuni di tenda

Penerimaan Komuni Selama umat menyambut komuni, koor mengiringi dengan lagu-lagu komuni.

Doa Sesudah Komuni:I : Marilah berdoa;

Allah Bapa kami, Pencipta langit dan bumi, dengan perantaraan Sabda-Mu segala sesuatu tercipta. Kami mohon, dampingilah kami selalu dan teruskanlah penciptanaan-Mu, sebab Sabda-Mu adalah rezeki bagi kami. Apalagi kepada siapa kami dapat lari mencari bantuan selain kepada-Mu Bapa Pencipta, Penjaga dan Pelindung kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

IV. RITUS PENUTUP :

Pengumuman

23

Berkat Dan Pengutusan: Berlutut

I : Saudara-saudari terkasih, Yesus Kristus telah lahir di tengah kita. Kegelapan hidup yang tidak menentu telah diusirnya, dan cahaya baru

bersinar atas dunia dan atas hati kita. Dari sebab itu marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan mohon berkat Tuhan.

I : Semoga Tuhan yang mahabaik mengobarkan semangat kebajikan dalam hati saudara.

U : AminI : Semoga Tuhan menjadikan saudara pewarta kabar sukacita yang

menyelamatkan.U : Amin.I : Semoga Tuhan menganugerahkan damai ke atas bumi dan berkenan

akan amal bakti saudara.U : Amin.I : Semoga saudara sekalian di lindungi dan dibimbing oleh berkat Allah

yang mahakuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.U : Amin.

Pengutusan :I : Saudara sekalian, perayaan Ekaristi dalam rangka kelahiran Yesus

sudah selesai.U : Syukur kepada AllahI : Marilah pergi, kita diutusU : Amin

Lagu penutup :Berdiri

Imam dan semua pelayan altar memberi hormat ke arah altar dan meninggalkan panti imam menuju sakristi, diiringi dengan lagu penutup oleh koor.

24

-MISA NATAL II-Pesta Santo Stefanus, Martir Pertama

I. RITUS PEMBUKAPerarakan Masuk :

BerdiriLagu pembukaan Berdiri(Imam, misdinar dan petugas lainnya, berarak masuk. Setiba di depan altar memberi hormat dan menunduk, kemudian mendupai altar dan gua/kandang Natal. Urut-urutan perarakan; lihat pada malam natal).

Tanda salib dan Salam :I : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh KudusU : AminI : Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Tuhan

kita, Yesus Kristus, besertamu.U : Dan sertamu juga

Pengantar :Pernyataan Tobat :I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja damai, yang mau merebut dunia ini dengan cinta kasih-Mu, Tuhan kasihanilah kamiU : Tuhan Kasihanilah kamiI : Tuhan Yesus Kristus, Engkau Raja damai yang mendirikan kerajaan-

Mu bukan dengan kekuatan senjata yang dahsyat, melainkan dengan sengsara, wafat, dan kebangkitan-Mu. Kristus kasihanilah kami.

U : Kristus kasihnailah kami.I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja damai, yang dengan lembut

dan rendah hati mewartakan sukacita dan keselamatan sejati. Tuhan kasihanilah kami.

25

U : Tuhan kasihanilah kami.I : Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa

kita dan mengantar kita ke hidup yang kekalU : Amin.

Tuhan Kasihanilah : BerlututGloria / Kemuliaan :

BerdiriDoa pembukaan :I : Marilah berdoa

Allah Bapa, sumber kemuliaan, pada pesta martir-mu Santo Stefanus,kami menghunjukkan persembahan ini di altar-Mu. Semoga kami mengikuti teladannya dalam membela iman dan menaruh cinta kasih kepada mereka yang memusuhi kami. Demi Yesus Kristus, ...

II. LITURGI SABDA

Bacaan Pertama :L : Pembacaan Kisah Para Rasul ( 6 : 8 – 10; 7 : 54 – 59 )

(Aku melihat langit terbuka) Sekali peristiwa, Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mukjizat dan tanda-tanda diantara orang banyak. Tetapi

tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini – anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria – bersama-sama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang ini bersoal jawab dengan Stefanus, tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmat Stefanus dan Roh yang mendorong dia berbicara. Mendengar semua yang dikatakan Stefanus, para anggota mahkamah agama sangat tertusuk hatinya. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi. Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, Ia melihat kemuliaan Allah, dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. Maka katanya: “Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah.” Maka berteriak-teriaklah mereka, dan sambil menutup telinga serempak menyerbu dia. Mereka menyeret dia keluar kota, lalu melemparinya dengan batu. Dan saksi-saksi meletakan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. Sementara dilempari, Stefanus berdoa: “Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

26

U : Syukur kepada Allah.Mazmur Tanggapan/ Lagu Antar Bacaan Pengantar Injil :

BerdiriI : Alleluya ....Alleluya....

