alamat batan.pdf

download alamat batan.pdf

of 6

  • date post

    07-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    215
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of alamat batan.pdf

  • BATAN RESEARCH TISSUE BANK

    re*.,8r*

    **

    *

    trf f i -

    t Kemffdahan{. Persyaratan

    ! g

    trfl

    r jaringan, f ,q: ; +

    , f f i # * ,

    /''tp

    !

    PUSAT DISEMINASI IPTEK NUKLIRGedung Ferast*n: Jl. Lebak S*l*s Raya f,lo. 4$, Fa*ar.Jum*t, Jakarta 12440,Kotak Pa*:43*0, Jakarta 12043, Indonesi*, Tetp" {*?1} 7S5$401, ?S594S2. Fax.: {$21} 7$s13&33,*mail: pdin@hatnn.gr:.id atrau infonukSjkt.i:oza"corn" W*bsite; wmv.b*t*n.g*.id, wvwinftnirklir"eom

  • Bank Jaringan Riset BATAN

    Bank Jaringan Riset Batan (BJRB) adalah Bank Jaringan pertama di Indonesia yangmenggunakan radiasi s inar gamma (y) untuk menster i lkan jar ingan muskulaskeletal dengankual i tas t inggi untuk implantasi / t rasplantasi . BJRB berada di bawah Pusat Apl ikasiTeknologilsotop dan Radiasi , Badan Tenaga Nukl i r Nasional (PATIR-BATAN) bertugas untuk menel i t i danmengembangkan teknologi Bank Jar ingan, khususnya dalam bidang pengawetan jar inganb io log iba ika logra fmaupunxenogra f denganrad ias is inarydanpar t i ke le lek t ron .

    Penel i t ian pengawetan jar ingan biologi dengan cara radiasi di Indonesia telah dimulai sejaktahun r986, yai tu dengan melaksanakan penel i t ian pengawetan amnion segar yang diprosessecara l iof i l isasi kemudian dister i lkan dengan radiasi s inar y. Produk tersebut selanjutnyadisebut dengan Amnion Liof i l isasi Ster i l -Radiasi (ALS). Amnion segar yang mengandungkolagen dan beberapa hormon dan enzim, didapat dari plasenta bayiyang di lahirkan oleh ibusehat, bebas dari penyakit menular sepert i HIV dan Hepat i t is B/C, baik dari kelahiran normalmaupun mela lu i pembedahan.

    ALS sangat baik untuk penutup luka sepert i luka bakar, luka terbuka atau luka lepra terutamauntuk luka stadium I dan l l . Disamping untuk pembalut luka, mulai pada tahun t998, ALS telahdimanfaat pula untuk operasi mata seperti corneal ulcer, corneal epithelial defects and ulcers dansevere conjuctiv al tumors and corneal defect.

    Pada tahun r992, penel i t ian graf tulang baikyang berasal dar i tulang manusia (alograf) maupuntulang sapi (xenograf) dimulai . Tulang diproses dengan cara demineral isasi dan deproteinisasi ,selanjutnya di l iof i l isasi serta di i radiasi untuk ster i l isasi . Metode pemrosesan graf tulangdikembangkan berdasarkan pada Association of American Tissue Banks (AATB), European ofAssociation Tissue Banks (EATB), dan lnternational Atomic Energy Agency (IAEA), sedangkanproses produksi dikembangkan berdasarkan pada Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB). Saatini laborator ium Bank Jaringan telah terakreditasi oleh Komisi Nasional Akreditasi PranataPenel i t ian dan Pengembangan (KNAPPP), pada ro Maret zoo8. Penggunaan graf tulang dibidang bedah ortopedi, per iodontologi dan bedah mulut sangat dibutuhkan, baik sebagaipengisi maupun untuk rekonstruksi . Dalam bidang ortopedi, graf tulang sangat dibutuhkanpada: Spino I surgery, Hip surgery, Knee Surgery, Malignant bone lesion, Bening bone lesion, danIain- lain. Graf tulang untuk implantasi telah dikembangkan sejak tahun tB86 oleh Thiersch. Datatahun 2006 menunjukkan bahwa di Amerika Serikat lebih 75o.ooo alograf digunakan untukimplantasi .

  • Pengertian Bank JaringanBank Jarin$an adalah suatu sistem kemudahan yang berupaya untuk mengumpulkan,memproses , menyed iakan, meny impan, dan mend is t r ibus ikan ja r ingan b io log i un tukkebutuhan kl inik. Jar ingan biologi tersebut berasal dar i jar ingan yang didermakan oleh donorsehat, bebas dariberbagaipenyakit menular sepert i , kuman, virus HlV, Hepat i t is BiC, Syphyl is,dl l , dan diproses sebagai bahan biomater ial alamiyang dapat digunakan dengan aman. Untukmendapatkan produk yang aman, Bank Jaringan berupaya untuk mengendal ikan pemil ihanbahan baku yang sesuai dan pemrosesan jar ingan berdasarkan pada pr insip-pr insip "caraberproduksi yqng baik" (CPOB). Berdasarkan penanganan tersebut, jar ingan yang telahdiproses di BankJaringan dapat digunakan dengan aman, karena telah terbebas daripenyakit .

