BEDAH KISI 2014

5
BEDAH KISI-KISI UAS 2014-BIOLOGI 1. Disajikan gambar penampang ginjal , Siswa dapat menunjukkan bagian dari organ ginjal yang merupakan tempat proses reabsorpsi pada pembentukan urin. 2. Siswa dapat menunjukkan hubungan antara kerja kulit dan ginjal sebagai fungsi ekskresi Salah satu faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya urine yang dikeluarkan adalah SUHU. Ketika cuaca panas-->kulit mengeluarkan keringat --> konsentrasi air dalam darah menurun-->Sekresi hormon anti diuretik (ADH) meningkat -- > penyerapan air oleh dinding tubulus meningkat --> urin yang terbentuk sedikit. Sebaliknya, ketikan cuuaca dingin, kulit tidak berkeringat--> konsentrasi air dalam darah tinggi --> sekresi ADH menurun --> penyerapan air oleh dinding tubulus menurun --> jumlah urin meningkat. 3. Siswa dapat menunjukkan cara termudah membuktikan bahwa paru-paru mengeluarkan zat sisa (uap air atau carbon dioksida) Untuk membuktikan adanya uapa air yaitu dengan Menghembuskan atau mengeluarkan nafas ke kaca. Untuk membuktikan adanya CO2, dengan cara meniupkan udara pernafasan ke air kapur. Air kapur yang semula jernih akan menjadi keruh karena terbentuk endapan kalsium karbonat. 4. Disajikan beberapa kelaian pada sistem ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan pada organ ginjal Beberapa contoh kelainan pada ginjal: Albuminuria : kerusakan alat filtrasi, ditandai dengan adanya albumin dan protein lainnya di urin. Gagal ginjal Diabetes Insipidus : Kekurangan hormon anti diuretik, ditandai dengan jumlah urin yang banyak (sampai dengan 30 x lipat dari jumlah urin normal) Nefritis : peradangan pada nefron (glomerulus) akibat infeksi oleh bakteri Streptococcus. Glukosuria : Dsifungsi pankreas-->kekurangan hormon insulin. 5. Siswa dapat menentukan tempat penghasil sel-sel kelamin (sperma dan atau ovum). Sel sperma dihasilkan oleh testis Sel telur (ovum) dihasilkan oleh ovarium (indung telur)

description

Ringkasan matei kelas 9 berdasarkan kisi-kisi UAS kelas 9 untuk MTs

Transcript of BEDAH KISI 2014

  • BEDAH KISI-KISI UAS 2014-BIOLOGI

    1. Disajikan gambar penampang ginjal , Siswa dapat menunjukkan bagian dari organ ginjal yangmerupakan tempat proses reabsorpsi pada pembentukan urin.

    2. Siswa dapat menunjukkan hubungan antara kerja kulit dan ginjal sebagai fungsi ekskresi

    Salah satu faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya urine yang dikeluarkan adalah SUHU.

    Ketika cuaca panas-->kulit mengeluarkan keringat --> konsentrasi air dalam darahmenurun-->Sekresi hormon anti diuretik (ADH) meningkat -- > penyerapan air oleh dinding tubulusmeningkat --> urin yang terbentuk sedikit.

    Sebaliknya, ketikan cuuaca dingin, kulit tidak berkeringat--> konsentrasi air dalam darah tinggi -->sekresi ADH menurun --> penyerapan air oleh dinding tubulus menurun --> jumlah urin meningkat.

    3. Siswa dapat menunjukkan cara termudah membuktikan bahwa paru-paru mengeluarkan zat sisa(uap air atau carbon dioksida)

    Untuk membuktikan adanya uapa air yaitu dengan Menghembuskan atau mengeluarkan nafas ke kaca. Untuk membuktikan adanya CO2, dengan cara meniupkan udara pernafasan ke air kapur. Air kapuryang semula jernih akan menjadi keruh karena terbentuk endapan kalsium karbonat.

    4. Disajikan beberapa kelaian pada sistem ekskresi, siswa dapat menentukan gangguan pada organginjal

    Beberapa contoh kelainan pada ginjal: Albuminuria : kerusakan alat filtrasi, ditandai dengan adanya albumin dan protein lainnya

    di urin. Gagal ginjal Diabetes Insipidus : Kekurangan hormon anti diuretik, ditandai dengan jumlah urin yang banyak

    (sampai dengan 30 x lipat dari jumlah urin normal) Nefritis : peradangan pada nefron (glomerulus) akibat infeksi oleh bakteri

    Streptococcus. Glukosuria : Dsifungsi pankreas-->kekurangan hormon insulin.