“Diberkatilah dia yang datangdalam nama Tuhan! Tuhanlah Allah, Dia menerangi kita.”

U : Alleluya. Alleluya

Bacaan Injil :I : Inilah Injil Yesus Kristus karangan Matius ( 10 : 17 – 22 )

Pada waktu mengutus murid-murid-Nya, Yesus berkata, “waspadalah terhadap semua orang! Sebab ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama; dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Karena Aku, kamu akan digiring ke muka para penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berbicara, melainkan Roh Bapamu; Dialah yang berbicara dalam dirimu.

Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh; demikian juga seorang ayah akan menyerahkan anaknya. Anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya, akan selamat.”

Demikianlah Injil Tuhan

U : Terpujilah Kristus.Homili/ Kotbah : DudukAku Percaya : Berdiri Doa Umat :I : Ya Bapa, Putra-Mu Yesus Kristus, telah mencurahkan darah-Nya di

kayu salib untuk menebus dosa-dosa kami. Para martir telah mengambil bagian dalam kurban Putra-Mu dengan mencurahkan

27

darah mereka demi penyebaran iman kepada-Mu. Pada peringatan Santo Stefanus ini kami berdoa kepada-Mu:

P : Untuk semua orang yang belum mengenal Kristus. Ya Bapa, semoga berkat keberanian para martir-Mu mereka menjadi

sadar akan perlunya iman untuk keselamatan kekal. Kami mohon...U : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.P : Untuk negara-negara yang memusuhi Gereja Kristus.

Semoga darah para martir justru menyuburkan benih-benih iman yang Kautaburkan di negara-negara itu. Kami mohon ...

U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.P : Untuk saudara-saudara kami yang dianiaya karena iman.

Semoga semangat para martir yang berani mati membela iman menguatkan hati mereka, jangan sampai mereka menyerah dan putus asa. Kami mohon ...

U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.P : Untuk kami semua, umat-Mu di paroki ini.

Semoga dalam hidup sehari-hari kami tidak malu mengakui dan menghayati iman kami secara tulus dan jujur. Kami mohon...

U : Kabulkanlah doa kami, ya TuhanI : Demikianlah permohonan kami, ya Bapa. Berilah kami kekuatan agar

kami dapat menanggung beban hidup sehari-hari dengan tabah sesuai teladan yang diberikan Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

III. LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan DudukLagu Persembahan (Petugas pembawa persembahan berarak ke altar setelah dijemput oleh misdinar. Bila ada tarian persembahan, tarian persembahan dapat mengiringi persembahan tersebut. imam dan misdinar menerima persembahan di depan altar. Para pembawa persembahan dan penari menerima berkat dari imam, kemudian menghormati altar dan kembali ke tempat duduk. Misdinar melayani imam di meja altar dengan membawa piala, hosti, dan anggur setelah itu bahan persembahan didupai dan dilanjutkan dengan mendupai imam serta seluruh umat. Setelah didupai imam mencuci tangan.)

Berdiri

28

I : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanmu dan persembahanku berkenan kepada Allah, Bapa yang maha kuasaU : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan

keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persembahan :I : Allah Bapa, sumber kemuliaan, kami persembahkan roti dan anggur

ini pada pesta martir-Mu Santo Stefanus, yang telah mengurbankan dirinya demi iman. Terimalah kiranya dengan rela hati tanda bakti

cinta kasih umat-Mu ini. Demi Kristus pengantara kami. .. U : Amin.

Berdiri

Doa Syukur Agung : I : Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-muI : Marilah mengarahkan hati kepada TuhanU : Sudah kami arahkanI : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kitaU : Sudah layak dan sepantasnyaI : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang

kekal dan kuasa, bahwa di mana pun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab darah martir-Mu, Santo Stefanus yang ditumpahkan demi nama-Mu, telah menjadikan dia menyerupai Kristus, dan menampakan kejayaan rahmat-Mu. Meskipun lemah ia telah engkau kuatkan; meskipun rapuh ia telah Engkau jiwai, sehingga ia berani menjadi saksi-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Maka, kami selalu meluhurkan Dikau dan tak henti-hentinya memuliakan nama-Mu bersama seluruh laskar surgawi dengan bernyanyi:...

