Berdirinya APD Suluttenggo · Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR...

3
PLN APD Suluttenggo diresmikan pada tanggal 5 Januari 2106 oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara kala itu yaitu Bpk. Machnizon Masri. PLN APD Suluttenggo didirikan di bawah PLN Wilayah Sulawe- si Utara, Tengah dan Gorontalo sebagai unit pengatur, pen- goperasian dan pendistribusian pasokan listrik tegangan 20 kV di wilayah Suluttenggo. Dengan jumlah pegawai saat itu sekitar 20 orang, PLN APD Suluttenggo dituntut untuk dapat menjalankan bisnis pen- goperasian tegangan 20 kV di wilayah Suluttenggo. Namun seiring berjalanya waktu, ling- kup pengoperasian PLN APD Suluttenggo difokuskan untuk pengaturan tegangan 20 kV di Sulawesi Utara dan Gorontalo. Dalam pengoperasian teganan 20 kV, PLN APD Suluttenggo bekerja sama dan saling koordi- nasi dengan PLN Area Manado, PLN Area Kotamobagu dan PLN Area Gorontalo. 18 JANUARI 2018 Pegawai awal APD Suluttenggo pada tahun 2016. Plakat peresmian APD Suluttenggo oleh Direktur Bisnis Regional SNT, 05 Januari 2016 Berdirinya APD Suluttenggo Penghargaan sebagai Unit Ter- baik dalam Preventive Mainte- nance di HLN ke - 72 Sertifikat diberikan kepada PLN APD Suluttenggo telah mengikuti Pelatihan Penanganan Bom Kebersamaan PLN APD Suluttenggo pada peringatan Hari Listrik Nasional ke 72. Ini adalah HLN ke-dua bagi PLN APD Suluttenggo PLN APD Suluttenggo memberikan penghargaan kepada pegawai yang rajin datang ke kantor lebih awal. Penghargaan dari PLN APD Sulut- tenggo kepada Dispatcher dengan catatan prestasi terbaik.

Transcript of Berdirinya APD Suluttenggo · Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR...

Page 1: Berdirinya APD Suluttenggo · Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR PLN APD Suluttenggo. Upgrade Master Station sebagai penunjang pen-goperasian sistem

PLN APD Suluttenggo diresmikan pada tanggal 5 Januari 2106 oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara kala itu yaitu Bpk. Machnizon Masri.

PLN APD Suluttenggo didirikan di bawah PLN Wilayah Sulawe-si Utara, Tengah dan Gorontalo sebagai unit pengatur, pen-goperasian dan pendistribusian pasokan listrik tegangan 20 kV di wilayah Suluttenggo.

Dengan jumlah pegawai saat itu sekitar 20 orang, PLN APD Suluttenggo dituntut untuk dapat menja lankan b isn is pen-goperasian tegangan 20 kV di wilayah Suluttenggo. Namun seiring berjalanya waktu, ling-kup pengoperasian PLN APD Suluttenggo difokuskan untuk pengaturan tegangan 20 kV di Sulawesi Utara dan Gorontalo. Dalam pengoperasian teganan 20 kV, PLN APD Suluttenggo bekerja sama dan saling koordi-nasi dengan PLN Area Manado, PLN Area Kotamobagu dan PLN Area Gorontalo.

18 JANUARI 2018

Pegawai awal APD Suluttenggo pada tahun 2016.

Plakat peresmian APD Suluttenggo oleh Direktur Bisnis Regional SNT, 05 Januari 2016

Berdirinya APD Suluttenggo

Penghargaan sebagai Unit Ter-

baik dalam Preventive Mainte-

nance di HLN ke - 72

Sertif ikat diberikan kepada PLN

APD Suluttenggo telah mengikuti

Pelatihan Penanganan Bom

Kebersamaan PLN APD S u l u t t e n g g o p a d a peringatan Hari Listrik Nasional ke 72. Ini adalah HLN ke-dua bagi PLN APD Suluttenggo

PLN APD Suluttenggo memberikan

penghargaan kepada pegawai yang

rajin datang ke kantor lebih awal.

