Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11...

12

Transcript of Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11...

Page 1: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:
Page 2: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

1 of 11

Extraordinary Life 3

Kehidupan Luarbiasa 3

GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR

PEMBUKAAN:

Hari ini kita akan lanjutkan bagian ketiga dari seri

khotbah Extraordinary Life atau Kehidupan

Luarbiasa. Saya percaya setiap hari yang kita lalui

pasti selalu luarbiasa jika kita berjalan dengan Roh

Kudus. Itu sebabnya minggu ini kita akan belajar

tentang Grateful Heart atau Hati yang Bersyukur.

I. MEMILIKI HATI YANG BERSYUKUR ADALAH

SALAH SATU RAHASIA MENGALAMI EXTRAORDINARY LIFE. a. 1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah

dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. Inilah kehendak Tuhan, yaitu kita

mengucap syukur dalam segala hal. Kenapa Tuhan perintahkan kita untuk

selalu mengucap syukur? Sebab ada mujizat dalam mengucap syukur! Bahkan studi dan penelitian pun menjelaskan bahwa ada

Page 3: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

2 of 11

begitu banyak keajaiban saat seseorang terbiasa mengucap syukur, antara lain: - Menurut studi oleh University of Warvick:

Bersyukur bisa mencegah stress, cemas yang berlebihan, dan depresi.

- Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Psikologi Nathan DeWall menunjukkan bahwa orang yang bersyukur itu bukan orang yang agresif dan lebih berempati kepada orang lain.

- Berdasarkan penelitian di Kent State University, rasa syukur bisa membuat orang lebih bahagia.

- Sebuah penelitian membuktikkan bahwa rasa syukur bisa meningkatkan kesehatan fisik dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, orang yang bersyukur memiliki kesehatan mental yang baik dan lebih cepat pulih saat mengalami trauma di hidupnya. Bersyukur juga bisa membantu agar tidur lebih nyenyak dan membuat tubuh lebih bugar setelah bangun tidur.

- Bagi yang sedang menjalani program diet, membiasakan diri untuk bersyukur bisa membantu mengurangi lemak sebesar 25%.

- Studi di Journal of Happiness Studies menunjukkan bahwa anak muda yang

Page 4: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

3 of 11

selalu bersyukur cenderung memiliki IPK yang lebih tinggi.

- Suatu studi telah menunjukkan bahwa rasa syukur akan membuat orang lebih sukses dalam bekerja dan lebih bersemangat mencapai impian.

- Saat orang selalu bersyukur apa yang ia punya, maka dia akan mengelola keuangannya dengan baik. Sehingga tidak menggunakan uangnya secara berlebihan dan bisa mengetahui prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi.

- Artinya tidak keliru jika Firman Tuhan menyuruh kita untuk selalu mengucap syukur dalam hidup kita. Sebab ternyata orang yang selalu mengucap syukur dalam segala hal bukan hanya jauh lebih bahagia, tapi ternyata jauh lebih produktif dalam kehidupannya.

b. SECARA ROHANI, HATI BERSYUKUR ADALAH KUNCI MENGAKSES BERKAT TUHAN; SEDANGKAN HATI BERSUNGUT-SUNGUT AKAN MEM-BLOK JALAN MENUJU BERKAT. Lawan kata bersyukur adalah

bersungut-sungut. Jika tidak hati-hati, manusia jauh lebih mudah dan lebih cepat bersungut-sungut ketimbang bersyukur. Sadarilah bahwa bersungut-sungut tidak akan mendatangkan kebaikan!

Page 5: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

4 of 11

BERSYUKUR AKAN MENARIK FAVOR TUHAN; SUNGUT-SUNGUT AKAN MENARIK MURKA TUHAN! - Bilangan 11:1 Pada suatu kali bangsa itu

bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.

BERSYUKUR MEMBUAT KITA MENGALAMI PERCEPATAN; SUNGUT-SUNGUT MEMBUAT KITA MENGALAMI PERLAMBATAN, BAHKAN PEMBATALAN! - Bilangan 14:29-30 29 Di padang gurun ini

bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu TELAH BERSUNGUT-SUNGUT KEPADA-KU. 30 Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

BERSYUKUR MEMBUAT HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN SEMAKIN KARIB: SUNGUT-SUNGUT MEMBUAT HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN SEMAKIN JAUH.

