Beranda its edisi 23 2014

4
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 23/Juni 2014 Galeri Foto Siapkan Hadapi AEC, ITS Galang Kegiatan Bersama KMUTT Uji Pengembangan Teknologi Informasi di ITS

description

Siapkan Hadapi AEC, ITS Galang Kegiatan Bersama KMUTT, Uji Pengembangan, Teknologi Informasi

Transcript of Beranda its edisi 23 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 23/Juni 2014

Galeri Foto

Siapkan Hadapi AEC, ITS Galang Kegiatan Bersama KMUTT

Uji Pengembangan Teknologi Informasi di ITS

Untuk lebih mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menghadapi ASEAN Economic Community 2015, International Office ( IO) ITS terus berupaya mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung persiapan tersebut. Baik kegiatan secara internal maupun yang mel ibatkan pihak luar untuk m e n d u k u n g p u l a k e s i a p a n I T S m e n u j u internasionalisasi.

Setelah sebelumnya berhasil dengan beberapa program khusus internasionalisasi, kali ini IO ITS juga melakukan program kegiatan yang diberi nama ASEAN Student Development Camp. Di mana kegiatan ini dilakukan bersama dengan King Mongkut's University of Technology Thonburi (KMUTT) Thailand. Kegiatan yang kali pertama dilakukan ini berlangsung pada tanggal 9-22 Juni 2014 ini.

Kegiatan yang diagendakan dalam program ini cukup bervariasi. Tak hanya melibatkan mahasiswa, namun

juga melibatkan para karyawan di ITS. Kegiatan tersebut meliputi antara lain belajar bahasa Indonesia yang ditujukan untuk peserta asing yang dilaksanakan di UPT Bahasa dan Budaya ITS.

Juga dilakukan kegiatan untuk softskill development, belajar musik tradisional, tarian tradisional dan games, sharing and discussion sessions dengan mahasiswa dan karyawan, kunjungan ke beberapa laboratorium di ITS, dan campus tour di lingkungan ITS. Selain itu, para peserta juga diajak melakukan tinjauan keluar kampus ITS melalui city tour, industrial visit (termasuk mengunjungi sentra & kampung unggulan yang ada di Surabaya), dan beberapa kegiatan olah raga bersama.

Selama mengikuti kegiatan A S EA N Student Development Camp, peserta dari KMUTT ini menginap di Wisma Tamu Bougenvile. Selain itu, mereka juga disediakan fasilitas penggunaan sepeda kampus untuk mobilitas dari wisma ke lokasi-lokasi di dalam kampus ITS yang perlu untuk dikunjungi. (*)

Siapkan Hadapi AEC, ITS Galang Kegiatan Bersama KMUTT

ilustrasi : google

Sistem informasi tetap menjadi hal vital dalam berbagai organisasi. Tak terkecuali dengan lembaga seperti perguruan tinggi, termasuk juga ITS Surabaya. Untuk mengetahui peningkatan layanan sistem informasi di ITS tersebut, telah dilakukan penilaian oleh tim dari Telkom Smart Campus Award (TeSCA), beberapa waktu lalu.

TeSCA adalah program pemeringkatan dari Telkom Indonesia untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia. Untuk penilaian tersebut, ITS telah m e n y i a p k a n b e b e r a p a t i m u n t u k mempresentasikan sistem informasi yang ada di ITS. Setiap tim melakukan presentasi sesuai bidangnya masing-masing, seperti sistem Digital Library, Integra, dan beberapa website resmi milik ITS lainnya.

Meski pemeringkatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, namun visitasi oleh tim TeSCA secara

langsung baru dilaksanakan tahun ini. Tahun lalu, ITS masih menduduki peringkat ke-19 dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk pelayanan TIK ini. Juga dipresentasikan manajemen layanan TIK ITS. Mulai dari stakeholder, tata kelola, perencanaan, operasional, dan keberlanjutannya.

Hal ini dilakukan karena setiap sistem informasi selalu memiliki luarannya masing-masing. Hasilnya itu bisa berupa keputusan, kebijakan, atau arahan. Jika arahannya ada, maka keberlanjutan dari sistem informasi itupun akan berjalan dengan baik.

Dalam penilaiannya, pola komunikasi juga tidak hanya terjadi secara satu arah, hal ini dikarenakan setelah setiap tim selesai mempresentasikan segala fasilitas TIK ITS, tim dari TeSCA pun memberikan komentar dan saran atas hasil presentasi tersebut. Metode seperti ini sangatlah diperlukan agar pihak ITS sendiri dapat terus berbenah memperbaiki diri. (*)

Uji Pengembangan Teknologi Informasi di ITS

ilustrasi : google

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITS

ITS menjadi tempat untuk rapat koordinasi panitia lokal SBMPTN Surabaya yang dihadiri oleh banyak perguruan tinggi se-Surabaya.

Para peserta Lomba Penelitian Transportasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) R I mendengarkan sambutan dari Dekan FTK, Prof Ir Eko Budi Djatmiko Msc PhD, karena ITS kembali dipilih menjadi tuan rumah untuk kawasan regional Surabaya.