Bab III Save

download Bab III Save

of 32

  • date post

    13-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    219
  • download

    2

Embed Size (px)

description

skripsi

Transcript of Bab III Save

BAB IIIMETODOLOGI PENELITIAN

3.1Model PenelitianSystem Development Life Cycle (SDLC) adalah pendekatan bertahap untuk melakukan analisa dan membangun rancangan sistem SDLC (Systems Development Life Cycle, Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning),analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).Pada hal ini Penulis menggunakan model waterfall dari proses SDLC karena waterfall merupakan SDLC yang bersifat natural. Urutan SDLC waterfall bersifat serial dari proses perencanaan, analisa, desain dan implementasi pada sistem. Model waterfall melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analysis, design, coding, testing, dan maintenance.

3.2Kerangka Pemikiran

Gambar 3.1 Diagram Alir Kerangka Pemikiran3.3Kajian Pustaka

Kajian pustaka dilakukan untuk memperoleh teori-teori dasar yang dibutuhkan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan penelitian ini. Kajian pustaka tersebut antara lain meliputi perancangan aplikasi menggunakan UML, pemrograman Java Web, XML, dan Basis Data.

3.4Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah dilakukan dengan cara mempelajari masalah-masalah yang timbul dalam pemberian bahan matakuliah oleh dosen di setiap pertemuan dalam bentuk softcopy. Namun kegiatan tersebut kurang efektif dalam lingkungan teknik informatika yang dapat menghambat mahasiswa dalam mendapatkan bahan matakuliah dari dosen yang bersangkutan, seperti :1. Proses pemberian bahan matakuliah dilakukan secara manual melalui mahasiswa satu dengan yang lainnya. Sehingga terkadang ada mahasiswa yang belum mendapatkan bahan matakuliah tersebut.2. Pemberian bahan kuliah dapat berupa hardcopy dan softcopy dapat merepotkan mahasiswa untuk meng-copy dari rekan mahasiswa.3. Bahan matakuliah yang dosen berikan membuat mahasiswa sangat membutuhkan bahan itu pada saat ujian. Mahasiswa sibuk mencari bahan matakuliah dari pertemuan 1 sampai dengan akhir. 3.5Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data sebagai bahan penulisan dan pembahasan masalah, penulis menggunakan metode sebagai berikut :1. Observation atau PengamatanObservation adalah pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap obyek penelitian. Observation ini merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang cukup efektif dan efisien untuk mempelajari sistem yang ada. Metode ini dilakukan dengan cara mengamati langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan, dalam hal ini penulis mengadakan pengamatan pada sistem dan prosedur yang dijalankan pada Jurusan Teknik Informatika STT-PLN Jakarta.2. Teknik Kepustakaan atau Studi PustakaStudi pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan melalui telaah/studi dari berbagai laporan penelitian dan buku literature yang relevan. Pengumpulan literatur dari berbagai referensi buku maupun internet yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi.

3.6Analisa Kebutuhan

Analisa kebutuhan merupakan langkah awal untuk menentukan perangkat lunak (Aplikasi) seperti apa yang akan dihasilkan. Keberhasilan suatu perangkat lunak sangat bergantung dari keberhasilan dalam melakukan analisis kebutuhan.

3.6.1 Analisa Kebutuhan Data

Analisa kebutuhan data merupakan tahapan mengidentifikasi tentang data-data yang diperlukan dalam membangun Aplikasi Ebook. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan menjaga kosistensi perangkat lunak yang akan dibuat. Berikut analisa kebutuhan data yang diperlukan :Tabel 3.1 Analisa Kebutuhan DataNo.Nama DataAtributDeskripsi

1DosenKode, Nama dan PasswordDosen adalah user admin yang dapat mengupload dan menghapus materi.

2MatakuliahKode, Nama, SemesterMatakuliah yang ada pada Jurusan Teknik Informatika STT-PLN.

3MateriKode Dosen,Nama, Kode Mata Kuliah, Semester, Tanggal Upload, Judul Materi.Bahan ajar matakuliah yang di upload oleh dosen bersangkutan sesuai dengan jumlah pertemuan.

4SemesterKode dan NamaSebagai data pembeda antara semester yang satu dengan semester yang lain.

3.6.2Analisa Kebutuhan ProsesAnalisa kebutuhan proses merupakan penentuan proses (kegiatan) yang akan dimunculkan dalam Aplikasi Ebook sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahapan ini menjadi dasar sebelum masuk ke perancangan model, yakni gambaran konseptual dari sistem yang akan dibuat. Berikut analisa kebutuhan proses yang diperlukan :Tabel 3.2 Tabel Kebutuhan ProsesNo.Nama ProsesData InputUserDeskripsi

1Login AdminKode Dosen dan PasswordDosenProses verifikasi Kode Dosen dan password untuk masuk ke dalam sistem Upload

2Kontrak DudukKode semester, kode matakuliah, kelas, no.komp dan NIMMahasiswaProses kontrak tempat duduk yang terjadi di komputer client.

3Upload Materi Laporan berupa softcopy dengan format PDF, PPT/X, DOC/XDosenProses upload laporan dari admin ke server.

