Beranda its edisi 48 2014

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 48/Desember 2014 GALERI ITS Pembatasan Kegiatan Pertemuan di Luar Kantor KPN ITS Buka Lowongan Ketua Periode 2015-2017 Jalur Tengah ITS Rampung Akhir Tahun

description

 

Transcript of Beranda its edisi 48 2014

Page 1: Beranda its edisi 48 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 48/Desember 2014

GALERI ITS

Pembatasan Kegiatan Pertemuan di Luar Kantor

KPN ITS Buka Lowongan Ketua Periode 2015-2017

Jalur Tengah ITS Rampung Akhir Tahun

Page 2: Beranda its edisi 48 2014

Untuk lebih mendukung imbauan penghematan terhadap anggaran belanja barang dan belanja pegawai, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2014 tentang pembatasan kegiatan pertemuan atau rapat di luar kantor. Surat Edaran yang tertanggal 17 November 2014 tersebut telah diedarkan ke seluruh instansi pemerintah, termasuk juga di lingkungan perguruan tinggi negeri (PTN) seperti di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Surat edaran ini untuk menindaklanjuti perintah Presiden pada Sidang Kabinet kedua pada tanggal 3 November 2014 lalu dan Surat Edaran MenPAN-RB nomor 10 tahun 2014 tentang peningkatan efektivitas dn efisiensi kerja aparatur negara tanggal 4 November 2014. Dalam surat edaran tersebut disebutkan agar menyelenggarakan seluruh kegiatan instansi pemerintah di dalam lingkungan masing-masing atau di lingkungan instansi pemerintah lainnya. Kecuali apabila melibatkan jumlah peserta kegiatan yang kapasitasnya tidak mungkin ditampung untuk dilaksanakan di lingkungan instansi masing-masing atau instansi pemerintah lainnya.Diimbau pula untuk menghentikan rencana kegiatan konsinyering atau Focus Group Discussion (FGD) dan rapat-rapat teknis lainnya di luar kantor seperti di hotel, vila, cottage atau resort. Imbauan tersebut selama masih tersedia fasilitas ruang pertemuan di lingkungan instansi pemerintah masing-masing atau instansi pemerintah di wilayahnya yang memadai. Seluruh kegiatan instansi pemerintah dengan menggunakan fasilitas di luar kantor harus berakhir pada tanggal 30 November 2014. Dalam surat edaran tersebut juga diminta dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembatasan kegiatan pertemuan atau rapat di luar kantor di lingkungan instansi masing-masing secra berkala setiap enam bulan dan melaporkan kepada Kementerian PAN-RB. Surat edaran ini diharapkan bisa segera diteruskan oleh masing-masing instansi pemerintah ke seluruh jajaran instansi di bawahnya sampai dengan unit organisasi terkecil untuk melaksanakan dan mematuhi ketentuan dalam Surat Edaran tersebut secara konsisten dan bersungguh-sungguh. (*)

Pembatasan Kegiatan Pertemuan di Luar Kantor

Page 3: Beranda its edisi 48 2014

Kepengurusan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) ITS akan segera berakhir periodenya. Untuk itu, sesuai dengan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KPN ITS yang telah ditetapkan dipandang perlu untuk segera membentuk kepengurusan baru KPN ITS periode 2015-2017. Berdasarkan Surat Edaran Ketua Tim Formatur KPN ITS nomor 139/KPN-ITS/TF/2014 tertanggal 4 Desember 2014 telah diumumkan adanya pemilihan calon ketua KPN ITS periode 2015-2017. Bagi anggota yang berminat untuk dipilih sebagai ketua KPN periode 2015-2017 bisa mengisi dan menyerahkan formulir kesediaan mencalonkan diri.

Bagi anggota yang berminat mencalonkan diri sebagai ketua harus memahami tata kelola perkoperasian dan memiliki jiwa entrepreneur. Selain itu, harus menyusun kertas kerja berisi visi, misi, dan program kerja KPN ITS periode mendatang serta mempresentasikan di depan Tim Formatur nantinya.Pengembalian formulir kesediaan pencalonan sebagai ketua KPN ITS periode 2015-2017 dijadwalkan pada tanggal 8-12 Desember 2014. Setelah itu dilakukan pembekalan calon pada tanggal 13 Desember 2014. Selanjutnya peserta pencalonan harus melakukan presentasi di hadapan Tim Formatur pada tanggal 18-19 Desember 2015 di Ruang Sidang Badan Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS. (*)