    5. Siswa dapat menentukan tempat penghasil sel-sel kelamin (sperma dan atau ovum). Sel sperma dihasilkan oleh testis Sel telur (ovum) dihasilkan oleh ovarium (indung telur)

  • 6. Disajikan beberapa pernyataan proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kelamin, siswadapat membedakan spermatogenesis dengan oogenesisGametogenesis (proses pembentukan sel-sel kelamin) ada 2, yaitu:

    Spermatogenesis (proses pembentukan sel sperma), terjadi di testis. Oogenesis (proses pembentukan sel telur/ovum) di ovarium

    Perbedaan spermatogensis dan oogenesisSpermatogenesis Oogenesis1. Pembelahan meiosisnya terjadi secara simetris2. Terjadi tanpa henti3. Menghasilkan 4 sel sperma fungsional4. Sel-sel asal sperma berkembang terus danmembelah sepanjang hidup laki-laki, sehinggajumlahnya selalu bertambah.

    1. Pembelahan meiosisnya terjadi secaraasimetris2. Menghasilkan 1 sel telur fungsional dan 2 selpolosit.3. Mempunyai periode istirahat yang panjang.4. Ovariumnya mengandung semua sel yang akanberkembang menjadi sel telur, sehinggajumlahnya selalu berkurang.

    7. Siswa dapat menunjukkan bagian yang berfungsi melindungi embrio dari guncangan, benturan dantekanan pada proses perkembangannya

    8. Siswa daapat menyebutkan danmenjelaskan penyebab 5 penyakit yangmenyarang sistem reproduksi manusia

    1) Sifilis disebabkan oleh sejenis bakteriTreponema pallidium.

    2) Gonorea disebabkan oleh bakteri Neisseriagonorrhoeae

    3) AIDS disebabkan oleh virus, HIV (HumanImmuno Deficiency Virus)

    4) Herpes Genetalis disebabkan oleh virusHerpes simpleks.

    5) Vaginistis: infeksi pada vagina karenabakteri atau jamur.

    9. Siswa dapat menyebutkan tiga (3) fungsi sistem syaraf

    Sistem saraf mempunyai tiga fungsi utama, yaitu (1) menerima informasi dalam bentuk rangsanganatau stimulus dengan kata lain sebagai alat komunikasi antara tubuh dengan dunia luar; (2)memproses informasi yang diterima/mengatur kerja alat-alat tubuh agar dapat bekerja sesuaifungsinya; serta (3) memberi tanggapan (respon) terhadap rangsangan.

    10. Siswa dapat menyebutkan bagian otak yang berperan dalam reflek mata, tonus otot dan berkaitandengan posisi tubuh.

    Otak terdiri atas:(1) cerebrum / otak besar(2) Cerebelum/ otak kecil--> pusat keseimbangan dan koordinasi aktivitas tubuh.(3) Otak tengah / Mesensefalon --> pusat refleks mata, tonus otot, dan berkaitan dengan posisi

    tubuh.

  • 11. Siswa dapat menunjukkan jalannya rangsang ketika terjadi gerak reflek

    12. Disajikan alat-alat indra (telinga), siswa dapat menunjukkan bagian telinga yang berfungsimenjaga keseimbangan tekanan udara di dalam dan luar telinga.

    13. Siswa dapat menunjukkan bagian mata yang berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yangmasuk ke dalam mata.

    14. Disajikan gambar kelain mata, siswa dapat menunjukkan salah satu kelaian mata (miopi,hipermetropi atau presbiopi).

  • 15. Siswa dapat menyejelaskan dan memberi contoh tiga jenis adaptasi yang dilakukan makhluk hidup(eSSAY)

    Berdasarkan cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat hidupnya,adaptasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, danadaptasi tingkah laku Adaptasi morfologi adalah penyesuaian struktur alat tubuh luar terhadap lingkungan tempat

    hidupnya. Contoh: adaptasi pada morfologi mulut serangga dan paruh burung. Adaptasi fisiologi adalah adaptasi fungsi organ tubuh terhadap lingkungan. Contoh : Ikan yang

    hidup di air laut, mengandung kadar garam lebih rendah dibanding lingkungannya. Agarcairan tubuhnya tetap seimbang, maka ikan air laut akan banyak minum dan sedikitmengeluarkan urine.

