50624361 Membuat Minuman Instan Serbuk Dam Bahan

download 50624361 Membuat Minuman Instan Serbuk Dam Bahan

of 3

Transcript of 50624361 Membuat Minuman Instan Serbuk Dam Bahan

Membuat Minuman Instan Serbuk dam Bahan bahannyaKendala dalam penggunaan spray drier adalah harga dan biaya operasionalnya sangat tinggi sehingga untuk skala usaha menengah dan kecil tidak layak secara ekonomis. Salah satu teknologi alternatif yang sederhana dan murah yang dapat menghasilkan produk serbuk instan adalah teknologi kristalisasi. Teknologi ini didasarkan pada pemanfaatan sifat gula pasir (sukrosa) yang dapat kembali membentuk kristal setelah dicairkan. Secara umum, mekanismenya adalah sebagai berikut : sukrosa dipanaskan akan mencair dan bercampur dengan bahan lainnya, ketika air menguap akan terbentuk kembali menjadi butiran-butiran padat. Sifat sukrosa sangat dipengaruhi oleh pH, jika pH larutan rendah (asam) maka proses kristalisasi tidak akan terbentuk dan larutan menjadi liat, atau orang Sunda mengenalnya dengan istilah gula liat. Jadi, semua bahan pangan pada dasarnya dapat dijadikan serbuk instan asalkan larutannya memiliki pH yang tidak asam. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pH optimum yang dapat menghasilkan produk yang baik sekitar 6,7-6,8.

Pembuatan serbuk instan dengan metode kristalisasi hanya membutuhkan bahan dan peralatan yang sederhana, seperti gula pasir, air bersih, ingredien pangan, pewarna makanan, blender, kain kasa, takaran, timbangan, wajan, kompor dan pengaduk. Beberapa produk yang menggunakan metode kristalisasi dan sudah banyak dikenal umum adalah jahe instan. Produk lainnya yang sudah pernah dibuat Penulis, diantaranya adalah sari pala instan (patent sederhana), sari wortel instan, dan sari labu kobucha instan. Teknologi kristalisasi ini merupakan teknologi tepat guna yang cocok diterapkan di industri kecil dan menengah (UKM) yang memiliki modal yang terbatas.

Salah satu contoh produk yang sudah dikembangkan adalah sari wortel instan. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut : (1). Pengupasan dan pencucian wortel (2). Pemotongan wortel menjadi ukuran kecil (3). Pemblenderan, ditambahkan air bersih (4). Penyaringan hancuran wortel dengan kain saring ( kain kasa) (5). Pemerasan secara manual atau memakai alat pengepres (6). Penimbangan sari wortel, berat sari wortel : berat gula pasir = 1 : 3 (7). Pemasakan sari wortel, setelah mendidih ditambahkan gula sedikit demi sedikit, diaduk secara kontinyu dan stabil, (8). Memasuki pemasakan tahap akhir, sari wortel mulai mengkristal (9). Pemasakan memasuki tahap akhir jika larutan sudah benar-benar terkristalisasi secara sempurna, (10). Sari wortel instan dibiarkan sampai suhunya sesuai dengan suhu ruang, (11) Pengemasan sari wortel instan dengan plastik, (12). Minuman sari wortel instan siap dipasarkan.

Dapus : http://awpermana.dagdigdug.com/2008/05/19/bagaimana-cara-membuat-bubuk-minuman-instan/

Pisang

Beberapa manfaat pisang dapat dijelaskan sebagai berikut ; 1. Manfaat bagi Ibu Hamil Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi atur konsumsi jumlah pisang karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori yang terlalu besar untuk calon bayi. 2. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut Pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat dihidangkan sebagai obat untuk penyakit usus. Selain itu, cara seperti ini juga direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik guna menetralkan keasaman lambung. 3. Manfaat bagi Luka Bakar Tidak hanya buahnya saja yanag bermanfaat, tetapi daun pisang pun dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles karena campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh yang dapat mendinginkan kulit dan menyembuhkan luka bakar. 4. Pisang dan Kecantikan Untuk mengobati/mencegah, bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat. 5. Manfaat Bagi Penderita Anemia Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi. Kandungan Pisang Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Dapus : Nazariah. Pisang dan Manfaatnya. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NAD. http://nad.litbang.deptan.go.id/ind/files/buletin/2009/ANEKA%20MANFAAT%20PISANG%20 ARTIKEL.pdf Bayam Kandungan : dilampirkan Dapus : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20808/4/Chapter%20II.pdf