Page 6: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

5 of 11

BERSYUKUR ADALAH KUNCI MENGALAMI OPEN HEAVEN, SUNGUT-SUNGUT MEMBUAT LANGIT TERTUTUP ATAS KITA. - Mazmur 100:1-5 1 Mazmur untuk korban

syukur. Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi 2 Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai! 3 Ketahuilah, bahwa TUHANlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya. 4 Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya! 5 Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

- Dalam terjemahan Alkitab The Message Bible, ayat ke 4 (Psalm 100:4 - MSG) sangat menarik sekali bunyi: ENTER WITH THE PASSWORD: “THANK YOU!” MAKE YOURSELVES AT HOME, TALKING PRAISE. THANK HIM. WORSHIP HIM. Dengan kata lain, MASUKLAH KE DALAM PINTU GERBANG TUHAN DENGAN PASSWORD “THANK YOU”!

Kesaksian:

Page 7: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

6 of 11

II. KITA PERLU BELAJAR MENCUKUPKAN DIRI

SUPAYA BISA SELALU MENGUCAP SYUKUR. a. Filipi 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena

kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Penyebab orang sukar bersyukur dan

selalu bersungut-sungut adalah karena tidak pernah merasa cukup. MANUSIA PADA DASARNYA MEMILIKI

KEINGINAN YANG TIDAK PERNAH HABIS. Tuhan memang menaruh DESIRE atau

keinginan dalam diri kita, tapi Tuhan mau kita bisa mengontrolnya. - Sebab KEINGINAN DAN RASA TIDAK

PUAS YANG POSITIF JUSTRU BERGUNA MEMBANGUN KITA.

b. KETIDAKPUASAN YANG NEGATIF DAN KERAKUSAN AKAN JADI BUMERANG YANG MENGHANCURKAN DIRI KITA! Bilangan 11:4-6 4 Orang-orang bajingan

yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus; dan orang Israel pun menangislah pula serta berkata: "Siapakah yang akan memberi kita makan daging? 5 Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih. 6 Tetapi

Page 8: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

7 of 11

sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apapun, kecuali manna ini saja yang kita lihat." Lalu intinya mereka minta daging. Tuhan

awalnya sangat marah karena Israel bersungut-sungut, namun karena Musa, akhirnya amarah Tuhan reda dan Tuhan berjanji memberikan daging selama satu bulan penuh. Dan sesuai janjiNya, hujan burung puyuh memenuhi perkemahan orang Israel secara ajaib. - Bilangan 11:32-34 32 Lalu sepanjang hari

dan sepanjang malam itu dan sepanjang hari esoknya bangkitlah bangsa itu mengumpulkan burung-burung puyuh itu--setiap orang sedikit-dikitnya mengumpulkan sepuluh homer--,kemudian mereka menyebarkannya lebar-lebar sekeliling tempat perkemahan. 33 Selagi daging itu ada di mulut mereka, sebelum dikunyah, maka bangkitlah murka TUHAN terhadap bangsa itu dan TUHAN memukul bangsa itu dengan suatu tulah yang sangat besar. 34 Sebab itu dinamailah tempat itu Kibrot-Taawa, karena di sanalah dikuburkan orang-orang yang bernafsu rakus.

Ada juga pelajaran menarik dari hidup Rahel. Saya yakin Rahel pribadi yang luarbiasa, terlihat saat dia pertama bertemu dengan Yakub, dia baik hati, dia bukan

Page 9: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

8 of 11

wanita lemah (bahkan mungkin banyak anak perempuan yang terinspirasi dan diberi nama Rahel). Dia juga nenek moyang dari suku Israel yang luarbiasa. Itu sebabnya sekaranglah waktunya untuk

kita belajar mencukupkan diri seperti yang dilakukan oleh Rasul Paulus. Kesaksian:

