BUKU Novena Roh Kudus 2015

124
1 Novena Pentakosta 2015

description

CHRISTIAN

Transcript of BUKU Novena Roh Kudus 2015

Page 1: BUKU Novena Roh Kudus 2015

© Copyrigh 2010Ikatan Katekis Keuskupan Surabaya

1 Novena Pentakosta 2015

Page 2: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Nihil Obstat:Surabaya, .......................... RD.....................................Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Surabaya

Imprimatur:

Surabaya …………………………….RD. ........................................................Vikjen Keuskupan Surabaya

2 Novena Pentakosta 2015

Page 3: BUKU Novena Roh Kudus 2015

DAFTAR ISI

Novena Hari ke IKeluarga Bersukacita akan Kebangkitan Tuhan Yesus…...........…………. 04

Novena Hari ke IISukacita Sebagai Saksi di tengah Dunia .........…....…………….……15

3 Novena Pentakosta 2015

Page 4: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena Hari ke IIIKomunikasi dalam Keluarga: Tempat Istimewa Menemukan Keindahan Cinta (Hari Komunikasi Sedunia) ...............……..........……………………..22

Novena Hari ke IVKeluarga Beriman, Keluarga yang mampu menjadi murid Sejati ......…...…………………32

Novena Hari ke VKeluarga yang berdoa, keluarga yang terbuka bagi rahmat Tuhan. ..................………….......…………………………39

Novena Hari ke VIKeluarga saleh: Dikuduskan Dalam Kebenaran …...……...………... 47

Novena Hari ke VIIEcclesia Domestica : Keluarga yang sehati sejiwa ……...…………. 54

Novena Hari ke VIIIKeluarga yang bersuka cita: Keluarga yang mengasihi Tuhan.......................................................................…………………63

Novena Hari ke IXKeluarga Yang Bersuka cita : Keluarga yang misioner …..…...……71

4 Novena Pentakosta 2015

Page 5: BUKU Novena Roh Kudus 2015

KATA PENGANTARKetua Komisi Liturgi Keuskupan Surabaya

Pentakosta menutup masa lima puluh hari masa paskah, yang oleh Gereja dipandang sebagai satu perayaan besar, bagai Hari Minggu Agung (Pedoman Tahun Liturgi dan Penanggalan Liturgi, art. 22). Maka, sebagai mahkota Masa Paskah, layaklah, sesuai teladan para rasul yang berdoa bersama Maria Bunda Gereja, kita pun menyambut datangnya Pentakosta dalam sembilan hari berdoa, mendengarkan sabda Tuhan dan menikmati karunia Ekaristi.

Melalui Novena Roh Kudus ini, 15 hingga 23 Mei 2015, kita sebagai persekutuan beriman diajak untuk memohon agar pada Hari Raya Pentakosta (24 Mei) curahan Roh Kudus diberikan Allah pada Gereja universal, dan terutama dalam konteks tema pastoral Keuskupan Surabaya tahun ini, yakni Keluarga menanti Roh Kudus dengan penuh sukacita.

Teks Novena Roh Kudus 2015 ini disiapkan dan disusun Tim Katekese Kevikepan Surabaya Utara. Pada dasarnya, teks ini dibuat berdasarkan rumus liturgi hari bersangkutan. Khusus untuk novena hari ketiga, 17 Mei 2015, tim menambahkan juga doa umat yang diambil dari rumus Hari Komunikasi Sedunia.

Teks dibuat untuk pemakaian dalam konteks perayaan misa kudus. Namun bila karena suatu alasan, misalkan di suatu stasi, misa kudus tidak dapat dilaksanakan, teks ini pun masih dapat digunakan untuk konteks ibadat sabda dengan awam menjadi pemimpin ibadatnya; tentu, dengan hanya memanfaatkan apa yang memang diperlukan, yakni doa pembukaan, rumus tobat, bacaan-bacaan, doa umat mohon tujuh karunia Roh Kudus dan doa kepada Keluarga Kudus, serta doa penutup.

Bahasan tema Keluarga menanti Roh Kudus dengan penuh sukacita. dihadirkan sepanjang hari-hari novena oleh Tim Katekese Kevikepan Surabaya Utara. Untuk memahaminya,

5 Novena Pentakosta 2015

Page 6: BUKU Novena Roh Kudus 2015

teks ini telah dilengkapi dengan bahan panduan Gagasan Dasar. Para imam dan awam pemimpin perayaan wajib membaca lebih dahulu Gagasan Dasar tersebut sebelum bertugas untuk memberikan homili atau renungan. Dengan memahami Gagasan Dasar tersebut, diharapkan pembawa homili atau renungan dapat lebih terbantu dalam menyampaikan pesan-pesan pokok bacaan hari bersangkutan dalam konteks tema. Secara khusus, Melalui penyampaian pesan-pesan pokok tersebut, Tim Katekese Kevikepan Surabaya Utara ingin mengajak segenap keluarga kristiani untuk menyadari panca tugas keluarga: guyub sebagai persekutuan hidup, tekun beribadah kepada Tuhan, aktif dalam karya pewartaan, misioner dalam karya kesaksian, serta giat dalam karya pelayanan kemasyarakatan. Sambil memohon bimbingan Roh, semoga pemimpin perayaan pada saatnya dapat menyajikan kreasi homili/renungan yang sungguh mampu menggerakkan segenap anggota keluarga kristiani untuk hidup di dunia modern ini sebagai murid-murid Kristus yang berkualitas.

Demikian, semoga doa-doa dan permenungan selama sembilan hari menjelang Pentakosta mendorong bertumbuhnya iklim dan gerakan pembaharuan dalam kualitas hidup berkeluarga. Semoga segenap keluarga kristiani semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner.

Surabaya, ............................

RD .......................................

GAGASAN DASAR

6 Novena Pentakosta 2015

Page 7: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Gereja Rumah Tangga

Gagasan dasar tentang Gereja Rumah tangga tak dapat dipisahkan dari Konsili Vatikan II Tentang Gereja yaitu:

1. Konstitusi dogmatis Lumen Gentium (Terang Bangsa-Bangsa), sebuah dokumen yang membicarakan Gereja sebagai dan dalam dirinya sendiri (Gereja, apa katamu tentang dirimu sendiri?) Gereja ad INTRA (Gereja memandang ke dalam dirinya sendiri).

2. Konstitusi Pastoral Gaudium et Spes (Kegembiraan dan Harapan), yang membicarakan Gereja dalam hubungannya dengan dunia (Gereja, apa katamu tentang hubunganmu dengan dunia?) Gereja ad EXTRA (Gereja memandang keluar).

Dari ke dua konstusi ini, kita dapat menemukan diskripsi atau penjelasan tentang siapa Gereja.

Lumen Gentium (art. 1):

Gereja merupakan persekutuan umat Allah dalam Kristus yang dipersatukan oleh Roh Kudus. Umat Allah di dunia ini dipanggil untuk menjadi sakramen, yakni dalam Kristus menjadi tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. Dalam konteks ini kita temukan makna Gereja Rumah Tangga (GRT).

1. GRT: persekutuan kasih suami isteri sebagai milik Allah, yang dipersatukan dalam Kristus, oleh Roh Kudus. Unsur mendasar persekutuan: iman. Tidak mungkin terbentuk persekutuan umat Allah tanpa iman (satu iman, satu Tuhan, satu baptisan, satu Roh, satu Allah, Efesus 4:4-5).

2. GRT: Persekutuan manusia yang memiliki aspek vertikal dan horisontal. Vertikal: persatuan erat dengan Bapa, Putra dan Roh Kudus. Dalam iman karena pembaptisan, Allah sendiri yang mengundang ”masuk” dalam

7 Novena Pentakosta 2015

Page 8: BUKU Novena Roh Kudus 2015

persekutuan dalam hidup illahi. Horisontal: undangan dari Allah untuk ”masuk” dalam persekutuan ilahi ini tidak diterima secara individual, melain-kan dalam kebersamaan. Ingat, (tanda) salib: (1) kita diselamatkan dalam dan melalui salib Yesus dan disatukan de-ngan Tritunggal Mahakudus. (2) Kita diinkorporasikan (disatu tubuhkan) dalam cinta kepada Allah dan sesama tidak mungkin terjadi tanpa kurban Kristus (korpus di kayu salib).

3. GRT: hidup dan berkembang di dalam dunia. Dalam keluarga (suami isteri dan anak-nak) adalah warga masyarakat/dunia. Maka GRT juga berkembang bersama sejarah kehidupan manusia di dunia dengan segala aneka bentuk kehidupan yang berbeda: agama, suku, budaya, pandangan politis, tingkat ekonomi, bahasa, dll. (Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan manusia dewasa ini, tertutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus pula. - GS art. 1). Ada pengaruh dialogis, namun Gereja tidak boleh kehilangan identitasnya.

Gaudium et Spes (art 1):

”Gereja adalah persekutuan orang-orang yang dipersatukan dalam Kristus, dibimbing oleh Roh Kudus dalam ziarah menuju kerajaan Bapa, dan telah menerima warta keselamatan untuk disampaikan kepada semua orang. Oleh sebab itu persekutuan tersebut merasa dirinya benar-benar bersatu secara mesra dengan umat manusia serta sejarahnya.

1. GRT: persekutuan manusia yang disatukan dalam Kristus. Faktor pemersatunya adalah Kristus. Ada dua aspek, aspek ilahi: disatukan (rahmat, anugerah), berarti diselamatkan; aspek manusiawi: disatukan berarti karena iman. Dengan demikian GRT merupakan persekutuan

8 Novena Pentakosta 2015

Page 9: BUKU Novena Roh Kudus 2015

manusia-manusia yang dise-lamatkan oleh Kristus dan beriman kepada Kristus.

2. GRT: persekutuan ini selalu dibimbing Roh Kudus dalam peziarahan menuju Kerajaan Bapa. Meski GRT hidup di dunia, tujuannya bukanlah duniawi, namun ilahi dan abadi, yaitu Kerajaan Bapa. Dalam ziarah ini GRT tidak sendirian namun selalu dibimbing oleh Roh Kudus dalam dinamika perjalanan dan pergulatan hidup di dunia.

3. Gereja: pewarta keselamatan. Karena Gereja telah menerima warta keselamatan, maka Gereja mempunyai tugas mewartakan keselamatan kepada semua orang. Gereja bukanlah persekutan manusia yang pasif, egois, dan tertutup; namun aktif altruis, yaitu terbuka untuk mewartakan dan membagikan keselamatan bagi semua orang.

4. GRT: selalu ada dalam interaksi dengan masyarakat manusia dan sejarahnya. Gereja tidak pernah terpisahkan dari masya-rakat manusia: mempengaruhi dan dipengaruhi oleh dinamika kehidupan masyarakat manusia.

PANCA TUGAS GRT

1. Menghayati Paguyuban Dalam Keluarga

Paguyuban dalam keluarga pertama kali diikrarkan ketika suami isteri mengucapkan janji perkawinan. Paguyuban ini merupakan ikatan cinta dan persekutuan hidup, sungguh erat dan tak terpisahkan kecuali oleh kematian.

Menekankan hubungan pribadi antar anggota keluarga: menjawab kebutuhan hidup sehari-hari (saling membantu dalam pekerjaan, saling menghibur dalam kesusahan, saling mengampuni dalam kelemahan)

9 Novena Pentakosta 2015

Page 10: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Terbuka: Apa yang terjadi dalam persekutuan keluarga juga mempunyai kaitan dengan lingkungan, paroki, keuskupan dan masyarakat umum.

Garam dan terang dunia: Persekutuan dalam keluarga yang sungguh-sungguh Kristiani mampu berbagi kebaikan dan berkat, menjadi inspirasi, penggerak dan teladan hidup bagi masyarakat.

2. Manghayati Peribadatan Dalam Keluarga

Martabat serta tanggungjawab keluarga kristiani selaku GRT, hanyalah dapat terwujudkan berkat bantuan Allah yang tidak pernah berhenti yang pasti akan diberikan bila itu diminta dengan rendah hati dan penuh kepercayaan dalam doa (bdk. FC. 59)

Lewat ibadat karya keselamatan Allah dihadirkan kembali, dihayati, semakin disadari, dirasakan dalam keluarga.

Ketulusan untuk menyampaikan puji syukur oleh semua anggota keluarga.

Keluarga menyampaikan permohonan: harapan masa depan yang penuh rahmat Allah.

Ibadat yang benar: membawa anggota keluarga semakin mengikuti dan menyerupai Yesus Kristus secara penuh, dan ini berarti semakin memperhatikan siapapun terutama mereka yang lemah miskin tak berdaya, semakin mengamalkan kasih.

