Beranda its edisi 42 2014

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 42/Oktober 2014 GALERI ITS ITS Tingkatkan Kompetensi Para Teknisi Gugur Gunung 7.1, Bebas Kendaraan Bermotor Grha ITS Berlakukan Sistem Parkir Berbayar

description

 

Transcript of Beranda its edisi 42 2014

Page 1: Beranda its edisi 42 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 42/Oktober 2014

GALERI ITS

ITS Tingkatkan Kompetensi Para Teknisi

Gugur Gunung 7.1, Bebas Kendaraan Bermotor

Grha ITS Berlakukan Sistem Parkir Berbayar

Page 2: Beranda its edisi 42 2014

Pembangunan beberapa gedung tinggi di ITS terlihat akan segera selesai. Untuk itu, ITS juga harus segera berp ik i r da lam melakukan pemeliharaannya. Guna mengatasi hal tersebut, ITS juga telah memberikan pelatihan dan pengembangan SDM Teknisi Pemeliharaan Sarana Prasarana di lingkungan ITS, Rabu (29/10).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para teknisi di lingkungan ITS. Selama ini, teknisi yang ada hanya berpengalaman mengelola dan memelihara bangunan yang berbentuk landai. Bangunan paling tinggi yang pernah ditangani adalah gedung perpustakaan ITS yang berlantai enam.

Gedung yang segera usai salah satunya adalah Menara Sains dan Pusat Riset yang ada di area FMIPA. Masing-masing gedung tersebut berlantai 11 dan 10. Sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk menanganinya. Pelatihan tersebut juga menyangkut pengembangan kompetensi teknisi di bidang mekanikal dan elektrikal bangunan.

Pengelolaan air bersih, konstruksi dan pemeliharaan gedung juga dimasukkan dalam materi pelatihan.

Materi yang diberikan meliputi kebijakan sistem pengelolaan sarana dan prasarana (sarpras) ITS, kebijakan sistem pengembangan SDM, manajemen pemeliharaan plumbing kampus dan manajemen pemeliharaan mekanikal dan elektrikal kampus. Sebenarnya ITS harus memiliki sebuah lembaga yang menangani sarpras secara tersendiri. Misalnya, seperti Kementerian Pekerjaaan Umum yang mengelola barang milik atau kekayaan negara secara mandiri.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan kebijakan clustering yang mengelompokkan pemeliharaan bangunan sesuai golongannya. Seperti, cluster FTI yang akan mengelola gedung di kawasan FTI secara tersendiri. (*)

ITS Tingkatkan Kompetensi Para Teknisi

Page 3: Beranda its edisi 42 2014

Gugur Gunung ITS sebagai bagian dari program Eco

Campus yang dicanangkan ITS kembali digaungkan

untuk bisa membentuk inovasi terbaru. Kegiatan peduli

lingkungan yang memasuki edisi 7.1 tersebut kali ini

akan diawali dengan pelaksanaan program bertajuk

Let's Clean the Drain of Campus & Car Free Day ITS pada

Sabtu (1/11) besok.

Tujuan dilaksanakannya Car Free Day ini adalah untuk

mendukung terciptanya lingkungan yang bebas dari

po lus i dan juga menjaga keamanan se lama

dilaksanakannya kegiatan gugur gunung. Dengan

minimnya kendaraan yang lewat, maka peserta gugur

gunung tentunya akan merasa aman da lam

mengerjakan tugasnya.

Car Free Day ini akan dilaksanakan selama empat jam,

dimulai pada pukul 07.00 – 11.00 WIB. Sementara itu,

rute yang akan digunakan untuk kegiatan ini adalah

sepanjang jalan utama di kampus ITS. Dimulai dari

bundaran ITS hingga pertigaan di depan Jurusan

Biologi. Rute ini sengaja dipilih karena di tempat inilah

yang sering dilewati masyarakat.

Untuk itu, juga akan dilakukan penutupan jalan selama

berlangsungnya Car Free Day ini, yakni mulai dari pintu

portal depan kampus ITS (jalan bundaran depan)

sampai di jalan pertigaan GOR Bulutangkis (sebelah

barat kampus Jurusan Biologi). Untuk itu, warga di

sekitar kampus ITS yang sekiranya akan menggunakan

j a l a n t e r s e b u t p a d a h a r i i t u u n t u k b i s a

mengantisipasinya.

Selain Car Free Day, dalam Gugur Gunung 7.1 ini juga

terdapat kegiatan pembersihan selokan di sepanjang rute

tersebut. Meski sudah ada petugas kebersihan, tapi

mereka hanya membersihkan kotoran yang ada di bagian

atas saja. Apalagi ketebalan daun yang berguguran

menumpuk di selokan sudah mencapai sekitar 25

sentimeter saat ini.

