51653519-ALAT-UTAMA-SEMEN (1)

3
TUGAS INDUSTRI SEMEN SPESIFIKASI PERALATAN PABRIK SEMEN KESNI SAVITRI 0807121210 FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS RIAU

Transcript of 51653519-ALAT-UTAMA-SEMEN (1)

Page 1: 51653519-ALAT-UTAMA-SEMEN (1)

TUGAS INDUSTRI SEMEN

SPESIFIKASI PERALATAN PABRIK SEMEN

KESNI SAVITRI

0807121210

FAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK KIMIA

UNIVERSITAS RIAU2010

1. ALAT UTAMA

Page 2: 51653519-ALAT-UTAMA-SEMEN (1)

2. BLENDING SILO ( Pencampuran dan Homogenisasi)Spesifikasi

- bucket elevator- valve

Fungsi 1. bucket elevator berfungsi sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mengirim bahan baku hasil penggilingan blending silo.2. valve berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengatur keluaran dari blending silo yang sudah diatur waktubukaannya.

Cara kerja Blending Silo adalah alat utama yang digunakan untukmencampur dan menghomogenkan bahan baku dengan media pengaduk adalah udara.

Bahan baku masuk dari bagian atas blending silo, oleh karena itu alat transportasi yang digunakan untuk mengirim bahan baku hasil penggilingan blending silo adalah bucket elevator, dan keluar dari bagian bawah blending silo dilakukan pada beberapa titik dengan jarak tertentu, dan diatur dengan menggunakan valve yang sudah diatur waktu bukaannya. Proses pengeluaraannya dari beberapa titik dilakukan untuk menambah kehomogenan bahan baku.

Blending silo dilengkapi dengan alat pendeteksi ketinggian (level indicator), sehingga jika blending silo sudah penuh, maka pemasukan bahan baku terhenti secara otomatis.

Blending silo yang digunakan di unit –IV ada dua buah, yaitu blending silo timur dan blending silo barat, dengan kapasitas masing-masing silo adalah 20.000 ton. Tinggi efisiensi silo adalah 55 meter dan diameter dalamnya adalah 20 meter. Pelaksanaan operasi sumber bahan baku yang telah homogen diambil dari keduasilo tersebut.

Prosesyang terjadi

1. Proses BasahSlurry dicampur di mixing basin,kemudian slurry dilairkan ke tabung

koreksi; proses pengoreksian.2. Proses Kering

Terjadi di blending silo dengan sistem aliran corong.2. ROTARY KILN ( Pembakaran)

Fungsi Memaksimalkan efisiensi dariperpindahan panas yang berasal dari pembakaran bahan bakar

Cara kerja Alat utama yang digunakan adalah tanur putar atau rotarykiln. Rotary kiln adalah alat berbentuk silinder memanjang horizontal