3. Menghayati Pewartaan/Katekese Dalam Keluarga

Keluarga sebagai persekutuan yang fundamental dan esensial merupakan sarana pertama dan paling istimewa untuk mewa-riskan nilai-nilai agama dan budaya yang membuat manusia memperoleh identitasnya sendiri - (Pesan Paus Yohanes Paulusn II , 01 Januari 1994)

Dari amanat Paus Yohanes Paulus II ini nampak jelas bahwa keluarga merupakan sekolah iman yang pertama

10 Novena Pentakosta 2015

Page 11: BUKU Novena Roh Kudus 2015

sebelum anak-anak memasuki sekolah-sekolah formal atau aneka bentuk pembinaan iman yang ada di lingkungan atau paroki.

Peran orang tua dalam mendidik anak sungguh amat penting dan tak tergantikan oleh apapun dan oleh siapapun. Seperti yang diamanatkan oleh Paus Paulus VI kepada para orang tua:

”Ibu-ibu, benarkah anda mengajarkan doa-doa kristen kepada anak-anak anda, benarkah anda bersama para imam menyiapkan anak-anak anda untuk menyambut sakramen-sakramen, yang mereka terima selagi masih muda: Sakramen tobat, komuni pertama dan Krisma? Benarkah anda mendorong mereka, kalau sedang sakit, untuk mengenangkan Kristus yang menderita sengsara, untuk memohon pertolongan kepada Santa perawan Maria dan para Kudus? Apakah anda bersama mendoakan rosario keluarga?”.

”Dan anda bapak-bapak, benarkah anda berdoa bersama bersama anak-anak anda?, dengan seluruh keluarga, setidak-tidaknya kadang-kadang? Contoh kejujuran anda dalam pikiran maupun perbuatan, berpadu dalam doa bersama, menjadi pelajaran untuk hidup, tindakan ibadat yang bernilai istimewa. Itulah cara anda membawa damai dalam keluarga anda: Pax huic domui, semoga damai turun diatas keluarga ini. Ingat begitulah anda menbangun Gereja”.

Semua anggota keluarga adalah pengemban tugas pewar-taan/katekese.

Tujuan akhir dari katekese adalah agar semua anggota keluarga semakin penuh mengikuti Yesus dan ini berarti semakin memiliki kepedulian sosial yang mendalam seperti Yesus sendiri.

Pelaksanaan tugas pewartaan ini berupa pendalaman iman, pendalaman Kitab Suci, pembinaan iman yang lain (retret, rekoleksi, seminar-seminar, Bina Iman

11 Novena Pentakosta 2015

Page 12: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Anak, Remaja, dll). Tujuannya adalah pendalaman pengetahuan iman dan pembinaan sikap iman.

4. Keluarga Yang Bersaksi Semua anggota keluarga adalah saksi-saksi Yesus bagi

masyakat manusia.

Tujuan menjadi saksi adalah menghidupi kebenaran iman melalui tindakan, sikap dan kata-kata sehingga semakin banyak orang mengenal Yesus.

Tekanan pada hidup kongkrit sehari-hari: memperjuangkan yang benar, baik dan adil di tengah masyarakat bersama mereka yang bekehendak baik tanpa membedakan agama, suku, status sosial, dan pandangan hidup.

5. Keluarga Yang Melayani Masyarakat

1. Pelayanan duniawi menyadarkan bahwa iman Kristiani tidak dapat disempitkan melulu pada tindakan-tindakan periba-datan saja.

2. Buah: perwujudan iman adalah keluarga yang mempunyai kepedulian sosial dan keterlibatan dalam hidup memasyarakat.

3. Tujuannya: memupuk persaudaraan sejati tanpa membeda-kan agama, suku, golongan; ikut terlibat dalam keprihatinan yang dialami masyarakat; serta ikut mengusahakan kese-jahteraan bagi semua orang terutama mereka yang miskin tak berdaya.

4. Pelayanan duniawi ini secara khas memperhatikan mereka yang bukan seiman.

Novena hari ke IJum’at, 15 Mei 2015

Memohon rahmat suka cita karena kebangkitan Tuhan Yesus. Suka cita ini dibutuhkan agar tetap berani

12 Novena Pentakosta 2015

Page 13: BUKU Novena Roh Kudus 2015

memberitakan Injil dan merintis kehadiran Kerajaan Allah dalam keluarga dan masyarakat.

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA KEB. 7:28

* Tuhan Engkau telah menebus kami dengan darah-Mu dari tiap suku, bahasa, rakyat, dan bangsa, dan Engkau telah menjadikan kami raja dan imam bagi Allah. Alleluya

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR Oleh imam.

TOBAT

TUHAN KASIHANILAH KAMI

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoa,Allah Bapa pokok keselamatan kami, berkat kebangkitan Kristus kami lahir kembali dalam pembaptisan dan menerima hidup baru. Arahkanlah hati kami kepada Kristus, yang kini duduk di sisi kanan-Mu, supaya kami siap mengoreksi perasaan kami dan memerangi perasaan negatif dalam memandang umat yang berkeyakinan lain, dan tanamkanlah dalam diri kami bahwa mereka juga ciptaanMu dan saudara kami. Semoga kami Kauanugerahi hidup abadi, bila Penyelamat kami datang dalam kemuliaan. Sebab Dialah PutraMu…..

U. Amin.

13 Novena Pentakosta 2015

Page 14: BUKU Novena Roh Kudus 2015

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis 18:9-18) L. Bacaan dari Kisah Para Rasul.

Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan:  "Jangan takut ! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini." Maka tinggallah Paulus di situ selama satu tahun enam bulan dan ia mengajarkan firman Allah   di tengah-tengah mereka. Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur di Akhaya, bangkitlah orang-orang Yahudi bersama-sama melawan Paulus, lalu membawa dia ke depan pengadilan. Kata mereka: "Ia ini berusaha meyakinkan orang untuk beribadah kepada Allah dengan jalan yang bertentangan dengan hukum Taurat." Ketika Paulus hendak mulai berbicara, berkatalah Galio kepada orang-orang Yahudi itu: "Hai orang-orang Yahudi, jika sekiranya dakwaanmu mengenai suatu pelanggaran atau kejahatan, sudahlah sepatutnya aku menerima perkaramu, tetapi kalau hal itu adalah perselisihan tentang perkataan atau nama atau hukum yang berlaku di antara kamu, maka hendaklah kamu sendiri mengurusnya; aku tidak rela menjadi hakim atas perkara yang demikian." Lalu ia mengusir mereka dari ruang pengadilan. Maka orang itu semua menyerbu Sostenes,  kepala rumah ibadat,  lalu memukulinya di depan pengadilan itu; tetapi Galio sama sekali tidak menghiraukan hal itu. Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar ke Siria, sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea, karena ia telah bernazar. Priskila dan Akwila  menyertai dia.

Demikianlah sabda Tuhan.U. Syukur Kepada Allah

14 Novena Pentakosta 2015

Page 15: BUKU Novena Roh Kudus 2015

MAZMUR TANGGAPAN – Maz 47:2-3. 4-5. 6-7.

5 / 5 . 5 43 45 / 3 . 5 4 5 3 1 / 7 1 7 1 4 / 3 . . //

Tuhan mendengar kan do a o rang ber i man

Ayat : oleh pemazmur

5 45 3 . 31. Hai segala bangsa, bertepuk tanganlah, elu-

elukanlah 3 43 1. 7 . 1 3 4

Allah dengan sorak so rai ! Sebab Tuhan, yang Maha4 34 5 . 3 17 14 3 .tinggi, adalah dahsyat, Raja agung atas seluruh bu mi.

5 45 3 .2. Ia menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasa ki

ta,3 3Ia menundukkan suku-suku bangsa ke bawah telapak 3 43 1 . 7 . 1 3 4 34 5 .kaki ki ta; Ia memilih bagi kita tanah pusaka ki ta,3 17 1 4 3 . kebanggaan Yakub yang di ka sih i- Nya.

5 45 3 . 3

15 Novena Pentakosta 2015

Page 16: BUKU Novena Roh Kudus 2015

3. Allah telah naik diiringi sorak so rai, Tuhan3 43 1. 7. 1 3 4

mengangkasa diiringi bunyi sangka ka la. Bermazmur

4 34 5 . 3 3 lah bagi Allah, bermazmurlah! Kidungkanlah mazmur

3 17 14 3 .bagi Raja kita, kidungkan mazmur !

BAIT PENGANTAR INJIL Luk 2 46.26

3 4 5 / 3 . 3 4 5 / 7 . 7 5 7 і / 3 . 3 4 5 3Al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya

Ayat:

3 4 5…. 7 Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang 17 7 5 1 7… 7 54

3ma-ti untuk masuk ke dalam kemulia an-Nya.

BACAAN INJIL (Yoh. 16:20-23a)

I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,  tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Seorang perempuan berdukacita  pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita,  tetapi Aku akan melihat kamu lagi  dan hatimu akan bergembira dan

16 Novena Pentakosta 2015

Page 17: BUKU Novena Roh Kudus 2015

tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku.

I : Demikianlah Injil TuhanU: Terpujilah Kristus

HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS

I Saudara-saudara, sebagaimana Kristus, demikian juga para murid-Nya tidak mundur pada saat menghadapi penolakan dan. itu merupakan komitmen bagi pengabdi pewarta Injil, supaya tercipta keselamatan dan kedamaian. Marilah kita mohon agar Tuhan mengutus Roh-Nya, yaitu sumber kekuatan:

U Curahkanlah kekuatan RohMu, agar kami berani memberitakan Injil dan merintis kehadiran Kerajaan Allah dalam keluarga dan masyarakat.

P Semoga semua orang yang mengalami keputusasaan dalam merasul, tetap bertekun dan yakin bahwa Allah menjaga mereka dan telah mempersiapkan banyak orang agar siap menerima kabar Injil. Kami mohon....

P Semoga para misionaris yang mengalami kesulitan, selalu didukung oleh doa dan sumbangan kami, sehingga mereka dapat melaksanakan pelayanannya dengan tenang dan penuh kepercayaan. Kami mohon....

P Semoga para murid Kristus menyadari bahwa mereka adalah umat Allah yang dipanggil dan diutus untuk melaksanakan rencana keselamatan di dunia ini walaupun harus banyak mengalami rintangan. Kami mohon.........

P Semoga semua orang yang mengalami kesedihan karena kesusahan sehari-hari, mengetahui bahwa

17 Novena Pentakosta 2015

Page 18: BUKU Novena Roh Kudus 2015

melalui kematian, mereka akan lahir kepada kehidupan Kristus yang bangkit dan bahwa Roh Kudus mengantar kami kepada sukacita penuh. Kami mohon...

I Ya Tuhan, meskipun kami telah menerima hidup baru dalam sakramen pembaptisan, namun kami seringkali merasa terdesak oleh kegelisahan di dunia yang tidak mengenal sukacita. Bantulah kami mampu membangun dunia baru, yang mengarah kepada kehidupan rohani. Sebab Engkaulah yang hidup dan meraja untuk selama-lamanya.

U : Amin.

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I : Allah Bapa kami, berkenanlah memberkati roti dan anggur ini menjadi lambang Putera-Mu dan semoga kami selalu dipimpin oleh RohMu di jalan keselamatan-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.

U : Amin.

PREFASI KENAIKAN TUHAN II Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus,

Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab Tuhan Yesus, raja mulia, yang mengalahkan dosa dan maut, telah naik ke surga. Para malaikat takjub menyongsong Dia, Pengantara tunggal Allah dan manusia, Hakim atas dunia dan Tuhan segala kuasa. Ia pulang kepadaMu, ya Bapa, tidak untuk meninggalkan kami manusia yang lemah ini, tetapi untuk mengokohkan harapan kami, bahwasanya Dia,

18 Novena Pentakosta 2015

Page 19: BUKU Novena Roh Kudus 2015

kepala dan pokok pangkal Gereja, merintis jalan ke surga bagi kami, anggota Tubuh-Nya. Dari sebab itu di seluruh muka bumi umatMu bersukaria merasakan kegembiraan Paskah, bersama segenap penghuni surga dan para malaikat bermadah memuliakan keagunganMu sambil tak henti-hentinya bernyanyi :

U Kudus, kudus, kuduslah Tuhan………

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

"Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu!, Marilah mohon damai kepadaNya: Tuhan Yesus Kristus………..

ANTIFON KOMUNI * Kristus Tuhan kita telah diserahkan karena dosa kita,

dan dibangkitkan untuk menyelamatkan kita. Alleluya.

