Beranda its edisi 07 2015

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 07/Februari 2015 PRESTASI ITS ITS Perbaharui Peraturan Akademik Prosedur Tanggap Darurat Kebakaran di Gedung Rektorat ITS Kewenangan Penunjukan Tenaga Harian Lepas di ITS GALERI

description

 

Transcript of Beranda its edisi 07 2015

Page 1: Beranda its edisi 07 2015

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 07/Februari 2015

PRESTASI ITS

ITS Perbaharui Peraturan Akademik

Prosedur Tanggap Darurat Kebakaran di Gedung Rektorat ITS

Kewenangan Penunjukan Tenaga Harian Lepas di ITS

GALERI

Page 2: Beranda its edisi 07 2015

ITS mengeluarkan kebijakan peraturan akademik yang baru dan telah disosialisasikan kepada para mahasiswa. Kebijakan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Hasil rapat senat ITS Komisi Akademik. Dari hasil rapat senat tersebut terdapat perubahan kurikulum serta peraturan akademik yang diterapkan ITS untuk lima tahun ke depan. Hal yang menjadi fokus para mahasiswa adalah mengenai perubahan syarat rentang Indeks Prestasi (IP) dalam pengambilan Sistem Kredit Semester (SKS).

Berbeda dengan peraturan akademik pada tahun 2009 lalu yang memperbolehkan mahasiswa dengan IP lebih dari 3,0 untuk mengambil hingga 24 SKS per semester, pada peraturan akademik tahun 2014 ini mahasiswa yang dapat mengambil hingga 24 SKS adalah mahasiswa yang memiliki IP lebih dari atau sama dengan 3,5.

Perubahan juga ditekankan pada syarat kelulusan meliputi Satuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Mahasiswa (SKEM) yang berbeda dengan peraturan pada lima tahun lalu. Di mana setiap mahasiswa harus memiliki poin SKEM sebesar 1.000 untuk syarat kelulusan, sedang peraturan akademik yang baru menyebutkan SKEM minimal sebesar 1.300. Untuk mahasiswa yang akan lulus pada Maret 2015 nanti, peraturan SKEM ini masih belum diberlakukan. Namun peraturan baru tersebut sudah berlaku untuk mahasiswa yang akan wisuda September mendatang.

Ada pula tentang kompensasi akademik, yaitu penghargaan atas prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan keilmiahan, sosial kebangsaan dan technopreneurship. Penghargaan tersebut berupa SKS dengan mata kuliah terkait prestasi tersebut. Selain itu perubahan peraturan akademik juga terjadi pada skala pengukuran hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa. Semua peraturan akademik terbaru dapat diunduh langsung oleh mahasiswa ITS melalui website resmi BAKP ITS. (*)

ITS Perbaharui Peraturan Akademik

ilustrasi : google

Page 3: Beranda its edisi 07 2015

Keselamatan merupakan hal utama yang menjadi perhatian bagi setiap institusi, termasuk di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Salah satu unsur keselamatan yang menjadi perhatian adalah kewaspadaan terhadap terjadinya bencana kebakaran. Untuk itu, ITS mengeluarkan kebijakan prosedur tanggap darurat kebakaran, salah satunya di Gedung Rektorat sebagai gedung utama di kampus ITS.Ada beberapa tahapan prosedur yang harus dilakukan warga kampus, terutama yang sedang berkantor atau berada di dalam gedung Rektorat bila terjadi bencana kebakaran. Beberapa prosedur tanggap darurat kebakaran di gedung Rektorat ITS atau pun di gedung lain di lingkungan ITS antara lain:

1. Jika mendengar bunyi alarm kebakaran, semua yang sedang berada di dalam gedung Rektorat harus segera meninggalkan ruangan menuju titik kumpul sesuai peta evakuasi yang ada.

2. Berjalan ke koridor terdekat dan menuju ke tempat berkumpul yang telah ditentukan.

3. Setiap orang harus mengamankan areal pribadi masing-masing sesegera mungkin saat alarm berbunyi. Matikan peralatan dan amankan file dan uang.

4. Jangan menggunakan telepon kabel karena mungkin akan mengakibatkan saluran telepon kabel menjadi sibuk dan personel penanggulangan keadaan tidak bisa berkomunikasi.

5. Saat ada perintah untuk evakuasi, segera tinggalkan bangunan dengan berjalan melalui jalan keluar darurat yang terdekat. Jangan berlari, tutup pintu kantor tetapi jangan dikunci, lepas sepatu hak tinggi saat evakuasi (bila ada ganti sepatu dengan sepatu yang hak

ilustrasi : google

pendek), tetap tenang, jangan membawa apapun yang lebih besar dari tas kerja, ketika keluar menggunakan tangga, dan tetap berada di sisi kiri sehingga tidak mengganggu orang yang masuk dari lantai yang lebih rendah.

6. Koordinator evakuasi untuk setiap lantai atau ruangan akan membantu proses evakuasi dan memastikan semua orang sudah meninggalkan ruangan.

