26-99Z_Book Manuscript-51-1-10-20130605

671

Click here to load reader

Transcript of 26-99Z_Book Manuscript-51-1-10-20130605

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas i

    KATA PENGANTAR

    Assalamualaikumwr.wb. Puji syukur kepadaAllah SWT selalu kamipanjatkan, karenahanyadengan rahmatdan karuniaNya Laporan Hasil Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) 2011 telah dapatdiselesaikan. Dalam laporan ini dimunculkan gambaran fasilitas kesehatan di IndonesiakhususnyapelayanankesehatandiPuskesmas. PelaksanaanpengumpulandataRisfaskes2011dilakukanpadabulanMeiDesember2011, di 33 provinsi. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes)mengerahkan sekitar4000enumeratoryangmenyebardiseluruhkabupaten/kota, seluruhpeneliti Balitbangkes, dosen Poltekkes, Jajaran Pemerintah Daerah Provinsi danKabupaten/Kota,sertaPerguruanTinggi. Prosesmanajemendatamulaidaridatadikumpulkan,kemudiandientrikekomputer,selanjutnya data cleaning dilakukan di Badan Litbangkes. Proses pengumpulan data danmanajemen data ini sungguh memakan waktu, stamina dan pikiran, sehingga tidaklahmengherankanbiladiwarnaidengandinamikakehidupanyangindahdalamduniailmiah. Perkenankanlah kami menyampaikan penghargaan yang tinggi serta terima kasihyang tulusatas semuakerjacerdasdanpenuhdedikasidari seluruhpeneliti, litkayasadanstaf Balitbangkes, rekan sekerja dari BPS, para pakar dari Perguruan Tinggi, PenanggungJawab Operasional dari jajaran Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, seluruhenumerator serta semua pihak yang telah berpartisipasimensukseskan Risfaskes. SimpatimendalamdisertaidoakamihaturkankepadamerekayangmengalamikecelakaansewaktumelaksanakanRifaskes. Secarakhusus,perkenankanucapanterimakasihkamidanparapenelitikepada IbuMenteriKesehatanyangtelahmemberikepercayaankepadakitasemua,anakbangsa,dalammenunjukkankaryabaktinya. Kami telahberupayamaksimal,namunpastimasihbanyak kekurangan, kelemahandan kesalahan. Untuk itu kami mohon kritik, masukan dan saran, demi penyempurnaanRisfaskesdimasayangakandatang.Billahittaufiqwalhidayah,wassalamualaikumwr.wb.

    Jakarta,25Juli2012KepalaBadanPenelitiandanPengembanganKesehatan,

    KementerianKesehatanRepublikIndonesia

    DR. dr . Tr ihono , MSc .

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    ii Laporan Puskesmas

    RINGKASAN EKSEKUTIF

    HASIL RISET FASILITAS KESEHATAN (RIFASKES) PUSKESMAS 2011 BADAN LITBANGKES, KEMENTERIAN KESEHATAN RI

    Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) 2011 merupakan salah satu riset kesehatan

    nasionalyang secaraberkaladilakukanolehBadanLitbangkes,KemkesRI,disampingRisetKesehatanDasar(Riskesdas)danRisetKhususKesehatan(Rikus).Rifaskes2011dilaksanakanuntuk memperoleh informasi terkini tentang supply pelayanan kesehatan, yaitu fasilitasRumah Sakit Umum (RSU) Pemerintah/Pemerintah Daerah (Pemda), Puskesmas danLaboratoriumKlinikMandiri(LKM).Supplytersebuttermasukgedung,persediaanairbersih,listrik, kendaraan, peralatan, obat, Sumber Daya Manusia (SDM), pedoman, pelatihan,anggaran dan sebagainya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan upaya kesehatanmasyarakatdanperorangandiRSUPemerintah/Pemda,PuskesmasdanLKM.Rifaskes2011melakukanpengukurandanpengamatandataprimersertapenelusurandatasekunderuntukmengetahuisituasiterkinikecukupandanketepatansupplypadainstitusiinstitusipelaksanaupayakesehatantersebutdiatas.

    Kerangkapikir riset inidikembangkanatasdasarkonsepBlum (1974),Donabedian(2002),JacabdanWHO2000.Padaprinsipnya,pelayanankesehatanmerupakansalahsatufaktorpenting yangmempengaruhi status kesehatanmasyarakat.Pelayanan kesehatan inidilakukan didalam dan diluar gedung institusi pelayanan kesehatan dengan kegiatanpromotif,preventif,kuratifdanrehabilitatif.Semuakegiatantersebutmempunyaikomponenasupan(input),proses,luaran(output)dandampak(outcome).KomponenasupaninilahyangmenjadifokusutamaRifaskes2011.Disampingitu,dalamRifaskes2011inidikumpulkanpuladata esensial yang berhubungan dengan komponen proses dan luaran dari berbagai jenisupaya kesehatan yang diselenggarakan baik oleh Puskesmas, RSU Pemerintah/PemdamaupunLKM.

    Dengan demikian, Rifaskes 2011 memberikan gambaran/potret dan pemetaanketersediaansupplydiPuskesmas,RSUPemerintah/PemdadanLKM,baikditingkatNasional,Provinsimaupundi tingkatKabupaten/Kota.Gambaran/potretdanpemetaanketersediaansupply tersebut tentunya disesuaikan dengan fungsi yang diemban oleh ke tiga institusipelaksana upaya kesehatan tersebut. Diharapkan riset ini juga akanmenghasilkan IndeksFasilitas dan Indeks Kinerja RSU Pemerintah/Pemda, Puskesmas dan LKM. Rifaskes 2011mulai dilaksanakan sejak 2010. Tahap persiapan dilakukan pada tahun 2010, sedangkanpelaksanaandilakukanpadatahun2011dandilanjutkandengansosialisasihasildananalisislanjutpadatahun2012.Rifaskes2011dilaksanakandenganmenggunakandanayangberasaldariDIPABadanLitbangkesKementeriankesehatanRI.

    Laporan ini merupakan laporan hasil dari data fasilitas Puskesmas yang telahdikumpulkanmelaluiRiset FasilitasKesehatan (Rifaskes)Puskesmas2011. SedangkanhasilRifaskes2011untukRSUPemerintah/PemdadanLKMdilaporkansecaratersendiri.

    RancanganRifaskesPuskesmas2011adalah studipotong lintang (cross sectional).Dilakukan secara sensus terhadap 9005 Puskesmas (berdasarkan data Ditjen BUK dan

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas iii

    Pusdatin tahun2010).Rancangan inimerupakansalahsatubagiandari rancanganRifaskes2011secarakeseluruhan.

    Datayangdikumpulkanmeliputidatainput,proses,danoutputupayakesehatandiPuskesmas yang antara lain terdiri dari data fasilitas, Sumber Daya Manusia (SDM), alatkesehatan,organisasidanmanajemen,pelayanankesehatanyangberjalan,outputesensialdanpelayanankesehatan,fungsisertaIndikatorMutuEsensialPuskesmastahun2010.DatatersebutdikumpulkandenganmenggunakankuesionerRifaskesPuskesmas2011yangterdiridari16Blok.Datadikumpulkanmelaluiwawancara,observasi,danpenilaianterhadapdatasekunder.

    PengumpuldataadalahpenelitiBadanLitbangkes,politeknikkesehatan(Poltekkes),universitas (perguruan tinggi), organisasi profesi, ataupun institusi penelitian kesehatanlainnya yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan, baik di tingkat Nasional maupunProvinsi/Kabupaten/Kota.