I. Marilah dengan penuh iman, kita berdoa mohon tujuh karunia Roh Kudus:

U.Datanglah ya Roh Hikmat,turunkanlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak, terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi, dan semoga kami Kaulepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah ya Roh Pengertian,turunkanlah atas diri kami. Terangilah budi

kami,

19 Novena Pentakosta 2015

Page 20: BUKU Novena Roh Kudus 2015

agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putra, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah ya Roh Nasihat,dapingilah kami dalam hidup yang penuh gejolak ini; semoga kami selalu melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah ya Roh Keperkasaan,Kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan

derita. Semoga kami Kaukuatkan dengan memegang

tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah ya Roh Pengenalan akan Allah,Ajarilah kami, mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami, agar tidak terbuai oleh kemegahan dunia. Bimbinglah kami, agar dapat menggunakan ha-hal duniawi untuk kemuliaan-Mu.

Datanglah ya Roh Kesalehan,Bimbinglah kami untuk terus berbakti

kepadaMu, ajarilah kami menjadi orang yang tahu berterima

kasih atas segala kebaikkan-Mu; dan berani menjadi

20 Novena Pentakosta 2015

Page 21: BUKU Novena Roh Kudus 2015

teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah ya Roh Takut akan Allah,Ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu di mana pun kami berada; tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu.

RITUS PENUTUP

BERKAT & PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP

21 Novena Pentakosta 2015

Page 22: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke IISabtu, 16 Mei 2015

Keluarga membutuhkan rahmat untuk menjadi saksi dan utusan Tuhan di tengah dunia

Untuk digunakan pada sabtu pagi/siang

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA 1 Ptr 2,9

* Hai umat milik Tuhan, wartakanlah kebijaksanaan Tuhan yang telah memanggil kamu dari kegelapan ke dalam cahayaNya yang menakjubkan. Alleluia

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR (oleh imam)

TOBATI. Selama kusembunyikan dosaku, batinku tertekan,

dan aku mengeluh sepanjang hari.U. Berbahagialah orang yang dosanya diampuni.

I. Aku mengakui dosaku di hadapan-Mu, Tuhan, kesalahan-ku tidak kusembunyikan.

U. Berbahagialah orang yang dosanya diampuni.

I. Nasib orang berdosa sengsara belaka, tetapi orang yang percaya kepada Tuhan dilimpahi kasih setia.

U. Berbahagialah orang yang dosanya diampuni.

I. Semoga Allah, Bapa yang mahakuasa, menyatakan belas kasih-Nya, membebaskan saudara sekalian dari dosa, dan menganugerahkan pengampunan.

U Amin

22 Novena Pentakosta 2015

Page 23: BUKU Novena Roh Kudus 2015

DOA PEMBUKAI. Marilah berdoa,

Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Putera-Mu bersabda, “Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu”. Kami mohon curahkanlah Roh Kudus-Mu ke dalam keluarga-keluarga di paroki ini, agar selalu bertekun dalam doa bersama dan dapat mengalami kepenuhan suka cita-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis.18:23-28) L. Bacaan dari Kisah Para Rasul

Setelah beberapa hari lamanya ia tinggal di situ, ia berangkat pula, lalu menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid. Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes. Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah. Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di

23 Novena Pentakosta 2015

Page 24: BUKU Novena Roh Kudus 2015

muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias. Demikianlah Sabda Tuhan.U.Syukur Kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN Mzm 47: 2-3. 8-9. 10; Pola lagu Buku Maz. Hal. 313

05 3 4 / 5 5 / 7 1 2 3 / 2 2 / 0 5 4 / 3 2 1 2 / 3 3 / Se gala bangsa bertepuk tangan lah ber pe kik lah untuk Al lah.

1 7 6 7 / 1 . //raja semesta.

Ayat dibawakan oleh Solis.5 7 1 2 2 3 2 . 1

1. Hai sega la bangsa, bertepuk tanganlah, elu-elukanlah1 6 7 1 1 . 5 6

6 Allah dengan sorak sorai ! Sebab, Tuhan yang

Mahatinggi 6 7 1 2 . 2 . 1 7 1 7 6 5 . // a dalah dahsyat, Raja agung atas seluruh bumi.

5 7 1 2 3 2 . 1 2. Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, bermazmurlah

1 6 7 1 . 1 . 5 6 7

dengan lagu yang paling indah! Allah merajai segala 1 2 . 1 7 1 7

6 5 . // bangsa, di atas takhta-Nya yang kudus ia bersemayam.

5 7 1 2 3 2 . 1 1

24 Novena Pentakosta 2015

Page 25: BUKU Novena Roh Kudus 2015

3. Para pemimpin bangsa-bangsa berdatangan bergabung 1 6 7 1 1 . 5 6

6dengan umat Allah Abraham. Sebab segala perisai di

atas

6 7 1 2 . 2 . 1 7 1 1 7 6 5 bumi adalah milik-Nya; sangat agunglah Di a !

BAIT PENGANTAR INJIL – Yohanes 16:28

5 5 5 / 5 6 5 4 / 3 . / 3 5 4 3 / 2 . /5 5 5 / 5 6 5 4 / 3 . / 2 3 42 / 1Alleluya, Al le lu ya, al le lu ya, al le luya,al leluya, al le lu ya

Ayat dibawakan solis

3 3 21 2 .

Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam du ni a; 4 4

34 5 . kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Ba pa.

BACAAN INJIL (Yoh. 16:23b-28) I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-mu-rid-Nya, "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

25 Novena Pentakosta 2015

Page 26: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Kukatakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa."Demikianlah Injil Tuhan

U :Terpujilah Kristus

HOMILIDOA UMAT

I Saudara-saudara, Tuhan telah memanggil kita dari kegelapan masuk ke dalam cahayaNya yang ajaib. Marilah kita serahkan kepadaNya semua permohonan kita, supaya Ia membantu kita mewartakan perbuatan besar cintakasihNya, dengan berdoa:

U Ya Roh Kudus, tuluskanlah pelayanan kami dan penuhilah hati kami dengan sukacita. agar dapat menjadi saksi dan utusan Tuhan di tengah dunia

P Semoga dengan mendengarkan Sabda Allah dengan penuh perhatian, kami dihantar kepada pengertian lebih mendalam akan misteri Kristus dan akan rencana penebusan, sehingga kami semakin kokoh dalam iman akan Yesus Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan dan tulus dalam pelayanan. Kami mohon....

P Semoga pasangan suami istri katolik bekerjasama dengan Gereja untuk mewartakan Injil secara nyata

26 Novena Pentakosta 2015

Page 27: BUKU Novena Roh Kudus 2015

dengan mengambil bagian dalam karya Gereja sebagai saksi dan alat yang hidup dalam tugas perutusan Gereja. Kami mohon....

P Semoga doa orang-orang beriman meresap masuk ke dalam kehidupan Bapa melalui putraNya dan Roh Kudus yang berdoa dalam diri mereka dengan menghasilkan buah yang benar. Kami mohon:.....

P Semoga kami mengerti bahwa seluruh hidup kami masing-masing dengan segala kesusahan dan kekecewaan, kesetiaan dan ketidakadilan merupakan doa kepada Allah, dengan selalu mengharapkan dapat sampai kepada kebahagiaan kekal. Kami mohon....

I Terpujilah Engkau, ya Allah, sebab Putera-Mu yang bersabda kepada kami agar berdoa dalam namanya. Dalam nama Yesus Putera-Mu itulah kami mohon kepadaMu. Berikanlah kepada kami Roh-Mu agar diam dalam diri kami dan memperkenalkan kami menikmati kebahagiaan-Mu sejak saat ini sampai selama-lamanya.

U : Amin.

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHANI. Marilah berdoa.

Allah Bapa yang mahakudus, terimalah kiranya doa dan persembahan umat-Mu ini. Semoga berkat misteri suci yang kami rayakan ini kami akhirnya dapat memasuki kemuliaan di Surga. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

U.Amin

27 Novena Pentakosta 2015

Page 28: BUKU Novena Roh Kudus 2015

LITURGI EKARISTI

PREFASI KENAIKAN TUHAN I

I Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab Tuhan Yesus, raja mulia, yang mengalahkan dosa dan maut, telah naik ke surga. Para malaikat takjub menyongsong Dia, Pengantara tunggal Allah dan manusia, Hakim atas dunia dan Tuhan segala kuasa. Ia pulang kepadaMu, ya Bapa, tidak untuk meninggalkan kami manusia yang lemah ini, tetapi untuk mengokohkan harapan kami, bahwasanya Dia, kepala dan pokok pangkal Gereja, merintis jalan ke surga bagi kami, anggota Tubuh-Nya. Dari sebab itu di seluruh muka bumi umatMu bersukaria merasakan kegembiraan Paskah, bersama segenap penghuni surga dan para malaikat bermadah memuliakan keagunganMu sambil tak henti-hentinya bernyanyi :

U Kudus, kudus, kuduslah Tuhan………

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I : Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Marilah mohon damai kepadaNya: Tuhan Yesus Kristus………..

ANAK DOMBA ALLAH

Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus:Didoakan setelah komuni, lihat hal. 19.

28 Novena Pentakosta 2015

Page 29: BUKU Novena Roh Kudus 2015

ANTIFON KOMUNI – Yohanes 17:24* Ya Bapa, Aku menghendaki, agar semua orang yang

Kauserahkan kepada-Ku, tinggal bersama Aku di tempat Aku berada, supaya mereka memandang kemuliaan yang telah Kauberikan kepada-Ku. Alleluya.

DOA PENUTUPI Marilah berdoa:

Allah Bapa kami, sumber keselamatan semoga berkat korban kudus ini umatMu memperoleh keselamatan abadi. Sebab kami percaya, bahwa kemuliaan yang diperoleh Kristus, kepala kami, akan dialami pula oleh Gereja, tubuhNya, sehingga kami menaruh harapan kepada-Mu. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa .

U : Amin

BERKAT DAN PERUTUSAN

LAGU PENUTUP

29 Novena Pentakosta 2015

Page 30: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Jika Misa Novena diadakan pada sabtu petang,Maka rumus berikut dapat digunakan

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Mzr. 26:7-9

Tuhan, dengarkanlah suara seruanku, kasihanilah aku dan kabulkan-lah doaku. Seturut sabda-Mu kucari wajah-Mu, ya Tuhan. Jangan wa-jah-Mu Kausembunyikan dari padaku.Alleluia

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

TOBAT

TUHAN KASIHANILAH KAMI

KEMULIAAN

DOA PEMBUKAI. Marilah berdoa

Allah Bapa kami yang Mahakudus, tiada orang yang pernah melihat Engkau. Tetapi Putera-Mu te-lah mengajarkan cinta kasih-Mu kepada kami. Kami mohon peli-haralah kami atas nama-Mu. Semoga kami bersatu dan memu-liakan Dikau dalam segala tingkah laku kami.. Demi Yesus Kristus dan Penyelamat kami yang hidup dan berkuasa bersama dengan Dikau dalam persekutuan dengan Roh Kudus Allah sepanjang segala masa.

U.Amin

LITURGI SABDA

30 Novena Pentakosta 2015

Page 31: BUKU Novena Roh Kudus 2015

BACAAN PERTAMA (Kis 7:55-60) L : Bacaan dari Kisah Para Rasul

Pada waktu itu Stefanus dipenuhi Roh Kudus menatap ke langit, dan melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sisi kanan-Nya. Lalu katanya, “Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Putera Manusia berdiri di sebelah kanan Allah.” Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia. Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya “Ya Tuhan Yesus terimalah rohku.” Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring, “Tuhan, ja-nganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!” Dan dengan perkataan itu meninggallah ia. Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN Mzm 97:1.2b.67c.9. Ul 1a.9a

05 3 4 / 5 5 / 7 1 2 3 / 2 2 / 0 5 4 / 3 2 1 2 / 3 3 / Segala bangsa bertepuk tanganlah ber pe kiklah untuk Al lah.

1 7 6 7 / 1 . //raja se mesta.

Ayat dibawakan oleh Solis.

5 7 1 2 2 3 2 . 1 6 7 1 1 .

1. Tuhan a dalah Ra ja. Biarlah bumi ber sorak sorai5 6 7 1 2 . 2 .

Biarlah banyak pulau ber su ka ci ta

31 Novena Pentakosta 2015

Page 32: BUKU Novena Roh Kudus 2015

1 7 1 7 6 5 . //

Ke a dilan dan hukum adalah tumpuan tahtaNya

5 7 1 2 3 2 . 1 2. Langit memberitakan keadilanNya dan segala bangsa

1 6 7 1 . 5 6 7 1 2 2Melihat kemu li a an Nya Segala dewata 1 7 1 7 6 5 . // Sujud menyembah Allah

5 7 1 2 3 2 . 1 1 6 7

3. Sebab Engkaulah ya Tuhan, Yang maha tinggi di atas seluruh1 1 5 6 7 1 2 2 ‘ 1 7 1 1

7 6 5 Bumi. Engkau sangat di mu li a kan di a tas segala De wa ta

BACAAN KEDUA (Why.22:12-14.16-17.20)

L :Bacaan dari Kitab Wahyu.

Aku, Yohanes, mendengar suara berkata kepadaku, "Sesungguhnya Aku datang segera, dan Aku membawa upah untuk membalas setiap orang menurut perbuatannya. Akulah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudiam, Yang awal dan Yang akhir. " Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota yang turun dari surga, dari Allah. Aku mendengar pula suara yang berkata, "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.” Roh dan pengantin perempuan

32 Novena Pentakosta 2015

Page 33: BUKU Novena Roh Kudus 2015

itu berkata, "Marilah! "Dan barangsiapa mendengarnya, hendaklah ia berkata, "Marilah!" Barangsiapa haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!” Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini berfirman, "Ya, Aku datang segera! “Amin, datanglah, Tuhan Yesus”!Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL – Yohanes 14:18

5 5 5 / 5 6 5 4 / 3 . / 3 5 4 3 / 2 . /5 5 5 / 5 6 5 4/ 3. / 2 3 42 /1Allelu ya, Al le lu ya, al le lu ya, al lelu ya, alleluya, al le lu ya

Ayat dibawakan solis

3 3 21 2 .

Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim pi a tu 4

4 34 5 . Aku akan datang kembali kepada-Mu dan hatimu akan bersuka ci ta

BACAAN INJIL (Yoh. 17:20-26) I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

Pada waktu itu Yesus menengadah ke langit dan berdoa, “ Bapa yang kudus, Aku berdoa bukan untuk mereka saja, tetapi juga untuk orang-orang yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka, supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang

33 Novena Pentakosta 2015

Page 34: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau dan mereka ini ta-hu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya seperti Aku pun berada dalam mereka.” Demikianlah Injil Tuhan

U: Terpujilah Kristus

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMAT

I Yesus bersabda: “Kamu takkan Kutinggalkan seperti anak yatim piatu. Aku akan minta kepada Bapa dan Ia akan memberikan kepadamu penolong yang lain untuk menyertai kamu, ialah Roh kebenaran.” Maka marilah kita dengan perantaraan-Nya, mempersembahkan ujud-ujud permohonan kita

L. Bagi Gereja:Ya Bapa, agar Gereja-Mu menjadi pelopor persatuan umat ma-nusia, menjadi pelita bagi dunia dan penunjuk jalan ke arah ke-selamatan, maka kami mohon:

U. Jiwailah Gereja-Mu dengan Roh Kudus-Mu.

L. Bagi para pemimpin Negara:

34 Novena Pentakosta 2015

Page 35: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Ya Bapa, agar para pemimpin negara dapat berkomunikasi de-ngan warga masyarakat, dan bersatu dalam membangun tatanan hidup yang rukun dan damai sejahtera, maka kami mohon:

U. Jiwailah para pemimpin Negara dengan Roh Kudus-Mu.

L. Bagi keluarga-keluarga yang mengalami kesulitan:Ya Bapa, agar keluarga-keluarga yang mengalami kesulitan dalam membangun relasi yang penuh cinta, menemukan jalan keluar dan cara yang tepat untuk berkomunikasi denganbaik, maka kami mohon:

U. Jiwailah mereka dengan Roh Kudus-Mu.

L. Bagi kita di sini:Ya Bapa, agar keluarga-keluarga di paroki kami menjadi Gereja rumah tangga yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner, maka kami mohon:

U. Jiwailah kami dengan Roh Kudus-Mu.

L. Bagi kepentingan kita masing-masing - (hening) Marilah kita mohon:

U. Jiwailah hidup kami dengan Roh Kudus-Mu.

I. Allah Bapa kami yang Mahaagung, permohonan-permohonan ini kami panjatkan kepada-Mu dengan rendah hati, karena kami yakin bahwa Engkau akan mengutus Roh Kudus, yang telah di-janjikan oleh Yesus Kristus, PuteraMu, Tuhan dan pengantara kami.

L. Bagi kepentingan kita masing-masing - (hening) Marilah kita mohon:

U.Kabulkanlah doa kami.

I. Allah Bapa kami yang Mahaagung, permohonan-permohonan ini kami panjatkan kepada-Mu dengan rendah hati, karena kami yakin bahwa Engkau akan mengutus Roh Kudus, yang telah di-janjikan oleh Yesus Kristus, PuteraMu, Tuhan dan pengantara kami.

35 Novena Pentakosta 2015

Page 36: BUKU Novena Roh Kudus 2015

U.Amin

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHANI. Marilah berdoa.

Allah Bapa kami yang Mahakudus, yakinkanlah kami bahwa Engkau tinggal di tengah-tengah kami, bila kami mengenangkan Putera-Mu, bila kami ikut serta dalam cinta kasih yang menyelamatkan dunia. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U.Amin

PREFASI KENAIKAN TUHAN II Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus,

Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab Tuhan Yesus, raja mulia, yang mengalahkan dosa dan maut, telah naik ke surga. Para malaikat takjub menyongsong Dia, Pengantara tunggal Allah dan manusia, Hakim atas dunia dan Tuhan segala kuasa. Ia pulang kepadaMu, ya Bapa, tidak untuk meninggalkan kami manusia yang lemah ini, tetapi untuk mengokohkan harapan kami, bahwasanya Dia, kepala dan pokok pangkal Gereja, merintis jalan ke surga bagi kami, anggota Tubuh-Nya. Dari sebab itu di seluruh muka bumi umatMu bersukaria merasakan kegembiraan Paskah, bersama segenap penghuni surga dan para malaikat bermadah memuliakan keagunganMu sambil tak henti-hentinya bernyanyi :

U Kudus, kudus, kuduslah Tuhan………

BAPA KAMI

36 Novena Pentakosta 2015

Page 37: BUKU Novena Roh Kudus 2015

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

ANTIFON KOMUNI Aku mohon, ya Bapa, semoga mereka bersatu

sebagaimana Kita pun bersatu. Alleluia.

Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus:Didoakan setelah komuni, lihat hal. 19.

DOA PENUTUP

I. Marilah berdoa.Allah Bapa kami yang Mahapengasih, lindungilah kami dalam nama Yesus Putera-Mu dan semoga kejahatan di dunia ini terha-lau oleh kekuasaan cinta kasih. Ajarilah kami hidup jujur dan bersatu dengan sesama dalam ikatan cinta kasih. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U.Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP

Novena hari ke IIIMinggu, 17 Mei 2015

37 Novena Pentakosta 2015

Page 38: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Kasih dalam keluarga akan mendorong untuk terlibat dalam mengubah wajah dunia untuk menjadi serupa dengan wajah Yesus yang penuh kasih

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Mzr. 26:7-9

* Tuhan, dengarkanlah suara seruanku, kasihanilah aku dan kabulkan-lah doaku. Seturut sabda-Mu kucari wajah-Mu, ya Tuhan. Jangan wa-jah-Mu Kausembunyikan dari padaku.Alleluia

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR Oleh Imam

TOBAT

TUHAN KASIHANILAH KAMI

KEMULIAAN

DOA PEMBUKAI. Marilah berdoa

Ya Allah Bapa kami, Engkau sendiri telah menciptakan dan menghadirkan sarana komunikasi modern di dunia untuk kami gunakan. Berkatilah dan tuntunlah kami, doronglah kami agar kami dapat memanfaatkan semua media komunikasi modern yang berada dalam jangkauan kami untuk membangun persekutuan dan kemajuan nama-Mu seperti yang didambakan oleh putera-Mu. Demi Yesus Kristus dan Penyelamat kami yang hidup dan berkuasa bersama dengan Dikau dalam

38 Novena Pentakosta 2015

Page 39: BUKU Novena Roh Kudus 2015

persekutuan dengan Roh Kudus Allah sepanjang segala masa.

U.Amin

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis 1:15-17, 20a,20c-26)

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul

Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata: Hai saudara-saudara, haruslah genap   nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas,  pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini. " Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, Biarlah jabatannya diambil orang lain. Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya." Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias. Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah   kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya." Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

Demikianlah sabda Tuhan.U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN Maz. 103:1-2.11-12.19-20

39 Novena Pentakosta 2015

Page 40: BUKU Novena Roh Kudus 2015

i . 5 . / 5 . 6 5 / 3 . 4 / 5 . 5 . / i . 5 . / 6 . 5 5 / 6 . 7 7 / i . . //

Puji ji wa ku na ma Tuhan jangan lu pa pengasih Yahwe. Ayat :

i 7 6 . ‘ 5 5 1. Pujilah Tuhan hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus,

5 6 7 i .’ 6 2i 7. 5hai segenap batin-ku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku,

janganlah 5 7 i //lupa akan segala kebaikan-Nya.

i 7 6 . ‘ 5 5 2. Setinggi langit dari bumi, demikianlah besarnya kasih

5 5 . ‘ 5 67 i .setia Tuhan atas orang-orang yang takwa kepada-Nya! 6 2i 7 . ‘ 5 5 Sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran-5 7 i //pelanggaran kita dibuang-Nya.i i 7 6 . ‘

3. Tuhan sudah menegakkan takhta-Nya di surga 5 67 i .dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesu a tu. 6 2i 7 . 5Pujilah Tuhan, hai malaikat malaikat-Nya, agungkanlah 5 7 i . // Dia hai pahlawan-pahlawan perkasa.

40 Novena Pentakosta 2015

Page 41: BUKU Novena Roh Kudus 2015

BACAAN KEDUA (1 Yoh 4:11-16)L :Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes.

Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia. Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah,   Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih,   dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL - Yoh 17:17b.a___ ___ ___ ___ ___

3 . 2 3 2 1 / 4 . 5 4 3 2 / 3 . 4 2 1 //

Al - le - lu - ya. Al - le - lu - ya. Al - le - lu – ya

Ayat : Oleh Solis

3 4 5 4 2 3 2 / 1 2Firman-Mu, ya Tuhan, adalah kebenaran.

Kuduskanlah kami 2 3 1 2 1 //dalam kebenaran. >>>>Alleluya.

41 Novena Pentakosta 2015

Page 42: BUKU Novena Roh Kudus 2015

BACAAN INJIL (Yoh. 17:11b-19) I : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa,   supaya genaplah   yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu  dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka,   karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran ; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia,  demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran. Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMATI Yesus telah berjanji bahwa Bapa akan memberikan

Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya. Maka marilah kita berdoa dengan penuh kepercayaan kepada Allah, Bapa kita:

U Ya Roh Kudus sumber kasih. Ajarilah kami agar Kasih dalam keluarga mendorong kami

42 Novena Pentakosta 2015

Page 43: BUKU Novena Roh Kudus 2015

untuk terlibat dalam mengubah wajah dunia untuk menjadi serupa dengan wajah Yesus yang penuh kasih

P Ya Bapa semoga para pemimpin kami Kauanugerahi Roh KebijaksanaanMu, agar semakin bijaksana dalam memimpin dan dalam menjalankan kekuasaannya demi kesejahteraan umat manusia. Sebaliknya, semoga kami giat membangun relasi dengan sesama untuk demi tegaknya keadilan.

Kami mohon.....

P Ya Bapa, semoga semua orang kristiani Kauanugerahi Roh pengetahuan dan penghormatan. Semoga kami didorong oleh Roh untuk mencari jalanMu agar umat kristiani yang terpencar dapat berkumpul dan bersatu padu.

Kami mohon....

P Ya Bapa, semoga alat-alat dan media komunikasi dapat difungsikan sebagai alat pemersatu diantara semua bangsa. Kami mohon....

P Ya Bapa tolonglah mereka yang sedang ada dalam kesusahan karena menjadi korban dari manipulasi pemberitaan di media massa oleh ulah sekelompok orang yang mencari keuntungan. Semoga karena pertolonganMu mereka dapat mengusahakan diri terbebas dari suasana hidup yang menghimpitnya.

Kami mohon.....

I Demikianlah ya Bapa, doa-doa umatMu yang mendambakan kasih sejati. Semoga Engkau mengabulkannya. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami

U : Amin.

