Antena Horn

download Antena Horn

of 18

  • date post

    24-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    413
  • download

    57

Embed Size (px)

description

antena dan propagasi

Transcript of Antena Horn

KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan YME, oleh karena rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah Antenna dan Propagasi ini.

Selain sebagai tugas, makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang salah satu dari type antenna yaitu Antenna Horn.Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Erfan Achmad Dahlan, Ir., selaku dosen pembimbing mata kuliah Antenna dan Propagasi serta kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama penulisan makalah ini.

Meskipun kami berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata kami berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.Malang, 3 April 2014 M. Sudiro DAFTAR ISIKATA PENGANTAR1DAFTAR ISI2BAB I3PENDAHULUAN31.1Latar Belakang31.2Rumusan Masalah31.3Tujuan Penulisan4BAB II5PEMBAHASAN52.1Antena52.2Klasifikasi Jenis Antena52.3Antena Horn52.4Konstruksi Antena Horn9

2.4.1E-Plane Sectoral Horn 72.4.2H-Plane Sectoral Horn72.5Jenis-Jenis Antena Horn82.5.1Antena Horn Persegi92.5.2Antena Horn Piramidal92.5.3Antena Horn Conical10

2.6Penggunaan Antena Horn112.7Sifat-Sifat Antena Horn112.9Pola Radiasi Antena Horn122.10Teorema Luasan Tengkap (Aperture)142.11Perkembangan Antena Horn15BAB III17PENUTUP173.1Kesimpulan17

DAFTAR PUSTAKA18BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang

Dunia telekomunikasi dewasa ini selalu menuntut suatu kemajuan teknologi yang lebih sempurna daripada teknologi sebelumnya, salah satu contohnya adalah teknologi antena. Antena yang berfungsi baik sebagai transmitter (pemancar) maupun sebagai receiver (penerima) gelombang elektromagnetik memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu sistem telekomunikasi radio, oleh karena itu peningkatan mutu antena sangatlah diperlukan untuk mencapai suatu nilai pancar atau terima yang optimum. Perangkat antena dibedakan berdasarkan bentuk dan kualitas bahan yang digunakan, sehingga kemampuan tiap-tiap antena untuk memancarkan maupun menerima suatu gelombang elektromagnetik tentu berbeda.

Salah satu jenis antena adalah antena horn, antena ini dipakai dalam sistem telekomunikasi gelombang mikro. Kelebihan antena horn antara lain mempunyai gain yang tinggi, bandwidth yang relatif lebar, tidak berat dan mudah untuk dibuat. Pada penulisan tugas makalah ini, akan dibahas tentang antena horn secara garis besar.

1.2 Rumusan MasalahDari latar belakang yang telah ada, dapat dirumuskan permasalahan, diantaranya:1. Apa itu Antena?

2. Apa saja Klasifikasi Jenis Antena?

3. Apa itu Antena Horn?4. Bagaimana Konstruksi Antena Horn?

5. Apa saja Jenis-Jenis Antena Horn?

6. Apa kegunaan Antena Horn?7. Apa saja Sifat-Sifat Antena Horn?

8. Bagaimana Pola Radiasi Antena Horn?

9. Apa itu Teorema Luasan Tangkap (Aperture)?

10. Bagaimana Perkembangan Antena Horn?

1.3 Tujuan PenulisanTujuan pembuatan makalah ini adalah:1. Pembaca dapat mengetahui pengertian Antena.2. Pembaca dapat mengetahui Klasifikasi Jenis Antena.3. Pembaca dapat mengetahui definisi Antena Horn.4. Pembaca dapat mengetahui Konstruksi Antena Horn.5. Pembaca dapat mengetahui Jenis-Jenis Antena Horn.6. Pembaca dapat mengetahui Kegunaan Antena Horn.7. Pembaca dapat mengetahui Sifat-Sifat Antena Horn.9. Pembaca dapat mengetahui Pola Radiasi Antena Horn.10. Pembaca dapat mengetahui Teorema Luasan Tangkap (Aperture).11. Pembaca dapat mengetahui Perkembangan Antena HornBAB II

PEMBAHASAN1.4 Antena

Antena adalah perangkat yang berfungsi untuk memindahkan energi gelombang elektromagnetik dari media kabel ke udara atau sebaliknya dari udara ke media kabel. Karena merupakan perangkat perantara antara media kabel dan udara, maka antena harus mempunyai sifat yang sesuai (match) dengan media kabel pencatunya.1.5 Klasifikasi Jenis Antena

Terdapat banyak cara untuk mengklasifikasikan jenis antena di dalam sistem komunikasi wireless. Salah satu model pengelompokan jenis antena yakni berdasarkan konfigurasi struktur material penyusunnya. Berdasarkan sudut pandang ini, antena dapat dibagi ke dalam beberapa jenis antena seperti wire, aperture, microstrip, array, reflector, dan lens antenna.1.6 Antena HornAntena Horn merupakan salah satu antenna microwave yang digunakan secara luas. Antena ini muncul dan digunakan pada awal ahun 1800-an. Walaupun sempat terabaikan pada tahun 1900-an, antenna horn akhirnya digunakan kembali pada tahun 1930-an.

