50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid...

14
Tiroidektomi adalah prosedur pembedahan di mana semua atau sebagian dari kelenjar tiroid akan dihapus. Kelenjar tiroid terletak di maju (anterior) bagian dari leher tepat di bawah kulit dan di depan jakun. Tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin tubuh, yang berarti bahwa mengeluarkan produk- produknya di dalam tubuh, ke dalam darah atau getah bening. tiroid menghasilkan beberapa hormon yang memiliki dua fungsi utama: mereka meningkatkan sintesis protein di sebagian besar jaringan tubuh, dan mereka meningkatkan tingkat konsumsi oksigen tubuh. Untuk menghapus kelenjar tiroid, sayatan dibuat di bagian depan leher (A). Otot dan jaringan penghubung, atau fasia, dibagi (B). Pembuluh darah dan arteri atas dan di bawah tiroid adalah putus (C), dan kelenjar akan dihapus dalam dua

Transcript of 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid...

Page 1: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Tiroidektomi adalah prosedur pembedahan di mana semua atau sebagian dari kelenjar tiroid akan dihapus. Kelenjar tiroid terletak di maju (anterior) bagian dari leher tepat di bawah kulit dan di depan jakun. Tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin tubuh, yang berarti bahwa mengeluarkan produk-produknya di dalam tubuh, ke dalam darah atau getah bening. tiroid menghasilkan beberapa hormon yang memiliki dua fungsi utama: mereka meningkatkan sintesis protein di sebagian besar jaringan tubuh, dan mereka meningkatkan tingkat konsumsi oksigen tubuh.

Untuk menghapus kelenjar tiroid, sayatan dibuat di bagian depan leher (A). Otot dan jaringan penghubung, atau fasia, dibagi (B). Pembuluh darah dan arteri atas dan di bawah tiroid adalah putus (C), dan kelenjar akan dihapus dalam dua bagian (D). Jaringan dan otot diperbaiki sebelum irisan kulit ditutup (E). (

Page 2: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Ilustrasi oleh GGS Inc)

Tujuan

Semua atau bagian dari kelenjar tiroid dapat dipindahkan untuk memperbaiki berbagai kelainan. Jika seseorang memiliki gondok, yang merupakan pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan pembengkakan di bagian depan leher, kelenjar bengkak dapat menyebabkan kesulitan dengan menelan atau bernapas. Hipertiroidisme (overactivity dari kelenjar tiroid) menghasilkan hipermetabolisme, suatu kondisi dimana tubuh menggunakan banyak abnormal oksigen, nutrisi, dan bahan lainnya. tiroidektomi mungkin dilakukan jika hipermetabolisme tidak dapat secara memadai dikendalikan oleh obat, atau jika kondisi ini terjadi pada anak atau wanita hamil. Baik tumor kanker dan bukan kanker (sering disebut nodul) dapat berkembang dalam kelenjar tiroid. Pertumbuhan ini harus dikeluarkan, di samping beberapa atau seluruh kelenjar itu sendiri.

Demografi

Tes skrining menunjukkan bahwa sekitar 6% dari penduduk Amerika Serikat memiliki beberapa gangguan fungsi tiroid, tetapi banyak orang dengan tingkat agak abnormal hormon tiroid tidak memiliki gejala penyakit. Diperkirakan bahwa antara 12 dan 15 juta orang di Amerika Serikat dan Kanada menerima pengobatan untuk gangguan tiroid pada 2002. Pada tahun 2001, terdapat sekitar 34.500 thyroidectomies dilakukan di Amerika Serikat. Wanita agak lebih mungkin dibandingkan laki-laki membutuhkan sebuah tiroidektomi.

Page 3: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Deskripsi

tiroidektomi Sebuah dimulai dengan anestesi umum yang dikelola oleh ahli anestesi. anestesi akan menyuntikkan obat ke pembuluh darah pasien dan kemudian menempatkan tabung saluran udara di tenggorokan untuk ventilasi (memberikan udara untuk) orang selama operasi.Setelah pasien telah dibius, ahli bedah membuat sayatan di bagian depan leher pada tingkat di mana sebuah kalung ketat akan beristirahat. Dokter bedah menempatkan dan mengambil hati jangan sampai melukai kelenjar paratiroid dan saraf laring berulang, sementara membebaskan kelenjar tiroid dari struktur sekitarnya. Langkah berikutnya adalah penjepitan aliran darah ke bagian kelenjar tiroid yang akan dihapus. Selanjutnya, ahli bedah menghapus semua atau bagian dari kelenjar. Jika kanker telah didiagnosa, semua atau sebagian besar kelenjar akan dihapus.Jika penyakit lain atau nodul yang hadir, ahli bedah dapat menghapus hanya bagian dari kelenjar. Jumlah jaringan kelenjar dikeluarkan tergantung pada kondisi yang sedang dirawat. Dokter bedah dapat menempatkan menguras, yang merupakan tabung plastik lunak yang memungkinkan cairan jaringan mengalir keluar dari suatu daerah, sebelum menutup insisi. Insisi ditutup dengan baik jahitan (jahitan) atau klip logam. Sebuah dressing ditempatkan di atas sayatan dan tiriskan, jika seseorang telah ditempatkan.

Orang umumnya tinggal di rumah sakit satu sampai empat hari setelah sebuah tiroidektomi.

Diagnosis / Persiapan

Page 4: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

gangguan tiroid tidak selalu berkembang dengan cepat, dalam beberapa kasus, gejala-gejala pasien mungkin halus atau sulit dibedakan dari gejala gangguan lain. Pasien yang menderita hipotiroidisme kadang-kadang salah didiagnosa sebagai memiliki depresi kejiwaan. Sebelum tiroidektomi yang dilakukan, berbagai tes dan penelitian biasanya diperlukan untuk menentukan sifat penyakit tiroid. Analisis Laboratorium darah menentukan kadar hormon tiroid aktif yang beredar dalam tubuh. Tes yang paling umum adalah tes darah yang mengukur tingkat thyroid-stimulating hormone (TSH) dalam aliran darah. computed tomography scan dan sonogram (CT scan) membantu menentukan ukuran kelenjar tiroid dan lokasi kelainan. Sebuah obat nuklir scan dapat digunakan untuk menilai fungsi tiroid atau untuk mengevaluasi kondisi suatu nodul tiroid, tetapi tidak dianggap sebagai uji rutin. Biopsi jarum dari suatu kelainan atau aspirasi (penghapusan oleh suction) cairan dari kelenjar tiroid juga dapat dilakukan untuk membantu menentukan diagnosis.

Jika diagnosis hipertiroidisme, seseorang mungkin akan diminta untuk mengambil obat antitiroid atau iodida sebelum operasi. pengobatan Lanjutan dengan obat antitiroid mungkin merupakan pengobatan pilihan. Jika tidak, ada prosedur khusus lainnya harus diikuti sebelum operasi.

Rehabilitasi

Sebuah insisi tiroidektomi memerlukan sedikit untuk perawatan tidak ada setelah berpakaian dihapus. Kawasan mungkin dimandikan lembut dengan sabun ringan. Jahitan atau klip logam dikeluarkan tiga sampai tujuh hari setelah operasi.

Page 5: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Risiko

Ada risiko yang pasti terkait dengan prosedur. Kelenjar tiroid harus dihapus hanya jika ada alasan menekan atau kondisi medis yang memerlukan itu.

Seperti semua operasi, orang yang mengalami obesitas, merokok, atau memiliki gizi buruk memiliki resiko lebih besar untuk mengembangkan komplikasi berhubungan dengan anestesi umum itu sendiri.

Suara serak atau kehilangan suara mungkin berkembang jika saraf laring berulang terluka atau dihancurkan selama operasi. kerusakan saraf lebih mudah terjadi pada orang yang telah gondok besar atau tumor kanker.