LITURGI EKARISTI

43 Novena Pentakosta 2015

Page 44: BUKU Novena Roh Kudus 2015

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHANI Allah Bapa yang mahakudus, terimalah kiranya doa

dan persembahan umat-Mu ini. Semoga berkat rahnmatMu kami menjadi persembahan sempurna bagi-Mu. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami. Amin

PREFASI KENAIKAN III Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus,

Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu dengan perantaraan Kristus, Tuhan kami. Sesudah bangkit dari alam maut, Ia menampakkan diri kepada semua murid-Nya. Di depan mata mereka Ia diangkat ke surga, untuk mencurahkan kepada kami daya kehidupan-Nya yang ilahi. Dari sebab itu, di seluruh muka bumi umatMu bersukaria merayakan kegembiraan Paskah bersama. segenap penghuni surga dan para malaikat yang bermadah memuliakan keagunganMu sambil tak henti-hentinya bernyanyi :

U Kudus, kudus, kuduslah Tuhan…

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

ANAK DOMBA ALLAH

ANTIFON KOMUNI Aku mohon, ya Bapa, semoga mereka bersatu

sebagaimana Kita pun bersatu. Alleluia

44 Novena Pentakosta 2015

Page 45: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus:Didoakan setelah komuni, lihat hal. 19.

DOA PENUTUP

I. Marilah berdoa.Bapa, kami menyampaikan syukur ke hadirat-Mu atas anugerah komunikasi yang berkembang pesat dalam kehidupan kami. Kami berterima kasih atas semua orang yang menggunakan media baru demi pelayanan sabda-Mu. Tetapi terutama kami berterima kasih atas sakramen Ekaristi yang kami sambut dalam perayaan ini. Dampingilah kami selalu, teristimewa para imam kami, untuk berani menggunakan media komunikasi modern untuk karya pewartaan kabar gembira Kerajaan Allah. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.

U.Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PERUTUSAN

LAGU PENUTUP

45 Novena Pentakosta 2015

Page 46: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke IVSenin, 18 Mei 2015

Kekuatan iman dalam keluarga berkat peristiwa kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Keluarga beriman keluarga yang senantiasa merasa didampingi Tuhan

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Kis 1,8Kamu akan diberi kekuatan, yakni Roh Kudus yang akan dating kepadamu maka kamu akan menjadi saksiKu sampai ke ujung bumi. Alleluia

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR (oleh imam)

TOBATI. Saudara-saudara terkasih, Tuhan itu pengasih dan

penyayang, maka dengan rendah hati dan rasa sesal yang mendalam, ma-rilah kita menyatakan tobat kita kepada-Nya:

I. Tuhanlah yang mengampuni segala kesalahanmu dan menyem buhkan segala penyakitmu. Tuhanlah yang meluputkan hidup- mu dari kematian dan memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat.

U Tuhan itu pengasih dan penyayang.

I. Tuhan tidak akan murka terus menerus, tidak untuk selamanya mengobarkan amarah-Nya. Dia tidak memperlakukan kita se- timpal dengan dosa kita, dan tidak membalas sepadan dengan kesalahan kita.

U. Tuhan itu pengasih dan penyayang.

46 Novena Pentakosta 2015

Page 47: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I. Sebagaimana langit menjulang tinggi di atas bumi, demikianlah kasih setia Tuhan terhadap orang yang takwa. Sejauh timur da-ri barat, sekian jauhlah dibuang-Nya kejahatan kita.

U. Tuhan itu pengasih dan penyayang.

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

DOA PEMBUKAI. Marilah berdoa

Allah Bapa kami, berilah kami hati yang tabah dan semangat yang menyala-nyala, agar ajaran cinta kasih Putera-Mu dapat kami buktikan dalam hidup kami; Semoga dengan kekuatan iman dalam keluarga berkat peristiwa kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Kami menjadi keluarga beriman, keluarga yang senantiasa merasa didampingi Tuhan, terlebih dalam melawan kuasa kegelapan, supaya kami dapat menjadi murid sejati seturut martabat yang Kauanugerahkan kepada kami Sebab Dialah pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U. AminLITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis 19:1-8)

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul

Ketika Apolos masih berada di kota Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman Asia, dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. Katanya kepada mereka, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia, "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus." Lalu kata Paulus kepada mereka, "Kalau

47 Novena Pentakosta 2015

Page 48: BUKU Novena Roh Kudus 2015

begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka, "Dengan baptisan Yohanes." Kata Paulus "Baptisan Yohanes adalah baptisan tobat, dan Yohanes sendiri berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian daripadanya, yaitu Yesus."

Ketika mendengar hal itu, mereka memberi diri dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang. Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Lewat pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah. Demikianlah sabda Tuhan.

U.Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN – Mzm 68:2-3. 4-5a. 6-7b;

Pola lagu buku mazmur hal. 343

5 / 5 . 5 / 4 3 4 5 / 3 . 5 4 5 3 1 / 7 17 1 4 / 3 . . . /

Tuhan mende ngar kan do a o rang ber i man

Ayat oleh solis :

5 5 45 3 .1. Allah bangkit, maka terseraklah musuh-musuh-Nya,

3 3orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari 3 43 1 . 7 . 1 3 4 4hadapan-Nya. Seperti asap hilang tertiup, 4 34 5 . 3 3seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang

48 Novena Pentakosta 2015

Page 49: BUKU Novena Roh Kudus 2015

3 17 1 4 3 . //orang fasik binasa di hada pan Al lah.

5 45 3 .2. Tetapi orang-orang benar bersuka ci ta,

3 3mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan 3 43 1 . 7 . 1 3 4 4 34 5 . ‘ 3 3 bersuka ri a. Bernyanyilah bagi Al lah, bermazmurlah

3 3 . 3 17 14 3 . //bagi nama-Nya! Nama-Nya i – a - lah Tuhan !

5 45 3 . 3. Bapa bagi anak yatim dan pelindung bagi para janda,

3 43 1 . 7 . 1 3itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus; Al - lah4 34 5 .memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara3 3 . ‘ 3Ia mengeluarkan orang-orang tahanan, sehingga

3 17 14 3 .mereka ba ha gia.

BAIT PENGANTAR INJIL __ __

: 5 / 3 . 2 / 1 3 / 4 . 3 / 2 . / 2 3 / 4 2 / 3 . / 3 : // Al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya

Ayat:

5 6 1 2 3 . Kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, 4 4 . ‘ 4carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, 4 34 5 . // duduk di sebelah kanan Al lah.

49 Novena Pentakosta 2015

Page 50: BUKU Novena Roh Kudus 2015

BACAAN INJIL (Yoh 16:29-33)

I. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

I Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata bahwa akan tiba saat-Nya bahwa la tidak lagi berbicara dengan memakai kiasan. Maka para murid berkata kepada Yesus, "Lihat sekarang Engkau berkata-kata terus terang dan Engkau tidak memakai kiasan. Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah."

Jawab Yesus kepada mereka, "Percayakah kamu sekarang? Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu dicerai-beraikan, masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia." Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI

DOA UMAT I Saudara-saudara terkasih, marilah kita mohon kepada Roh

Kudus agar Ia barkenan menjiwai hidup kita sebagai orang beriman dengan mencurahkan kekayaan kurnia-kurniaNya ke dalam diri kita serta menumbuhkan mutu hidup Kristen sehingga kita mampu membangun persekutuan yang partisipatif. Marilah kita berseru kepadanya:

U Datanglah Roh Kudus, kuatkan kami dalam berjuang melawan kuasa dunia

50 Novena Pentakosta 2015

Page 51: BUKU Novena Roh Kudus 2015

P Semoga para pengikut Kristus menemukan kembali makna permandian dan kasih karunia dalam Roh, yakni untuk bersatu dengan Allah dan menjadi saksi cinta kasihNya di dunia ini. Kami mohon:…..

P Semoga kasih Allah yang telah dicurahkan ke dalam hati kami melalui Roh Kudus, membebaskan kami dari cinta diri dan menumbuhkan dalam diri kami kasih sayang yang benar kepada saudara-saudara kami. Kami mohon:

P Semoga semua orang yang menderita karena kesepian, dikhianati cintanya, putusnya tali persahabatan atau kesepian pada masa tua, mendapatkan hiburan dalam keakraban dengan Yesus dan penghiburan serta kekuatan Roh Kudus. Kami mohon:…..

P Semoga semua orang kecil dan menderita di antara kami merasa diringankan dan diteguhkan kembali oleh Sabda Kristus, “Jangan takut, Aku telah mengalahkan dunia.” Kami mohon:…..

P Semoga kami yang hadir di sini bersedia mengikuti Kristus dan menerima Roh Kudus karena di dalam Dia ada kebahagiaan dan kedamaian. Kami mohon:…..

P Semoga kami semakin menyadari bahwa kebahagiaan adalah hasil dari sebuah komitmen, perjuangan, solidaritas dengan Yesus yang menderita. Kami mohon:…..

I Ya Tuhan, meskipun kami tetap mengakui iman kami, namun kelemahan kami menyebabkan kami mengecewa-kan Engkau dengan menjauhkan diri kami dari Dikau. Berikanlah kepada kami pada hari ini kesempatan untuk mempererat persatuan iman dan kasih kami dengan Dikau, supaya kami dapat juga mengambil bagian dalam kemenangan dan damaiMu. Engkau yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa

U : Amin.

51 Novena Pentakosta 2015

Page 52: BUKU Novena Roh Kudus 2015

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I Allah Bapa kami, ajarilah kami melatih diri dalam cintakasih agar dapat menyelamatkan dunia. Berilah kami rejeki yang mendatangkan kesatuan cinta kasih diantara kami. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

U : Amin

PREFASI KENAIKAN TUHAN II Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus,

Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di manapun kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab Tuhan Yesus, raja mulia, yang mengalahkan dosa dan maut, telah naik ke surga. Para malaikat takjub menyongsong Dia, Pengantara tunggal Allah dan manusia, Hakim atas dunia dan Tuhan segala kuasa. Ia pulang kepadaMu, ya Bapa, tidak untuk meninggalkan kami manusia yang lemah ini, tetapi untuk mengokohkan harapan kami, bahwasanya Dia, kepala dan pokok pangkal Gereja, merintis jalan ke surga bagi kami, anggota Tubuh-Nya. Dari sebab itu di seluruh muka bumi umatMu bersukaria merasakan kegembiraan Paskah, bersama segenap penghuni surga dan para malaikat bermadah memuliakan keagunganMu sambil tak henti-hentinya bernyanyi :

U Kudus, kudus, kuduslah Tuhan…

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan

Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

52 Novena Pentakosta 2015

Page 53: BUKU Novena Roh Kudus 2015

ANTIFON KOMUNI - Yohanes 14:18; 16:23* Kamu takkan Kutinggalkan sebagai yatim piatu, Aku akan

kembali dan hatimu akan bersukacita. Alleluya.

Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus:Didoakan setelah komuni, lihat hal. 19.

DOA PENUTUPI : Marilah berdoa:

Allah Bapa kami, dengan roti dan anggur Engkau menunjukkan bagaimana Engkau mendampingi kami. Semoga kami yang telah Kau perkenankan menyantap rejeki surgawi itu, ganti menampakkan kesetiaan kami kepada-Mu membangun dunia agar kasih persaudaraan sungguh mempersatukan kami. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa.

U : Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSANLAGU PENUTUP

53 Novena Pentakosta 2015

Page 54: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke VSelasa, 19 Mei 2015

Keluarga yang mampu membuka diri bagi rahmat Tuhan dan kesanggupan menjadi saksi dan pelayan sabda di tengah dunia

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIPHON PEMBUKA Akulah awal dan akhir Aku mati namun kini hidup.

Sungguh aku hidup selama-lamanya. Alleluia.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

TOBAT

I. Tuhan Yesus Kristus, Engkau kabar baik dari Allah yang dapat menyelamatkan kami. Tuhan kasihanilah kami.

U. Tuhan kasihanilah kami

I. Engkau menguatkan kami dan melindungi kami terhadap yang jahat. Kristus kasihanilah kami.

U. Kristus, kasihanilah kami.

I. Engkau membimbing kami supaya kami dapat mengasihi Allah dan menjadi tabah hati seperti Engkau sendiri. Tuhan kasihanilah kami.

U. Tuhan kasihanilah kami

I. Semoga Allah yang Mahakuasa dan Maharahim menga-sihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan menghantar kita ke hi-dup yang kekal.

54 Novena Pentakosta 2015

Page 55: BUKU Novena Roh Kudus 2015

U Amin.

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoaAllah Bapa yang mahakuasa dan maharahim, semoga Roh Kudus turun atas keluarga kami dan tinggal di dalam diri kami, sehingga kami menjadi kenisah kemuliaan-Mu dan menjadi pewarta sabda-Mu sebagaimana Santo Paulus dengan rendah hati dan setia melayani Engkau sampai akhir hayat. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persekutuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U.Amin.LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis 20:17-27)

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

Dalam perjalanannya ke Yerusalem Paulus menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus. Sesudah mereka datang, berkatalah Paulus kepada mereka: "Kamu tahu, bagaimana aku hidup di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku. Sungguh pun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkum-pulan-perkumpulan di rumahmu. Aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus Kristus.

