3 Juni 2018 · 2018-05-31 · Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018 ... Di bagian...

14

Transcript of 3 Juni 2018 · 2018-05-31 · Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018 ... Di bagian...

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

1 of 13

Extraordinary Life 1 - Kehidupan Luarbiasa 1 Victorius Living – Hidup Berkemenangan

PEMBUKAAN: Hari ini kita akan memulai sebuah seri kotbah yang baru dengan judul Extraordinary Life atau Kehidupan Luarbiasa. Tuhan mau kita mengalami dan menikmati kehidupan luarbiasa bersama Yesus di dunia ini.

▪ Sekalipun dunia ini bukan tempat tinggal kita selamanya, namun Tuhan juga mau kita bisa enjoy dan menikmati setiap hari yang kita lewati dan habiskan di dunia ini. Sebelum kita menikmati kerajaan Allah dalam kekekalan, Tuhan mau kita bisa menikmati sukacita dan kebahagiaan seperti sorga sementara kita di bumi ini.

▪ Tahukah saudara, rata-rata usia harapan hidup manusia di Indonesia ini adalah sekitar 69 tahun (2015). Artinya jika kita diberi kesempatan hidup sampai usia demikian, kita hidup sebanyak 69 x 365 hari = 25.185 hari.

▪ Akan tetapi khusus jemaat dan pelayan Tuhan Keluarga Allah, saya percaya diberi anugerah istimewa usia jauh lebih dari 69 tahun, bahkan 100 tahun. Panjang umur, bahagia, sehat, dan berbuah lebah bagi Tuhan.

▪ Kalau kita mengacu pada usia rata-rata harapan hidup orang Indonesia 69 tahun, maka saya

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

2 of 13

percaya 25.185 hari itu adalah bukan hari yang biasa yang penuh rutinitas yang membosankan. Saya percaya 25.185 hari itu adalah hari-hari yang harusnya bisa kita lewati dengan luarbiasa, ada banyak karya yang bisa kita hasilkan, hidup kita bisa berbuah, kita bisa kumpulkan upah di sorga, bahkan 25.185 hari itu adalah hari yang kita lewati dengan sukacita, dengan senyuman, serta penuh dengan kebahagiaan.

▪ Bukan berarti dalam hidup tidak ada masalah, pergumulan, atau momen-momen yang menyedihkan. Namun Alkitab katakan dalam semuanya itu kita lebih dari pemenang. Kita akan mengalahkan masalah, kita akan menang atas pergumulan kita!

▪ Apalagi bulan lalu kita sudah banyak bicara tentang Roh Kudus bahkan sudah melewati KKR pencurahan Roh Kudus. Jika kita benar-benar menjalani setiap hari bersama Roh Kudus, maka setiap hari yang saudara alami pasti luarbiasa dan selalu ada mujizat, anugrah serta jaminan kemenangan. Sebab jika Allah di pihak kita, siapa lawan kita!

▪ Saya berdoa melalui seri kotbah ini kita bisa menatap hari depan dengan penuh antusiasme. Kita akan selalu mengawali hari dengan penuh semangat. Bahkan saya berdoa hari-hari yang penuh dengan tangisan dan air mata, bahkan

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

3 of 13

masa lalu yang suram penuh kesedihan akan digantikan Tuhan dengan hari-hari yang penuh gembira, sukacita dan damai sejahtera. Apapun keadaan saudara, saudara bisa menjadi bahagia dan bisa menjadi orang yang paling menikmati kehidupan yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

▪ Di bagian pertama dari seri khotbah Extraordinary Life ini, saya ingin membagikan kepada kita sebuah Firman Tuhan yang berjudul: Victorious Living.

I. SALAH SATU PENYEBAB TIDAK BISA

MENGALAMI EXTRAORDINARY LIFE ADALAH KETIDAKMAMPUAN MENGATASI TEKANAN KEHIDUPAN. a. TEKANAN KEHIDUPAN PASTI DIALAMI

SEMUA ORANG. Selama kita hidup pasti akan selalu ada

yang namanya tantangan, masalah, pergumulan, gesekan, tuntutan. Itu yang membuat tekanan dalam kehidupan kita. - Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan

kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. DALAM DUNIA KAMU MENDERITA PENGANIAYAAN, TETAPI KUATKANLAH HATIMU, AKU TELAH MENGALAHKAN DUNIA."

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

4 of 13

Stress saat ini melanda semua manusia di mana saja, kapan saja, bahkan tidak memandang umur!

Dan orang kalau sudah stress biasanya tidak bisa berpikir dengan baik.