    Kegiatan yang dilakukan : 1. Telaah dokumen (document review), 2. Pertemuankonsinyasi lintasprogramdanorganisasiprofesi, 3.Pertemuanpakar, 4.Penyusunandraftinstrumen Rifaskes 2011, 5. Uji coba Instrumen, 6. Perbaikan dan finalisasi instrumenRifaskesPuskesmas2011,7. PenyusunanPlanofAction (POA)pelaksanaanRifaskes2011(bersamasama dengan RSU dan LKM), 8. Penyusunan pedoman instrumen Rifaskes 2011(bersamasama dengan RSU dan LKM), 9. Pertemuan Tim Manajemen Rifaskes 2011(bersamasama dengan RSU dan LKM), 10. Rapat Koordinasi tingkat Provinsi, 11.Workshop/Pelatihan Fasilitator (Master of Trainers/MOT) Rifaskes 2011 tingkat Pusat(bersamasama dengan RSU dan LKM), 12. Workshop/Pelatihan Penanggung JawabTeknis/PJT(TrainingofTrainers/TOT)Kabupaten/KotaRifaskes2011(bersamasamadenganRSU dan LKM), 13.Workshop/Pelatihan Rifaskes Puskesmas 2011 untuk enumerator, 14.Pengumpulan data Rifaskes Puskesmas 2011, 15. Validasi studi, 16. Data RB/Editing/Cleaning,17.Analisadata,18.Penulisan laporanakhir,19. DiseminasihasilRifaskes2011(bersamasamadenganRSUdanLKM),dan20.Analisislanjut

    PengorganisasianRifaskes2011meliputitingkatPusat,tingkatKoordinatorWilayahI IV (1 Korwil bertanggung jawab atas 89 Provinsi), tingkat Provinsi, dan tingkatKabupaten/Kota.SusunanorganisasiRifaskes2011 tingkatPusat terdiridariTimPengarah,Penanggung Jawab, Pelaksana Harian, Tim Manajemen, Tim Teknis RS Pemerintah,Puskesmas,LKM,ManajemenData(Mandat)danAnalisisData(Andat).

    Validasi studi ini dilaksanakan oleh tiga Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)terkemuka di Indonesia yaitu FKM UI, FKM Unair dan FKM Unhas. Proses validasidilaksanakan 12 minggu setelah enumerator mengumpulkan data. Hasilnya baik prosespengumpulandatadandatayangdikumpulkanmempunyaivaliditasrata80%lebih.SehinggadapatdikatakanbahwaprosespengumpulandatadandatayangdikumpulkanpadaRifaskes2011adalahvalid.

    Dari kuesioner Puskesmas yang telah terkumpul sebanyak 9188, sebanyak 8981merupakankuesioner PuskesmasyangmemenuhikriteriaRifaskes2011dandipergunakanuntukanalisisdatadenganhasilhasilsebagaiberikut:

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    iv Laporan Puskesmas

    Kurang lebihtigaperempatdariPuskesmasyangdianalisisolehRifaskes2011 (8981Puskesmas)tercatatsebagaiPuskesmaswilayahperdesaandansepertigamerupakanPuskesmas Nonperawatan. Hanya 18,6% Puskesmas yang merupakan PuskesmasPONED (Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar). Sebagian besarPuskesmasmasuk pada klasifikasi biasa (73,5%), selebihnyamasuk pada klasifikasisangat terpencil (9,5%), dan terpencil (17,0%).Disamping itu 6,4% dari Puskesmastersebut terletak di kepulauan dan 1,2% di daerah perbatasan. Berdasarkan tahundibangun dan berfungsi, dapat dikategorikan menjadi tiga: sebelum tahun 1976(18,3%),antaratahun19761999(50,8%),tahun2000sampaisekarang(24,9%),dan6,1%yangtidakbisamenjawab.

    Analisisdiskriptif jugamenunjukkanbahwa92,5%bangunanPuskesmasmerupakanbangunanpermanendansemipermanendan81,2%darisemuabangunankondisinyabaik atau rusak ringan. Sedangkan 12,3% fisik bangunan utama dan 18,5% seluruhbangunanditemukandalamkondisirusaksedangdanberat.

    43%Puskesmasmempunyaiminimal8ruanganuntukpelayanankesehatanesensialyaitu ruang untuk poliklinik umum, KIA/KB, poli gigi, farmasi, laboratorium,P2M/imunisasi,klinikkonsultasi).Sedangkan39,7%Puskesmasmempunyaiminimal4ruangan untuk kegiatan esensial nonpelayanan kesehatan (ruang rapat, ruangtunggu, gudang dan toilet). Hanya 39,1% Puskesmas yang mempunyai ruangkonseling gabungan dan 31,8%mempunyai ruang konseling gizi. Sedangkan ruanggawat darurat dimiliki oleh 56% Puskesmas. Selanjutnya 93,5% Puskesmas telahmempunyaigudangobatdan75,7%memilikilaboratorium.

    Secara nasional 71,7% puskesmas di Indonesia mempunyai sarana air bersih dan44,5%Puskesmas yangmempunyai SPALdengan saluran tertutup. Sejumlah 64,6%puskesmas telahmelakukan pemisahan limbahmedis dan nonmedis serta hanya26.8%darijumlahpuskesmasyangmemilikialatincenerator.

    Pada tingkat nasional 17,7 % puskesmas tidak mempunyai listrik selama 24 jam.hanya25,6%Puskesmasyangmemilikialatkantorlengkap(alatbaikdanberfungsinyakomputer/mesin ketik, AC/kipas angin, printer dan lemari/ filling cabinet). Sekitar56,7%Puskesmastidakmemilikiminimumsalahsatudariketigajenisalatkomunikasi(telepon/HP Dinas/ Radio Komunikasi). Hanya 17,2% Puskesmas yang mempunyaisambunganinternet.

    Kendaraan rodaduadimilikiolehhampir72%Puskesmas.Puskesling tersediapada45,8% Puskesmas. Sedangkan ambulans hanya tersedia di 37,6% PuskesmasPerawatan. Kirakira 39,4% Puskesmas yang memiliki alat transportasi kendaraanrodaduabermotor(minimaltigabuah)danpuskesmaskeliling/perahubermotor.

    Sebanyak 53,4% Puskesmas mempunyai 3 buku pedoman esensial (pedomanperencanaan Puskesmas, pedoman lokmin Puskesmas, dan pedoman penilaiankinerjaPuskesmas).Sedangkan59,4%PuskesmasmempunyaidokumenKepmenkes128/2004tentangPuskesmas.

    Sebesar 89,3% Puskesmasmempunyai dokumen perencanaan tahunan. Sedangkansebanyak91,9%PuskesmasmemilikidokumenRUK (RencanaUsulanKegiatan)danRPK (Rencana Pelaksanaan Kegiatan). Sumber data untuk penyusunan rencana

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas v

    tahunan Puskesmas, 92,1% Puskesmas memakai data berasal dari Puskesmastersebutdan66,8%PuskesmasmenggunakandatayangdiberiolehDinasKesehatanKabupaten/Kota. Sebesar 69,2% Puskesmas membahas rencana kerja tahunanmelaluiMusrenbangdan80,9%PuskesmasmelakukanpembahasanrencanatersebutmelaluiRapatPerencanaanDinasKesehatanKabupaten/Kota.

    LokakaryaMinibulanandantigabulanandiketemukansecaraberurutanpada82,9%dan 38,5% Puskesmas. Sedangkan Puskesmas yang melakukan penilaian kerjadiketemukan pada 75,3% Puskesmas dan 69,2% Puskesmas dapat menunjukandokumenumpanbalikdariDinasKesehatansetempatterhadapkinerjaPuskesmas

    TenagayangadadiPuskesmasdikelompokkanmenjadi:1)TenagaMedis:DokterdanDokterGigi; 2) Tenaga Keperawatan: Perawat, Bidan, dan PerawatGigi; 3) TenagaKefarmasian: Apoteker dan Teknis Kefarmasian; 4) Tenaga Gizi; 5) Sanitarian; 6)TenagaPenyuluhKesehatan/Promkes;7)TenagaRekamMedis;8)AnalisKesehatan;9)Tenaga Kesehatan Lain; dan 10) Tenaga Non Kesehatan: TenagaAdministrasi/Pekarya.Jumlahseluruhtenagayangbekerjadi8980Puskesmasadalah339,413orang,danberdasarkanpengelompokandiatas,makadistribusinyaadalahsbb. : 7,4% adalah tenaga medis, 65,9% tenaga keperawatan, 3,0% tenagakefarmasian,2,9%tenagagizi,3,3%sanitarian,dan1,2%promkes,0,3%tenagarekammedis dan 2% analis kesehatan, serta 13,9% tenaga kesehaatan lainnya, termasuktenaga adminsitrasi/pekarya. Disparitas tenaga yang bekerja di Puskesmas sangatjelasterlihat.

    TenagaperawatdanbidanyangmerupakantenagaintidiPuskesmas,Untukmasingmasingtenagakesehatanbisadilihatdarikisaran jumlahtenagatersebut.Variasinyacukup lebar: 027 misalnya untuk dokter, artinya ada Puskesmas yang tidak adadokter, akan tetapi dijumpai pula Puskesmas dimana dokternya sampai 27 orang.Gambarandisparitasyangsamaterlihatjugauntuktenagakesehatanlainnya.Kisaranyanglebaradalahuntukperawat:097,atauadaPuskesmasyangtidakadaperawat,akantetapiadaPuskesmasyangjumlahperawatnyasampai97orang.