55 Novena Pentakosta 2015

Page 56: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem, dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ selain apa yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku. Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit-pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

Sekarang aku tahu, bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberi-takan Kerajaan Allah. Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu, bahwa aku bersih; aku tidak bersalah terhadap siapa pun yang akan binasa. Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu."

Demikianlah sabda Tuhan.U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN – Mzm 68: 10-11. 20-21; Pola lagu Buku Maz. Hal. 52

5 5 5 6 / 1 1 2 / 3 3 3 1 / 2 . / A ku warta kan karya a gungMu Tuhan

5 5 5 6 / 1 1 2 / 3 3 2 6 / 1 . //Karya a gungMu karya ke se la mat an

1 6 1 5 . 1 Hujan yang melimpah Engkau siramkan, ya Al lah;

2 1 3 2 . /tanah milik-Mu yang gersang Kau pu lih kan, 5 6 1 1 . ‘

56 Novena Pentakosta 2015

Page 57: BUKU Novena Roh Kudus 2015

sehingga kawanan hewan-Mu menetap di sana; 1 6 1 5 . dalam keba i kan-Mu. 2 3 3 2 1

. //Engkau memenuhi kebutuhan orang yang tertindas.

1 1 . 1 6 12. Terpujilah Tuhan ! Hari demi hari Ia menanggung beban

5 5 . ‘ 2 2 1 3 2 . ‘ ki ta; Allah adalah keselamatan ki ta. 5 6 1 6 1 5 . 5 .Allah kita adalah Allah yang menye la mat kan, 2 2 3 2 1 . /Allah Tuhanku, memberi keluputan da ri ma ut.

BAIT PENGANTAR INJIL

1 2 3 1 2 3 2 1 6 5 1 2 3 2 1 1 . // Al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya

Ayat:

1 23 3 3A ku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan 3 2 3 1 . / kepadamu seorang penolong yang la in,3 1 2 3 2 1 . //supaya Ia menyertai kamu se la ma- la ma nya.

BACAAN INJIL Yoh 17:1-11a

I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes

57 Novena Pentakosta 2015

Page 58: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa, "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supa-ya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Anak-Mu akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan me-nyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk Kulakukan. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku, dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Sebab se-gala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampai-kan kepada mereka, dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, te-tapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu, dan segala milik-Mu adalah milik-Ku, dan milik-Ku adalah milik-Mu, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Aku tidak lagi ada dalam dunia, teta-pi

58 Novena Pentakosta 2015

Page 59: BUKU Novena Roh Kudus 2015

mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu." Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.

HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS Lihat halaman 10.

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHANI. Marilah kita berdoa,

Allah Bapa yang mahamulia, bersama roti dan anggur ini, kami persembahkan keluarga kami. Berkatilah dan kuduskanlah pula iman kami agar memperoleh santapan keselamatan. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U. Amin

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS Didoakan setelah komuni, lihat hal. 12.

ANTIFON KOMUNI Tuhan bersabda Roh Kudus yang akan diutus Bapa demi

namaKu, akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu

59 Novena Pentakosta 2015

Page 60: BUKU Novena Roh Kudus 2015

dan memperingatkan segala yang telah Kunyatakan kepadamu.

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah berdoaAllah Bapa yang mahamulia, Putera-Mu meminta kami merayakan ibadat ini untuk mengenangkan Dia. Kami telah ikut serta dalam kurban-Nya dam mohon dengan rendah hati semoga Engkau mengobarkan cinta kasih dalam keluarga kami untuk semakin bersatu dengan Dikau. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.

U.Amin

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP

60 Novena Pentakosta 2015

Page 61: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke VIRabu, 20 Mei 2015

Keluarga yang dibebaskan dari segala yang jahat, dan selalu merasakan suka cita dalam roh kebenaran, dan keluarga yang selalu diteguhkan dalam menjadi saksi iman.

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Maz 46,2 Bertepuk tanganlah hai segala bangsa bersoraklah bagi

Allah dengan suara gembira Alleluia.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

TOBAT

I. Kasihanilah kami, ya Bapa.U. Sebab kami orang berdosa.I. Tunjukkanlah belas kasihan-Mu kepada kami.U. Sebab kami orang berdosa.I. Anugerahkanlah keselamatan kepada kami.U. Sebab kami orang berdosa.I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita,

mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

U Amin.

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoa:

61 Novena Pentakosta 2015

Page 62: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Allah Bapa yang mahaesa, perkenankanlah keluarga-keluarga yang dihimpun Roh Kudus dalam Gereja-Mu mengabdi Engkau dengan tulus hati serta bersatu padu dalam cinta kasih Kristus. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA (Kis 20:28-38)

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

Dalam perpisahan dengan para panatua jemaat dari Efesus, Paulus berkata "Jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri. Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar supaya mengikut mereka.

Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya mena-sihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata. Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan berkuasa pula menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah diku-duskan. Perak atau emas atau pakaian tidak pernah aku ingini dari siapa pun juga. Kamu sendiri

62 Novena Pentakosta 2015

Page 63: BUKU Novena Roh Kudus 2015

tahu, bahwa dengan ta-nganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keper-luanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku.

Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab la sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berba-hagia memberi daripada menerima."

Sesudah mengucapkan kata-kata itu, Paulus berlutut dan ber-doa bersama-sama dengan mereka semua. Maka menangislah mereka semua tersedu-sedu, dan sambil memeluk Paulus, me-reka berulang-ulang mencium dia. Mereka sangat berdukacita, terlebih-lebih karena Paulus katakan, bahwa mereka tidak akan melihat mukanya lagi. Lalu mereka mengantar dia ke kapal.Demikianlah sabda Tuhan.

U Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN Mzm.68:29-30.33-35a.35b.36c; Pola lagu Buku maz. Hal 262

3 2 /1 1 1 2 2 1 2 / 3 3 . 6 6 / 2 2 . 2 1 65 /6 . .//Tu han memberkati u matNya dengan damai se jahte ra

Ayat :3 2 1 2 2 1 2 3 . 6

2 1. Kerahkanlah kekuatan-Mu, yaAl lah, tujukkanlah

kerkuatan2 21 6 . / 3 2 1 2 2

12 3Mu, ya Al lah, Engkau yang telah bertindak ba gi ka

mi.

63 Novena Pentakosta 2015

Page 64: BUKU Novena Roh Kudus 2015

6 6 . ‘ 6Demi bait-Mu di Yerusalem, raja-raja menyampaikan6 2 2 65 6 . /persembahan ke pa da- Mu.

3 2 1 1 . ‘2 Hai kerajaan-kerajaan bumi, menyanyilah bagi Allah,

1 2 2 12 3 . 6 6

bermazmurlah bagi Tuhan, bagi dia yang berkendaraan 6 2 2 21 6 . /melintasi langit pur ba ka la. 3 2 1 2 2 21 3Perhatikanlah, Ia memperdengarkan su a ra, 6 2 1 65 6

.suara-Nya yang dahsyat! Akuilah ke ku at an Al lah.

3 2 1 2 2 12 3 .3 Kemegahan-Nya ada di a tas I sra el,

6 6 .’ 2 1 65 6 . /kekuatan-Nya di dalam awan-awan. Terpuji lah Al lah !

BAIT PENGANTAR INJIL – Yohanes 17:17b.

3 . 2 / 3 2 1 / 4 . 5 / 4 3 2 / 3 . 4 / 2 1 //Al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya

Ayat:

3 4 5 4 2 3 . 2 . Firman-Mu, ya Tuhan, adalah kebe nar an. 1 1 2 3 1 2 . 1 . Kuduskanlah kami dalam ke be na ran.

BACAAN INJIL Yoh 17:11 b-19

64 Novena Pentakosta 2015

Page 65: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, "Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku. Aku telah menjaga mereka, dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu. Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka, dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebe-naran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia. Dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun diku-duskan dalam kebenaran."Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS Llihat hal. 10.

65 Novena Pentakosta 2015

Page 66: BUKU Novena Roh Kudus 2015

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Marilah berdoa,Allah Bapa mahamulia, kuduskanlah persembahan ini agar ke-luarga kami dapat ikut serta dalam kegembiraan dan persatuan yang dijanjikan oleh Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U.Amin.

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS – (didoakan setelah komuni, lihat hal. 12)

ANTIFON KOMUNI Yoh 15, 26-27 Tuhan bersabda : Aku akan mengutus penolong, yaitu

Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah berdoaTuhan Yesus Kristus, ikatlah anggota keluarga kami dengan cinta-Mu dan jauhkanlah keluarga kami dari perselisihan dan perpecahan agar kami dapat bersatu sama seperti Engkau dan Bapa adalah satu, sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

U.Amin.

66 Novena Pentakosta 2015

Page 67: BUKU Novena Roh Kudus 2015

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSANNYANYIAN PENUTUP

67 Novena Pentakosta 2015

Page 68: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke VIIKamis, 21 Mei 2015

Keluarga yang mampu membangun kebersamaan sebagai Ecclesia Domestica , setiap anggotanya mampu mampu hidup sejati dan sejiwa dan mampu terus menerus membangun kesatuan dengan Gereja

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Ibr 4,16 Marilah kita menghadap takhta kasih karunia dengan

penuh harapan untuk memperoleh rahmat dan mendapat pertolongan pada waktunya. Aleluya.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

TOBAT

I. Selama kusembunyikan dosaku, batinku tertekan, dan aku mengeluh sepanjang hari.

U. Berbahagialah orang yang dosanya diampuni.I. Aku mengakui dosaku di hadapan-Mu, Tuhan,

kesalahanku ti-dak kusembunyikan.U. Berbahagialah orang yang dosanya diampuni.

I. Nasib orang berdosa sengsara belaka, tetapi orang yang percaya kepada Tuhan dilimpahi kasih setia.

U. Berbahagialah oran, yang dosanya diampuni.

68 Novena Pentakosta 2015

Page 69: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U Amin

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoaTuhan Yesus Kristus, utuslah Roh KudusMu agar anggota keluarga kami saling mencintai sehingga kami dapat bersatu sama seperti Engkau dan Bapa adalah satu dan dapat bersaksi kepada masyarakat di sekitar kami. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA Kis 22:30; 23.6-11

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

Setelah Paulus ditangkap di kota Yerusalem, kepala pasukan ingin mengetahui dengan teliti apa yang dituduhkan orang-orang Yahudi kepada Paulus. Karena itu ia menyuruh mengambil Paulus dari penjara dan memerintahkan supaya imam-imam kepala dan seluruh Mahka-mah Agama berkumpul. Lalu ia membawa Paulus dari markas dan menghadapkannya kepada mereka.Paulus tahu bahwa sebagian dari mereka itu termasuk golongan orang Saduki dan sebagian termasuk golongan orang Farisi. Oleh karena itu ia berseru dalam Mahkamah Agama itu, kata-nya, "Hai Saudara-saudaraku, aku adalah orang Farisi, ketu-runan orang Farisi; aku dihadapkan ke Mahkamah ini, karena aku mengharapkan kebangkitan orang mati."

69 Novena Pentakosta 2015

Page 70: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Ketika Paulus berkata demikian, timbullah perpecahan antara orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki, dan terbagi-bagilah orang banyak itu. Sebab orang-orang Saduki mengatakan, bah-wa tidak ada kebangkitan, dan tidak ada malaikat atau roh, tetapi orang-orang Farisi mengakui kedua-duanya.Maka terjadilah keributan besar. Beberapa ahli Taurat dari golongan Farisi tampil ke depan dan membantah dengan keras, katanya, "Kami sama sekali tidak menemukan sesuatu yang salah pada orang ini! Barangkali ada roh atau malaikat yang telah berbicara kepadanya." Maka terjadilah perpe-cahan besar, sehingga kepala pasukan takut, kalau-kalau mereka akan mengoyak-ngoyak Paulus. Karena itu ia meme-rintahkan pasukan supaya turun ke bawah dan mengambil Paulus dari tengah-tengah mereka lalu membawanya ke markas.Pada malam berikutnya Tuhan datang berdiri di sisi Paulus dan berkata kepadanya, "Kuatkanlah hatimu, sebab sebagai-mana engkau dengan berani telah bersaksi tentang Aku di Yerusalem, demikian jugalah hendaknya engkau pergi bersaksi di Roma."Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN – Mzm 16:1-2a.5. 7-8. 9-10. 11;

1 . . / 5 . . / 3 2 1 / 4 4 5 / 6 . 6 / 5 . . /Tu han si a pa di am di ke mah-Mu2 2 3 / 4 4 3 / 2 . 1 / 6 6 7 / 1 . . //si a pa tinggal di ke mah Mu yang su ci.

70 Novena Pentakosta 2015

Page 71: BUKU Novena Roh Kudus 2015

1 1 3 5 6 5 . ‘1. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.