Hipoparatiroidisme (underfunctioning dari kelenjar paratiroid) dapat terjadi jika kelenjar paratiroid terluka atau dihapus pada saat tiroidektomi itu. Hipoparatiroidisme ditandai oleh penurunan kadar kalsium darah yang mengakibatkan kejang otot dan berkedut.

Hipotiroidisme (underfunctioning dari kelenjar tiroid) dapat terjadi jika semua atau hampir seluruh kelenjar tiroid akan dihapus. penghapusan Lengkap, bagaimanapun, mungkin disengaja ketika pasien didiagnosis dengan kanker. Jika tingkat tiroid seseorang tetap rendah, obat pengganti tiroid mungkin diperlukan selama sisa hidupnya.

hematoma adalah pengumpulan darah dalam organ atau jaringan, yang disebabkan oleh istirahat di dinding pembuluh darah. Leher dan daerah sekitarnya kelenjar tiroid memiliki pasokan yang kaya pembuluh darah. Pendarahan di daerah operasi dapat terjadi dan sulit untuk mengontrol atau menghentikan. Jika hematoma terjadi di bagian tubuh, mungkin mengancam nyawa. Sebagai hematoma

Page 6: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

membesar, mungkin menghalangi jalan napas dan menyebabkan seseorang berhenti bernapas. Jika hematoma tidak berkembang di leher, ahli bedah mungkin perlu melakukan drainase untuk membersihkan jalan napas.

Luka infeksi dapat terjadi. Jika mereka lakukan, irisan yang dikeringkan, dan biasanya tidak ada konsekuensi serius.

Hasil Normal

Kebanyakan pasien keluar dari rumah sakit satu sampai empat hari setelah sebuah tiroidektomi. Kebanyakan melanjutkan kegiatan normal mereka dua minggu setelah operasi. Orang yang menderita kanker mungkin memerlukan perawatan lanjutan oleh seorang ahli onkologi atau endokrinologi.

Morbiditas dan tingkat mortalitas

Mortalitas tiroidektomi pada dasarnya adalah nol. Hypothyroidism diperkirakan terjadi pada 12-50% orang pada tahun pertama setelah sebuah tiroidektomi. Akhir-onset hipotiroidisme mengembangkan antara sebuah% tambahan 1-3 orang setiap tahun. Meskipun hypothyroidism mungkin kambuh bertahun-tahun setelah tiroidektomi sebagian, 43% dari rekuren terjadi dalam waktu lima tahun.

Kematian dari badai tiroid, suatu komplikasi yang jarang tiroidektomi, berada di kisaran 20-30%. Badai tiroid ditandai dengan demam, kelemahan dan pemborosan otot-otot, pembesaran kegelisahan, hati, perubahan suasana hati, perubahan status mental, dan dalam beberapa kasus, koma badai Thyroid. Adalah suatu keadaan darurat

Page 7: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

medis yang membutuhkan perawatan segera. Setelah tiroidektomi parsial, fungsi tiroid kembali normal pada 90-98% dari orang.

Alternatif

Suntikan yodium radioaktif digunakan untuk menghancurkan jaringan tiroid di masa lalu. Alternatif ini jarang dilakukan pada tahun 2003.

Lihat juga Parathyroidectomy .

Sumber Daya

BUKU

Bland, KI, WG Cioffi, dan MG Sarr. Praktek Bedah Umum. Philadelphia, PA: Saunders, 2001.

Ruggieri, P. Sebuah Panduan Sederhana untuk Gangguan Thyroid: Dari Diagnosa untuk Pengobatan:. Omaha, NE Addicus Buku, 2003.

Saheen, Bedah Thyroid OH. Boca Raton, FL: CRC Press, 2002.

Schwartz, SI, Fischer JE, Spencer FC, et al. Prinsip Bedah, 7 ed. New York: McGraw-Hill, 1998.