Hari ini jika saudara merasa hidup saudara penuh dengan tekanan, percayalah saudara tidak sendirian. Setiap orang pasti menghadapi tekanannya masing-masing.

b. KITA HARUS MENGATASI TEKANAN HIDUP BERSAMA DENGAN TUHAN. Kita harus belajar mengatasi setiap

tekanan hidup kita bersama Tuhan seperti yang berhasil dilakukan Rasul Paulus. - 2 Korintus 4:7-9 7 Tetapi harta ini kami

punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. 8 Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; 9 kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa.

Tapi yang luarbiasa, rasul Paulus bukan hanya tidak stress, tetapi bahkan dia bisa selalu bersukacita dalam hidupnya! Bahkan di balik jeruji penjara yang sangat membuat stress, rasul Paulus masih bisa memberika nasehat untuk tetap bersukacita!

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

5 of 13

II. APA KATA FIRMAN TUHAN TENTANG TEKANAN HIDUP DAN MASALAH? 1. TUHAN TIDAK MAU KITA HIDUP DALAM

KEADAAN TERTEKAN DAN PENUH KEKUATIRAN. ORANG YANG STRESS DAN

TERTEKAN PASTI HIDUPNYA DIKUASAI OLEH KEKUATIRAN.

Kita lihat apa kata Firman Tuhan tentang kekuatiran. 1 Korintus 7:32a Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran.

Kuatir pada batas tertentu masih wajar. Karena kuatir ujian, maka kita belajar. Karena kuatir uang habis, maka kita berhemat dan bekerja. Karena kuatir acara berantakan, maka kita mengadakan gladi bersih. - Ulangan 28:66-67 66 Hidupmu akan

terkatung-katung, siang dan malam engkau akan terkejut dan kuatir akan hidupmu. 67 Pada waktu pagi engkau akan berkata: Ah, kalau malam sekarang! dan pada waktu malam engkau akan berkata: Ah, kalau pagi sekarang! karena kejut memenuhi hatimu, dan karena apa yang dilihat matamu.

2. ADA MAKSUD TUHAN DI BALIK TEKANAN HIDUP KITA. 1 Petrus 1:6-7 6 Bergembiralah akan hal

itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. 7 MAKSUD SEMUANYA itu ialah

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

6 of 13

untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Tekanan membuat kita semakin dewasa. Tekanan membuat seseorang

mengeluarkan potensi terbaiknya. Tekanan membuat hati kita semakin

mudah dibentuk oleh Tuhan. 3. SEMUA TEKANAN KEHIDUPAN PASTI BISA

KITA LALUI. 1 Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan

yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Percayalah hari ini ada jalan keluar! Masalah saudara bukan jalan buntu! Bukan kiamat! Tetapi ada jalan keluar! - Itu sebabnya firman Tuhan berkata di

Yesaya 30:15 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

7 of 13

tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan,

III. RAHASIA BAHAGIA MENGATASI TEKANAN

HIDUP. 1. PERLUAS KAPASITAS HATI.

a. Rahasia pertama untuk bisa mengatasi tekanan kehidupan ini adalah dengan memperluas kapasitas hati! Kapasitas hati sangat menentukan level

stress dalam hidup seseorang. Kadang masalah sama, tekanan sama, tuntutan sama, tapi yang satu diliputi kekuatiran sedangkan yang lain tetap bisa tenang. Kenapa bisa begitu? Karena kapasitas hatinya berbeda!

Itu yang terjadi ketika Saul dan Daud sama-sama berhadapan dengan Goliat! Goliat adalah masalah yang sangat besar. Tapi respon Saul dan Daud beda. Saul stress dan kehilanganya nyalinya, sedangkan Daud sangat bersemangat. Bedanya di kapasitas hati!

1 Samuel 17:32 Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu."

Kapasitas hati Daud lebih besar ketimbang Saul. Hati Saul tawar melihat Goliat yang besar! Akibatnya Saul ketakutan dengan

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

8 of 13

ancaman Goliat, sementara Daud justru yang mendatangi Goliat.

b. Kapasitas hati kita harus ditambah untuk bisa menghadapi Goliat masalah dalam hidup kita! Ibarat kapasitas komputer. Mungkin di

awal untuk mengerjakan hal sederhana, kapasitas komputer kita masih cukup. Akibatnya komputer kita masih lancar dan tidak ada kendala. Namun jika kita harus melakukan pekerjaan komputer yang berat, download sesuatu yang berat dan kapasitas komputer kita tidak diupgrade, maka yang jadi pastilah komputer kita akan hang dan error. Yang perlu kita lakukan adalah memperbesar dan menambah kapasitas komputer kita!

Kalau hati kita kecil, maka kena tantangan sedikit, hidup kita langsung stress, down, susah makan, susah tidur, kepikiran terus, sedih, dll. Tapi kalau hati kita besar, tekanan yang besar akan terasa ringan!