KUDUS : Berdiri

Doa Syukur Agung VIII ( TPE Baru) Berlutut

I : Bapa yang Mahakudus, sebagai tanda terima kasih, kami membawa persembahan kepada-Mu. Sudilah menguduskan persembahan roti

dan anggur ini dengan kuasa Roh Kudus agar menjadi bagi kami Tubuh dan (+) Darah Yesus Kristus, Putra-Mu terkasih. Sebab pada

29

malam sebelum wafat-Nya, Yesus mengadakan perjamuan bersama para rasul-Nya. Ia mengambil roti dan mengucap syukur kepada-Mu. Lalu memecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MAKANLAH: INILAH TUBUHKU YANG

DISERAHKAN BAGIMU.

Pada akhir perjamuan, Ia mengambil piala berisi anggur. Seklai lagi Ia mengucap syukur lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MINUMLAH: INILAH PIALA DARAHKU, DARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKAL, YANG DITUMPAHKAN BAGIMU DAN BAGI SEMUA ORANG DEMI PENGAMPUAN DOSA. LAKUKANLAH INI UNTUK MENGENANGKAN DAKU.

I : Ya Bapa, pesan Yesus itulah yang sekarang kami lakukan dalam perayaan ekaristi ini. Dengan mempersembahakan roti kehidupan

dan piala keselamatan, kami mewartakan wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Ia telah membimbing kami kepada-Mu, maka terimalah kami bersama Dia.

U : Wafat Kristus kita maklumkan, kebangkitan-Nya kita muliakan, kedatangan-Nya kita rindukan.

I : Ya Bapa, begitu besar kasih-Mu kepada kami: izinkan kami ikut serta dalam perjamuan-Mu dan utuslah Roh Kudus memenuhi hati kami

supaya kami, yang menyambut tubuh dan darah Putera-Mu, menjadi sehati dan sejiwa.

I : Tuhan, ingatlah selalu akan orang-orang yang kami doakan dan kami kasihi, akan Bapa Suci...dan uskup kami..., akan orang tua, sanak

saudara, dan para sahabat, akan mereka yang telah meninggalkan dunia ini dan beristirahat dalam damai. Ingatlah akan semua orang yang menderita sengsara dan berdukacita; berkatilah umat kristiani yang tersebar di mana-mana dan berkatilah seluruh umat manusia. Ya, Bapa, menyaksikan semua yang Engkau kerjakan bagi kami dengan pengantaran Yesus Kristus Putera-Mu, kami sangat kagum dan memuji Dikau.

I : Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang Mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus,

segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.U : Amin

30

Doa Bapa Kami: BerdiriI : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka

beranilah kita bernyanyi...

Embolisme : I : Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami

damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tentram sambil mengharapkan kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.

U : Sebab Tuhanlah Raja, yang mulia dan berkuasa untuk selama- lamanya.

Doa Damai:

I : Menurut Santo Paulus hubungan kita dengan Allah dipulihkan oleh rahmat dan kita diperdamaikan dengan Allah dalam diri Yesus Kristus

Sang pembawa damai. Maka marilah mohon anugerah damai Natal: Tuhan Yesus Kristus, Raja Damai, jangan memperhitungkan kesalahan kami masing-masing, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan restuilah kami supaya menampakan keselamatan-Mu di dalam masyarakat kami, dengan hidup rukun dan damai menurut kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin.

I : Damai Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-mu

Anak Domba AllahPemecahan hosti diiringi lagu Anak Domba Allah Komuni :

I : Saudara-saudari terkasih, Tuhan Yesus bersabda, “Akulah roti hidup yang turun dari surga. Jika seorang makan dari roti ini, ia akan hidup

selama-lamanya.” Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.

I + U : Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

31

Penerimaan Komuni DudukSelama umat menyambut komuni, koor mengiringi dengan lagu-lagu komuni.

Doa Sesudah Komuni:I : Marilah berdoa :

Allah Bapa, sumber keselamatan kami, kami mengucap syukur kepada-Mu atas kerahiman yang telah Kaulimpahkan kepada kami. Engkau telah menyelamatkan kami dengan kelahiran Putra-MU Yesus Kristus, dan menggembirakan kami dengan kelahiran Santo Stefanus martir-Mu di surga. Demi Kristus Tuhan

IV. RITUS PENUTUP :

Pengumuman:Berkat dan Pengutusan Berlutut

I : Saudara-saudara terkasih, Allah telah membangkitkan semangat baru di dalam hati kita. Marilah kita memohon berkat-Nya supaya kita dapat

mewujudkan semangat baru itu di tengah masyarakat.I : Semoga Allah Bapa meneguhkan iman yang mendalam, dan

menumbuhkan di dalam hati saudaraU : AminI : Semoga Allah Roh Kudus mendorong saudara supaya selalu tekun

mengikuti bimbingan Yesus.U : AminI : Semoga saudara sekalian dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah

yang mahakuasa Bapa dan Putera dan Roh Kudus.U : Amin

Pengutusan :I : Saudara sekalian, perayaan Ekaristi dalam rangka kelahiran Yesus

Krsitus dan Santo Stefanus martir telah selesai.U : Syukur kepada AllahI : Mari pergi, kita diutusU : Amin.