    BanyakinformasilainyangdapatdikajilebihdalamterkaitdengantenagaPuskesmas,antara lain: a. sebaran tenaga berdasarkan lokasi Puskesmas di Perkotaan danPerdesaan;b.sebarantenagakesehatanberdasarkanjenisPuskesmasPerawatandanNon Perawatan; c. sebaran Puskesmasmenurut keberadan tenaga kesehatan danUpayaKesehatanWajib,atauUpayaKesehatanPengembangan.

    Seperti diketahui, Puskesmas mempunyai minimal tiga fungsi yaitu sebagai pusatpenggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai pusat pemberdayaanmasyarakat, dan sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama. Hampir 94%Puskesmas di Indonesia telah melaksanakan fungsi pelayanan kesehatan berupaEnam Upaya Kesehatan Wajib yaitu: Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan,KIA/KB, Perbaikan Gizi Masyarakat, P2 Penyakit, dan Pengobatan. Tetapi apabiladilihat kecukupan sumber daya program secara lengkap (yaitu adanya kegiatan,petugas,pelatihan,pedoman,danbimbinganteknisdariDinasKesehatanKab/Kota)makapersentasenyamenjadi jauhberkurangyaitupromosikesehatan hanya34%,kesehatan lingkungan18,2%,kesehatan ibu58,7%,kesehatananak60,9%,keluarga

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    vi Laporan Puskesmas

    berencana32,2%,perbaikangizimasyarakat45,8%,pencegahandanpemberantasanpenyakit61,2%,danpengobatanumumhanya21,3%.

    PersentasePuskesmasdi Indonesiayangmempunyaikecukupansumberdayauntukmelaksanakanfungsisebagaipusatpenggerakpembangunanberwawasankesehatanmasih rendah yaitu hanya 28,3% Puskesmas yang mempunyai petugas, 9,9%petugasnya telah mengikuti pelatihan, 14,6% Puskesmas mempunyai pedoman,12,1% mempunyai s.o.p/protap, 13,5% mempunyai peraturan dan 10,4% yangmempunyai dana khusus. Sedangkan kegiatan Puskesmas dalam pembangunanberwawasankesehatanbervariasisebagaiberikutadvokasi(41,5%),pertemuanlintassektoral(44,5%)danprogramkemitraan(41,2%)

    Pelaksanaan fungsi Puskesmas sebagai pusat pemberdayaanmasyarakat Indonesiamempunyai kecukupan sumber daya yang lebih baik yaitu 49,1% Puskesmasmempunyai petugas khusus untuk pemberdayaan masyarakat, 24,2% petugasnyatelah mengikuti pelatihan, 33,7% Puskesmas mempunyai pedoman, 20,2%mempunyai s.o.p/protap dan peraturan dan 17,6% yangmempunyai dana khususpemberdayaan masyarakat. Sedangkan kegiatan Puskesmas dalam prosespemberdayaan masyarakat bervariasi sebagai berikut SMD (50%), MMD (60,4%),pertemuankader(67,1%),pelatihankaderbaru(44%),pelatihankaderlama(54,4%),pelatihan toma (29,5%), pelatihan LSM (9.6%), supervisi (54,4%) dan pembinaan(57,9%).Kegiatannyatadalampemberdayaanmasyarakatdimanifestasikan sebagaiUKBM(UpayaKesehatanBerbasisMasyarakat)dilakukanPuskesmassecarabervariasimisalnyaPosyandu(97,5%),PosyanduLansia(78,8%),DanaSehat(30,2%),Poskestren(32,1%)dansebagainya.

    Sekitar 26,3% Puskesmas memiliki kelengkapan alat kesehatan poliklinik umumkurang dari 40% jumlah standard alat poliklinik umum (56 alat). Untuk peralatanesensial poliklinik umum, ternyata masih terdapat 3,7% Puskesmas yang tidakmemiliki stetoskop, 6,3% Puskesmas tidak memiliki tensi meter, 6,1% Puskesmastidakmemiliki timbangandewasadan6,4%Puskesmas tidakmemiliki tempat tidurperiksa.Sebanyak16,1%PuskesmasmemilikikelengkapanalkespoliklinikKIAkurangdari40% jumlahstandardalatPoliklinikKIA (59alat). JugauntukperalatanesensialPoliklinikKIA,terdapat12,7%Puskesmastidakmemilikistetoskop,13,6%Puskesmastidak memiliki tensi meter, 7,1% Puskesmas tidak memiliki tempat tidur periksa,34,0%Puskesmastidakmempunyaitermometerklinis,12%Puskesmastidakmemilikitimbanganbayi,8,7%Puskesmastidakmemilikitimbangandewasa,32,2%Puskesmastidakmemiliki dopler dan 53,7% Puskesmas tidakmemilikiHB Sahli. Sekitar 56,6%puskesmasmemiliki kelengkapanalkes laboratorium kurangdari40% standardalatlaboratorium Puskesmas (58 alat). Hampir 55% Puskesmas tidak mempunyai alatimmunisasilengkap.

    Kitkit peralatan Puskesmas yang dipergunakan untuk kegiatan keluar gedung,misalnyaKitUKGSdimilikioleh25,4%Puskesmas,KitPuskesmasKeliling lebihdari95%KitPuskeslinghanyamempunyaikelengkapan40%daristandard.

    Hampir40%PuskesmasPONEDmempunyaiperalatanPONEDyangjumlahnyakurangdari40%standardalatPONEDyangharusdipunyaiolehPuskesmasPONED.Demikian

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas vii

    juga kurang lebih20%dariPuskesmasPerawatanmempunyai alatperawatan yangjumlahnyakurangdari40%standardalatkeperawatan.

    Ketersediaan obat umum di Poliklinik Umum cukup baik, hanya kurang dari 5%Puskesmas yang jumlah ketersediaan obat umumnya kurang dari 40% standard.Sebaliknya ketersediaanobatPONEDdiPuskesmasPONED amat kurang, lebihdari80% Puskesmas PONED menyediakan obat kurang dari 40% standard obat yangsemestinyaadadiPuskesmasPONED.

    Sebagian besar data output pada Rifaskes 2011, seperti halnya data cakupan danpencapaian program Puskesmas tidak dapat dianalisis lebih lanjut disebabkan olehkarena rendahnyavaliditasdata tersebutdanperiodeyangberbedabedadaridatatersebut.

    Dari hasilhasil diatas dapat disimpulkan bahwa: 1. Rifaskes Puskesmas 2011 telahmenghasilkan gambaran input dan proses upaya kesehatan Puskesmas yang sangat kaya,rinci dan cukup valid untukmembuat potret fasilitas kesehatan di Puskesmasmulai daritingkatnasional,provinsi,kabupaten/kotamaupun individualPuskesmas;2.Baik input,danprosesupayakesehatandiPuskesmasantara lain fasilitas,SDM,alatkesehatan,organisasidanmanajemen, pelayanan kesehatan yang berjalan, fungsi serta IndikatorMutu EsensialPuskesmas tahun 2010 diketemukan masih banyak berada dibawah standar yang telahditentukandalambukuPedomanPuskesmasdankebijakanKementerianKesehatanlainnya;3. Dilihat dari input dan proses yangmenunjang tiga fungsi Puskesmas,maka input danproses yang mendukung keberhasilan fungsi Puskesmas sebagai pusat pemberdayaanmasyarakat di bidang kesehatan dan fungsi Puskesmas sebagai pusat pembangunanberwawasan kesehatan masih jauh dari harapan; 4. Dari sudut program wajib upayakesehatan Puskesmas, maka input dan proses program wajib kesehatan ibu dan anak,terutamaprogramPONED,masih jauhdibandingkanstandarminimalyangharusdipenuhi;dan5. Terdapatdisparitas inputdanprosesupayakesehatanPuskesmasyangcukuptajamberdasarkangeografi,kota/desadanregional. Adapunsaransaranyangdapatdikemukakanadalah:1.Perludilakukananalisislanjutterhadap data yang dihasilkan oleh Rifaskes Puskesmas 2011; 2. Perlu pemenuhan danpengembangan segera dan secara prioritisasi terhadap input dan proses upaya kesehatanPuskesmas; 3. Pemenuhan dan pengembangan input dan proses upaya Puskesmas yangmenunjang fungsiPuskesmas sebagaipusatpemberdayaanmasyarakatdanpembangunanberwawasan kesehatan perlu mendapatkan prioritas tinggi; 4. Pemenuhan danpenyempurnaaninputdanprosespadaprogramPONEDpadaseluruhPuskesmasperawatanharussegeradilaksanakangunapencapaianRPJMNdanMDG;dan5.Kesenjangangeografi,kota/desa dan regional dari input dan proses upaya kesehatan Puskesmas harus segeradipikirkanpemecahannyadenganmeningkatkanintegritasdankejelasanperanKementerianKesehatan,PemdaProvinsidanPemdaKabupaten/Kota.