Antena horn banyak digunakan sebagai pemancar untuk satelit dan peralatan komunikasi hampir diseluruh dunia. Antena horn merupakan passed array gain antenna. Penggunaan antenna horn yang sangat meluas dikarenakan kemudahan dalam pembuatannya, kekuatan gain yang besar, VSWR yang rendah, bandwith yang relatif besar, tidak berat serta kemampuan daya total dalam memancarkan gelombang elektromagnetik sehingga antenna horn ini banyak dipakai.1.7 Konstruksi Antena HornSeperti yang ditunjukan gambar berikut, antena ini mengalami pelebaran pada kedua sisinya. Ukuran dari penampang pandu gelombangnya adalah a dan b, dengan a adalah bagian yang lebih lebar dari pada bagian b.

Dari gambar (bidang-E) secara geometris dimensi antena horn bisa dinyatakan sebagai berikut:

Sedangkan untuk bidang-H dimensinya dapat dinyatakan dengan:

Dengan: Pe = Ph = Pp

a1, b1= ukuran mulut antena horn

a, b= ukuran dari penampang pandu gelombang Gambar: antenna Horn

1.7.1 E-Plane Sectoral HornE-Plane Sectoral adalah salah satu yang membuka penyalaan di arah E-field, seperti yang ditunjukan pada Gambar 13.2 (a). Sebuah geometri yang lebih rinci ditampilkan pada 13.2 (b).

1.7.2 H-Plane Sectoral HornFlaring the dimensions pada sebuah waveguide persegi panjang kearah H-field, sementara juga menjaga menjaga kekonstanan daerah lainnya, membentuk sebuah H-plane sectoral. Sebuah geometry yang lebih rinci ditunjukan pada Gambar 13.10

1.8 Jenis-Jenis Antena HornBerdasarkan bentuk luasannya, antena horn diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu antena horn persegi (rectangular horn antenna) dan antena horn kerucut (conical horn antenna).1.8.1 Antena Horn PersegiAda tiga macam antena horn persegi seperti ditunjukkan. Antena horn ini dicatu melalui pandu gelombang yang dindingnya melebar. Untuk pandu gelombang dengan mode dominan, bidang-E berada dibagian vertikal sedangkan bidang-H berada dibagian horisontal. Antena horn yang mengalami pelebaran pada bidang yang lebar serta bidang yang sempit tidak mengalami perubahan dinamakan antena horn sektoral bidang-H. Dan sebaliknya, jika antara horn ini mengalami pelebaran pada bidang yang sempit dinamakan sebagai antena horn sektoral bidang-E. Jika kedua bidang antena mengalami pelebaran maka disebut sebagai antena horn piramida.

1.8.2 Antena Horn PiramidalAntena horn persegi yang paling populer adalah antena horn jenis piramidal (pyramidal horn antenna).

Antena horn piramidal merupakan antena celah (aperture antenna) berbasis saluran pandu gelombang persegi (rectangular waveguide), sedangkan mulutnya melebar ke arah bidang medan listrik (E) dan bidang medan magnet (H), sehingga bentuk akhir antena ini menyerupai piramida.Gambar: Antena horn piramidal

1.8.3 Antena Horn ConicalAntena Horn Conikal merupakan antena celah (aperture anntena) berbasis saluran pandu gelombang lingkaran (circular waveguide) dengan bentuk akhir antena ini menyerupai kerucut, yang mulutnya melebar kearah bidang medanlistrik (E) dan bidang magnet (H).

Antena horn conical merupakan antena yang paling banyak dipakai dalam sistem komunikasi gelombang mikro karena mempunyai gain yang tinggi, VSWR yang rendah, lebar pita (bandwidth) yang relatif besar, tidak berat, dan mudah dibuat. Antena horn conical merupakan jenis lain antenna microwave. Perbedaannya terletak pada feed dari antena horn conical ini berbentuk melingkar sedangakan pada antena horn pyramidal sendiri feednya berbentuk kotak. Antena horn conical bertipe antena aperture (antena celah) yang berarti sangat berguna untuk aplikasi pada pesawat terbang dan kendaraan luar angkasa. Antenna aperture merupakan suatu antena yang mempunyai struktur berupa suatu luasan yang dilalui gelombang elektromagnetik. Konsep dari aperture ditunjukkan sangat sederhana, yaitu dengan mempertimbangkan suatu antena penerima. Andaikata bahwa antena penerima adalah suatu horn elektromagnetik yang dibenamkan didalam medan dari suatu gelombang datar serba sama. 1.9 Penggunaan Antena HornAntena horn digunakan secara luas, diantaranya sebagai elemen penerima untuk radio astronomi, tracking satelit, serta sebagai pencatu pada reflektor antena parabola. Jenis antena horn yang sering dipakai dalam praktek adalah antena horn piramida. Horn dapat dianggap sebagai bumbung (pandu) gelombang yang dibentangkan sehingga gelombang-gelombang di dalam pandu tersebut menyebar menurut suatu orde tertentu dan akan menghasilkan suatu distribusi medan melalui mulut horn sehingga dapat dianggap sebagai sumber radiasi yang menghasilkan distribusi medan melalui suatu luasan tangkap. Amplitudo dan fase medan pada bidang mulut horn tergantung pada jenis dan mode gelombang catu yang masuk ke horn melalui pandu gelombang dan tergantung pada sifat-sifat horn.1.10 Sifat-Sifat Antena HornKarakteristik medan-medan radiasi misalnya: pola radiasi, faktor penguatan, keterarahan dan sebagainya sangat ditentukan oleh dimensi antena horn, seperti panjang horn R (1 atau 2 ), lebar a dan tinggi b atau ukuran-ukuran aperturePenguatan maksimum dari antenna horn diuraikan dengan persamaan:

Sedang