Itu sebabnya mari perbesar kapasitas hati kita! Kuatkan dan teguhkan hati kita lebih dan lebih lagi! Jangan kecut dan tawar hati. Jangan kecil hati kita! Lapangkan hati kita!

Mazmur 25:17 Lapangkanlah hatiku yang sesak dan keluarkanlah aku dari kesulitanku!

Inilah doa Daud! Daud sadar untuk bisa lepas dari kesulitan yang dia alami harus

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

9 of 13

dimulai dari hati. Hatinya yang sesak dan sempit harus dilapangkan dan diperbesar.

c. BAGAIMANA CARANYA KITA MEMPERBESAR KAPASITAS HATI KITA? RAHASIA PERTAMA: PERKATAKAN

PERKATAAN IMAN YANG POSITIF. - 1 Samuel 17:45-48 45 Tetapi Daud

berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. 46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, 47 dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami." 48 Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

10 of 13

segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;

RAHASIA KEDUA: SELALU MENGINGAT KEMENANGAN YANG PERNAH TUHAN BERIKAN! - 1 Samuel 17:34-36 34 Tetapi Daud

berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, 35 maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya. 36 Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup."

- Mazmur 103:1-2 1 Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! 2 Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan JANGANLAH LUPAKAN SEGALA KEBAIKAN-NYA!

2. MAKIN MENDEKAT KEPADA TUHAN! a. Mungkin kalimat ini rasanya sudah biasa

sekali alias klise. Tapi saya mau katakan

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

11 of 13

bahwa saat stress, saudara butuh kekuatan yang lebih. Dan sebagai anak Tuhan, kita bisa menerima kekuatan dan penguatan secara supranatural. Kekuatan secara supranatural itu nyata! Saya yakin tidak ada masalah dan

ketakutan yang lebih besar dari yang pernah dialami Yesus. Malam itu di taman Getsemani, Tuhan Yesus secara manusia mengalami tingkat stress paling tinggi yang bisa dialami seorang manusia sampai pembuluh darah pecah dan keringat darah keluar.

Lukas 22:44 Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

Di momen itu Yesus makin sungguh-sungguh berdoa!

Inilah yang harusnya kita lakukan saat hidup kita dipenuhi tekanan: makin sungguh-sungguh berdoa! Makin sungguh-sungguh mencari Tuhan! Makin sungguh merenungkan firman! Makin sungguh berpuasa!

Sayangnya malah banyak orang waktu stress malah bukannya sungguh-sungguh berdoa tapi malah cari hiburan dari dunia, nonton film, makan, jalan-jalan. Itu

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

12 of 13

semuanya bisa membantu tapi tidak bisa menyelesaikan masalah kita!

Saya ajak kita harus makin sungguh-sungguh berdoa seperti Yesus!

b. Lukas 22:42-43 42 "Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi." 43. Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya. Ini yang saya bilang kekuatan dan

penguatan supranatural! Seorang malaikat dari langit datang untuk memberi kekuatan kepada Yesus. Sorga memberi kekuatan baru kepada Yesus dan kekuatan itu memperbesar kapasitas hati Yesus. Kekuatan itulah yang menopang Yesus menyelesaikan misi paling stress di sepanjang sejarah umat manusia: penyaliban!

Kekuatan dari sorga itu nyata! Mungkin tidak terlihat namun sangat amat nyata!

Waktu kita makin mendekat kepada Tuhan, maka Roh Kudus yang adalah penghibur dan penolong akan menguatkan kita sehingga kita menerima kelegaan yang ajaib.

Itu sebabnya saya ajak setiap jemaat Keluarga Allah, di masa penuh tekanan

Outline Kotbah Extraordinary Life #1 – 3 Juni 2018

13 of 13

hidup kita, pastikan hidup kita semakin dipenuhi dengan Roh Kudus.

Ibarat pelampung. Pelampung tidak akan bisa tenggelam. Sekalipun pelampung ditekan ke dalam air tapi seolah selalu ada gaya ke atas yang membuatnya selalu menyembul ke permukaan air. Kenapa? Karena ada udaranya.

Roh Kudus itulah “udara” dalam hidup kita yang membuat kita tidak bisa ditenggelamkan oleh tekanan apapun. Bahkan semakin ditekan ke bawah, makin kuatlah dorongan untuk selalu kembali ke atas permukaan! Itu sebabnya penuhlah selalu dengan Roh Kudus.

PENUTUP Ambillah komitmen untuk semakin mendekat kepada Tuhan dan hidup kita selalu dipenuhi dengan Roh Kudus. Selain itu teruslah perkatakan perkataan yang positif dan jangan lupakan pertolongan Tuhan di masa-masa sebelumnya. Jika Tuhan sanggup menolong di masa dahulu, maka Tuhan yang sama akan menolong kita dari tekanan hidup kita sekarang dan seterusnya.