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    viii Laporan Puskesmas

    DAFTAR SINGKATAN

    AC :AirConditionerAFP :AcuteFlaccidParalysisAIDS :AcquiredImmunodeficiencySyndromeAkbid :AkademiKebidananAKL :AkademiKesehatanLingkunganAkper :AkademiKeperawatanAkzi :AkademiGiziAlkes :AlatKesehatanAMP :AuditMaternalPerinatalANC :AntenatalCareAPN :AsuhanPersalinanNormalAskes :AsuransiKesehatanAstek :AsuransiTenagaKerjaBalita :BawahLimaTahunBalkesmas :BalaiKesehatanMasyarakatBBLR :BeratBadanLahirRendahBCG :BacilleCalmeteGuerinBimtek :BimbinganTeknisBinfar :BinaFarmasiBLU :BadanLayananUmumBOK :BantuanOperasionalKesehatanBOR :BedOccupancyRateBP :BalaiPengobatanBPP :BadanPenyantunPuskesmasBSL :BioSafetyLevelBTA :BasilTahanAsamCMHN :CommunityMentalHealthNursingD1Keb :Diploma1KebidananDIII :Diploma3DIV :Diploma4DBD :DemamBerdarahDengueDHF :DengueHemorrhagicFeverDitjen :DirektoratJenderalDP3 :DaftarPenilaianPelaksanaanPekerjaanDPT :DifteriPertusisTetanusDTP :DenganTempatPerawatan

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas ix

    EKG :ElektroKardiogramEmail :ElectronicMailFIFO :FirstInFirstOutFEFO :FirstExpiredFirstOutFK :FakultasKedokteranFKG :FakultasKedokteranGigiFKM :FakultasKesehatanMasyarakatGakin :KeluargaMiskinGKM :GugusKendaliMutuHB :HepatitisBHIV :HumanImmunodeficiencyVirusHP :HandphoneID :IdentitasIMD :InsiasiMenyusuDiniISO :InternationalStandardOrganizationISPA :InfeksiSaluranPernafasanAkutIUD :IntrauterineDeviceJamkesda :JaminanKesehatanDaerahJamkesmas :JaminanKesehatanMasyarakatJampersal :JaminanPersalinanJamsostek :JaminanSosialTenagaKerjaJuklak :PetunjukPelaksanaanJuknis :PetunjukTeknisKB :KeluargaBerencanaKemenkes :KementerianKesehatanKepmenkes :KeputusanMenteriKesehatanKesling :KesehatanLingkunganKesmas :KesehatanMasyarakatKN :KunjunganNeonatusKeswa :KesehatanJiwaKIA :KesehatanIbudanAnakKIPI :KejadianIkutanPaskaImunisasiKLB :KejadianLuarBiasaKMS :KartuMenujuSehatKorwil :KoordinatorWilayahKTA :KekerasanTerhadapAnak

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    x Laporan Puskesmas

    Lansia :LanjutUsiaLB :LaporanBulananLokmin :LokakaryaMiniLOS :LengthofStayLPLPO :LaporanPenerimaandanLembarPermintaanObatLSM :LembagaSwadayaMasyarakatMDGs :MillenniumDevelopmentGoalsMMD :MusyawarahMasyarakatDesaMonev :MonitoringdanEvaluasiMPASI :MakananPendampingAirSusuIbuMTBM :ManajemenTerpaduBayiMudaMTBS :ManajemenTerpaduBalitaSakitMusrenbang :MusyawarahPerencanaanPembangunanOrmas :OrganisasiMassaP2M :PengendalianPenyakitMenularP4K :ProgramPerencanaanPersalinandanPencegahanKomplikasiPA :PembantuAdministrasiPAH :PenampunganAirHujanPAM :PerusahaanAirMinumPE :PenyelidikanEpidemiologisPerkesmas :PerawatanKesehatanMasyarakatPermenkes :PeraturanMenteriKesehatanPGPS :PeraturanGajiPegawaiNegeriSipilPHBS :PerilakuHidupBersihdanSehatPHN :PublicHealthNursingPINERE :PenyakitInfeksiNewEmergingdanReEmergingPJO :PenanggungjawabOperasionalPJT :PenanggungjawabTeknisPKPR :PelayananKesehatanPeduliRemajaPLN :PerusahaanListrikNegaraPMT :PemberianMakananTambahanPMK :PengembanganManajemenKinerjaPMTCT :PreventionofMothertoChildTransmissionPNS :PegawaiNegeriSipilPOA :PlanofActionPOD :PosObatDesaPodes :PotensiDesaPolindes :PondokBersalinDesaPONED :PelayananObstetricNeonatalEmergensiDasarPONEK :PelayananObstetricNeonatalEmergensiKomprehensifPosbindu :PosPembinaanTerpadu

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xi

    Poskesdes :PosKesehatanDesaPoskestren :PosKesehatanPesantrenPosyandu :PosPelayananTerpaduPromkes :PromosiKesehatanProtap :ProsedurTetapPTT :PegawaiTidakTetapPUS :PasanganUsiaSuburPusdatin :PusatDatadanInformasiPuskesmas :PusatKesehatanMasyarakatPusling :PuskesmasKelilingPustu :PuskesmasPembantuPWS :PemantauanWilayahSetempatQA :QualityAssuranceRekmed :RekamMedikRenstra :RencanaStrategisRI :RawatInapRifas :RisetFasilitasRifaskes :RisetFasilitasKesehatanRikhus :RisetKhususRiskesdas :RisetKesehatanDasarRJ :RawatJalanRPJMN :RencanaPembangunanJangkaMenengahNasionalRPK :RencanaPelaksanaanKegiatanRS :RumahSakitRUK :RencanaUsulanKegiatanRW :RukunWargaS1Kes :SarjanaStrata1KesehatanS2Kes :SarjanaStrata2KesehatanSAA :SekolahAsistenApotekerSBH :SakaBhaktiHusadaSD :SekolahDasarSDM :SumberDayaManusiaSDIDTK :Stimulasi,DeteksidanIntervensiDiniTumbuhKembangSJSN :SistemJaminanSosialNasionalSIMPUS :SistemManajemenPuskesmasSK :SuratKeputusanSKp :SarjanaKeperawatanSLTP :SekolahLanjutanTingkatPertamaSMD :SurveiMawasDiriSMU :SekolahMenengahUmumSOP :StandardOperationalProcedures

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xii Laporan Puskesmas

    SP2TP :SistemPencatatandanPelaporanTerpaduPuskesmasSPAG :SekolahPembantuAhliGiziSPAL :SistemPembuanganAirLimbahSPK :SekolahPerawatKesehatanSPM :StandarPelayananMinimalSPMBK :StandarPelayananMinimalBidangKesehatanSPPH :SekolahPembantuPenilikHygieneSPR :SekolahPengaturRawatSPRG :SekolahPengaturRawatGigiSusenas :SurveiSosialEkonomiNasionalTb :TuberkulosisTHT :Telinga,Hidung,TenggorokanTOGA :TanamanObatKeluargaTPA :TempatPemrosesanAkhirTPM :TempatPengelolaanMakanan/MinumanTT :TetanusToksoidTTU :TempattempatUmumUCI :UniversalChildImmunizationUKBM :UpayaKesehatanBerbasisMasyarakatUKGS :UsahaKesehatanGigiSekolahUKGMD :UsahaKesehatanGigiMasyarakatDesaUKK :UsahaKesehatanKerjaUKS :UsahaKesehatanSekolahUKP :UpayaKesehatanPengembanganUKW :UpayaKesehatanWajibUSG :UltrasonografiUsila :UsiaLanjutVCCM :VaccineColdChainMonitorVCT :VoluntaryCounselingandTestingVitA :VitaminAVVM :VaccineVialMonitorWOD :WarungObatDesaYankes :PelayananKesehatanYankespro :PelayananKesehatanReproduksi