Townsend, C., Mattox KL, Beauchamp RD, et al, Sabiston's. Review Bedah 3rd ed. Philadelphia, PA: Saunders, 2001.

Periodicals

Bellantone, R., CP Lombardi, M. Raffaelli, et al. "Apakah Terapi Rutin Suplementasi (Kalsium dan Vitamin D) Berguna Setelah Tiroidektomi Total?" Bedah 132 (Desember 2002): 1109-1113.

Page 8: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Dror, A., M. Salim, dan Yoseph R.. "Sutureless Tiroidektomi Menggunakan Sistem Electrothermal: Sebuah Teknik Baru." Journal of Laryngology dan Otology 117 (Maret 2003) :198-201.

Ikeda, Y., H. Takami, Y. Sasaki. "Manfaat klinis pada Tiroidektomi Endoskopi oleh Pendekatan aksiler." Journal of American College of Bedah 196 (Februari 2003): 189-195.

Oey, JIKA, Richardson BD, dan Waller DA. "Assisted Thoracoscopic Tiroidektomi-Video untuk Obstruktif Sleep Apnea." Pengobatan Respiratory 97 (Februari 2003): 192-193.

ORGANISASI

American Academy of Otolaryngology-Bedah Kepala dan Leher. Satu Prince St, Alexandria, VA 22314-3357. (703) 836-4444. http://www.entnet.org/index2.cfm .

American College of Surgeons. 633 North St Clair Street, Chicago, IL 60611-3231. (312) 202-5000, FAX: (312) 202-5001. http://www.facs.org .

American Medical Association. 515 N. State Street, Chicago, IL 60610. (312) 464-5000. http://www.ama-assn.org .

Osteopathic american College of Otolaryngology-Bedah Kepala dan Leher. 405 W. Grand Avenue, Dayton, OH 45405. (937) 222-8820 atau (800) 455-9404, FAX (937) 222-8840. Email: [email protected].

Asosiasi Surgeons Tiroid. 717 Buena Vista St, Ventura, CA 93001, FAX: (509) 479-8678. http://www.thyroidsurgery.org .

Page 9: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

LAINNYA

Beth Israel Deaconess Medical Center / Harvard University. http://www.bidmc.harvard.edu/thyroidcenter/edu-thysur.asp . (3 April 2003).

Columbia University School of Medicine. http://www.cpmcnet.columbia.edu/dept/thyroid/surgeryHP.html . (3 April 2003).

Cornell University Medical College. http://www.med.cornell.edu/surgery/endocrine/thyroid.html . (3 April 2003).

University of California-San Diego School of Medicine. http://www-surgery.ucsd.edu/ent/PatientInfo/th_thyroid.html . (3 April 2003).

L. Fleming Fallon, Jr, MD, DrPH

Siapa yang melakukan PROSEDUR DAN MANA INI DILAKUKAN?

Thyroidectomies biasanya dilakukan oleh ahli bedah dengan pelatihan khusus dalam THT, bedah kepala dan leher. Kadang-kadang, dokter bedah umum akan melakukan sebuah tiroidektomi. Prosedur ini dilakukan di rumah sakit dengan anestesi umum.

TANYAKAN PERTANYAAN UNTUK DOKTER ATAS

Page 10: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Bagian mana dari tiroid akan dihapus? Apa yang akan leher saya terlihat seperti setelah operasi? Apakah ahli bedah sebuah dewan otolaryngologist bersertifikat? Berapa banyak prosedur leher radikal memiliki dokter bedah

dilakukan? Apa tingkat komplikasi dokter bedah? Apakah saya membutuhkan obat setelah operasi?