Lagu penutup :Berdiri

32

Imam dan semua pelayan altar memberi hormat ke altar dan meninggalkan panti imam diiringi lagu penutup.

1 JANUARI – OKTAF NATALHARI RAYA SANTA MARIA BUNDA

ALLAHI. RITUS PEMBUKA

Perarakan Masuk: Berdiri

Lagu Pembukaan (koor) Berdiri

(Imam dan misdinar, dan pelayan-pelayan lainnya masuk, setiba di depan altar memberi hormat dan menunduk kemudian mendupai

33

altar dan gua/kandang Natal. Urut-urutan perarakan: lihat pada malam natal).

Tanda Salib ; I : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh KudusU : AminSalam PembukaI : Tuhan bersama-muU : Dan bersama roh-Mu Pengantar BerlututSERUAN TOBATI Tuhan Yesus Kristus,

Engkaulah Putera Allah yang menjadi manusia sebagai Putera Bunda Maria yang suci tak bernoda.Tuhan, kasihanilah kami.

U Tuhan, kasihanilah kami.I Engkaulah Putera Allah, yang dilahirkan oleh Bunda Maria di gua

Betlehem yang amat sederhana. Kristus, kasihanilah kami.U Kristus, kasihani kami.I Engkaulah Putera Allah, yang berkenan menjadi manusia guna

menyelamatkan umat manusia dan memanggilnya kembali menjadi putera dan puteri Allah Bapa serta putera puteri Bunda Maria.Tuhan, kasihanilah kami.

U Tuhan, kasihanilah kami.

KEMULIAAN BerdiriDOA PEMBUKAANI Marilah berdoa:

Allah Bapa yang kekal, asal mula segala sesuatu, hari ini kami menghadap Engkau dengan permohonan berkat. Kami mohon sabda-Mu, yang menandai kami dengan nama Yesus Kristus, Putera-Mu serta mengangkat kami menjadi putera dan puteri-Mu. Dialah cahaya-Mu, kekuatan dan keselamatan kami, demi Kristus Tuhan pengantara kami.

U Amin.II. LITURGI SABDA

BACAAN I (BIL 6:22–27)P Mereka harus meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan

memberkati mereka.Pembacaan dari Kitab Bilangan

34

Sekali peristiwa Tuhan berfirman kepada Musa, “Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah kamu harus memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka : Tuhan memberkati dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya dan memberi engkau damai sejahtera. Demikianlah mereka harus meletakkan nama-Ku atas orang Israel; maka Aku akan memberkati mereka.”Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.MAZMUR TANGGAPANRefren : Berbelaskasihlah Tuhan dan adil, Allah kami adalah rahim.

BACAAN II (GAL 4:4-7)P Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan.

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di GalatiaSaudara-saudara,setelah genap waktunya Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru “Abba, ya Bapa”. Jadi kamu bukan lagi hamba melainkan anak; dan kalau kamu anak, maka kamu juga menjadi ahliwaris-ahliwaris oleh karena Allah.Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah.BAIT PENGANTAR INJIL BerdiriS Alleluya, alleluya, alleluyaU Alleluya, alleluya, alleluyaS Dahulu Allah bersabda kepada leluhur kita dengan perantaraan para

nabi; kini ia bersabda kepada kita dengan perantaraan PuteraNya.

BACAAN INJIL (Luk 2:16-21)I Mereka mendapati Maria, Yusuf dan Si Bayi. Pada hari ke delapan Ia diberi nama Yesus.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :Setelah mendengar berita kelahiran penyelamat dunia, para gembala cepat-cepat berangkat ke Betlehem, dan mendapati Maria dan Yusuf serta Bayi yang terbaring di dalam palungan. Ketika melihat Bayi itu, para gembala memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada

35

mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hati dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat; semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Ketika genap delapan hari umurnya, Anak itu disunatkan, dan Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.