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xiii

    DAFTAR ISI KATAPENGANTAR ............................................................................................................. iRINGKASANEKSEKUTIF...................................................................................................... iiiDAFTARSINGKATAN..........................................................................................................ixDAFTARISI ......................................................................................................................... xvDAFTARTABEL................................................................................................................... xxiDAFTARGAMBAR.............................................................................................................xxxixBABI PENDAHULUAN1.1. LATARBELAKANG ..................................................................................................... 11.2. PERTANYAANKEBIJAKAN ......................................................................................... 21.3. PERTANYAANPENELITIAN ........................................................................................ 31.4. TUJUANPENELITIAN ................................................................................................. 31.5. MANFAATPENELITIAN ............................................................................................. 31.6. RUANGLINGKUP....................................................................................................... 3BABII KERANGKAKONSEPDANPENGEMBANGANINDIKATOR2.1. BATASAN .................................................................................................................. 52.2. KERANGKAKONSEP .................................................................................................. 52.3. PENGEMBANGANINDIKATORPUSKESMAS

    2.3.1. IndikatorInput............................................................................................ 72.3.2. IndikatorProses.......................................................................................... 82.3.3. IndikatorOutput......................................................................................... 9

    BABIII METODEPENELITIAN3.1. RANCANGANPENELITIAN ........................................................................................ 113.2. POPULASIdanSAMPEL

    3.2.1. PopulasiPenelitian ..................................................................................... 113.2.2. SampelPenelitian....................................................................................... 11

    3.3. RESPONDEN ............................................................................................................. 113.4. PENGUMPULANDATA

    3.4.1. JenisDatayangDikumpulkan..................................................................... 133.4.2. PengumpulData ......................................................................................... 133.4.3. CaraPengumpulanData............................................................................. 14

    3.5. PENGOLAHANDATA ................................................................................................. 153.6. RINCIANKEGIATAN

    3.6.1. TahapPersiapan ......................................................................................... 153.6.1.1. TelaahDokumen(documentreview) ..................................................................... 153.6.1.2. PertemuanKonsinyasiLintasProgramdanOrganisasiProfesi.............................. 153.6.1.3. PertemuanPakar.................................................................................................... 153.6.1.4. PenyusunanInstrumen........................................................................................... 153.6.1.5. Ujicobainstrumen ................................................................................................. 163.6.1.6. PenyusunanPlanofAction(POA)Pelaksanaan...................................................... 16

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xiv Laporan Puskesmas

    3.6.2. TahapPelaksanaan..................................................................................... 163.6.2.1. PengorganisasianLapangan.................................................................................... 163.6.2.2. PenyusunanPedomanInstrumen .......................................................................... 173.6.2.3. PertemuanTimManajemen................................................................................... 173.6.2.4. RapatKoordinasiTingkatProvinsi .......................................................................... 173.6.2.5. WorkshopFasilitatorTingkatPusat........................................................................ 183.6.2.6. WorkshopPenanggungjawabTeknisKabupaten/Kota .......................................... 183.6.2.7. WorkshopEnumerator ........................................................................................... 193.6.2.8. PengumpulanData ................................................................................................. 193.6.2.9. ValidasiStudi .......................................................................................................... 203.6.2.10. PengolahanData..................................................................................................... 203.6.2.11. AnalisaData............................................................................................................ 20

    BABIV HASIL4.1. JUMLAHPUSKESMAS ......................................................................................... 214.2. KARAKTERISTIKPUSKESMAS

    4.2.1. TopografiWilayahKerjaPuskesmas............................................................. 244.2.2. TahunPuskesmasBerdiri/Berfungsi............................................................ 264.2.3. FasilitasPONEDdiPuskesmas...................................................................... 27

    4.3. SUMBERDAYAMANUSIA4.3.1. SDMPuskesmas.......................................................................................... 29

    4.3.1.1. TenagaMedis ......................................................................................................... 294.3.1.2. TenagaKeperawatan .............................................................................................. 364.3.1.3. TenagaKefarmasian ............................................................................................... 474.3.1.4. TenagaGizi.............................................................................................................. 524.3.1.5. TenagaSanitarian ................................................................................................... 554.3.1.6. TenagaPenyuluhKesehatan/Promkes ................................................................. 584.3.1.7. TenagaRekamMedis.............................................................................................. 624.3.1.8. TenagaAnalisKesehatan......................................................................................... 654.3.1.9. TenagaKesehatanLain ........................................................................................... 684.3.1.10. TenagaNonKesehatan........................................................................................... 71

    4.3.2. PenempatandanRotasi.............................................................................. 754.3.3. Tunjangan/InsentifDaerah....................................................................... 79

    4.4. FASILITASFISIK4.4.1. FisikBangunan............................................................................................ 814.4.2. Ruangan...................................................................................................... 854.4.3. AirBersih .................................................................................................... 984.4.4. PengelolaanLimbah ................................................................................... 994.4.5. SumberDayaListrik....................................................................................101

    4.5. KETATAUSAHAAN4.5.1 AlatKantor..................................................................................................1024.5.2. AlatKomunikasi..........................................................................................1064.5.3 AlatTransportasi ........................................................................................110

    4.6. MANAJEMENPUSKESMAS

    4.6.1. PerencanaanTahunan ...............................................................................1144.6.2. LokakaryaMini ...........................................................................................1194.6.3. PenilaianKinerjaPuskesmas ......................................................................1224.6.4. PedomanKerjaPuskesmas ......................................................................125

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xv

    4.7. PROGRAMDANPENANGGUNGJAWABPROGRAM4.7.1. PelaksanaanUpayaKesehatanWajib ........................................................1274.7.2. PelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan .........................................137

    4.8. PELAYANANKESEHATAN

    4.8.1. ProgramPromosiKesehatan.......................................................................1444.8.1.1. KegiatanProgramPromosiKesehatan......................................................................1444.8.1.2. PelatihanProgramPromosiKesehatan.................................................................... 1474.8.1.3. PedomanProgramPromosiKesehatan.................................................................... 1504.8.1.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPromosiKesehatan........................153

    4.8.2. ProgramKesehatanLingkungan..................................................................1574.8.2.1. KegiatanProgramKesehatanLingkungan.................................................................1574.8.2.2. PelatihanProgramKesehatanLingkungan............................................................... 1624.8.2.3. PedomanProgramKesehatanLingkungan............................................................... 1654.8.2.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanLingkungan.................. 168

    4.8.3. ProgramKesehatanIbu................................................................................1714.8.3.1. KegiatanProgramKesehatanIbu..............................................................................1714.8.3.2. PelayananPertolonganPersalinanDalamGedungPuskesmas................................ 1744.8.3.3. PelatihanProgramKesehatanIbu.............................................................................1754.8.3.4. PedomanProgramKesehatanIbu...........................................................................1774.8.3.5. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanIbu............................... 183

    4.8.4. ProgramKesehatanBayidanAnak.............................................................1884.8.4.1. KegiatanProgramKesehatanBayidanAnak............................................................ 1884.8.4.2. PelatihanProgramKesehatanBayidanAnak...........................................................1934.8.4.3. PedomanProgramKesehatanBayidanAnak...........................................................1974.8.4.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanBayidanAnak.............. 202

    4.8.5. ProgramKeluargaBerencana......................................................................2054.8.5.1. KegiatanProgramKeluargaBerencana.................................................................... 2054.8.5.2. PelatihanProgramKeluargaBerencana................................................................... 2084.8.5.3. PedomanProgramKeluargaBerencana................................................................... 2104.8.4.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKeluargaBerencana...................... 214

    4.8.6. ProgramPerbaikanGiziMasyarakat...........................................................2184.8.6.1. KegiatanProgramPerbaikanGiziMasyarakat..........................................................2184.8.6.2. PelatihanProgramPerbaikanGiziMasyarakat........................................................ 2224.8.6.3. PedomanProgramPerbaikanGiziMasyarakat........................................................ 2254.8.6.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPerbaikanGiziMasyarakat............232

    4.8.7. ProgramPengendalianPenyakitMenular...................................................2364.8.7.1. KegiatanProgramPengendalianPenyakitMenular..................................................2364.8.7.2. PelatihanProgramPengendalianPenyakitMenular................................................ 2424.8.7.3. PedomanProgramPengendalianPenyakitMenular................................................ 2494.8.7.4. Pengawasan,EvalusidanBimbinganProgramPengendalianPenyakitMenular.... 256

    4.8.8. ProgramImunisasi.......................................................................................258

    4.8.8.1. ProgramImunisasidiPuskesmas............................................................................. 2584.8.8.2. PelatihanProgramImunisasi.................................................................................... 2604.8.8.3. PedomanProgramImunisasi....................................................................................2624.8.8.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramImunisasi....................................... 265