Penghargaan dari PLN APD Sulut-

tenggo kepada Dispatcher dengan

catatan prestasi terbaik.

Page 2: Berdirinya APD Suluttenggo · Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR PLN APD Suluttenggo. Upgrade Master Station sebagai penunjang pen-goperasian sistem

Sistem kelistrikan 20 kV di SulutGo merupakan satu sistem yang terbesar di Suluttenggo. PLN APD Sulut-tenggo mempunyai tugas untuk mengatur, mengooper-as ikan dan men jaga pasokan listrik 20 kV di sis-tem SulutGo. Tugas tersebut dilakukan setiap saat, 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun.

Koordinasi dengan Unit Terkait

Dalam pelaksanaan operasi Sistem 20 kV, PLN APD Suluttenggo bekerja sama dan berkoordinasi dengan Unit PLN terkait, yaitu PLN Area Manado, PLN Area Kotamobagu dan PLN Area Gorontalo.

Dispatcher dan Pengawas yang selalu standby dalam pengaturan sistem 20 kV SulutGo

Tim Dispatcher beserta Manajemen APD Sulut-tenggo menunjukkan kekompakkan dalam menja-ga pasokan listrik di SulutGo.

Kunjungan General Manajer (7/2017), Bpk Baringin Nababan ke ruangan Dispatcher untuk memberikan motivasi.

Kunjungan Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Bpk. Syamsul Huda ke APD Suluttenggo.

Rapat koordinasi Operasi 20 kV yang dihadiri wakil dari PLN APD Sulut-tenggo, PLN Area Manado, PLN Area Kotamobagu, PLN Area Gorontalo dan PLN AP2B Sistem Minahasa.

Apel gelar pasukan dalam rangka menjaga pasokan listrik selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Dispatcher sebagai

ujung tombak

pengaturan distribusi

Sistem 20 kV SulutGo

Operasi Sistem 20 kV SulutGo

Page 3: Berdirinya APD Suluttenggo · Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR PLN APD Suluttenggo. Upgrade Master Station sebagai penunjang pen-goperasian sistem

Untuk menun jang pen-goperasian Sistem 20 KV, maka diperlukan pemeli-haraan peralatan agar ke-handalan sistem tetap terjaga.

Selain itu, untuk menunjang kualitas kerja yaitu memper-cepat pengaturan dan pemuli-han sistem serta mengurangi durasi padam, maka PLN APD melakukan improvement di beberapa segmen.

Ice Breaking

Kegiatan pemeliharaan kubikel GH Inobonto (19/06/2016) oleh Tim HAR PLN APD Suluttenggo.

Upgrade Master Station sebagai penunjang pen-goperasian sistem 20 KV Sulutgo.

Kunjungan Tim Dispatcher APD Suluttenggo ke LMVPP di Amurang (25/08/2017) sebagai sarana untuk menambah wawasan Dispatcher.

Kegiatan integrasi kubikel 20 kV di beberapa Gardu Induk di Manado, Kotamobagu dan Goron-talo, untuk mempercepat proses pengoperasian kubikel oleh Dispatcher APD Suluttenggo.

Pemasangan LBS Motorized dan integrasi ke SCADA di beberapa titik supaya proses maneuver dapat dipercepat dan dilakukan langsung oleh Dispatcher APD

Pemeliharaan Improvement

Kegiaatan Employee Gathering untuk membangun kekompakan dan seman-gat kerja.

PLN APD Suluttenggo menyediakan ruang istirahat sekaligus ruang baca agar wak-tu istirahat dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Program 5R GH (Gardu Hub-ung) yang dilaksanakan oleh PLN APD Suluttenggo. Hal ini membuktikan kepedulian PLN APD Sulut tenggo terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Salah satu improvement yang dilakukan PLN APD Sulut-tenggo adalah 4DX Board (Four Disciplines for Execution) untuk memonitor kinerja dan mengevaluasinya.