HOMILI DudukPembaptisan anak dan bayiAKU PERCAYA BerdiriDOA UMAT Berdiri

I Allah kita bukanlah Allah yang jauh. Kita diperkenankan menyapa-Nya: Allah – Bapa. Tahun yang baru ini kita serahkan kepada-Nya dalam doa kita:

P Bagi Gereja :Ya Bapa, jadikanlah kiranya Gereja-Mu ibu bagi siapa pun yang menghadapi kesulitan dan tidak tahu jalan keluarnya, serta menjadi pelabuhan yang aman sentosa bagi yang tersesat.Marilah kita mohon.

U Kabulkanlah doa kami ya TuhanP Bagi nusa dan bangsa :

Ya Bapa, berkatilah nusa dan bangsa kami agar selama tahun baru ini dapat berhasil dalam mengusahakan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan umum.Marilah kita mohon.

U Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.P Bagi anak-anak kita :

Ya Bapa, dampingilah anak-anak kami agar mengalami masa muda yang tenang dan segar serta menggembirakan orang tua mereka.Marilah kita mohon.

U Kabulkanlah doa kami ya TuhanP Bagi kita semua :

36

Ya Bapa, dampingilah kiranya kami agar dalam tahun ini berhasil maju dan tidak menuntut yang lebih berat kepada orang lain melebihi tuntutan kepada diri sendiri.Marilah kita mohon.

U Kabulkanlah doa kami ya TuhanI Allah Bapa kami, kami mohon, agar Bunda Maria, yang

Kauperkenankan mengandung Allah Manusia, merestui dan mengantar permohonan kami kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

III LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan DudukLagu Persembahan (Petugas pembawa persembahan berarak ke altar setelah dijemput oleh misdinar. Bila ada tarian persembahan, tarian persembahan dapat mengiringi persembahan tersebut. imam dan misdinar menerima persembahan di depan altar. Para pembawa persembahan dan penari menerima berkat dari imam, kemudian menghormati altar dan kembali ke tempat duduk. Misdinar melayani imam di meja altar dengan membawa piala, hosti, dan anggur setelah itu bahan persembahan didupai dan dilanjutkan dengan mendupai imam serta seluruh umat. Setelah didupai imam mencuci tangan.)

Berdiri

I : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanmu dan persembahanku berkenan kepada Allah, Bapa yang maha kuasaU : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan

keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

DOA PERSEMBAHANBerdiri

I Allah Bapa yang mahakudus, mulailah kiranya kini dan di sini dengan rencana-Mu di masa depan, di mana Engkau mengumpulkan semua orang di depan Dia, yang membagi-bagi rezeki keselamatan kepada kami, yaitu Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U Amin.PREFASI NATAL

Berdiri

37

KUDUS Berdiri

DOA SYUKUR AGUNG 1 BerlututDoa Bapa Kami: BerdiriI : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka

beranilah kita bernyanyi...

Embolisme : I : Ya Bapa, bebaskanlah kami dari segala yang jahat dan berilah kami

damai-Mu. Kasihanilah dan bantulah kami supaya bersih dari noda dosa dan terhindar dari segala gangguan, sehingga kami dapat hidup dengan tentram sambil mengharapkan kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.

U : Sebab Tuhanlah Raja, yang mulia dan berkuasa untuk selama- lamanya.

DOA DAMAII Musa telah diperintahkan memohonkan berkat Tuhan demikian,

“Semoga Tuhan memberkati dan melindungi engkau; semoga Tuhan menyinari engkau dengan cahaya wajah-Nya dan merelai engkau; semoga Tuhan memperlihatkan wajah-Nya kepada-Mu dan memberi engkau damai sejahtera.” Maka marilah pada permulaan tahun baru ini kita mohon berkat damai sejahtera kepada Snag Raja Damai:

U Tuhan Yesus Kristus jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu sebab Engkaulah pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa, Amin.

Anak Domba AllahPemecahan hosti diiringi lagu Anak Domba Allah Komuni :

I : Saudara-saudari terkasih, Tuhan Yesus bersabda, “Akulah roti hidup yang turun dari surga. Jika seorang makan dari roti ini, ia akan hidup

selama-lamanya.” Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.

I + U : Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

38

Penerimaan Komuni Duduk(Ketika menerima komuni didahulukan anak-anak yang baru dibaptis)I : Marilah berdoa :

Allah Bapa yang mahabaik, pada hari raya tahun baru ini kami Kau perkenankan mengenangkan kelahiran putera-Mu, dan ikut serta dalam perjamuan-Mu. Berilah kami kesehatan, pekerjaan, sukses, persahabatan dan kedamaian. Perkenankanlah kami mendiami dunia secara baik dan semoga Engkau merestui segala pekerjaan kami.

Demi Kristus….U : Amin.

