Analisis Pengembangan Usaha Dgs Per 30 Des 2011

Click here to load reader

description

analisis pengembangan usaha

Transcript of Analisis Pengembangan Usaha Dgs Per 30 Des 2011

Driving Golf Siliwangi Bandung

Driving Golf Siliwangi Bandung

I. Latar BelakangSejalan dengan Program Pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan meng-olahragakan masyarakat serta menggalakkan pariwisata dan melestarikan lingkungan hidup, maka di-era tahun 1990-an olahraga golf telah menjadi primadona bagi olahragawan dikalangan masyarakat menengah keatas seiring dengan bertambahya komunitas penggemar olah raga golf di Tanah Air. Hampir disetiap kota besar ditanah air banyak dibangun padang-padang golf dengan menampilkan perancangperancang yang telah mempunyai nama besar di bidang olahraga golf di tingkat Internasional. Tak heran bila selama ini bisnis golf dianggap menggiurkan. Lapangan golf terdapat di mana-mana, di Indonesia ada 80-an lapangan golf. Banyaknya lapangan golf tentu menguntungkan para pegolf, yang kebanyakan suka berpindah tempat untuk mengenal berbagai kondisi dan situasi lapangan.Oleh sebab itu perkembangan Industri golf dewasa ini semakin positif. Sayangnya perkembangan ini tidak diimbangi dengan kemajuan prestasi olah raga golf dibandingkan dengan Negara-negara tetangga yang seyogianya dapat mengangkat nama harum bangsa dan Negara dan konsep Driving Range Golf diambil karena sebagai wadah awal pencetak atlit golf atau sekedar hobi pun di targetkan.Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan dan dengan pemilihan lokasi yang tepat maka visi dari Indonesia Visit atau bahkan pendapatan tiap daerah dari segi kawasan olahraga dan hiburan tentu menguntungkan. Oleh sebab itu pemilihan usaha Driving Golf dirasa sudah tepat.

II. TujuanDalam melakukan strategi pengembangan usaha ini, maka untuk diketahui bahwa profil bisnis unit usaha Driving Golf Siliwangi ini dengan strategi pengembangan usaha penunjang yang telah ada dibuat layak untuk diimplementasikan lebih lengkap dan mampu mencapai target kenaikan usaha di 5-10 tahun mendatang.

III. Driving GolfGolf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin. Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf). Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang). Aturan utama dalam golf adalah "memainkan sebuah bola dengan stik golf dari daerah tee (teeing ground) ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan aturan".Driving Range merupakan tempat latihan golf baik pemula dan lanjutan, dan juga sarana untuk membangun & memperluas hubungan bisnis. Driving Range Golf menawarkan fasilitas pelatihan dengan fasilitas lengkap dan peralatan serta mendukung Club House yang menawarkan berbagai fasilitas pelengkap seperti restoran, proshop, golf simulator, loker, pijat medis, dan tempat ibadah (mushola).Dipastikan pegolf pernah menggunakan driving range karena disanalah tempat pegolf berlatih baik practising (dari mulai belajar memukul bola,berlatih mengarahkan bola,sampai mencoba untuk golf club yang baru).

IV. Aspek Pasar Driving Golf SiliwangiDriving Golf Siliwangi Bandung berdiri tahun 1992 yang dibangun diatas hamparan tanah seluas 2 Ha yang berada di tengah kota atau pusat kota Bandung. Tanahnya dimiliki oleh Kodam, sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada pihak lain. Kontrak antara pengelola dan pihak Kodam dilakukan per 10 tahun. Kontrak pertama sampai tahun 2003, kontrak kedua sampai 2013 dan kontrak ketiga sampai tahun 2022.Jenis komoditi atau jasa yang dijual saat ini meliputi Golf Driving, Cafe, penyewaan ruangan kepada tenant atau pihak luar berupa ruangan/toko dan billboard (papan iklan). Akan tetapi selama ini yang menjadi bisnis inti (core bisnis) adalah golf driving itu sendiri.Selain tempat berolahraga, Driving Golf Siliwangi Bandung juga berperan sebagai sarana ajang bisnis dan persahabatan, tempat yang paling ideal, sangat menyenangkan dan paling bergengsi dalam menjamu relasi. Lokasi sangat strategis terletak dipusat kota Bandung yang dapat dijangkau dari arah manapun anda berada. Dalam hal ini, para pelaku bisnis dapat melakukan rapat atau pertemuan bisnis sambil ber-driving golf.Driving Golf ini dibangun untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan suatu impian besar untuk membangun suatu kawasan olah raga, rekreasi dan hiburan yang berdasarkan konsep One Stop Family Recreation yang menyediakan sarana olah raga dan rekreasi untuk semua anggota keluarga dalam satu lingkungan yang terpadu di Kota Bandung sehingga dapat ikut berpartisipasi pula dalam pembangunan, terutama dibidang olahraga dan pariwisata dan didorong oleh keinginan dalam usaha memperkenalkan Bandung dilingkup Nasional juga Internasional lewat olahraga golf serta untuk memenuhi tuntutan rekan-rekan pecinta golf.

