35165904 Leaflet Diare Pada Anak

download 35165904 Leaflet Diare Pada Anak

of 2

Transcript of 35165904 Leaflet Diare Pada Anak

Oleh :Ainul Masruroh, S.KepAzis Masudi, S.KepJajuk Retnowati, S.KepSri Lestari, S.KepSyaifuddin, S.Kep

FAKULTAS KEPERAWATANUNIVERSITAS AIRLANGGABEKERJA SAMA DENGANTIM PKRS RUANG BONA IRSU DR. SOETOMO SURABAYA

Diare adalahKondisi dimana terjadi frekuensi defekasi yang tidak normal (lebih dari 3 kali/hari), serta perubahan dalam isi dan konsistensi (feses cair).

KLASIFIKASI DIARE

a.Diare akut, yaitu diare yang awalnya mendadak dan berlangsung singkat, dalam beberapa jam sampai 7 hari. b.Diare berkepanjangan (Prolonged Diarrhea) yaitu diare yang belangsung lebih dari 7 hari.c.Diare kronis yaitu diare yang berlangsung lebih dari 14 hari.

PENYEBAB DIARE

1.Infeksi2.Keracunan makanan3. Gangguan nutrisi dan malabsorpsi4.Efek dari obat-obatan tertentu5.Kelainan atau penyakit yang menyerang saluran usus6. Gangguan metabolit dan endokrin (misalnya :penyakit diabetes).

GEJALA & TANDA DIARE

1.Peningkatan frekuensi buang air besar.2.Perubahan konsistensi dari feses (feses berwujud cair).3.Dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi :a.Dehidrasi ringan : 1.Oliguri ringan (anak tidak buang air kecil selama 6 jam)2.Peningkatan rasa hausb.Dehidrasi sedang :Tanda-tanda pada dehidrasi ringan yang disertai dengan :1.Mata cowong2.Ubun-ubun besar cekung (apabila ubun-ubun besar belum menutup)3.Turgor kulit menurunc.Dehidrasi beratTanda-tanda pada dehidrasi sedang yang disertai dengan :1.Penurunan kesadaran 2.Perubahan pola pernapasan4.Pasien mengeluh kram perut5.Gemuruh usus (borborigimus)6.Anoreksia, mual dan muntah.7.Pada diare infeksi akan disertai dengan demam yang tinggi pada anak.

Segera bawa anak anda ke Klinik Dokter, Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat agar anak anda segera mendapat pertolongan dengan segera

PENANGANAN DIARE

a.Rehidrasi sebagai prioritas utama pengobatan b.Identifikasi penyebab diarec.Terapi farmakologis1.Pemberian obat antidiare2.Pemberian obat antiemetik,3.Pemberian obat antispasmodik, antikolinergik 4.Pemberian vitamin dan mineral (vitamin B12, asam folat, vitamin A, vitamin K, zink, preparat besi) sangat menunjang dalam penatalaksanaan diare.

PENCEGAHAN DIARE

1.Menjaga kebersihan diri orang tua dan terutama pada anak.2.Menjaga kebersihan sanitasi lingkungan.3.Memberikan makanan yang bergizi dan bersih.4.Pemberian ASI ekslusif.5. Imunisasi lengkap pada anak.6. Menjaga peralatan makan dan minum yang digunakan anak tetap bersih.