5 3 4 2 . / 3 3 . 3Aku berkata kepada Tuhan, “Engkaulah Tuhanku. Ya 3 12 3 . ‘ 2Tuhan, Engkaulah bagian warisan dan pia la ku,

Engkau 2 2sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan 2 3 1 1 . //kepa da ku.”

1 1 3 5 6 5 .2. Aku memuji Tuhan,yang telah memberi nasihat

kepadaku,5 34 2 . ‘pada waktu malam aku diajar oleh hati nura ni ku. 3 3 12 3 . ‘Aku senantiasa memandang kepada Tu han; 2 3 1 1

. //karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

1 1 3 5 6 5 .’3. Sebab i tu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-

sorai, 5 3 4 2 .’ 3 3dan tubuhku akan diam dengan tenteram; sebab

Engkau3 12 3 . ‘ 2tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan

71 Novena Pentakosta 2015

Page 72: BUKU Novena Roh Kudus 2015

2 2 3 1 1 . /

tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan.

1 1 3 5 6 5 . ‘4. Engkau memberitahukan kepadaku alam kehidupan;

5 34 2 .di hadapan-Mu ada sukacita ber limpah,

3 3 12 3 . 2 2 3 1 1 . //di tangan kanan-Mu, ada nikmat yang a ba di.

BAIT PENGANTAR INJIL Yoh 17: 21)

5 5 5 / 5 6 5 4 /3 . / 3 5 4 3/2 ./ 5 5 5 / 5 6 5 4/3./ 2 3 42/ 1Alleluya, Al leluya, al leluya, al leluya, alleluya, alle lu ya

Ayat:

3 3 . ‘ 3 Semoga mereka semua menjadi satu, sama seperti

Engkau, 3 3 . 3 21 2

.ya Bapa, ada di dalam Aku dan Aku di dalam Eng kau, 4 4 . ‘ 4 4supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah 4 34 5 . mengutus A ku.

BACAAN INJIL Yoh 17:20-26 I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes.

72 Novena Pentakosta 2015

Page 73: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi para pengikut-Nya, "Bapa yang kudus, bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, ada di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mere-ka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku, dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Ya Bapa, Aku mau supaya di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, yakni mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemu-liaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.

Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, teta-pi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkau-lah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."Demikianlah Injil Tuhan

U Terpujilah Kristus.

HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS

73 Novena Pentakosta 2015

Page 74: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Llihat halaman 10.

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Marilah kita berdoa,Ya Bapa, bersama roti dan anggur ini kami persembahkan pula niat keluarga kami untuk senantiasa bersaksi di tengah masyarakat, persatukanlah dengan kurban Yesus, PuteraMu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

U. Amin

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah kita berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS Didoakan setelah komuni, lihat hal. 12.

ANTIFON KOMUNI Yohanes 16:7

* Tuhan bersabda, “Sungguh benar sabda-Ku ini: Berguna bagimu bahwa Aku pergi. Kalau tidak, Penolong takkan datang kepadamu.” Alleluya.

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah berdoaYa Bapa yang mahakudus, kami bersyukur atas berkatMu yang kami terima lewat sabda dan Komuni Kudus; kuatkanlah persa-tuan keluarga kami agar

74 Novena Pentakosta 2015

Page 75: BUKU Novena Roh Kudus 2015

dapat menjadi saksiMu sepanjang hidup kami. Demi Kristus Tuhan pengantara kami.

U. Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSAN

LAGU PENUTUP

75 Novena Pentakosta 2015

Page 76: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke VIIIJum’at, 22 Mei 2015

Keluarga yang setiap anggotanya memiliki kekuatan untuk dapat mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa akal budi dan mampu menjadi murid dan pelayan yang setia

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Why 1:5-6 Kristus menaruh cinta kasih kepada kita, dan

menguduskan kita dengan darah-Nya. Ia menjadikan kita raja dan imam di hadapan Allah Bapa-Nya. Alleluya.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

TOBAT

DOA PEMBUKAI. Marilah berdoa,

Ya Bapa, karena cinta kepadaMu, Rasul Petrus dan Paulus menggembalakan dan melayani umatMu sampai berani mem-pertaruhkan nyawa. Kami mohon, utuslah Roh Kudus-Mu agar kami pun berani mencintai Yesus, saling mengasihi dan melayani dalam keluarga dan masyarakat. Sebab Engkaulah (Dialah)Tuhan, pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

76 Novena Pentakosta 2015

Page 77: BUKU Novena Roh Kudus 2015

LUTURGI SABDA

BACAAN PERTAMA Kis 25:13 -21L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

Waktu Paulus ditahan dalam penjara di kota Kaisarea, da-tanglah Raja Agripa dengan Bernike ke Kaisarea untuk mengadakan kunjungan kehormatan kepada Gubernur Festus. Karena mereka beberapa hari lamanya tinggal di situ, Festus memaparkan perkara Paulus kepada raja itu, katanya, "Di sini ada seorang tahanan yang ditinggalkan Gubernur Feliks pada waktu dia pergi. Ketika aku berada di Yerusa-lem, imam-imam kepala dan tua-tua orang Yahudi mengaju-kan dakwaan terhadap orang itu dan meminta supaya ia dihukum. Aku menjawab mereka, bahwa bukanlah kebiasa-an pada orang-orang Roma untuk menyerahkan seorang terdakwa sebagai suatu anugerah sebelum ia dihadapkan dengan orang-orang yang menuduhnya dan diberi kesem-patan untuk membela diri terhadap tuduhan itu.

Karena itu mereka turut bersama-sama dengan aku ke mari. Pada keesokan harinya aku segera mengadakan sidang pengadilan dan menyuruh menghadapkan orang itu. Tetapi ketika para pendakwa berdiri di sekelilingnya, mereka tidak mengajukan suatu tuduhan pun tentang perbuatan jahat, seperti yang telah aku duga. Mereka hanya berselisih paham dengan dia tentang soal-soal agama mereka, dan tentang seorang yang bernama Yesus, yang sudah mati, tetapi dengan yakin Paulus mengatakan bahwa la hidup. Karena aku ragu-ragu bagaimana harus memeriksa perkara-perkara seperti itu, aku menanyakan apakah Paulus mau pergi ke Yerusalem, supaya perkaranya dihakimi di situ. Tetapi Paulus naik banding. la

77 Novena Pentakosta 2015

Page 78: BUKU Novena Roh Kudus 2015

minta, supaya ia tinggal dalam tahanan, dan menunggu sampai perkaranya diputus-kan oleh Kaisar. Karena itu aku menyuruh menahan dia sampai aku dapat mengirim dia kepada Kaisar."Demikianlah sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN – Mzm 103: 1-2. 11-12. 19-20b;

Pola Lagu buku Mazmur hal 220

i . 5 . / 5 . 6 5 / 3 . 4 / 5 . 5 . / i . 5 . / 6 . 5 5 / 6 . 7 7 / i . .Puji ji wa ku na ma Tuhan jangan lu pa pengasih Yahwe

Ayat :i 7 6 . ‘ 5

5 4. Pujilah Tuhan hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus,

5 6 7 i .’ 6 2i 7. 5hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku,

janganlah 5 7 ilupa akan segala kebaikan-Nya.

i 7 6 . ‘ 5 5 5. Setinggi langit dari bumi, demikianlah besarnya kasih

5 5 . ‘ 5 6 7 i .setia Tuhan atas orang-orang yang takwa kepada-Nya! 6 2i 7 . ‘ 5 5 Sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran-5 7 i pelanggaran kita dibuang-Nya.i i 7 6 . ‘

6. Tuhan sudah menegakkan takhta-Nya di surga 5 67 i .dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesu a tu.

78 Novena Pentakosta 2015

Page 79: BUKU Novena Roh Kudus 2015

6 2i 7 . 5Pujilah Tuhan, hai malaikat malaikat-Nya, agungkanlah 5 7 i . // Dia hai pahlawan-pahlawan perkasa.

BAIT PENGANTAR INJIL – Yoh 14 : 26

1 2 3 1 2 3 2 1 6 5 1 2 3 2 1 1 . //Al le lu ya, al le lu ya, al le lu ya

Solo:

1 23 3 2 3 1 .

Roh Ku dus akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu; 3 3Ia akan mengingatkan kamu akan semua yang telah 3 1 23 2 . 1 . //Kukatakan ke pa da mu.

BACAAN INJIL Yoh 21:15-19I Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes.I Yesus yang telah bangkit menampakkan diri kepada

murid-murid-Nya. Sesudah mereka sarapan, Yesus berkata kepada Simon Petrus, "Simon anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya, "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya, "Gembalakanlah domba-domba-Ku!" Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua ka-linya, "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya. "Benar, Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya, "Gembalakanlah domba-domba-Ku!" Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya, "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?"

79 Novena Pentakosta 2015

Page 80: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Maka sedihlah hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya, "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya, "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu! Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau."

Kata Yesus kepadanya, "Gembalakanlah domba-domba-Ku!" Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika masih muda engkau sendiri mengikat pinggangmu dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki. Tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu, dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki."

Hal ini dikatakan Yesus untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demi-kian la berkata kepada Petrus, "Ikutlah Aku." Demikianlah Injil Tuhan.

U Terpujilah Kristus.

HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS Lihat halaman 10.

LITURGI EKARISTI

NYANYIAN PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Marilah berdoa,Ya Bapa, bersama roti dan anggur ini kami persembahkan hidup keluarga kami. Semoga kami dapat saling melayani dalam keluarga, Gereja dan masyarakat untuk semakin menampakan cinta kami kepadaMu. Ini semua kami mohon dengan peran-taraan Yesus Kristus PuteraMu, Yang bersama Engkau dan Roh

80 Novena Pentakosta 2015

Page 81: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Kudus, hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin.

U.Amin.

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS Didoakan setelah komuni, lihat hal. 12.

ANTIFON KOMUNI Yohanes 16:13

* Tuhan bersabda, “Roh kebenaran akan datang dan mengajarkan segala kebenaran kepadamu.” Alleluya.

DOA SESUDAH KOMUNII. Marilah berdoa,

Ya Bapa, kami bersyukur atas penyertaan-Mu. Semoga keluarga kami semakin menyadari bahwa cinta kepada-Mu harus kami wujudkan dengan saling melayani dalam keluarga, Gereja, dan masyarakat di sekitar kami. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

U.Amin.

RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PENGUTUSAN

NYANYIAN PENUTUP

81 Novena Pentakosta 2015

Page 82: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Novena hari ke IXSabtu, 23 Mei 2015

Keluarga yang tidak menyia nyiakan kasih yang telah diterima dari Tuhan dan membawa banyak orang untuk mengenal kasih Tuhan

Untuk digunakan pada sabtu pagi/siang

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Kis 1,14

Para murid semua sehati dan bertekun bersama para wanita dan Maria, Bunda Yesus serta saudara-saudara Yesus. Alleluia.

TANDA SALIB DAN SALAM

PENGANTAR oleh imam

PENGANTAR

TOBATI. Tuhan Yesus Kristus, Engkau kabar baik dari Allah

yang dapat menyelamatkan kami. Tuhan kasihanilah kami.

U. Tuhan kasihanilah kami

I. Engkau menguatkan kami dan melindungi kami terhadap yang jahat. Kristus kasihanilah kami.

U. Kristus, kasihanilah kami.

82 Novena Pentakosta 2015

Page 83: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I. Engkau membimbing kami supaya kami dapat mengasihi Allah dan menjadi tabah hati seperti Engkau sendiri. Tuhan kasihanilah kami.

U. Tuhan kasihanilah kami

I. Semoga Allah yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U Amin.

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoa,Ya Allah, sebagai ciptaan-Mu kami bersyukur atas penyertaan-Mu selama ini. Semoga dengan novena ke-9 ini, kami Kau bimbing untuk menyadari segala anugerah-Mu yang besar, sehingga sebagai mahkluk yang lemah ini kami mampu menangkap kebesaran-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persekutuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA Kis 28:16-20.30-31

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul:

Setelah tiba di Roma, Paulus yang dalam tahanan diperbo-lehkan tinggal dalam rumah sendiri bersama-sama seorang prajurit yang mengawalnya. Tiga hari kemudian Paulus memanggil orang-orang terkemuka bangsa Yahudi, dan sete-lah mereka berkumpul, Paulus berkata, "Saudara-saudara, aku tidak berbuat kesalahan terhadap bangsa kita atau

83 Novena Pentakosta 2015

Page 84: BUKU Novena Roh Kudus 2015

terhadap adat-istiadat nenek moyang kita! Meskipun demi-kian aku ditangkap di Yerusalem dan diserahkan kepada orang-orang Roma. Setelah aku diperiksa, mereka bermak-sud melepaskan aku, karena tidak terdapat suatu kesalahan pun padaku yang setimpal dengan hukuman mati.