Posisi Driving Golf Siliwangi Terhadap PesaingUntuk kategori Driving Golf, saat ini Driving Golf Siliwangi bisa dikatakan tidak memiliki pesaing, adapun pesaing nya seperti Arcamanik Endah Driving Range yang letaknya di Arcamanik sukamiskin atau Singgasana Driving Range di Dayeuhkolot dan Kopo Sulaiman. Ketiga pesaing tersebut berada dalam satu lingkungan area padang golf (golf green) yang tentu saja lokasinya tidak agak jauh dari pusat kota. Oleh karena itu posisi Driving Golf Siliwangi sebagai pioneer Driving Range di pusat kota Bandung bisa diperhitungkan dari segi lokasi serta fasilitas penunjang lainnya seperti akses menuju tempat-tempat yang ada di pusat kota Bandung.

Strategi Pengembangan UsahaPendapatan dalam 5 tahun terakhir (2006-2011) relatif stabil karena Golf Driving Siliwangi merupakan satu-satunya golf driving yang berada di tengah kota Bandung. Dan masih banyak prospek pengembangan usaha yang bisa dilakukan mengingat konsumen utamanya yang sangat spesifik yaitu kalangan menengah ke atas dan sebagian besar merupakan pemegang keputusan seperti owner (pemilik perusahaan), direksi, manajer dan lain-lain. Adapun Rencana pengembangan usaha selain Driving Golf yang akan dilakukan adalah sebagai Berikut :1. Sewa Lahan (Tenant)Lahan ini disediakan bagi para Perusahaan / Lembaga / Bank untuk menjual produk usahanya, mengingat berada di lingkungan Driving Golf dimana kebanyakan kaum sosialita berkumpul, maka tepat jika lahan tersebut dipakai untuk investasi. 2. Media Iklan/Promosi (Billboard)Billboard ini disediakan bagi Industri atau Perusahaan yang ingin menginvestasikan usahanya dalam bentuk promosi/pemasangan iklan (billboard). Lokasi yang strategis, serta lingkungan yang memadai dimana tempat ruang gerak kelas menengah atas (khususnya pelaku bisnis) berlalu lalang yang sangat faham akan media promosi maka investasi ini jelas sangat tepat.3. Golf Academy (Sekolah Golf)Pengembangan usaha ini berkomitmen mengembangkan Olahraga Golf utamanya di usia dini secara amatir maupun professional.4. Tropic Golf clothing and store (Proshop Golf)Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bermain golf serta merchandise nya.

5. Golfer Resto & CafSebagai tempat bersantai dan menikmati hidangan dengan menu lezat dengan keunggulan sebagai resto & caf ber tema atau nuansa golf.6. Horay Media & Fun Activation (E.O)Menyajikan dan menyelenggarakan turnamen-turnamen, tur Olahraga golf dan menerbitkan media tabloid atau majalah tentang olahraga golf.7. Business MeetingMenyediakan area / ruangan untuk meeting atau pertemuan lainnya8. Spa & ReflexyDisediakan bagi pengunjung Golf Driving khususnya mereka yang letih, cape setelah berlatih golf atau ingin melemaskan otot-otot maka sarana Spa & Refleksi ini cocok untuk dibuat.9. The Executive MusholaMushola dengan konsep Executive Mushola atau bernuansa eksklusif yaitu dengan fasilitas dan pelayanan yang nyaman, area ibadah yang luas, lengkap, bersih disediakan di Driving Golf Siliwangi dengan tujuan selain aktifitas jasmani maka aktifitas rohani pun tetap berjalan. Sehingga tidak bisa tidak, menunaikan sholat di manapun berada adalah satu satunya pilihan. Pembangunan ini termasuk kedalam pengembangan usaha segi social dan keagamaan.10. Parkir MobilPengembangan usaha parkir ini bertujuan untuk memperluas area parkir sehingga pengunjung akan merasa lebih nyaman menyimpan dan jaminan keamanan alat transportasinya.Dari rencana pengembangan usaha tersebut diperlukan dana tambahan dengan tujuan untuk mengambil alih pengelolaan, renovasi serta pengembangan usaha tersebut diatas, mengingat lokasi usaha yang sudah sangat tepat, yaitu berada di pusat kota Bandung, maka sangat tepat rencana pengembangan usaha ini untuk segera direalisasikan.

