b. Silabus MK, S2 USB, 24 September 2010

3
Program Studi (S-2) Ilmu Farmasi Program Pascasarjana Universitas Setia Budi Silabus Matakuliah: Manajemen Keuangan Dosen: Lukas Purwoto, S.E., M.Si. (Kandidat Doktor UGM) Email: [email protected] Setiyono, S.E., M.Si. (Kandidat Doktor UGM) Email: [email protected] Jadwal Kuliah: Hari Jumat, Pukul 08.00 – 11.00 wib Deskripsi Matakuliah: Matakuliah ini membahas bagaimana prinsip-prinsip Manajemen Keuangan dapat membantu dalam memaksimumkan nilai perusahaan (investor-owned businesses) dan berperan penting di dalam not- for-profit organizations. Tatap muka di kelas dilakukan dengan baik penyampaian satu arah maupun diskusi konsep-konsep dasar seperti nilai waktu uang, laporan keuangan, analisis kinerja keuangan, pasar finansial, risiko dan return, serta penilaian obligasi dan saham. Pembahasan selanjutnya memfokuskan pada keputusan investasi dan keputusan pendanaan termasuk keputusan dividen. Selain itu, manajemen modal kerja dan manajemen risiko juga merupakan topik yang dipelajari pada perkuliahan. Tujuan Matakuliah: 1. Memberikan pemahaman mengenai pengambilan keputusan keuangan yang didasarkan teori. 1

description

..........................

Transcript of b. Silabus MK, S2 USB, 24 September 2010

Program Studi (S-2) Ilmu Farmasi

Program Studi (S-2) Ilmu Farmasi

Program Pascasarjana Universitas Setia Budi

Silabus

Matakuliah:Manajemen Keuangan

Dosen:Lukas Purwoto, S.E., M.Si. (Kandidat Doktor UGM)

Email: [email protected], S.E., M.Si. (Kandidat Doktor UGM)Email: [email protected] Kuliah:Hari Jumat, Pukul 08.00 11.00 wibDeskripsi Matakuliah:Matakuliah ini membahas bagaimana prinsip-prinsip Manajemen Keuangan dapat membantu dalam memaksimumkan nilai perusahaan (investor-owned businesses) dan berperan penting di dalam not-for-profit organizations. Tatap muka di kelas dilakukan dengan baik penyampaian satu arah maupun diskusi konsep-konsep dasar seperti nilai waktu uang, laporan keuangan, analisis kinerja keuangan, pasar finansial, risiko dan return, serta penilaian obligasi dan saham. Pembahasan selanjutnya memfokuskan pada keputusan investasi dan keputusan pendanaan termasuk keputusan dividen. Selain itu, manajemen modal kerja dan manajemen risiko juga merupakan topik yang dipelajari pada perkuliahan.

Tujuan Matakuliah:1. Memberikan pemahaman mengenai pengambilan keputusan keuangan yang didasarkan teori.

2. Melatih aplikasi prinsip-prinsip dasar keuangan melalui pengerjaan contoh dan latihan soal hitungan.

Buku Teks:Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston, 2007. Essentials of Financial Management. Thomson Asia Pte Ltd.Artikel/bahan lainnya menyusul.PowerPoint:

Disediakan powerpoint bagi mahasiswa untuk digunakan sebagai bahan pengajaran dan diskusi di kelas.Partisipasi dan Ujian:Mahasiswa hadir di kelas secara aktif dan memenuhi ketentuan lainnya dari program studi. Mahasiswa diharapkan juga membawa kalkulator dan alat tulis selama pertemuan kelas. Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) akan diberikan untuk menguji penguasaan konsep dan alat.

Penilaian Akhir (sementara): Ujian Tengah Semester

: 40%

Ujian Akhir Semester

: 40%

Tugas/PartisipasiKelas: 20%

Topik Bahasan (1416 pertemuan termasuk UTS dan UAS):No.Topik

1Overview manajemen keuangan (Ch.1; Pp.1)

2Laporan keuangan dan arus kas (Ch.3; Pp.3)

3Analisis laporan keuangan (Ch.4; Pp.4)

4Nilai waktu uang (Ch.2; Pp.2)

5Tingkat bunga (Ch.6; Pp.6)Obligasi dan penilaiannya (Ch.7; Pp.7)

6Institusi dan pasar finansial (Ch.5; Pp.5)

Saham dan penilaiannya (Ch.9; Pp.9)

7Risiko dan return (Ch.8; Pp.8)

8Biaya modal (Ch.10; Pp.10)

9Dasar-dasar penganggaran modal (Ch.11; Pp.11)

10Estimasi arus kas dan analisis risiko (Ch.12; Pp.12)

11Struktur modal dan leverage (Ch.14; Pp.14)

12Kebijakan dividen dan pembelian kembali saham (Ch.15; Pp.15)

13Manajemen modal kerja (Ch.16; Pp.16)

14Derivatives dan manajemen risiko (Ch.18; Pp.18)

Selamat belajar dan semoga sukses

11