Saat ini, sudah terdaftar sebanyak 150 mahasiswa yang

ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beberapa

partisipan berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) Siklus. Selebihnya, para

peserta diambil dari beberapa pengurus Himpunan

Mahasiswa Jurusan (HMJ) di lingkungan ITS.

Kegiatan ini sengaja dibentuk untuk menjadi awalan

kegiatan peduli lingkungan di ITS. Dengan dibarengi

pelaksanaan Car Free Day, masyarakat diharapkan akan

lebih tahu jika di ITS sudah melaksanakan kegiatan peduli

lingkungan. Kegiatan Gugur Gunung 7.1 ini bisa menjadi

stimulus untuk seluruh stakeholder ITS agar bisa lebih

peduli lingkungan. (*)

Gugur Gunung 7.1, Bebas Kendaraan Bermotor

Page 4: Beranda its edisi 42 2014

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2014 mengenai pemanfaatan aset, Grha 10 Nopember ITS pun mulai memberlakukan sistem parkir berbayar resmi demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penggunanya. Sistem parkir ini sudah diuji coba dan ditetapkan sejak bulan September 2014 lalu.

Kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan ketertiban para pengguna parkir. Fasilitas parkir yang disediakan dibuat teratur, aman, nyaman dengan asuransi kehilangan. Karena nantinya tidak ingin ada penarikan parkir secara liar. Untuk menghindari tujuan komersial, parkir dikelola secara transparan dan akuntabel. Sistem penjagaannya berkerja sama dengan tim SOS Parkir.Sistem parkir bertiket ini mematok harga Rp 3.000 untuk mobil dan Rp 1.500 untuk sepeda motor. Hasilnya akan masuk ke ITS untuk pengembangan fasilitas selanjutnya. Sedangkan pajaknya masuk ke pemerintah kota.

Parkir baru ini juga membuka sistem langganan. Hal ini akan memudahkan pengguna parkir bebas keluar masuk. Hanya saja, sistem ini belum memiliki tanda bukti atau kartu elektronik. Saat ini untuk sistem langganan, masih melakukan pencatatan nomor polisi secara manual dengan pembayaran berlangganan Rp 50 ribu untuk mobil dan Rp 30 ribu untuk sepeda motor.

Lita menegaskan aturan parkir ini akan berlaku bagi semua aktivitas yang dilakukan di Grha 10 Nopember ITS, baik yang berhubungan dengan ITS maupun yang tidak. Tetapi terdapat beberapa pengecualian untuk acara kedinasan ITS seperti pengukuhan guru besar dan sidang terbuka Dies Natalis.Awal penerapan sistem ini memang sempat menuai beberapa kendala. Pasalnya, sistem parkir ini membuat akses jalan ke UPT Bahasa dan Budaya, Jurusan Teknik Industri serta Jurusan Sistem Informasi menjadi terganggu. Sehingga akhirnya menyebabkan kemacetan di area jalan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, juga telah dibuka pintu utara dan selatan dr Grha 10 Nopember ITS. Untuk meminimalisasi kemacetan, tidak hanya pintu selatan yang dibuka. Kita juga memiliki gerbang parkir otomatis di pintu utara gapura Grha. Dengan adanya sistem baru ini, diharapkan seluruh sivitas akademia ITS mampu menerima dan menggunakan sistem parkir ini secara maksimal. (*)

Grha ITS Berlakukan Sistem Parkir BerbayarGrha ITS Berlakukan

Sistem Parkir Berbayar

ilustrasi : google

Page 5: Beranda its edisi 42 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITS

M a n t a n M e n t e r i P e n d i d i k a n d a n Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA menemui Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA guna menyerahkan Surat Keputusan (SK) mengenai penempatannya di kampus ITS dan akan kembali beraktivitas mengajar di Jurusan Teknik Elektro (JTE) ITS.

ITS kembali melakukan rapat koordinasi untuk persiapan penyusunan pelaporan persediaan semester I I pada tahun 2014 di gedung Rektorat ITS.

Nurijati Hamid SH, Kepala Biro Keuangan dan Sarana Prasarana I TS memimpin rapat koordinasi pendataan honorarium periode bulan Januari sampai September 2014, dengan tujuan agar ada kelengkapan data diri pegawai yang ada di ITS.

Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diterima di ITS menghadiri acara serah terima Surat Keputusan (SK) PNS yang diserahkan langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA.