41895265 Sejarah Yunani Dan Romawi Kuno

download 41895265 Sejarah Yunani Dan Romawi Kuno

of 5

Transcript of 41895265 Sejarah Yunani Dan Romawi Kuno

  • SEJARAH KEBUDAYAAN ROMAWI YUNANI KUNO

    YunaniDi negara-negara kota Yunani ini zaman dulu sudah beredar uang sendiri-sendiri, uang dari Athena misalnya dikenali dari lambang burung hantunya. Orang Yunani ini dikenal pemikir dan sangat ingin tahu. Sehingga tidak heran mereka banyak melahirkan peneliti, penemu, pemikir dan terutama filosof, orang-orang terpenting bagi mereka. Dari arti katanya filosofi artinya cinta akan kebenaran demikian juga dengan Astronomi, orang Yunani mengerti banyak tentang ilmu perbintangan ini, bahkan sudah dari dulu mereka tahu bahwa bumi mengapung di angkasa dan sebagai bola yang berotasi di sumbunya.

    Mereka bahkan dulu sudah dapat memprediksi kapan gerhana matahari, walaupun ada juga terjadi kesalahan fatal yang dilakukan misalnya oleh Ptolomeus (87 165 M) ia mengira bumi adalah pusat perputaran angkasa bahkan pendapat ini berlaku sampai ratusan tahun lamanya.

    Olimpiade sekarang ini yang dimulai sejak tahun 1894 berasal dari pesta olahraga di zaman antik di Olympia, di sebelah Barat Peloponnes, tempat kelahiran olimpiade. Olimpiade dimulai dengan teratur 4 tahun sekali sebenarnya sejak tahun 776 SM. Konon penyelenggaraan olimpiade ini pun bisa ditelusuri asal usulnya hingga tahun 2000-an SM. Tentu saja pada awalnya pertandingan ini bertujuan untuk menghormati dewanya dewa mereka Zeus dan pahlawan kedewaan mereka Pelops. Di masa jayanya pertandingan ini berlangsung selama 5 hari.

    Orang-orang terkenal Yunani

    Sejak dulu di Yunani hanya anak laki-laki berumur antara 7 15 tahun dan tergantung dari besar pembayaran, yang dapat mengenyam pendidikan. Anak-anak perempuan belajar di rumah dari ibunya bagaimana mengatur rumah tangga. Di Athena, anak-anak ini belajar menulis, membaca, berhitung, musik, literatur dan olahraga. Sedangkan di Sparta pendidikan mereka lebih tekankan untuk menjadi tentara yang kuat, sehingga bayi-bayi yang sakit dan lemah dibiarkan meninggal di gunung.

    Orang Yunani dulu sangat senang menulis dan mereka menuliskannya juga dengan baik di atas batu atau papyrus yang didatangkan dari Mesir, tentang dewa-dewa, sejarah pertanian, perbelanjaan mereka sehingga banyak cerita-cerita Yunani yang masih dikenal hingga kini. Mereka juga menyukai teater misalnya penyair tekenal Homer dengan Ilias dan Odyssee.

    Buku ini mengambarkan kisah jatuhnya Troja, perang antar orang Mykener (Menelaos) dan Troja yang terkenal dengan kuda Trojanya. Tadinya saya pikir Troja ada di Yunani lho ternyata ada di Turki, konon kisahnya diawali saat 3 dewi

  • Aphrodite, Helena istri Zeus dan Athena meributkan siapa yang tercantik diantara mereka, lalu karena mereka tetap tidak sepakat, mereka bertanya ke seorang pangeran bernama Paris dari kerajaan Troja di Turki sekarang.

    Paris pun kemudian memilih Aphrodite sebagai dewi tercantik dan sebagai hadiah Aphrodite menghadiahkan Helena, gadis tercantik sedunia, yang telah menjadi istri dari Menelaos, rajanya Sparta. Dari sinilah perang dimulai, karena Paris tidak saja menculik Helena tapi juga mencuri harta karunnya Menelaos.

    Orang-orang terkenal Yunani diantaranya :

    Homer, penyair tertua yang namanya terkenal, diperkirakan ia hidup di tahun 800- SM di Asia kecil atau Turki sekarang, menurut legendanya ia buta.

    Thales, (625 546 SM) pendiri filosofi, sains dan astronomi. Sudah sejak zamannya Plato dan Aristoteles, ia dikenal sebagai pendiri Filosofi, Sains dan terutama Astronomi. Ia berlaku sebagai tujuh orang bijaksana. Istilah tujuh orang bijaksana di zaman antik seorang politikus, penyair dan filosof yang sangat dihormati.

    Anaximandros (611-546). Ia disebut-sebut sebagai murid dan penerus Thales. Baik Anaximandros maupun Thales meneliti tentang awal kehidupan.

    Pythagoras, (580 500 SM) Paling terkenal sekarang adalah rumus Pythagoras (a2 + b2 = c2) di Geometrie. Pythagoras belajar dan tinggal di Mesri selama 22 tahun, ai di sana belajar ilmu perbintangan, geometri dan misteri kedewaan.

    Herodot von Halikarnassos (* 484 v. Chr., 425 v. Chr.) adalah seorang sejarawan, geograpf dan ilmu kebangsaan Yunani.

    Sokrates (469-399 SM). Ia tidak meninggalkan satupun tulisan, apa yang menjadi buah pikirannya dikenal melalui muridnya Plato, yang tertulis dalam karya-karyanya.

    Kenalilah diri sendiri adalah kata-kata bijak Sokrates yang terkenal, ia memiliki gambaran manusia yang positif dan menjunjung tinggi kebenaran dari dirinya sendiri sehingga ia lebih memilih mati daripada membohong.

    Kematiannya yang tragis dan peristiwa kematiannya ditulis oleh Plato. Filosofi Yunani adalah teori pertama tentang alam.

    Plato, murid Sokrates (427-347 SM) mendirikan Akademi sekolah filosofi di Athena.

    Aristoteles (384 322 SM) seorang ilmuwan dan guru dari Alexander der Groe

  • Hippokrates (460 377 SM) ahli ilmu pengobatan,

    Ertosthenes, filofof Yunani dan peneliti berhasil menghitung keliling bumi hampir tepat dengan hanya melihat sudut jatuhnya sinar matahari.

    Archimedes (konon lahir tahun 287 SM di Sirakus, Sisilia dan meninggal tahun 212 SM) seorang matematikawan dan insinyur.

    Alexander der Gre, seorang tuan Yunani-Makedonia, yang sesudah kematian Philipps 336 SM, ayahnya, pergi ke Asia dan merebut dalam beberapa tahun saja keseluruhan kekuasaan Persia, yang ketika zaman itu berlaku paling luas di atas bumi.

    Kekalahan Yunani ke Romawi 146 SM sampai 330 SM

    Sejarah Eropa dimulai di Yunani. Herodot adalah penulis sejarah ilmiah pertama. Setelah kematian Alexader der Gre, Akhair dan Sparta saling berperang dan melemah, kesempatan ini tentu saja tidak disiasiakan oleh Romawi yang sedang berekspansi, Koloni Yunani di Selatan Itali dan Sisilia adalah koloni Yunani pertama yang jatuh ke tangan Romawi,

    Dan pada akhirnya Yunani jatuh menjadi salah satu propinsi Romawi tahun 146 SM. Bangsa Romawi memang berhasil menguasai Yunani tapi budaya dan tradisi Yunani berhasil menguasai budaya dan tradisi Romawi terbukti pengaruh Yunani sangat kental tercermin dalam kebudayaan Romawi seperti teaternya, ilmu pengetahuan dan bangunannya. Bahkan dewa-dewa Romawi adalah dewa-dewa Yunani, hanya namanya saja yang berbeda membuat saya sering tertukar-tukar mana yang berasal dari Yunani mana yang dari Romawi seperti :

    Yunani RomawiZeus JupiterHera JunoAres MarsHephaistos VulcanusAphrodite VenusPoseidon NeptunusAthene MinervaDionysos BacchusApollon ApolloDemeter CeresHermes MercuriusHades/Pluton PlutoHestia Vesta

    Romawi

  • Letak Geografis :

    Sebelah Utara semenanjung Apenina bersambung dengan daratan Eropa yang terdapat

    pegunungan Alpen sebagi batas alam yang memanjang Sebelah Barat Laut yang memisahkan Italia dengan Perancis Sebelah Utara memisahkan Italia dengan Swiss dan Austria Sebelah Timur Laut dengan Yugoslavia

    Romawi terletak di semenanjung Apenia atau Italia dan Pulau Sisilia serta Pulau Sardinia. Di semenanjung Apenia ini pada masa kuno telah berkembang suatu peradaban tinggi, yaitu peradaban Romawi Kuno.Bangsa Romawi terbentuk oleh percampuran antara penduduk asli dengan para pendatang dari suku-suku nomad dari bagian utara dan di sekitar Laut Kaspia. Salah satu suku yang terkenal adalah suku Etruska. Mereka suka berperang dan terus mendesak dan kemudian menguasai daerah Latiun ( Romawi ) dan sekitarnya. Para pendatang itu kemudian membentuk polis-polis, satu di antaranya Roma.Semula bangsa Romawi hidup sebagai petani dan peternak, namun setelah Romawi menjadi ramai, maka perdagangan berkembang pesat. Pelabuhan-pelabuhan sekitar laut Tengah kemudian menjadi daerah yang ramai, dan membentuk perekonomian Romawi selanjutnya.Kebudayaan Romawi merupakan salah satu dasar bagi pembentukan peradaban Barat Modern sekarang ini.hasil-hasil kebudayaannya meliputi berbagai hal, seperti sistem pemerintahan, sistem kepercayaan, ilmu pengetahuan, bahasa dan seni sastra, hukum, serta arsitektur.

    1. Sistem Pemerintahan

    Bangsa Romawi telah memperkenalkan sistem Republik yang Demokratis dan dikendalikan oleh pemerintah pusat dengan perangkat pemerintahan yang lengkap seperti Konsul, Tribun, DPR, serta Pontifek Maximus. Administrasi pemerintahan diselenggarakan dengan tertib dan rapi.

    2. Sistem Kepercayaan

    Awalnya ketika kerajaan Romawi berdiri, kepercayaan masyarakatnya masih bersifat animisme yaitu percaya terhadap banyaknya roh. Seperti Vesta (roh pengurus api tungku), Lares (roh penjaga rumah tangga), dan Penates (roh penjaga lumbung).

    Peradaban Romawi mendapat pengaruh besar dari peradaban Yunani termasuk keparcayaan mereka.Bangsa Romawi juga menyembah dewa-dewi Yunani. hanya saja namanya disesuaikan dengan nama-nama Romawi.

    3. Ilmu Pengetahuan

    Ilmu pengetahuan berkembang pesat di Romawi Kuno, dan berbagai jenjang pendidikan telah diadakan dengan selengkap-lengkapnya.. Kurikulum sekolah-

  • sekolah itu telah mengajarkan bahasa Latin, dan Yunani, cara membuat obat-obatan, patritisme dan cara berpidato

    4. Bahasa dan Seni Sastra

    Bahasa Latin berkembang di Eropa menjadi bahasa induk dari bahasa-bahasa di Eropa, seperti Italia, Spanyol, Portugis, Perancis, dan Rumania. Selain itu, seni sastra maju pesat, sehingga kemudian muncul tokoh-tokoh sastra seperti: Tetius, Heracius, Ovidius,sert Virgilius

    5. Hukum

    Bangsa Romawi menciptakan dan telah menerapkan sistem hukum yang kemudian banyak dijadikan pegangan bagi negara-negara di Eropa, asia, Amerika dan Australia

    6. Arsitektur

    Bangsa Romawi Kuno telah mampu membangun gedung-gedung indah dan megah, misalnya Coloseum dan Amphitheater, Parthenon, dan sebagainya. Bangunan-bangunan itu sebgian masih bisa kita saksikan sisa-sisanya hingga saat ini.

    SEJARAH KEBUDAYAAN ROMAWI YUNANIKUNOYunani