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xvi Laporan Puskesmas

    4.8.9. PelayananPengobatan.............................................................................2684.8.9.1. KegiatanPelayananPengobatan.............................................................................. 2684.8.9.2. PelatihanPelayananPengobatan............................................................................. 2704.8.9.3. PedomanPelayananPengobatan............................................................................. 2724.8.9.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananPengobatan................................ 273

    4.8.10. ProgramUsahaKesehatanSekolah(UKS).................................................2764.8.10.1. KegiatanProgramUKS..............................................................................................2764.8.10.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramUKS...................................... 2784.8.10.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramUKS................................................ 281

    4.8.11. ProgramKesehatanOlahraga...................................................................284

    4.8.11.1. KegiatanProgramKesehatanOlahraga.................................................................... 2844.8.11.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramKesehatanOlahraga............ 2864.8.11.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanOlahraga...................... 289

    4.8.12. ProgramPerawatanKesehatanMasyarakat(PERKESMAS)......................2924.8.12.1. KegiatanProgramPerkesmas.................................................................................. 2924.8.12.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramPerkesmas........................... 2954.8.12.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPerkesmas..................................... 297

    4.8.13. ProgramKesehatanKerja..........................................................................300

    4.8.13.1. KegiatanProgramKesehatanKerja.......................................................................... 3004.8.13.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramKesehatanKerja.................. 3014.8.13.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanKerja............................ 304

    4.8.14. ProgramKesehatanGigidanMulut..........................................................3074.8.14.1. KegiatanProgramKesehatanGigidanMulut...........................................................3074.8.14.2. PelatihanProgramKesehatanGigidanMulut..........................................................3114.8.14.3. PedomanProgramKesehatanGigidanMulut........................................................ 3134.8.14.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanGigidanMulut.............315

    4.8.15. ProgramKesehatanJiwa...........................................................................3184.8.15.1. KegiatanProgramKesehatanJiwa........................................................................... 3184.8.15.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramKesehatanJiwa....................3204.8.15.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanJiwa..............................323

    4.8.16. ProgramKesehatanMata..........................................................................3254.8.16.1. KegiatanProgramKesehatanMata.......................................................................... 3254.8.16.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramKesehatanMata.................. 3284.8.16.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanMata.............................330

    4.8.17. ProgramKesehatanUsiaLanjut................................................................3324.8.17.1. KegiatanProgramKesehatanUsiaLanjut.................................................................3324.8.17.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramKesehatanUsiaLanjut......... 3354.8.17.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanUsiaLanjut...................337

    4.8.18. PembinaanPengobatanTradisional..........................................................340

    4.8.18.1. KegiatanPembinaanPengobatanTradisional...........................................................3404.8.18.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanProgramPengobatanTradisional...... 3434.8.18.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPengobatanTradisional.................345

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xvii

    4.8.19. PelayananKesehatanHaji.........................................................................3484.8.19.1. KegiatanPelayananKesehatanHaji..........................................................................3484.8.19.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanPelayananKesehatanHaji..................3514.8.19.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananKesehatanHaji............................353

    4.8.20. PelayananLaboratorium...........................................................................3564.8.20.1. KegiatanPelayananLaboratorium........................................................................... 3564.8.20.2. PetugasPelaksana,PelatihandanPedomanPelayananLaboratorium....................3614.8.20.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananLaboratorium............................. 365

    4.8.21. PelayananKefarmasian.............................................................................3684.8.21.1. PetugasPelaksanaPelayananKefarmasian..............................................................3684.8.21.2. PelatihanPetugasdanPedomanPelayananKefarmasian........................................3724.8.21.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananKefarmasian................................375

    4.8.22. PelayananPuskesmasKeliling..................................................................3774.8.22.1. KegiatanPelayananPuskesmasKeliling................................................................... 3774.8.22.2. JenisKegiatanPelayananPuskesmasKeliling.......................................................... 3784.8.22.3. PetugasPelayananPuskesmasKeliling.....................................................................3814.8.22.4. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananPuskesmasKeliling......................384

    4.8.23. ProgramTanggapDaruratBencana..........................................................3864.8.23.1. KegiatanProgramTanggapDaruratBencana...........................................................3864.8.23.2. PetugasPelaksanadanPelatihanProgramTanggapDaruratBencana.................... 3894.8.23.3. Pengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramTanggapDaruratBencana............ 391

    4.9. PELAYANANRAWATINAP

    4.9.1. FasilitasFisik..............................................................................................3934.9.2. PelayananRawatInap...............................................................................3984.9.3 PelayananPONED.....................................................................................414

    4.10.KEGIATANPEMBERDAYAANMASYARAKAT

    4.10.1. PuskesmassebagaiPusatPemberdayaanMasyarakat.............................4234.10.2. UpayaKesehatanBersumberdayaMasyarakat(UKBM) ..........................439

    4.11.KEGIATANPENGGERAKPEMBANGUNANBERWAWASANKESEHATAN

    4.11.1 TenagaPelaksana......................................................................................4444.11.2 PelatihanTenagadanKetersediaanPedoman.........................................4454.11.3 SOPdanPeraturanTertulis.......................................................................4474.11.4 AlokasiDanaKhusus.................................................................................4494.11.5 JenisKegiatan............................................................................................4504.11.6 KeberadaanInputdanProses...................................................................452

    4.12PUSKESMASPEMBANTUDANBIDANDESA4.12.1 PuskesmasPembantu ..............................................................................4544.12.2 BidanDesa................................................................................................456

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xviii Laporan Puskesmas

    4.13.ALATKESEHATANDALAMGEDUNG4.13.1. PoliklinikUmum .......................................................................................4584.13.2. PoliklinikGigi.............................................................................................4654.13.3. PoliklinikKIA..............................................................................................4704.13.4. AlatalatLaboratorium.............................................................................4794.13.5. AlatalatImunisasi.....................................................................................4834.13.6. AlatalatPuskesmasPerawatan................................................................4884.13.7. AlatalatPuskesmasPONED......................................................................492

    .4.14.KETERSEDIAANOBATDANVAKSIN

    4.14.1. ObatUmum...............................................................................................4964.14.2. ObatGigi...................................................................................................5004.14.3.Obat/AlatKB...........................................................................................5044.14.4.ObatPONED..............................................................................................5074.14.5.Vaksin........................................................................................................510

    4.15.ALATKESEHATANLUARGEDUNG

    4.15.1. KitPelayananPuskesmaskeliling(Pusling)...............................................5134.15.2.KitPelayananLuarGedungLainnya..........................................................516

    KESIMPULAN .....................................................................................................................521SARANSARAN.....................................................................................................................523DAFTARPUSTAKA..............................................................................................................525LAMPIRANSKTIMRIFASKES2011.....................................................................................527LAMPIRANSKTIMRIFASKES2012.....................................................................................533LAMPIRANKUESIONERPUSKESMASRIFASKES2011.........................................................537

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xix

    DAFTAR TABEL NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel3.1. JumlahPuskesmasperPropinsi 12Tabel4.1.1. JumlahPuskesmasdiIndonesia,Rifaskes2011 21Tabel4.1.2. JumlahdanPersentasePuskesmasmenurutLokasi,Rifaskes

    201122

    Tabel4.1.3. JumlahdanPersentasePuskesmasmenurutJenisPuskesmas,Rifaskes2011

    23

    Tabel4.2.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKeterpencilan,Rifaskes2011 24Tabel4.2.1.2. PersentasePuskesmasmenurutKepulauandanPerbatasan,

    Rifaskes201125

    Tabel4.2.2.1. PersentasePuskesmasmenurutTahunBerdiri/Berfungsi,Rifaskes2011

    26

    Tabel4.2.3.1. PersentasePuskesmasdenganFasilitasPONEDmenurutJenisPuskesmas,Rifaskes2011

    27

    SUMBERDAYAMANUSIA Tabel4.3.1.1.1.a KeberadaandanDistribusiTenagaDokter, Rifaskes2011 29Tabel4.3.1.1.2. TenagaDokterdiPuskesmasmenurutTingkatPendidikan

    Terakhir,Rifaskes201131

    Tabel4.3.1.1.3. TenagaDokterdiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    32

    Tabel4.3.1.1.4.a KeberadaandanDistribusiTenagaDokterGigiProvinsi,Rifaskes2011

    33

    Tabel4.3.1.1.5. TenagaDokterGigidiPuskesmasmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    35