4Hapus MateriKode Matakuliah, Nama MateriDosenProses menghapus materi yang ada dalam sistem.

5Baca Materi-Dosen, MahasiswaProses melihat garis besar yang ada pada materi.

6Download Materi-Dosen, MahasiswaProses cetak materi berbentuk Softcopy yang langsung tersimpan dalam komputer user (Mahasiswa, Dosen)

7Collection Kode Matakuliah, Nama MateriDosen, MahasiswaProses pencarian materi matakuliah untuk mempermudah user dalam mengakses.

8Get Info-Dosen, MahasiswaProses melihat pembaharuan materi yang di upload oleh dosen.

3.7 Perancangan UML

Berdasarkan analisis permasalahan yang ada, maka pada tahap ini dijelaskan rancangan sistem Ebook yang dirancang menggunakan diagram UML sebagai berikut :

3.7.1Use Case DiagramPerancangan awal dibuat ke dalam bentuk diagram use case untuk menjelaskan gambaran sistem dan aktor yang terlibat secara keseluruhan. Komponen use case terdiri dari : Actor, Use Case dan Relation. Actor adalah user yang berhubungan dengan sistem, yakni Dosen dan Mahasiswa.

Gambar 3.2 Use Case Diagram Aplikasi Ebook

Use case diagram di atas menjelaskan adanya hubungan antara mahasiswa sebagai user biasa, dosen sebagai admin dengan sistem. Adapun skenario use case tersebut terdapat pada tabel di bawah ini :1. Skenario Use Case Unduh MateriTabel 3.3 Skenario Use Case Unduh MateriNoActor (All User )Sistem

1Dosen dan Mahasiswa harus membaca materi terlebih dahulu sebelum unduh materi.

2Sistem akan membuka abstrak dari materi dan menyediakan link untuk fasilitas unduh materi.

3Mahasiswa dan dosen dapat mengunduh materi sesudah mebaca abstrak materi.

4Sistem akan memberikan file yang di pilih oleh mahasiswa atau Dosen.

2. Skenario Use Case Cari MateriTabel 3.4 Skenario Use Case Cari MateriNoActor (All User )Sistem

1Dosen dan Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas cari materi yang dapat memudahkan dalam mencari materi yang diinginkan dengan cepat.

2Sistem akan melakukan pencarian dengan metode autocomplete dimana user akan dimudahkan dalam pencarian cukup dengan mengertikkan beberapa huruf atau pun kata.

3Sistem akan menampilkan hasil pencarian yang diinginkan user.

4Dosen dan mahasiswa dapat membaca dan unduh materi.

3. Skenario Use Case Unggah MateriTabel 3.5 Skenario Use Case Unggah MateriNoActor (All User )Sistem

1Untuk mengunggah materi, Hak akses hanya diberikan oleh dosen.

2Sebelum mengunggah materi, Dosen harus masuk terlebih dahulu (Login) dengan memasukan Id Dosen dan Password.

3Jika password benar, maka dosen dapat masuk kedalam sistem aplikasi ebook.

4Jika hak akses pengguna sebagai mahasiswa maka sistem akan melakukan Lost Focus dimana secara otomatis akan kembali kehalaman home.

5Dosen dapat menunggah materi yang diinginkan dengan mengisi Pilih tahun ajar, Semester, Kode Matakuliah, Kode Dosen, Judul Materi, Abstrak Materi(200 kata), Dan memilih materi yang memiliki ekstensi pdf, doc/docx,dan ppt/pptx dengan ukuran maksimum 2 Mb.

6Sistem akan mengolah data yang diisi oleh dosen dan mengecek apakah sudah semua terisi, dan apakah ada yang melebihi batas maksimum yang siste tetapkan. Misalnya, pada abstrak materi < 200 kata, dan Ukuran file materi < 2mb.

7Dosen dapat menghapus materi yang sudah di unggah.

8Dosen memilih matakuliah yang akan dihapus dengan memasukkan kata atau huruf. Teknik pencarian yang dipakai adalah autocomplete.

9Sistem akan memeriksa apakah kata atau huruf yang dimaksud ada di dalam sistem.

10Jika dosen ingin menghapusnya, pilih tombol ya. Jika memilih tombol tidak maka akan kembali ke halaman sebelumnya.

11Sistem akan menghapus jika tombol yang dipilih ya. Dan jika memilih tidak sistem akan membatalkan.

12Dosen dapat menambah matakuliah yang belum tersedia di dalam sistem.

13Sistem akan memeriksa apakah matakuliah yang di masukkan sudah tersedia dalam database atau belum.

14Jika belum, maka matakuliah ada berhasil di masukkan kedalam database. Jika sudah, maka akan ada pemberitahuan jika sudah ada matakuliah yang dimaksud.

3.7.2Class Diagram

Class Diagram terdiri dari kumpulan-kumpulan class yang saling berhubungan dan terdiri dari objek berbeda yang digunakan untuk mendesain aplikasi. Class diagram dari aplikasi ebook ini adalah sebagai berikut :

Gambar 3.3 Class Diagram Apikasi Ebook

3.7.3 Activity Diagram

Activity Diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Berikut adalah activity diagram aplikasi ebook :1. Activity Diagram Cari MateriBerikut adalah aktifitas mahasis