V. Manajemen Driving Golf Siliwangi Latar Belakang PerusahaanNama Perusahaan: Siliwangi Sport Driving GolfBidang Usaha: Healthy and LifestyleJenis Produk Jasa: Driving RangeAlamat Perusahaan: Jln. Lombok No.10, BandungNo Telepon: 022 4202562

Manajemen SDMDengan memasukkan para spesialis atau pekerja profesional ke dalam bagian fungsional/manajemen perusahaan, maka perusahaan bisa memperkuat dan kontrol antara masing-masing area fungsi. Selain itu, perusahaan bisa menggunakan bakat teknikal dan manajerial secara lebih efisien sehingga para professional di tiap bagian atau divisi bisa mengembangkan usaha per unit. Yang terakhir, jalur karir dan pengembangan professional dalam area spesialilasi umumnya difasilitasi oleh perusahaan.

Caddy Caddy adalah orang yang bekerja membawakan tas berisi peralatan pemain golf, sekaligus memberi saran tentang permainan serta dukungan moral untuk pemain yang dilayaninya. Caddy yang pandai harus menguasai peraturan permainan golf, seluk-beluk padang golf dan strategi bermain yang sesuai. Selain itu, caddy dituntut memiliki pengetahuan tentang jarak antarlubang dan pemilihan tongkat golf yang sesuai. Pemain golf amatir maupun profesional tidak jarang memulai profesinya sebagai caddy. Oleh karena itu peran caddy dalam dunia golf terutama Driving Golf sangat penting.

VI. Aspek Lingkungan, Ekonomi dan SosialPada masa krisis ekonomi seperti ini, Driving Siliwangi Golf masih dapat memberikan kontribusinya dalam penyediaan lapangan kerja yaitu dengan menyerap banyak tenaga kerja yang pengambilan tenaga kerjanya bisa dimulai dari lingkungan sekitar area Driving golf Siliwangi. Selain itu, dengan adanya Driving Golf yang bertujuan sebagai salah satu tujuan wisata, otomatis menarik pengunjung untuk datang dan hal ini membuka peluang bagi usaha-usaha kecil di lingkungan sekitar area Driving Golf dengan membuka gerai sederhana seperti counter pulsa atau jajanan-jajanan kecil.Driving Golf Siliwangi memiliki nilai lebih, karena terletak di lokasi yang sangat strategis yang berada di dalam pusat kota, serta lingkungan sekitar yang sangat mendominasi bagi pelaku bisnis karena dekat dengan perkantoran dan beberapa kawasan wisata, serta dapat diakses dari berbagai alternatif jalan, yaitu melalui Jl. Lombok, Jl. Bangka, Jl. Belitung, Jl. Aceh, Jl. Banda, Jl. Riau, Jl. Merdeka, yang keseluruhan kawasan tersebut merupakan kawasan segala bidang, mulai dari kawasan pendidikan, wisata, sampai hiburan.