    Tabel4.3.1.1.6. TenagaDokterGigidiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    36

    Tabel4.3.1.2.1 KeberadaandandistribusiTenagaPerawatdiPuskesmas,Rifaskes2011

    37

    Tabel4.3.1.2.2.a TenagaPerawatdiPuskesmasmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    38

    Tabel4.3.1.2.3.b TenagaPerawatdiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    40

    Tabel4.3.1.2.4.a KeberadaandandistribusiTenagaBidandiPuskesmas, 41

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xx Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Rifaskes2011Tabel4.3.1.2.6 TenagaBidandiPuskesmasmenurutTingkatPendidikan

    Terakhir,Rifaskes201143

    Tabel4.3.1.2.7 TenagaBidandiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    44

    Tabel4.3.1.2.8 KeberadaandandistribusiTenagaPerawatGigidiPuskesmas,Rifaskes2011

    45

    Tabel4.3.1.2.9 TenagaPerawatGigidiPuskesmasmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    46

    Tabel4.3.1.2.10 TenagaPerawatGigidiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    47

    Tabel4.3.1.3.1 KeberadaandandistribusiApotekerdiPuskesmas,Rifaskes2011

    48

    Tabel4.3.1.3.2 TenagaApotekerdiPuskesmasmenurutTingkatPendidikanTerakhirdanStatusKetenagaanperProvinsi,Rifaskes2011

    49

    Tabel4.3.1.3.3 KeberadaandandistribusiTenagaTeknisKefarmasiandiPuskesmas,Rifaskes2011

    50

    Tabel4.3.1.3.4 TenagaTeknisKefarmasianmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    51

    Tabel4.3.1.3.5 TenagaTeknisKefarmasianmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    52

    Tabel4.3.1.4.1 KeberadaandandistribusiTenagaGizidiPuskesmas,Rifaskes2011

    53

    Tabel4.3.1.4.2 TenagaGizimenurutTingkatPendidikanTerkakhir,Rifaskes2011

    54

    Tabel4.3.1.4.3 TenagaGizimenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011 55Tabel4.3.1.5.1 KeberadaandandistribusiTenagaSanitariandiPuskesmas,

    Rifaskes201156

    Tabel4.3.1.5.2 TenagaSanitarianmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    57

    Tabel4.3.1.5.3 TenagaSanitarianmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011 58Tabel4.3.1.6.1.a KeberadaandandistribusiTenagaPenyuluh

    Kesehatan/PromkesdiPuskesmas,Rifaskes201159

    Tabel4.3.1.6.2 TenagaPenyuluhKesehatan/PromkesmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    61

    Tabel4.3.1.6.3 TenagaPenyuluhKesehatan/PromkesmenurutStatus 62

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxi

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Ketenagaan,Rifaskes2011Tabel4.3.1.7.1 KeberadaandanDistribusiTenagaRekamMedisdiPuskesmas,

    Rifaskes201163

    Tabel4.3.1.7.2 TenagaRekamMedismenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    64

    Tabel4.3.1.7.3 TenagaRekamMedismenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    65

    Tabel4.3.1.8.1 KeberadaandanDistribusiTenagaAnalisKesehatandiPuskesmas,Rifaskes2011

    66

    Tabel4.3.1.8.2 TenagaAnalisKesehatanmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    67

    Tabel4.3.1.8.3 TenagaAnalisKesehatanmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    68

    Tabel4.3.1.9.1 KeberadaandanDistribusiTenagaKesehatanLaindiPuskesmas,Rifaskes2011

    69

    Tabel4.3.1.9.2 TenagaKesehatanLainmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    70

    Tabel4.3.1.9.3 TenagaKesehatanLainmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    71

    Tabel4.3.1.10.1 KeberadaandanDistribusiTenagaAdministrasidanPekaryadiPuskesmas,Rifaskes2011

    72

    Tabel4.3.1.10.2. TenagaAdministrasidanPekaryadiPuskesmasmenurutTingkatPendidikanTerakhirperProvinsi,Rifaskes2011

    73

    Tabel4.3.1.10.3. TenagaAdministrasidanPekaryadiPuskesmasmenurutStatusKetenagaan,Rifaskes2011

    74

    Tabel4.3.2.1. PersentasePuskesmasMenurutPenanggungJawabProgramTidakSesuaiDenganPendidikandiPerkotaandanPerdesaan,Rifaskes2011

    76

    Tabel4.3.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPimpinanPuskesmasdenganRotasiKurangdariSatuTahundiLokasiPerkotaandanPerdesaan,Rifaskes2011

    77

    Tabel4.3.2.3 PersentasePuskesmasmenurutTenagayangPindahSetelahDilatihdiPerkotaandanPerdesaan,Rifaskes2011

    79

    Tabel4.3.3. PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanInsentifDaerahdiPerkotaandanPerdesaan,Rifaskes2011

    80

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxii Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    FASILITASFISIKTabel4.4.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKeadaanFisiksemua

    BangunanPuskesmas,Rifaskes201181

    Tabel4.4.1.2 PersentasePuskesmasmenurutJenisdankondisisemuaBangunanPuskesmas,Rifaskes2011

    82

    Tabel4.4.1.3 PersentasePuskesmasmenurutKondisiFisikBangunanUtama,Rifaskes2011

    84

    Tabel4.4.2.1 PersentasePuskesmasmenurutJumlahRuanganPelayanan,Rifaskes2011

    85

    Tabel4.4.2.2.a PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRuanganPoliklinik,Rifaskes2011

    87

    Tabel4.4.2.2.b PersentasePuskesmasmenurutkeberadaanRuanganPoliklinik,RIFASKES2011

    88

    Tabel4.4.2.3.a PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRuanganPelayananPenunjang(RuanganFarmasidanLaboratorium),Rifaskes2011

    90

    Tabel4.4.2.3.b PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRuanganPelayananPenunjang(GawatDaruratdanKonsultasiGizi),Rifaskes2011

    91

    Tabel4.4.2.3.c PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRuanganPelayananPenunjang(RuangKonsultasiKeslingdanRuangKonsultasiKeperawatan),Rifaskes2011

    93

    Tabel4.4.2.3.d PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRuanganPelayananPenunjang(RuangKonselingGabungandanLengkap),Rifaskes2011

    94

    Tabel4.4.2.4.a PersentasePuskesmasmenurutJumlahRuanganNonPelayanan(RuanganRapat,RuangTunggudanGudangObat),Rifaskes2011

    96

    Tabel4.4.2.4.b PersentasePuskesmasmenurutJumlahRuanganNonPelayanan(ToiletdanLengkap),Rifaskes2011

    97

    Tabel4.4.3.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAirBersihsepanjangtahun,Rifaskes2011

    98

    Tabel4.4.4.1. PersentasePuskesmasmenurutPengelolaanLimbah,Rifaskes2011

    100

    Tabel4.4.5.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanSumberDayaListrik,Rifaskes2011

    101

    ALATKANTOR Tabel4.5.1.1.a PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatKantor 103

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxiii

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    (KomputerdanPrinter),Rifaskes2011Tabel4.5.1.1.b PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatKantor

    (MesinTikdanAC/KipasAngin),Rifaskes2011104

    Tabel4.5.1.1.c PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatKantor(Lemari/FillingKabinetdanLengkap),Rifaskes2011

    105

    ALATKOMUNIKASITabel4.5.2.1.a PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanSarana

    Komunikasi(TelepondanHP),RIFASKES2011107

    Tabel4.5.2.1.b

    PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanSaranaKomunikasi(RadioKomunikasi),RIFASKES2011

    108

    Tabel4.5.2.1.c PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanSaranaKomunikasi(KoneksiInternet),RIFASKES2011

    109

    ALATTRANSPORTASITabel4.5.3.1.a PersentasePuskesmasDenganKetersediaanSarana

    Transportasi,Rifaskes2011110

    Tabel4.5.3.1.b PersentasePuskesmasDenganKetersediaanSaranaTransportasi,Rifaskes2011

    111

    Tabel4.5.3.1.c PersentasePuskesmasPerawatanMenurutKetersediaanAmbulans,Rifaskes2011

    112

    MANAJEMENPUSKESMASTabel4.6.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanRencanaKerja

    Tahunantahun2010,Rifaskes2011114

    Tabel4.6.1.2 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanDokumenPerencanaanTahunantahun2010,Rifaskes2011

    115

    Tabel4.6.1.3 PersentasePuskesmasmenurutSumberDataPenyusunanRencanaKerjaTahunan,Rifaskes2011

