Beranda its edisi 31 2014

5
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 31/Agustus 2014 GALERI ITS Upacara Kemerdekaan Dilanjut dengan Tumpengan Bersama ITS Kembali Hasilkan Seorang Doktor PRESTASI ITS

description

 

Transcript of Beranda its edisi 31 2014

Page 1: Beranda its edisi 31 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 31/Agustus 2014

GALERI ITS

Upacara Kemerdekaan Dilanjut dengan Tumpengan Bersama

ITS Kembali Hasilkan Seorang Doktor

PRESTASI ITS

Page 2: Beranda its edisi 31 2014

Tahun ini, Indonesia telah mencapai usia kemerdekaan yang ke-69 tahun. Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-69 pada 17 Agustus 2014 ini akan diperingati secara serentak oleh seluruh bangsa Indonesia. Tak terkecual di kampus ITS Surabaya yang selalu rutin menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Sehubungan dengan pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-69, diimbau kepada para pimpinan unit kerja untuk mengumumkan kepada para karyawan, dosen, dan fungsionaris mahasiswa/pramuka yang ada di masing-masing unit kerja untuk mengikuti upacara tersebut. Imbauan ini dituangkan melalui surat edaran Rektor ITS nomor: 055084/IT2/TU.00.02/2014.

Pelaksanaan upacara akan dilaksanakan di Lapangan Upacara di depan gedung Perpustakaan ITS mulai pukul 07.00. Peserta upacara diharapkan untuk mengenakan pakaian batik ITS untuk dosen dan karyawan. Sedangkan untuk mahasiswa baru FMIPA

yang telah ditunjuk untuk mengikuti upacara ini diharapkan mengenakan atasan putih dengan bawahan warna gelap. Sedangkan untuk fungsionaris mahasiswa mengenakan jas almamater dengan bawahan gelap, dan pramuka mengenakan seragam pramuka.

Untuk lebih memeriahkan peringatan H U T Kemerdekaan RI ini dan untuk lebih memahami arti persatuan dan kesatuan, maka setelah selesai upacara akan dilanjutkan dengan acara Tumpengan Bersama yang diseenggarakan di Plaza dr Angka Nitisastro, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya.

Terkait dengan tumpengan bersama tersebut, d iwaj ibkan kepada t iap fakultas , program pascasarjana, lembaga, biro, badan, unit, dan satuan untuk menyediakan tum[eng dan nasi kotak untuk para peserta upacara sesuai dengan jumlah personel masing-masing unit. Tumpeng dan nasi kotak tersebut akan dinikmati bersama-sama seusai upacara. (*)

ilustrasi : google

Upacara Kemerdekaan Dilanjut dengan Tumpengan Bersama

Page 3: Beranda its edisi 31 2014

ITS kembali menelurkan seorang doktor dari bidang ilmu statistika. Kali ini adalah Rita Diana yang berhasil meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan pada sidang terbuka promosi doktor, Kamis (14/8). Disertasi yang diangkat berjudul Smoothing Spline dalam Regresi Semiparametrik Multivariabel Menggunakan Pendekatan Bayesian.

Ia memfokuskan pada studi kasus tentang tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jawa Timur. Menurutnya, tinggi atau rendahnya tingkat pengangguran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tingkat pendidikan, investasi, pertumbuhan ekonomi, kepadatan penduduk, dan upah minimum regional (UMR).

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mengestimasi tingkat pengangguran di suatu wilayah. Kesulitan itu dikarenakan tidak semua faktor tersebut mempunyai pengaruh yang linear terhadap tingkat pengangguran. Karena kesulitan itu, Rita menggunakan metode baru yaitu model regresi semiparametrik multivariabel. Model ini digunakan karena pola hubungan variabel respon dengan beberapa variabel prediktor yang digunakan sebagai polanya dapat diketahui (parametrik) dan sebagian lagi polanya tidak dapat diketahui (non paramametrik).

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan smoothing spline dalam model regresi semiparametrik dengan komponen parametrik polinomial dan komponen nonparametrik aditif tanpa interaksi. Saat ini metode ini digunakan untuk mengestimasi tingkat pengangguran. Tak hanya estimasi jumlah penganguran, metode ini juga dapat digunakan oleh data lain di antaranya produksi pertanian, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya.

Metode ini pun mempunyai keunggulan dibandingkan metode lainnya. Melalui metode semiparametrik ini, estrimasi datanya jadi lebih baik. Keunggulannya, nilai data ini mendekati nilai data sebenarnya dengan variasi error sebesar 0,2 persen. (*)

ITS Kembali Hasilkan Seorang Doktor

Page 4: Beranda its edisi 31 2014

ilustrasi : google

- Untuk kali pertamanya, Indonesia berhasil mengukir prestasi membanggakan dengan meraih medali emas (First Prize) dalam ajang International Mathemathics Competition (IMC) 2014 yang digelar pada 29 Juli hingga 4 Agustus 2014 di Bulgaria. Medali emas tersebut dpersembahkan oleh Muhammad Yasya Bahrul Ulum, mahasiswa semester 3 dari Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

- Tim Maritime Challenge ITS (MCI) sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia dan negara Asia Pasifik berhasil memperoleh trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge dalam ajang bertaraf internasional Atlantic Challenge International (ACI) 2014 yang berlangsung di Vannes, Prancis. Kompetisi tersebut berakhir pada 27 Juli 2014 lalu. Selain mendapatkan penghargaan tersebut, tim MCI juga berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Ropework di ajang yang sama. (*)

PRESTASI ITS

Page 5: Beranda its edisi 31 2014

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITSKetua Lembaga Pengembangan Pendidikan, Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni, Dr Ir Bambang S a m p u r n o , M T m e m b e r i k a n pengarahan pada rapat koordinasi t e n t a n g p e m b a h a s a n O K 2 B K (Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum).

Wakil Rektor IV, Prof Dr Darminto menemui perwakilan dari PT Takiron dan kepala B K P K P guna membicarakan tentang rencana pengembangan Urban Farming yaitu menambah fasilitas penampungan air.

A k t i v i t a s m e m b u a t a n t e m p a t penampungan air yang ada di lokasi Urban Farming I T S, dengan dibantu oleh perwakilan dari PT Takiron.

Pertemuan antara Direktur Riset Australia dan ITS melalui wadah AIC (Australia-Indonesia Center) dalam hal perencanaan kerjasama riset pusat studi dengan para peneliti ITS.