VII. Aspek KeuanganDengan didasari oleh pendapatan usaha yang relatif stabil dalam 5 tahun terakhir (2007-2011), maka perhitungannya sebagai berikut : Perhitungan Kebutuhan Modal Modal InvestasiBiaya Alih Kelola Rp 5,000,000,000

Biaya Sewa / Tahun

KodamRp 612,000,000

(Rp. 51.000.000,-/bulan)

Biaya Renovasi & PerawatanRp 2,000,000,000

Biaya Perlengkapan & Peralatan / thn

Beli BolaRp 84,000,000

Jaring TambahanRp 20,000,000

Beli KarpetRp 28,160,000

Biaya Operasional / thn

Operasional GolfRp 96,000,000

Operasional CafRp 312,000,000

Biaya Utilitas / thn

ListrikRp 180,000,000

AirRp 6,000,000

TeleponRp 24,000,000

Bayar PajakRp 50,000,000

Total Modal InvestasiRp. 8.412.160.000

Modal KerjaBiaya Pekerja

Gaji Golf Rp 480,000,000

Gaji Caf Rp 300,000,000

Overhead

THR Rp 65,000,000

Bingkisan THR Rp 20,000,000

Total Modal Kerja Rp. 865.000.000

Laba Bersih Rata-Rata per BulanNoPendapatan

1Driving Golf Rp 243,000,000

2Cafe Rp 75,000,000

3Tenant

ATM BNI Rp 3,000,000

ATM BJB Rp 3,000,000

TOP Golf Rp 10,000,000

Travel BS. Tour Rp 4,000,000

Kedai Soto Rp 4,000,000

FELE Golf Rp 6,000,000

Burdani Golf Rp 7,000,000

Circle Furniture Rp 9,000,000

De Boutique Rp 10,000,000

Cafe Rp 9,000,000

ALIANZ Rp 12,000,000

4Billboard

Ron 88 Rp 3,000,000

PT. POS Rp 5,000,000

Telkom Solution Rp 2,500,000

Pikiran Rakyat Rp 3,000,000

FLEXI Rp 2,000,000

Bank BJB (Dalam) Rp 2,000,000

Telkom Solution (Luar) Rp 4,000,000

Bank BJB (Luar) Rp 4,000,000

5Business Meeting Rp -

6PROSHOP Golf Rp -

7Event Organizer Rp -

8Golf Course Rp -

9Spa & Reflexi Rp -

10The Executive Mushola Rp -

11Parkir Rp -

Total Pendapatan Rp 420,500,000

Biaya OperasionaL

1Operasional Golf Rp 8,000,000

2Operasional cafe Rp 26,000,000

3Gaji golf Rp 40,000,000

4Gaji cafe Rp 25,000,000

5Listrik Rp 15,000,000

6Air Rp 500,000

7Telpon Rp 2,000,000

8Kodam Rp 50,000,000

9Promosi Rp 10,000,000

10Bola Rp 7,000,000

11Jaring Tambahan Rp 1,700,000

12Beli karpet Rp 2,350,000

13Bayar Pajak Rp 4,200,000

14THRRp 5,416,000

15Bingkisan THRRp 1,666,000

Total Biaya Operasional Rp 198,832,000

Net Profit Rp 221,668,000

BEP (Break Even Point)Laba akan diperoleh jika produksi dan penjualannya melampaui titik impas, dimana jumlah penjualan sama dengan jumlah biaya.BEP : [(Modal Investasi + Modal Kerja/((Laba Bersih rata-rata per bulan)12)] x 1 TahunBEP : [(Rp. 8.412.160.000 + Rp. 865.000.000 ) / (( Rp. 221.668.000 )12)] x 1BEP : (Rp 9.277.160.000 / Rp 2.660.016.000) x 1BEP : 3,5 unit usaha, atauBEP : 3 unit usahaUntuk dapat beroperasi dalam kondisi BEP maka pada penjualan 3 unit usaha, perusahaan sudah mendapatkan laba. Dengan demikian, rencana pengembangan usaha menjadi 11 unit usaha adalah tepat.

Payback PeriodMenunjukkan berapa lama (dalam beberapa tahun) suatu investasi akan bias kembali.Asumsi arus kas (cashflow) per tahun berjumlah samaPP = (Investasi Awal/Arus Kas) x 1 tahunPP = (Rp 7.000.000.000 / Rp 1.959.440.000) x 1 tahunPP = 3,6PP = 3 tahun 6 bulanArtinya, untuk mendapatkan tingkat pengembalian investasi, maka modal akan kembali pada 3 tahun 6 bulan kedepan atau pengembalian investasi terjadi pada bulan Juni tahun 2015.

VIII. Lampiran

Driving Golf Siliwangi Bandung (map)

Area Driving Golf Siliwangi

Pengembangan Usaha14