7. Jika akan keluar dari suatu ruangan yang pintunya tertutup, rasakan pintu tersebut terlebih dahulu apakah panas atau tidak. Buka pintu perlahan, bila ada asap dan api gunakan jalan keluar alternatif.

8. Jika menghadapi asap di tangga keluar, gunakan jalan alternatif lain.

9. Bila menghadapi asap dalam ruangan menuju keluar, merangkaklah keluar dengan tumit.

10. Jika ada kebakaran atau api pada jalan keluar dan terperangkap di sana, sebaiknya kembali ke kantor atau ruangan atau lokasi lain, tutup pintu, dan tempatkan material pada bagian bawah pintu yang rongga. Beritahu personel penanggulangan keadaan darurat atau orang lain di luar melalui jendela tentang keberadaan kita.

11. Begitu sampai di luar bangunan, pergi ke tempat berkumpul yang ditetapkan.

12. Koordinator evakuasi harus menghitung semua orang, melaporkan kepada pimpinan dan memastikan bahwa semua orang yang menjadi tanggung jawabnya sudah dievakuasi.

13. Jika sudah merasa aman dan terlatih, berikan pertolongan pertama terhadap orang yang cedera. Jangan memindahkan orang yang cedera kecuali mereka berada di daerah yang benar-benar berbahaya. (*)

Prosedur Tanggap Darurat Kebakaran di

Gedung Rektorat ITS

Page 4: Beranda its edisi 07 2015

Kampus ITS yang cukup besar dan memiliki banyak unit kerja, tentunya juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang cukup banyak. Namun dengan adanya keterbatasan SDM yang telah dimiliki ITS, ada beberapa tugas terutama administrasi yang akhirnya kurang bisa ditangani secara maksimal.

Untuk itu, demi kelancaran pelaksanaan tugas administrasi di lingkungan ITS, rektor akhirnya memberikan wewenang kepada dekan, ketua lembaga, kepala biro, kepala badan, dan kepala unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan ITS untuk membuat atau menandatangani surat keputusan penunjukan tenaga harian lepas. Serta membuat perjanjian kerja untuk para tenaga harian lepas di masing-masing unit kerja untuk tahun anggaran 2015 ini.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor ITS nomor: 00025/IT2/HK.00.01/2015 tentang Pemberian Kewenangan Penunjukan Tenaga Harian Lepas kepada Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kepala Badan dan Kepala UPT di lingkungan ITS tertanggal 30 Januari 2015.

Sebagai tindak lanjut dari SK Rektor tersebut, para pimpinan yang tersebut di atas bisa melaksnakan proses pembuatan surat keputusan penunjukan tenaga harian lepas dan perjanjian kerja masing-masing di tiap unit kerja di lingkungan ITS setelah mendapat persetujuan rektor sesuai SK tersebut.

Untuk itu pula, diingatkan bahwa dokumen administrasi tenaga harian lepas seperti surat lamaran kerja, ijasah, dan lain-lain wajib dimiliki, didokumentasikan dan menjadi tanggung jawab masing-masing fakultas/lembaga/biro/badan/unit pelaksana teknis. (*)

Kewenangan Penunjukan Tenaga Harian Lepas di ITS

- Mahasiswa Manajemen Bisnis ITS berhasil menorehkan prestasi yang snagat mengagumkan, dengan memenangi hampir semua gelar di lomba National Business Plan Entrepreneurship Creative Challenge (Eureca) 2015 yang diselenggarakan oleh Prasetiya Mulya Business School. Dalam lomba tersebut, ITS meraih juara 1 (Tim TinyTwist) dan juara 2 (Tim Triple Aqua), serta Best Speaker (Alvin-Triple Aqua). ITS menyapu bersih hampir semua gelar, kecuali juara 3.

- Jurusn Fisika FMIPA ITS patut berbangga, karena capaian Akreditasi A yang berhasil diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kepada tiga program studi (prodi) di jurusan ini, mulai dari program sarjana, magister hingga program doktor yang dimiliki.

- Jurusan Arsitektur ITS kembali menghasilkan seorang doktor baru, yakni Dr Tri Dani Widyastuti yang dinyatakan lulus sidang doktor terbuka dengan mengangkat disertasi berjudul Ruang Pertahanan (Defensible Space) Masyarakat dalam Permukiman Kampung, Kasus Kampung di Kota Surabaya.

PRESTASI ITS

Page 5: Beranda its edisi 07 2015

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected], Website: www.its.ac.id/beranda/en

GALERI ITS

Tim assessor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) mendapatkan sambutan penuh keramahan saat berkunjung ke ITS. Selama tiga hari (10-12 Februari 2015), tim AUN-QA ini melakukan visitasi penilaian untuk sertifikasi di empat jurusan di ITS, yakni Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, dan Statistika.

ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA)

Dr Choltis Dhirathiti, AUN Deputy Executive Director, memberikan sambutan.

Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA memberikan cinderamata untuk Tim Assessor AUN-QA.