KPN ITS Buka Lowongan Ketua Periode 2015-2017

Page 4: Beranda its edisi 48 2014

Untuk lebih memudahkan akses ke beberapa bangunan di area kampus ITS, Pusat Implementasi Master Plan ITS (PIMPITS) kembali melakukan renovasi pada jalur tengah ITS (main spine). Jalan yang akan menghubungkan jalur di bagian depan kampus ITS dengan gedung Rektorat dan Perpustakaan Pusat ITS itu ditargetkan selesai pada akhir tahun 2014. Usai direnovasi, diharapkan para mahasiswa dan sivitas akademika ITS lainnya bisa langsung memakai dan memanfaatkannya jalur main spine ini. Jalur tersebut telah direnovasi sejak tiga bulan yang lalu. Sebelumnya, jalur tengah yang telah dibuat sejak puluhan tahun tersebut seolah tenggelam oleh rerumputan liar yang tumbuh dan gedung-gedung baru yang dibangun di samping-sampingnya. Apalagi level ketinggian tanah di wilayah ini berada di bawah level ketinggian lingkungan sampingnya. Akibatnya, pada saat memasuki musim penghujan, jalan sepanjang 400 meter tersebut akan tergenang dan terlihat becek. Alhasil, banyak mahasiswa maupun dosen dan karyawan ITS jadi enggan melewati jalan tersebut.Dulunya, jalan tersebut memang dibangun sebagai alternatif penghubung jalur tengah di kampus ITS. Yakni yang menghubungkan langsung dari wilayah bundaran ITS hingga area tengah kampus. Sehingga sivitas ITS yang ingin menuju ke beberapa gedung yang lokasinya di sekitar main spine tersebut dari arah bundaran ITS, tidak perlu lagi berjalan jauh melewati jalur utama kampus. Cukup dengan berjalan kaki melalui jalur tengah tersebut.Lebih jauh, main spine sendiri mempunyai aturan khusus mengenai siapa-siapa saja yang bisa melewati jalan tersebut. Yakni, hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda yang diperbolehkan melewatinya. Pasalnya, struktur dan konstruksi jalan paving main spine memang tidak diatur untuk kendaraan-kendaraan berbobot berat. Sehingga, apabila tidak dibatasi seperti itu akan mempercepat kerusakan jalan.Namun ada pengecualian, khusus untuk mobil patroli SKK dan sarna prasarana (sarpras) yang mengangkut sampah di bagian belakang jurusan-jurusan sekitar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) bisa tetap melewati jalur tengah tersebut. Nantinya, juga ditargetkan adanya beragam kegiatan yang dapat dilakukan di wilayah tersebut seperti Pasar Minggu ITS (PAMITS), pagelaran seni maupun kuliner di waktu tertentu. Namun, saat ini memang masih ada kekurangan dalam renovasi jalur main spine ini, yakni mengenai listrik dan penerangan jalannya. Tetapi, baginya hal itu tidak menjadi masalah apabila memang ada kelompok mahasiswa yang berniat menggelar acara di sana nantinya. Dengan meminta izin terlebih dahulu maka acara-acara tersebut tentu akan mendapat dukungan dari pihak birokrasi. Meski begitu, penerangan dan penyediaan saklar listrik di sekitar main spine akan terus dikaji. Sehingga nantinya tidak akan menambahi beban listrik yang ditanggung oleh ITS saat ini. Rencananya juga nanti di samping kanan dan kiri jalan akan dibangun gazebo dan meja lengkap dengan tempat duduknya, tapi untuk listriknya, mungkin akan dibatasi. (*)

Jalur Tengah ITS Rampung Akhir Tahun

Page 5: Beranda its edisi 48 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected], Website: www.its.ac.id/its_media/en

GALERI ITS

Para pimpinan di lingkungan ITS mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan yang dihelat di gedung Rektorat ITS untuk lebih menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang baik bagi para peserta.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turut hadir dan melakukan tanam pohon secara simbolis pada perhelatan peduli lingkungan Gugur Gunung 7.0 di kampus ITS yang melibatkan ribuan mahasiswa baru ITS.

Para Tenaga Kependidikan (Tendik) di lingkungan dengan tertib mengikuti proses pemilihan Rektor ITS periode 2015-2019 yang berlangsung di Plasa dr Angka Kampus ITS Sukolilo mulai tanggal 8-12 Desember 2014.

Para pimpinan ITS mengikuti Rapat Kerja Pimpinan ITS di Gedung Rektorat ITS Surabaya untuk mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan dan merancang program kerja di masa mendatang.