III. KUNCI MEMILIKI HATI YANG PENUH

UCAPAN SYUKUR a. BERHENTILAH MEMBANDING-

BANDINGKAN DENGAN MILIK ORANG LAIN. 1 Samuel 8:4-7 4 Sebab itu

berkumpullah semua tua-tua Israel; mereka datang kepada Samuel di Rama 5 dan berkata kepadanya: "Engkau sudah tua dan anak-anakmu tidak hidup seperti engkau; maka angkatlah sekarang seorang raja atas kami untuk memerintah kami, SEPERTI PADA SEGALA BANGSA-BANGSA LAIN." 6 Waktu mereka berkata: "Berikanlah kepada kami seorang raja untuk memerintah kami," perkataan itu mengesalkan Samuel, maka berdoalah Samuel kepada TUHAN. 7 TUHAN berfirman kepada Samuel: "Dengarkanlah perkataan bangsa itu dalam segala hal yang dikatakan mereka kepadamu, sebab bukan engkau yang mereka tolak, TETAPI AKULAH

Page 10: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

9 of 11

YANG MEREKA TOLAK, SUPAYA JANGAN AKU MENJADI RAJA ATAS MEREKA. JANGAN TERUS MELIHAT RUMPUT

TETANGGA YANG SEKILAS TERLIHAT LEBIH HIJAU.

b. BELAJARLAH MENIKMATI SEGALA SESUATU YANG SUDAH TUHAN BERIKAN. Amsal 5:14-17 14 Aku nyaris terjerumus

ke dalam tiap malapetaka di tengah-tengah jemaah dan perkumpulan." 15 MINUMLAH AIR DARI KULAHMU SENDIRI, MINUMLAH AIR DARI SUMURMU YANG MEMBUAL. 16 Patutkah mata airmu meluap ke luar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan? 17 Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri, jangan juga menjadi kepunyaan orang lain. - Amsal 9: 17-18 17 "Air curian manis, dan

roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat rasanya." 18 Tetapi orang itu tidak tahu, bahwa di sana ada arwah-arwah dan bahwa orang-orang yang diundangnya ada di dalam dunia orang mati.

Itu sebabnya saya ajak mulai hari ini belajar menikmati! Nikmatilah hidup kita, nikmatilah makanan kita, nikmatilah motor kita, nikmatilah pekerjaan kita, nikmatilah kontrakan kita, nikmatilah pernikahan kita! - Saya terkejut ketika membaca Amsal 5 tadi

dalam terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia

Page 11: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

10 of 11

Sehari-hari. Amsal 5:15-17 (versi bahasa Indonesia sehari-hari): 15 Sebab itu, setialah kepada istrimu sendiri dan berikanlah cintamu kepada dia saja. 16 Tidak ada gunanya bagimu mencari kenikmatan pada orang yang bukan istrimu. 17 Kenikmatan itu khusus untuk engkau dengan istrimu, tidak dengan orang lain.

c. SADARI BAHWA HANYA TUHANLAH YANG SANGGUP MEMUASKAN HIDUP KITA. Tidak ada pribadi, apalagi barang, yang

bisa sungguh-sungguh memuaskan kita selain Tuhan. - Yohanes 4:13-14 13 Jawab Yesus

kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, 14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

Itu sebabnya RAHASIA MEMILIKI HATI YANG BERSYUKUR ADALAH SELALU AWALI SETIAP HARI BERSAMA TUHAN YANG AKAN MEMUASKAN HATI KITA. - Mazmur 17:15 Tetapi aku, dalam

kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan

Page 12: Outline Kotbah Extraordinary Life #3 Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018 1 of 11 Extraordinary Life 3 Kehidupan Luarbiasa 3 GRATEFUL HEART - HATI YANG BERSYUKUR PEMBUKAAN:

Outline Kotbah Extraordinary Life #3 – 17 Juni 2018

11 of 11

pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

PENUTUP:

Ambillah komitmen untuk semakain mendekat

kepada Tuhan, fokus kepada segala yang sudah

Tuhan sediakan untuk kita dan menikmatinya.

Yakinlah pasti hidup Saudara akan semakin indah

dan luarbiasa!