    Adaptasi tingkah laku, yaitu perilaku hewan dalam rangka mempertahankan diri ataumenyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan. Misalnya: mimikri bunglon dan autotomi cicak dankadal.

    16. Siswa dapat menunjukkan prilaku hewan kutub dalam menjaga kelangsungan hidupnya.

    Salah satu cara adaptasi hewan kutub dalam menjaga kelangsungan hidupnya adalah dengan melakukanHIBERNASI, yaitu tidur panjang pada musim dingin. Ciri-ciri hewan yang melakukan hibernasi, yaitusuhu tubuh rendah serta detak jantung dan pernapasan sangat lambat. Tujuannya untuk menghindaricuaca yang sangat dingin, kekurangan makanan, dan menghemat energi

    17. Disajikan gambar tumbuhan eceng gondok, siswa dapat menunjukan cara adaptasi yang dilakukantumbuhan tersebut.

    Mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk memudahkan mengapung di air, daun lebar dan tangkai daun menggembung berisi udara.

    18. Siswa dapat munjukkan jenis adaptasi yang dilakukan rayap ketika memakan kulitnya yangterkelupas.

    Rayap menjilati dubur induknya untuk mendapatkan flagela, merupakan contoh ADAPTASI TINGKAHLAKU.

    19. Siswa dapat menunjukkan fakta alam suatu organisme berpeluang lolos dari seleksi alam.

    Organisme dengan kemampuan kamuflase dan tingkat reproduksi yang tinggi berpeluang lebih besaruntuk lolos dari seleksi alam.

    Seleksi alam adalah proses kelulushidupan suatu organisme terhadap perubahan-perubahan yangterjadi di alam. Organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan akan mencarilingkungan baru yang dianggap sesuai dengan sifat-sifatnya. Organisme yang dapat beradaptasiterhadap lingkungan yang baru akan bertahan hidup.

    20. Disajikan beberapa jenis hewan,Siswa dapat menunjukan kelompok hewan hermaprodit

    Hewan hermaprodit adalah hewan yang memiliki jenis kelamin ganda. Contoh: Siput, cacing tanah,lintah dan bekicot (Achatina fulica)

    21. Disajikan beberapa kelompok tumbuhan, siswa dapat menunjukan kelompok tumbuhan yangberkembangbiak dengan Rhizoma.

    Rhizoma (akar tinggal) adalah batang yang seluruhnya berada dan tumbuh di bawah permukaantanah.

    Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan rhizoma: kunyit (Curcuma domestica), jahe

  • (Zingiber officinale), lengkuas (Languas galanga) dan kencur (Kaempferia galanga), Temulawak(Curcuma xanthorriza), bunga tasbih dsb.

    22. Disajikan beberap cabang Biologi, siswa dapat menunjukan cabang Biologi yang mempelajaritentang pewarisan sifat induk kepada keturunannya.

    Cabang biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat adalah GENETIKA

    23. Siswa dapat menjelaskan pengertian fenotif Fenotif adalah sifat organisme yang tampak atau dapat diamati oleh pancaindera.

    24. Siswa dapat menentukan gamet individu dengan genotif tertentu. (Jelas)25. Disediakan persilangan dihibrida, siswa dapat menentukan rasio fenotif pada F2. (Jelas)

    26. Siswa mendefinisikan pengertian bioteknologi. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan organisme (khususnya

    mikroorganisme), sistem, atau proses biologi untuk menghasilkan produk berupa barang atau jasayang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

    Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untukmenghasilkan produk dan jasa guna kepentingan manusia.

    27. Siswa dapat menunjukan manfaat yang diperoleh dari perbanyakan tanaman secara kulturjaringan.

    Kultur jaringan termasuk metode memperbanyak tanaman secara vegetatif. Kultur jaringan suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau

    jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik sehiingga bagian tanaman tersebut dapatmemperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.

    Manfaat kultur jaringan: diperoleh keturunan dalam jumlah besar, cepat, seragam, dan identikdengan tanaman induknya.