IV. RITUS PENUTUP :

Pengumuman:Berkat dan Pengutusan Berdiri

I : Saudara-saudara terkasih, Allah telah membangkitkan semangat baru di dalam hati kita. Marilah kita memohon berkat-Nya supaya kita dapat

mewujudkan semangat baru itu di tengah masyarakat.I : Semoga Allah Bapa meneguhkan iman yang mendalam, dan

menumbuhkan di dalam hati saudaraU : AminI : Semoga Allah Roh Kudus mendorong saudara supaya selalu tekun

mengikuti bimbingan Yesus.U : AminI : Semoga saudara sekalian dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah

yang mahakuasa Bapa dan Putera dan Roh Kudus.U : Amin

Pengutusan :I : Saudara sekalian, perayaan Ekaristi telah selesai.U : Syukur kepada AllahI : Mari pergi, kita diutusU : Amin.

Lagu penutup :Berdiri

Imam dan semua pelayan altar memberi hormat ke altar dan meninggalkan panti imam diiringi lagu penutup.

39

PIMPINAN BESERTA SELURUH STAF

BANK KALBARMengucapkan

Selamat Natal 2012&

Tahun Baru 2013Kepada Pastor, Diakon,frater, bruder

dan Suster serta Seluruh Umat Paroki Putussibau

40

PEMIMPIN CABANG BESERTA SELURUH PEKERJA

PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO)

TbkKANTOR CABANG PUTUSSIBAU.

Mengucapkan

Selamat Natal 25 Desember 2012

&Tahun Baru 1 Januari 2013Kepada Pastor, Diakon,frater, bruder

dan Suster serta Seluruh Umat Paroki Putussibau

41

Semoga Terang Natal akan tinggal di Hati kita dan menjadi terang bagi keluarga. Serta sesama

42

CREDIT UNION KELING KUMANGMENGUCAPKAN……

Selamat Natal 25 Desember 2012&

Tahun Baru 1 Januari 2013

Kepada :Pastor, Diakon,frater, Bruder dan Suster

serta Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

43

Damai di bumi, damai di hatiTuhan memberkati

SELURUH JAJARAN PENGURUS DAN STAF

CREDIT UNION TRI TAPANG KASIHMENGUCAPKAN……

MERRY CHRISTMAS 25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan

Maria Tak Benoda Putussibau

“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

44

Segenap Manajemen dan Karyawan MINI MARKET

ANDI MARTMengucapkan……

Selamat Natal 25 Desember 2012

&Tahun Baru

1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan

Maria Tak Benoda PutussibauGloria In Exelsis deo

Keluarga Besar45

EDDY KUSFERIMengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012

&Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

46

Andri Warsono Wongso (Atun)Mengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012

&Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Witono (apung)Beserta Keluarga

Mengucapkan……

Selamat hari raya Natal25 Desember 2012

47

&Tahun Baru

1 Januari 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

Selamat hari raya Natal25 Desember 2012

&

Tahun Baru1 Januari 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

48

ELON SAPUTRADan Keluarga

DANIEL (ATENG)Beserta Keluarga

Mengucapkan

Selamat hari raya Natal25 Desember 2012

&Tahun Baru

1 Januari 2013

49

-Gloria In Exelsis deo-

BUDI CHINdan Keluarga

Mengucapkan:

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&

HAPPY NEW YEAR1 Januari 2013

50

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Keluarga BesarDOMINIKUS ACIANGMengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012

&Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

ALOYSIUS ABAU51

Sekeluarga

Mengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012

&Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Keluarga BesarMAURA MARSALENA HIROH

Mengucapkan……

52

Selamat Hari Raya Natal25 Desember 2012

&Tahun Baru

1 Januari 2013Kepada :

Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

“Marilah Kita Menjadi Pembawa Terang, Cinta kasih dan Damai bagi Orang-Orang di sekitar Kita”

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&

HAPPY NEW YEAR53

1 Januari 2013Kepada :

Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Agustinus Ding Sekeluarga

Keluarga BesarA. MANYUMengucapkan……

Selamat Hari Raya Natal25 Desember 2012

&Tahun Baru

1 Januari 2013

54

Kepada :Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

DRS. R.A.SUNGKALANG, MMBeserta Keluarga Besar

Mengucapkan:

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&

HAPPY NEW YEAR1 Januari 2013

55

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&

HAPPY NEW YEAR1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Antonius, A.Md.Pd, SE.Sekeluarga

56

PENJAHIT MARTINUS

Mengucapkan……

Selamat Hari Raya Natal25 Desember 2012

&Tahun Baru

1 Januari 2013Kepada :

Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

“Marilah Kita Menjadi Pembawa Terang, Cinta kasih dan Damai bagi Orang-Orang di sekitar Kita”