    Manfaat Bank JaringanBank Jaringan diperlukan untuk:* Meningkatkan mutu kesehatan dan kuali tas

    masyarakatMenyediakan jar ingan penggant i yang selalutersed. ia untuk digunakan oleh pasien yangmembutuhkan saat diper lukan oleh pakarbedah ortopedi, bedah mulut/gigi , bedahmata, bedah plast ic dan bedah rekonstruksi .

    Mengurangi morbidi tas dari pasien akibatpengambilan jar ingan penggant i dar i bagianlain dari pasien itu sendiri (autograf).Menghindarkan pasien dari ket idaknormalans t ruk tur tubuhnya ak iba t pengambi lanjar ingan pada bagian tubuh lainnya.Menurunkan biaya Rumah Sakit dan pasien.

  • Kemudahan Yang Diberikan Bank JaringanKemudahan yang diberikan oleh Bank Jaringan antara lain:* Pengambilan, pemrosesan, penyimpanan, dan pendistr ibusian jar ingan dapat di lakukan

    sewaktu-waktu.* Dengan peralatan yang tersedia di Bank Jar ingan, jar ingan biologi tersebut dapat disimpan

    dalam bentuk beku atau dalam bentukyangtelah diker ingkan selama beberapa tahun.* Transportasi untuk jar ingan biologi yang diproses ker ing t idak membutuhkan tambahan

    oerlakuan.

    Persyaratan Donor JaringanPersyaratan donor jaringan adalah:* Umur

    Kriteria umur donor jaringan sebagai berikut:tz- 65tahuntz - 45 tahun12 - 45 tahunr2 - 65 tahun

    Pemeriksaan Darah

    Semua pemeriksaan harus negative.

    Cara Proses/Pengawetan JaringanAgar jar ingan biologidapat disimpan dalam waktu lama,BJRB melakukan beberapa cara proses/pengawetan,antara lain:

    Liofil isasi, yaitu suatu proses pengeringan daribahan biologidengan cara subl imasi. Bahan biologidibekukan dan diker ingkan tanpa melalui fasa cair .Dengan cara ini , jar ingan biologi yang diker ingkant idak mengalamiperubahan kimia dan f is ika.

    Pembekuan pada suhu -80"C, dilakukan untukmenjaga keamanan dari jar ingan alograf agar tetapa w e t s e b e l u m d i p r o s e s . D i s a m p i n g i t u j u g adigunakan untuk menyimpan jar ingan autografuntuk dipakai kembal i oleh pasien yang sama dikemudian hari . Penyimpanan jar ingan pada suhu-8o"C dapat digunakan sebelum 5 tahun.

  • * Ster i l isasi Radiasi , untuk menjaga keamanan dari jar ingan biologi , jar ingan dister i lkandengan cara radiasi dengan sinar y atau part ikel elektron. Ster i l isasi radiasi sangat cocokuntuk jar ingan biologi , karena prosesnya dingin sehingga t idak mengubah strukturjar ingan, t idak meninggalkan residu beracun, sangat ampuh membunuh mikroorganismadan juga virus sampai batas tertentu, sehingga aman digunakan untuk implantasi padamanus ia .

    Menyimpan Jaringan Yang Telah Diproses

    Jaringan yang telah diproses dengan cara l iof i l isasi hingga kadar air 5-7%,dikemas dalamkantong plast ik pol i et i len, dan di i radiasi dengan dosis z5 kGy. Jar ingan tersebut dapat disimpanpada suhu 4-1o"C dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Cara penyimpanan inidirekomendasikan hanya untuk z-5 tahun, tergantung dari jenis jar ingannya. Untuk menjagakual i tas dan ster i l i tas jar ingan, kemasan yang rusak atau terbuka akibat pemakaian ( jar ingansisa), t idak boleh digunakan Iagi.

    Beberapa graf i jar ingan yang dikeluarkan oleh Bank Jaringan Riset Batan (BJ RB):Grafparingan Produksi BJRB

    1. Freeze-dried AmnioticlvlembraneZ. Air-dried Amniotic Membrane3. Air-dried Amniotic Membrane4. Air-dried Amniotic rVembrane5. Air-dried Amniotic A4embrane6. Bone Cancetlous Chip Attograft7. Bone Cancettous Chip Xenograft8. Fernoral Strut9. Fenprat Section10. Flbuta Strut'11. FibutaSection12. Demineralized Bone Attograft'13. Demineralized Bone Xenograft14. Bone Ocutar Spherical lmptant15. Lanbone16. BoneSpongyCube17. BoneCofticoCancetlous18. PeriosteumMernbrane19. Pericardium A4embrane

    AM1/ZADA}A-1ADAI\ -2ADAM-3ADAI\/\.CBA.CBX-CBX-FSTRBX-FSECBA-FIB5TBA.FIBSECBA-GBX.GBX-BALBX.LA}ABX-CUBBX.CCBX-PERBX-PERC

    '1lbungkus

    1 /bungkus1 /bungkus1 /bungkus1 /bungkus5 c c5 c c1 /bungkus1 ibungks1 /bungkus1 /bungkus0,5 cc0,5 cc1 /bungkus1/ bungkus1 /bungkus1/bungks1 /bungkus1 /bungkus

    't'

  • BeN:enapa pn*dr"xk m-i $qffi tet;rhdf gunakan dalarN L:idar:g luk;rortopedi, n'rata, gigf dmm rxril!Lst.

    Narasumber: lr . Basri lAbbas E-mail : baskara@batan.go.id Penyusun: M. Sid iq