Beranda its edisi 17 2014

4
Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi Edisi 17/Mei 2014 Tertibkan Pedagang, Wacanakan Kantin Sehat di Kampus ITS ITS Perlu Angkat Pengelola Arsip Dinamis

description

 

Transcript of Beranda its edisi 17 2014

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 17/Mei 2014

Tertibkan Pedagang, Wacanakan Kantin Sehat di Kampus ITS

ITS Perlu Angkat Pengelola Arsip Dinamis

Tak hanya dalam hal manajemen dan administrasi, ITS juga terus melakukan perbaikan di berbagai sektor. Termasuk dari segi keamanan dan ketertiban di lingkungan kampus ITS. Salah satunya, melalui Badan Inovasi dan Bisnis Ventura (BIBV) ITS juga mulai menertibkan beberapa penjual makanan yang berada di area belakang Grha ITS.

Hal itu dilakukan semata-mata untuk lebih mendorong para pedagang agar dapat berjualan sesuai dengan tempat yang telah disediakan. Saat ini, BIBV sedang mengadakan pendataan ulang terkait aset-aset yang dimiliki ITS, termasuk beberapa aset yang dimiliki oleh pihak luar yang nantinya akan dilaporkan ke BPK (Badan Pemerikan Keuangan, red).

Sejauh ini, ITS juga sedang melakukan kajian ulang terkait tanah-tanah yang dimiliki. Utamanya bagi tanah yang masih difungsikan dan bisa menambah pendapatan ITS. Tapi sebagai pendapatan negara, bukan kerja. Penertiban beberapa penjual tersebut

merupakan salah satu langkah menuju tahap itu.

Rencananya, beberapa penjual itu akan diberikan tempat yang baik sehingga lebih mudah dalam melakukan pendataan. Pendataan tersebut merupakan salah satu cara untuk mewujudkan ITS sebagai kampus yang tertib dan rapi. Terutama dalam penataan kantin. Saat ini, hampir tiap jurusan di ITS sudah memiliki kantin masing-masing. Tentunya hal itu akan membuat pendataan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, rencananya ITS hanya akan menyediakan satu kantin saja untuk beberapa jurusan ke depannya.

Nantinya, para pedagang tersebut juga akan tetap dilibatkan dalam konsep kantin sehat yang telah direncanakan bersama UPT Fasilitas Umum (Fasum) ITS. Nanti mereka juga punya kontrak sendiri dengan ITS. Itu akan lebih jelas dibanding sebelumnya. Selain itu kontrolnya juga akan lebih mudah. (*)

Tertibkan Pedagang, Wacanakan Kantin Sehat di Kampus ITS

Untuk meningkatkan pengelolaan arsip dinamis pada setiap unit kerja di lingkungan ITS, maka dikeluarkan kebijakan untuk mengangkat pengelola arsip dinamis pada unit kerja di lingkungan ITS untuk tahun 2014 ini. Kebijakan ini dituangkan dalam surat keputusan Rektor ITS nomor 08/SK/R/2014.

Kebijakan ini dikarenakan semakin tingginya mobilitas serta banyaknya jumlah arsip yang beredar di lingkungan ITS, terutama di masing-masing unit kerja. Karena itu perlu dilakukan penataan secara tertib berdasarkan kategori-kategori arsip yang ada. Seh in g ga d ih a ra p ka n leb ih m u d a h u nt u k mendapatkannya kembali di saat dibutuhkan ke depannya.

Pengelola arsip dinamis tersebut nantinya mengemban beberapa tugas penting terkait kearsipan di lingkungan ITS. Antara lain harus melakukan pengklarifikasian materi arsip pada masing-masing unit kerja berdasarkan sistem

penomoran (kode klasifikasi) yang telah ditentukan, mengagendakan jadwal retensi arsip (JRA) pada masing-masing unit kerja berdasarkan pedoman JRA substantif dan fasilitatif serta JRA kepegawaian dan keuangan.

Selain itu, harus melakukan penataan arsip pada tempat atau rak yang telah disusun sesuai kode klasifikasi sehingga arsip dapat ditemukan kembali secara mudah, melakukan preservasi dan konservasi arsip pada masing-masing unit kerja, serta melakukan pelayanan temu kembali arsip kepada pengguna pada masing-masing unit kerja.

Segala biaya yang timbul sebagai akibat dari diterbitkannya keputusan pengangkatan pengelola arsip dinamis tersebut, nantinya akan dibebankan pada dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ITS tahun 2014. Bila nantinya di kemudian hari terjadi kekeliruan maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya. (*)

ITS Perlu Angkat Pengelola Arsip Dinamis

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772, PIN. 2A3E4F2COffice : 031-5927012, Email : [email protected], [email protected]

GALERI ITSRektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA memberikan sambutan pada pelepasan karya mahasiswa ITS yaitu dua mobil listrik Ezzy I dan Ezzy II, mobil hemat energi Lowo Ireng, serta mobil Sapu Angin Surya untuk uji keunggulan dalam Tour de Java Molina (Mobil Listrik Nasional) dari Jakarta menuju Surabaya pada 2-6 Mei 2014.

Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko menyematkan pin kepada salah satu perwakilan mahasiswa dari Tim Maritime Challenge ITS, sebagai s i m b o l p e n g h a r g a a n s e b e l u m berangkat berlaga di ajang Atlantic Challenge 2014 di Vannes, Prancis.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Tanjung Pinang dengan ITS, oleh Wali Kota Tanjung Pinang H Lis Darmansyah dan Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA.

Di sela-sela upacara Hardiknas, Wakil Rektor II, Dr Ir Muhammad Faqih me-launching logo Dies Natalis ITS yang ke-54.