Pimpinan, Anggota, dan Sekretaris Beserta

Seluruh Staf57

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kapuas

Hulu

MENGUCAPKAN……

Selamat Natal 25 Desember 2012&Tahun Baru 1 Januari 2013

Kepada :Pastor, Diakon,frater, Bruder dan Suster serta Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

58

Merry Christmas25 Desember 2012

&

Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

YANTO SP sekeluarga

Merry Christmas25 Desember 2012

59

&

Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

Antonius L. Ain Pamero sekeluarga

“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

Selamat hari raya Natal25 Desember 2012

60

&

Tahun Baru1 Januari 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Drs. ALEXANDER ROMBONANG, M.M.A.Dan Keluarga

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

61

Petrus Kusnadi, S.Sos. M.SiDan Keluarga

___________________________________

MERRY CHRISTMAS 25 Desember 2012&

HAPPY NEW YEAR 1 Januari 2013

Kepada :Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Fransiskus Umpi (CV Sepan) Sekeluarga

POOH STATIONERYMengucapkan

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

62

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

__________________________________

SUGA CHICKENMengucapkan :

MERRY CHRISTMAS 25 Desember 2012&

HAPPY NEW YEAR 1 Januari 2013

Kepada : Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda

Putussibau

Stevanus Akhian (Toko Anda)

63

Dan Keluarga__________________________________

SELAMAT HARI RAYA NATAL25 Desember 2012

&TAHUN BARU

1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Ahin (Apotik Uncak Kapuas) Sekeluarga

SELAMAT NATAL25 Desember 2012

&TAHUN BARU

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda

Putussibau

Matheus GilyDan Keluarga

64

__________________________________UMAT STASI PALA PULAU

Mengucapkan :

MERRY CHRISTMAS 25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda PutussibauKOSMAS PRIAUTAMA

Beserta Keluarga

Mengucapkan :

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

___________________________________65

SELAMAT NATAL 2012&

TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

RobertusSekeluarga

Florensius Bunjung ( Iten Baby Shop & Hotel Sanjaya)

Mengucapkan

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

__________________________________

66

Gloria In Exelsis deo…………

SELAMAT HARI NATAL 2012& TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

Y. Anthonius Rawing dan Keluarga

Hubertus Ledung, S.Sos Keluarga Besar

mengucapkan :

SELAMAT NATAL25 Desember 2012

&TAHUN BARU1 Januari 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

__________________________________67

Gloria In Exelsis deo…………

SELAMAT HARI NATAL 2012&

TAHUN BARU 2013Kepada :

Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Joni Kaswari dan Keluarga

Tk. Wijaya motorMengucapkan

SELAMAT HARI NATAL25 Desember 2012

&TAHUN BARU

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

__________________________________Toko Pulau Linau

68

Mengucapkan

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda

PutussibauGloria In Exelsis deo…………

SELAMAT HARI NATAL 2012& TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

Agustinus Stormadidan Keluarga

__________________________________SELAMAT NATAL 2012

69

&TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

TOKO SEJAHTERAPUTUSSIBAU“ Allah Telah Mengasihi Kita “(bdk. 1 Yoh.4:19)

Hironimus Uvaang dan Keluarga Besar

mengucapkan :

SELAMAT NATAL 2012&

TAHUN BARU 2013

Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda

Putussibau

__________________________________Gloria In Exelsis deo…………

70

SELAMAT HARI NATAL 2012& TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

Soiti Santosodan Keluarga

Drs. Norbertus Sekeluarga Mengucapkan

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR 2013Kepada Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

__________________________________MERRY CHRISTMAS

25 Desember 2012&

71

HAPPY NEW YEAR1 Januari 2013

Kepada Seluruh UmatParoki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

JANTAU, S.Sos.,M.M.Dan Keluarga

T ransport Layanan Taxi Pertama & Terbesar

di Kapuas Hulu Merry Christmas 25 DESEMBER 2012

&Happy New Year 1 JANUARI 2013“Blessing of the Divine Spirit always be with You”!