Read more: Tiroidektomi - prosedur, uji, darah, tabung, penghapusan, komplikasi, waktu, operasi, pengobatan, risiko, kanker, tingkat, Definisi, Tujuan, Demografi, Keterangan, Diagnosis / Persiapan http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.surgeryencyclopedia.com/St-Wr/Thyroidectomy.html&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhi03WholR0TmI5OWJDGkPG3uoAvqA#ixzz1Gfk6oDUR

http://www.surgeryencyclopedia.com/St-Wr/Thyroidectomy.html

TiroidektomiApakah tiroidektomi sebuah?

tiroidektomi A adalah prosedur yang dilakukan untuk menghapus semua atau bagian dari kelenjar tiroid.Terletak di bagian depan leher, tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, terdiri dari dua lobus yang dihubungkan oleh isthmus. Kelenjar tersebut bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme dengan mengeluarkan hormon. Ketika penyakit mempengaruhi tiroid, ukurannya atau kegiatan mungkin menjadi abnormal. Penyakit ini termasuk kanker tiroid, gondok, dan hipertiroidisme. masalah tiroid sering bisa ditangani secara medis, tetapi dalam beberapa kasus, tiroid perlu dihapus. Tingkat penghapusan tiroid tergantung pada kondisi pasien.

Terkait Klinik & Pusat

Michael E. DeBakey Departemen Klinik BedahMichael E. DeBakey Bedah Invasif Minimal Pusat Keunggulan

Penyakit Terkait

HipertiroidismeKanker TiroidThyroid Gondok

Dokter Terkait

Albo Daniel, MD PhDSamir S. Awad, MDCharles F. Brunicardi, MD, FACSJimmy F. Howell, MDKathleen R. Liscum, MDGeorge P. Noon, MDBradford G. Scott, MD

Page 11: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

• Sebagian tiroid lobektomi-penghapusan suatu bagian dari lobus • Thyroid lobektomi-penghapusan dari seluruh lobus • Thyroid lobektomi dengan penghapusan-isthmusectomy dari tanah genting di samping sebuah lobus • Subtotal tiroidektomi-pemindahan lobus, tanah genting, dan bagian dari lobus lainnya • Total tiroidektomi-penghapusan seluruh kelenjar tiroid

Rincian prosedurApa yang harus saya lakukan sebelum operasi?

Silakan menghubungi perusahaan asuransi Anda untuk memverifikasi cakupan dan menentukan apakah arahan diperlukan. Anda akan diminta untuk pra-mendaftar dengan rumah sakit yang sesuai dan memberikan informasi demografis dan asuransi.Ini harus selesai setidaknya lima sampai sepuluh hari sebelum tanggal operasi.Dokter bedah Anda akan memberikan petunjuk khusus tentang bagaimana mempersiapkan untuk operasi Anda.

Apa jenis anestesi yang akan digunakan?

Sebelum operasi, Anda akan memiliki sebuah wawancara dengan anestesi.tiroidektomi adalah dilakukan di bawah anestesi umum, yang akan membuat Anda tidur selama operasi.

Apa yang terjadi pada hari operasi?

Anda akan melaporkan ke unit perawatan pra-operasi, di mana Anda akan berubah menjadi sebuah gaun rumah sakit. Seorang perawat akan memeriksa tabel Anda dan pastikan bahwa semua dokumen adalah dalam rangka. Anda akan dibawa ke unit perawatan pra-operasi, di mana anestesi akan memulai IV. Sebelum obat yang diberikan, dokter bedah Anda akan memverifikasi nama Anda dan jenis prosedur yang Anda mengalami. Anda kemudian akan dibawa ke ruang operasi. Setelah formulir yang tepat diberikan anestesi, pembedahan akan dilakukan.

Apa yang terjadi selama operasi, bagaimana operasi dilakukan?

Sebuah tiga sampai lima-inci insisi dibuat tegak lurus dengan panjang leher. Kelenjar tiroid dan pembuluh darah kemudian terkena. Suplai darah ke kelenjar tiroid dijepit off. Kemudian, sebagian atau seluruh kelenjar dihapus. Sebuah saluran dibuat dari pipa plastik dapat ditempatkan di situs dioperasikan sebelum insisi ditutup.

Apa yang terjadi setelah prosedur ini?