Akan tetapi orang-orang Yahudi menentangnya, dan karena itu terpaksalah aku naik banding kepada Kaisar, tetapi bukan dengan maksud untuk mengadukan bangsaku. Itulah sebabnya aku meminta, supaya boleh bertemu dan berbicara dengan kamu, sebab justru karena pengharapan Israellah aku diikat dengan belenggu ini."

Dua tahun penuh Paulus tinggal di rumah yang disewanya sendiri itu; ia menerima semua orang yang datang kepada-nya. Dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus.

Demikianlah sabda Tuhan.U. Syukur kepada AllahMAZMUR TANGGAPAN (Buku Maz. Hal. 76)

3 3 3 / 6 3 1 7 6 5 / 6 . 0 5 5 5 / i 5 Curahkan rahmat dalam ha ti ku, cip ta kan ha ti

6 7 1 2 / 3 2 3 . //dan semangat ba ru

6 7 i 2 3 3 2 11. Pujilah Tuhan, hai jiwaku ! Tuhan Allahku,

i 7 6 . 3 3 3 6 Engkau sungguh besar ! Betapa banyak karya-Mu,6 7 . i 2 i 7 6 . ya Tuhan bumi penuh dengan cipta an-Mu.

6 7 i 2 3 .2. Apabila Engkau mengambil roh mereka,

3 2 i 7 6 .

84 Novena Pentakosta 2015

Page 85: BUKU Novena Roh Kudus 2015

matilah mereka dan kembali menjadi debu3 3 3 6. 6A pa bi la Engkau mengambil roh-Mu, 6 7merekapun tercipta kemba - li i 2 i 7 6 . // dan engkau membaharuai muka bu mi.6 7 i i 2

3 .3. Biarlah kemuliaan Tuhan tetap untuk selama-

lamanya, 3 2 1 i ibi ar lah Tuhan bersuka-cita atas semua yang i 7 5 .diciptakan-Nya. 3 3 6 7 .Bi ar lah renunganku berkenan kepada-Nya !i 2 i 7 6 . // Aku hendak bersuka-cita karena Tu han.

BAIT PENGANTAR INJIL Yoh 16:7.13

5 . 6 5 / 4 3 2 0 / 4 . 5 4 / 3 2 1 3 / 2 . 1 7 / 1 . . . //Al le lu ya, al le lu ya, al le lu yaAlleluya. 1 2 3 21 2 . /Aku akan mengutus Roh Kebenaran kepadamu, sabda Tuhan.4 34 5 . //Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebe nar an..

BACAAN INJIL Yoh 21:20-25

85 Novena Pentakosta 2015

Page 86: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I Setelah Yesus yang bangkit berkata kepada Petrus, "Ikutlah Aku," Petrus berpaling dan melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus; dia inilah yang berkata, "Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?"

Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus, "Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?" Jawab Yesus, "Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau, ikutlah Aku."

Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu, bahwa murid itu tidak akan mati. Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus, bahwa murid itu tidak akan mati, melainkan, "Jikalau Aku menghendaki supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu."

Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, dan yang telah menuliskannya; dan kita tahu, bahwa kesak-siannya itu benar. Masih banyak hal-hal lain lagi yang diper-buat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu persatu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat se-mua kitab yang harus ditulis itu.

HOMILI

DOA UMAT MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUSLihat halaman 10.

LITURGI EKARISTI

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I. Marilah berdoa,

86 Novena Pentakosta 2015

Page 87: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Ya Bapa, terimalah persembahan keluarga kami sebagai ung-kapan syukur, bersama Kristus yang telah mengorbankan hidupNya bagi keselamatan kami. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami.

U.Amin.

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS Didoakan setelah komuni, lihat hal. 10.

ANTIFON KOMUNI Yoh 16,14 Tuhan bersabda : Roh Kudus akan memuliakan

Daku. Sebab Ia akan menyatakan kepadamu, yang diterimakan kepadaKu. Alleluia

DOA SESUDAH KOMUNII. Marilah berdoa,

Allah Bapa Tuhan kami, semoga rahmat yang kami terima sela-ma Novena ini senantiasa mengingatkan kami untuk bersyukur, atas segala anugerahMu, semoga keluarga-keluarga di Keus-kupan Surabaya menjadi Gereja rumah tangga yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami;

U.Amin.

RITUS PENUTUP

87 Novena Pentakosta 2015

Page 88: BUKU Novena Roh Kudus 2015

BERKAT DAN PENGUTUSAN

NYANYIAN PENUTUP

Jika Misa Novena diadakan pada sabtu petang,Maka rumus berikut dapat digunakan

RITUS PEMBUKA

NYANYIAN PEMBUKA PS 455

ANTIFON PEMBUKA Rm 5:5; 10:11

Cinta kasih Allah dicurahkan ke dalam hati kita berkat Roh- Nya yang diam dalam diri kita. Aleluia.

TANDA SALIB DAN SALAM

IPENGANTAR

TOBAT

KEMULIAAN

DOA PEMBUKA

I. Marilah berdoa,Ya Allah, sebagai ciptaanMu kami bersyukur atas penyertaanMu selama ini. Semoga dengan novena ke-9 ini, kami Kau bimbing untuk menyadari segala anugerahMu yang besar, sehingga seba-gai mahkluk yang lemah ini kami mampu menangkap kebe-saranMu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U.Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN PERTAMA

88 Novena Pentakosta 2015

Page 89: BUKU Novena Roh Kudus 2015

L : Bacaan dari Kitab Nubuat Yoel 2 : 28 -32a.

Beginilah firman Tuhan, “Bila hari Tuhan datang Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia. Maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku.Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap.Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. Dan barangsiapa berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan seperti yang telah difirmankan Tuhan’ dan setiap orang yang dipanggil Tuhan akan termasuk orang-orang yang terlepas.Demikianlah sabda Tuhan.

MAZMUR TANGGAPAN

3 3 3 / 6 3 1 7 6 5 / 6 . 0 5 5 5 / i 5 Curahkan rahmat dalam ha ti ku, cip ta kan ha ti

6 7 1 2 / 3 2 3 . //dan semangat ba ru

6 7 i 2 3 3 2 i4. Pujilah Tuhan, hai jiwaku ! Tuhan Allahku,

i 7 6 . 3 3 3 6 Engkau sungguh besar ! Betapa banyak karya-Mu,6 7 . i 2 i 7 6 . ya Tuhan bumi penuh dengan cipta an-Mu.

6 7 i 2 3 .5. Apabila Engkau mengambil roh mereka,

89 Novena Pentakosta 2015

Page 90: BUKU Novena Roh Kudus 2015

3 2 i 7 6 .matilah mereka dan kembali menjadi debu3 3 3 6 . 6A pa bi la Engkau mengambil roh-Mu, 6 7merekapun tercipta kemba - li i 2 i 7 6 . // dan engkau membaharuai muka bu mi.6 7 i i 2

3 .6. Biarlah kemuliaan Tuhan tetap untuk selama-

lamanya, 3 2 1 i ibi ar lah Tuhan bersuka-cita atas semua yang i 7 5 .diciptakan-Nya. 3 3 6 7 .Bi ar lah renunganku berkenan kepada-Nya !i 2 i 7 6 . // Aku hendak bersuka-cita karena Tu han.

BACAAN KEDUA Rm 8 : 22 - 27

L : Bacaan dari surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma

Saudara-saudara,Kita tahu, sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasakan sakit bersalin; dan bukan makhluk-makhluk saja ! Kita. Yang telah menerima Roh Kudus sebagai karunia sulung dari Allah, kita pun mengeluh dalam hati sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita. Tetapi keselamatan kita itu masih dalam pengharapan, sebab pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi namanya; sebab bagaimana orang masih menghapkan apa yang sudah dilihatnya ?

90 Novena Pentakosta 2015

Page 91: BUKU Novena Roh Kudus 2015

Tetapi kalau kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, maka kita akan menantikannya dengan tekun.Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa. Tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.Dan Allah yang menyelami hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah; berdoa utuk orang-orang kudus.Demikianlah sabda Tuhan.

BAIT PENGANTAR INJIL

3 5 6 5 / i 7 6 . / 3 2 1 2 / 3 . . . //Al le lu ya, al le lu ya.

Ayat:

i i i 7 6 . /Datanglah Roh Kudus, penuhilah hati kaum beriman, 6 i 2 2 12 3 . //dan nyalakanlah api cinta-mu di dalam hati me re ka.

BACAAN INJIL Yoh. 7:37-39

I : Inilah Injil Yesus kristus menurut Yohanes

Pada hari terakhir perayaan Pondok Daun, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum! Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh kitab suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” Yang dimaksud Yesus ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang

91 Novena Pentakosta 2015

Page 92: BUKU Novena Roh Kudus 2015

percaya kepadaNya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan. Demikianlah Injil Tuhan

HOMILI

AKU PERCAYA

DOA UMATI Yesus bersabda: “Kamu takkan Kutinggalkan seperti

anak yatim piatu. Aku akan minta kepada Bapa dan Ia akan memberikan kepadamu penolong yang lain untuk menyertai kamu, ialah Roh kebenaran.” Maka marilah kita dengan perantaraan-Nya, mohon tujuh karunia Roh Kudus, dan sesudahnya mempersembahkan ujud-ujud permohonan lain

U Datanglah ya Roh Hikmat ... (selanjutnya lihat hal.10)

P Bagi mereka yang dituduh bersalah, meskipun mereka tidak bersalah : Semoga sambil membela diri mereka yang tak bersalah itu, tetap tidak membenci si penuduh, tetapi mampu mengerti dan mengampuninya. Kami mohon:

P Semoga Roh Kudus menganugerahkan kekuatan dan keberanian kepada semua orang yang mewartakan Sabda Yesus dan membuat semua orang yang mendengarkan-Nya mau menerima rencana rahmat Allah. Kami mohon:

P Semoga umat Kristiani yang dipanggil menjadi saksi Injil, tetap menghargai bermacam-macam panggilan, karena semuanya itu mengarahkan orang kepada Kristus, saksi sejati dari Allah dan keselamatan-Nya. Kami mohon:

P Semoga kami masing-masing yang hadir di sini, mau mendengarkan sabda Yesus, dan mampu menanggapi rencana Bapa atas kami, yakni rencana yang paling baik bagi kami untuk membangun diri sendiri dan komunitas kami yang diliputi kerendahan hati, tulus

92 Novena Pentakosta 2015

Page 93: BUKU Novena Roh Kudus 2015

ikhlas, bersemangat, bersikap dan berperilaku adil. Kami mohon:

P Semoga kami mampu melanjutkan karya Yesus dengan mengajar dan teladan serta melakukan karya amal kasih untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan kami. Kami mohon:

I Tuhan Yesus, sama seperti para murid-Mu, demikian pula kami sendiri seringkali juga sulit memahami sabda-Mu. Berilah kami rahmat dan terang Roh Kudus-Mu untuk setiap hari mendalami Injil, saksi sabda kehidupan dan kebenaran. Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.

U : Amin

LITURGI EKARISTI\

LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I : Allah Bapa yang mahakudus, resapilah kiranya persembahan ini dengan berkat Roh-Mu dan anugerailah Gereja-Mu cintakasih supaya rencana penyelamatan dunia oleh-Mu menjadi nyata di seluruh dunia. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.

U : Amin

PREFASI

KUDUS

BAPA KAMI

DOA DAMAI (Hanya didoakan oleh imam)

93 Novena Pentakosta 2015

Page 94: BUKU Novena Roh Kudus 2015

I Kristuslah raja damai yang kini bertahta di sisi kanan Bapa. Maka marilah berdoa kepada-Nya: Tuhan Yesus Kristus,….

DOA KEPADA KELUARGA KUDUS Didoakan setelah komuni, lihat hal. 10.

ANTIPHON KOMUNI Yohanes 16:14* Tuhan bersabda, “Roh Kudus akan memuliakan Daku.

Sebab Ia akan menyatakan kepadamu segala sesuatu yang diterima-Nya daripada-Ku.” Alleluya.

DOA SESUDAH KOMUNI

I. Marilah berdoa,Allah Bapa Tuhan kami, semoga rahmat yang kami terima sela-ma Novena ini senantiasa mengingatkan kami untuk bersyukur, atas segala anugerahMu, semoga keluarga-keluarga di Keus-kupan Surabaya menjadi Gereja rumah tangga yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami;

U.Amin.RITUS PENUTUP

BERKAT DAN PERUTUSANNYANYIAN PENUTUP

94 Novena Pentakosta 2015