HERKULANUS SUTOMO MANNA &

KELUARGA

Segenap Pimpinan, Sekretaris Beserta staf DINAS

KEPENDUDUKAN DAN

72

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarRL. Sampe, SH

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Bambang, S.E., M.Si.dan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarAndreas Yan Lanting

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Yohanes Telajan, S.Sos dan Keluarga

PENCATATAN SIPIL KAB. KAPUAS HULU

Mengucapkan

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR 2013Kepada Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

73

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarYohanes Gansa

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarYohanes Naigi

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Fransiskus Nalikdan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Nicodemus Dayat During dan Keluarga

74

MERRY CHRISTMAS2012

& HAPPY NEW YEAR

2013Kepada :

Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Foto Studio Abadi (Senong)

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Tk. Labora Putussibau

MERRY CHRISTMAS2012

& HAPPY NEW YEAR

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Tk. Alex Selindo

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Tk. Multi Sport (H. Aci)

75

MERRY CHRISTMAS2012

& HAPPY NEW YEAR

2013Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Philipus PianDan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa

Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Keluarga BesarAntonius Iti

MERRY CHRISTMAS2012

& HAPPY NEW YEAR

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa

Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Yosef JasmanDan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Andreas AriandokoSekeluarga

76

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarAdji Winursito,S.Sos

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Baraundan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Keluarga BesarV. Naigi

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Budiarjodan Keluarga 77

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa

Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Keluarga BesarRoni Yanto

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa

Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Adelbertus Pelaunsukadan Keluarga

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa

Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Raymundus Jayang, SE., M.Eng

MERRY CHRISTMAS 2012&

HAPPY NEW YEAR2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki

Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Helena, SH dan Keluarga

78

MERRY CHRISTMAS2012

& HAPPY NEW YEAR

2013Kepada :

Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Amung (Suzuki)PD Gemilang Motor

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Alung (Sinar Diamond)

MERRY CHRISTMAS2012

&HAPPY NEW YEAR

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Alexander Claudius(Dunia Cell & Dunia

SELAMAT HARI NATAL 2012

& TAHUN BARU

2013Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan MariaTak Benoda Putussibau

Acin (Tottori)79

SELAMAT HARI NATAL 2012& TAHUN BARU 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Orang muda Katholik dan Misdinar

Paroki HMTB

MERRY CHRISTMAS2012

&HAPPY NEW YEAR

2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak

Benoda Putussibau

Wanita Katholik Repoblik Indonesia

(WKRI) Paroki

80

DEO SOLI PUTUSSIBAU

MERRY CHRISTMAS2012

&HAPPY NEW YEAR

2013Kepada :

Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

Dewan Adat Dayak (DAD)

Kab. Kapuas Hulu

Mengucapkan……81

Selamat Hari Raya Natal 2012&

Tahun Baru 2013Kepada :

Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

AGUS MULYANA, SHKetua DAD

AMBROSIUS SADAU, S.H., M.Si.Sekretaris

EMANUEL DERRY, S.HUTBendahara

SELURUH PANITIA PELAKSANA PERAYAAN NATAL TAHUN 2012

Mengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012&Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat

Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau--------------------------------------------------

Emanuel Derry, S.HutMengucapkan :

82

MERRY CHRISTMAS 25 Desember 2012

&HAPPY NEW YEAR

1 Januari 2013Kepada Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda

Putussibau

PEMIMPIN CABANG BESERTA SELURUH

PEKERJA

BANK BNI.

Mengucapkan

Selamat Natal 25 Desember 2012

&83

Tahun Baru 1 Januari 2013Kepada Pastor, Diakon,frater, bruder

dan Suster serta Seluruh Umat Paroki Putussibau

Semoga Terang Natal akan tinggal di Hati kita dan menjadi terang bagi keluarga. Serta sesame

Merry Christmas25 Desember 2012

&

Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

84

ANTONIUS BARING TANDTO, S.T.P.sekeluarga

DPP HATI SANTA PERAWAN MARIA

PUTUSSIBAUMengucapkan:

MERRY CHRISTMAS25 Desember 2012

&

85

HAPPY NEW YEAR1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Benoda Putussibau

PANITIA MENGUCAPKANTERIMA KASIH

KEPADASeluruh umat

Paroki HMTB Putussibau1. Lingk. St. Yosef2. Lingk. St. Antonius3. Lingk. St. Fransiskus

Xaverius4. Lingk. Ratu Rosari5. Lingk. St. Stefanus6. Lingk. St. Theresia7. Stasi Pala Pulau8. Stasi Sibau Hulu9. Stasi Sibau Hilir

86

10. Stasi Kedamin Darat Hulu

11. Stasi Kedamin Darat Hilir

12. Teluk Aur13. Nanga Potan14. Tanjung Lasa15. Sungai Uluk16. Jaras II

Pastor, Frater, Diakon, Suster SMFA, Bruder MTB

Mengucapkan……

Merry Christmas25 Desember 2012

&

87

Happy New Year1 Januari 2013

Kepada :Seluruh Umat Paroki Hati Santa Perawan Maria

Tak Benoda Putussibau

88