Page 12: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

Setelah operasi selesai, perawat akan memonitor pemulihan Anda dalam operasi-pos atau unit pemulihan. Anda akan dididik tentang cara mengubah pembalut Anda dan benar merawat sayatan Anda. Anda harus memeriksa sayatan harian dan melaporkan setiap kemerahan atau tanda-tanda lain infeksi kepada dokter Anda. Jika seluruh kelenjar dihapus, Anda akan diminta untuk mengambil suplemen tiroid seumur hidup.

Berapa lama saya akan di rumah sakit?

Pasien sering tetap berada di rumah sakit satu sampai empat hari setelah operasi.

Apa risiko yang terkait dengan prosedurnya?

Seperti operasi apapun, ada risiko seperti pendarahan, infeksi, atau reaksi yang merugikan anestesi. Langka tapi risiko termasuk fungsi tiroid tidak memadai, kerusakan kelenjar paratiroid, obstruksi jalan napas, kelumpuhan pita suara, dan kalsium yang tidak memadai dalam darah. Dokter Anda akan memberitahu Anda tentang risiko sebelum operasi.

Apa yang harus saya berhati-hati?

Pastikan untuk menghubungi dokter Anda jika gejala-gejala berikut ini muncul: • Gejala Hipoparatiroidisme, yang meliputi kesemutan dan kejang kaki • Demam • Kemerahan atau pembengkakan di sekitar insisi • Hangat sayatan • Drainase dari irisan

Apakah akan ada bekas luka (s)?

Luas menyembuhkan sayatan biasanya sangat baik. Akan ada bekas luka ringan di mana insisi dibuat.

Kapan saya bisa kembali bekerja dan melanjutkan aktivitas normal?

Kebanyakan pasien mampu melanjutkan kegiatan normal setelah beberapa minggu beristirahat. 

http://www.debakeydepartmentofsurgery.org/home/content.cfm?proc_name=thyroidectomy&content_id=274

ekitar satu minggu sebelum operasi, Anda akan diberitahu untuk berhenti minum aspirin dan obat pengencer darah. Untuk mengurangi risiko muntah selama operasi, Anda akan diberitahu untuk tidak makan atau minum apapun setelah tengah malam malam sebelum operasi.Sebagai bagian dari persiapan umum untuk operasi, dokter akan meninjau alergi Anda dan sejarah Anda medis dan bedah. Jika Anda mungkin

Page 13: 50917247 Tiroidektomi Adalah Prosedur Pembedahan Di Mana Semua Atau Sebagian Dari Kelenjar Tiroid Akan Dihapus

hamil, Anda harus memberitahu dokter Anda sebelum operasi. Karena Anda akan memiliki prosedur yang melibatkan area di atas bahu Anda, Anda akan diminta untuk menghapus semua kalung dan anting-anting sebelum Anda dibawa ke ruang operasi.

"Jangan ragu untuk meminta dokter bedah pertanyaan, dan terus bertanya pertanyaan - dengan cara yang berbeda - sampai Anda mengerti jawabannya.""Jika Anda memiliki masalah leher atau punggung yang dipicu oleh melengkung ke belakang leher Anda, beritahu dokter Anda sebelum operasi karena selama operasi leher Anda akan berada dalam posisi tertekuk."Apa yang Diharapkan Setelah Tiroidektomi a: "Laporkan setiap rasa sakit atau ketidaknyamanan ke dokter atau perawat. Jangan ragu untuk berkomunikasi. ""Beri diri seminggu setelah operasi untuk kembali ke kegiatan biasa Anda sehari-hari.""Tanyakan tentang berbagai obat hormon tiroid yang tersedia, ada keluarga yang berbeda pengobatan, dan Anda dapat melakukannya lebih baik pada beberapa bukan dari yang lain.""Kesemutan di jari-jari setelah operasi bisa menjadi gejala kalsium yang rendah, maka hubungi dokter anda segera dengan masalah apapun."