    116

    Tabel4.6.1.4 PersentasePuskesmasmenurutKeterlibatanPenanggungJawabProgramdalamMenyusunRencanaKerjaTahunan,Rifaskes2011

    117

    Tabel4.6.1.5 PersentasePuskesmasmenurutPembahasanRencanaKerjaTahunan,Rifaskes2011

    118

    Tabel4.6.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanLokakaryaMiniBulanan,Rifaskes2011

    120

    Tabel4.6.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanLokakaryaMiniTriwulan,Rifaskes2011

    121

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxiv Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.6.3.1 PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanPenilaianKinerja,Rifaskes2011

    122

    Tabel4.6.3.2 PersentasePuskesmasmenurutPembahasanPenilaianKinerjadenganStaf,Rifaskes2011

    123

    Tabel4.6.3.3 PersentasePuskesmasmenurutUmpanBalikPenilaianKinerja,Rifaskes2011

    124

    Tabel4.6.4.1.a

    PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanBukuPedomanManajemenPuskesmas,Rifaskes2011

    125

    Tabel4.6.4.1.b

    PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanPedomanManajemenPuskesmas,KebijakanDasarPuskesmasdanPedomanPelaksanaanJaminanMutu,Rifaskes2011

    126

    Tabel4.7.1.1 PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaan6ProgramUpayaKesehatanWajib,Rifaskes2011

    127

    Tabel4.7.1.2.a. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanWajib(PromosiKesehatandanKesehatanLingkungan),Rifaskes2011

    128

    Tabel4.7.1.2.b. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanWajib(KIA/KBdanPerbaikanGiziMasyarakat),Rifaskes2011

    130

    Tabel4.7.1.2.c. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanWajib(P2PdanPengobatan),Rifaskes2011

    131

    Tabel4.7.1.3.a. PersentasePuskesmasmenurutKesesuaianPendidikanPenanggungJawabUpayaKesehatanWajib(PromkesdanKesling),Rifaskes2011

    133

    Tabel4.7.1.3.b. PersentasePuskesmasmenurutKesesuaianPendidikanPenanggungJawabUpayaKesehatanWajib(KIA/KBdanPerbaikanGiziMasyarakat),Rifaskes2011

    134

    Tabel4.7.1.3.c. PersentasePuskesmasmenurutKesesuaianPendidikanPenanggungJawabUpayaKesehatanWajib(P2PdanPengobatan),Rifaskes2011

    136

    Tabel4.7.2.1.a. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan(UKSdanKesOR),Rifaskes2011

    137

    Tabel4.7.2.1.b. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan(PerkesmasdanKesKerja),Rifaskes2011

    138

    Tabel4.7.2.1.c. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan(KesGilutdanKesJiwa),Rifaskes2011

    140

    Tabel4.7.2.1.d. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan(KesMatadanKesUsila),Rifaskes2011

    141

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxv

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.7.2.1.e. PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanUpayaKesehatanPengembangan(PembinaanBatradanKesHaji),Rifaskes2011

    142

    PROGRAMPROMOSIKESEHATANTabel4.8.1.1.ab

    PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramPromosiKesehatan,Rifaskes2011

    145146

    Tabel4.8.1.2.ab PersentasePuskesmasmenurutPelatihanProgramPromosiKesehatanpadaTahun2009dan2010,Rifaskes2011

    148150

    Tabel4.8.1.3.ab PersentasePuskesmasmenurutPedomanProgramPromosiKesehatan,Rifaskes2011

    151152

    Tabel4.8.1.4.ab PersentasePuskesmasmenurutPenerimaanPengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPromosiKesehatan,Rifaskes2011

    155156

    PROGRAMKESEHATANLINGKUNGANTabel4.8.2.1.ac PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan

    Lingkungan,Rifaskes2011158161

    Tabel4.8.2.2.ab PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaandalamPelatihan

    ProgramKesehatanLingkungan,padaTahun2009dan2010,Rifaskes2011

    163164

    Tabel4.8.2.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanPedomandalamProgramKesehatanLingkungan,Rifaskes2011

    166167

    Tabel4.8.2.4.ab PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanLingkungan,Rifaskes2011

    169170

    PROGRAMKESEHATANIBUTabel4.8.3.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan

    Ibu,Rifaskes2011172173

    Tabel4.8.3.2 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPelayananPersalinandiDalamGedungPuskesmas,Rifaskes2011

    174

    Tabel4.8.3.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaanpadaPelatihanProgramKesehatanIbupadaTahun20092010,Rifaskes2011

    176177

    Tabel4.8.3.4.ad PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPedomanuntukMelaksanakanProgramKesehatanIbu,Rifaskes2011

    178181

    Tabel4.8.3.5.ac PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramKesehatanIbu,Rifaskes2011

    184187

    PROGRAMKESEHATANBAYIDANANAKTabel4.8.4.1.ac PersentasePuskesmasmenurutKegiatanPelayananKesehatan 189192

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxvi Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    BayidanAnak,Rifaskes2011Tabel4.8.4.2.ac PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaanPelatihan

    PelayananKesehatanBayidanAnakpadaTahun2009dan2010,Rifaskes2011

    194196

    Tabel4.8.4.3.ac PersentasePuskesmasmenurutPedomanPelayananKesehatanBayidanAnak,Rifaskes2011

    199201

    Tabel4.8.4.4.ab PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananKesehatanBayidanAnak,Rifaskes2011

    203204

    PROGRAMKELUARGABERENCANATabel4.8.5.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanPelayananKeluarga

    Berencana,Rifaskes2011206207

    Tabel4.8.5.2.ab PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaanPelatihanPelayananKeluargaBerencanapadaTahun2009dan2010,Rifaskes2011

    208209

    Tabel4.8.5.3.ac PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanBukuPedomanPelayananKeluargaBerencana,Rifaskes2011

    211213

    Tabel4.8.5.4.ab PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananKeluargaBerencana,Rifaskes2011

    216217

    PROGRAMPERBAIKANGIZIMASYARAKATTabel4.8.6.1.ac PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramPerbaikan

    GiziMasyarakat,Rifakes2011219221

    Tabel4.8.6.2.ab PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaandalamPelatihan

    ProgramPerbaikanGiziMasyarakattahun2009dan2010,Rifaskes2011

    223224

    Tabel4.8.6.3.ae PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanBukuPedomanProgramPerbaikanGiziMasyarakat,Rifaskes2011

    226231

    Tabel4.8.6.4.ab PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganProgramPerbaikanGiziMasyarakat,Rifaskes2011

    233234

    PROGRAMPENGENDALIANPENYAKITMENULARTabel4.8.7.1.ad PersentasePuskesmasmenurutKegiatanUpayaPengendalian

    PenyakitMenular,Rifaskes2011237240

    Tabel4.8.7.2.ad PersentasePuskesmasmenurutPelatihandalamUpayaPengendalianPenyakitMenular,Rifaskes2011

    243246

    Tabel4.8.7.3.ad PersentasePuskesmasmenurutPedomanUpayaPengendalianPenyakitMenular,Rifaskes2011

    250233

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxvii

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.8.7.4 PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvalusidanBimbingandalamUpayaProgramPengendalianPenyakitMenular,Rifaskes2011

    257

    PROGRAMIMUNISASITabel4.8.8.1 PersentasePuskesmasmenurutFrekuensiPelayananImunisasi

    diDalamdanLuarGedungPelayananImunisasi,Rifaskes2011260

    Tabel4.8.8.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihanPelayananImunisasitahun20092010,Rifaskes2011

    261

    Tabel4.8.8.3.ab PersentasePuskesmasmenurutPedomanPelayananImunisasi,Rifaskes2011

    263264

    Tabel4.8.8.4 PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,evaluasidanbimbinganPelayananImunisasi,Rifaskes2011

    266

    PELAYANANPENGOBATANTabel4.8.9.1 PersentasePuskesmasmenurutKegiatanPelayanan

    PengobatandanSurveilansPenyakitTidakMenular,Rifaskes2011

    269

    Tabel4.8.9.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihanProgramPengobatan,Rifaskes2011

    271

    Tabel4.8.9.3 PersentasePuskesmasmenurutPedomanProgramPengobatan,Rifaskes2011

    272

    Tabel4.8.9.4 PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvalusiDanBimbinganProgramPengobatan,Rifaskes2011

    274

    PROGRAMUSAHAKESEHATANSEKOLAHTabel4.8.10.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramUsaha

    KesehatanSekolah,Rifaskes2011276278

    Tabel4.8.10.2.1 PersentasePuskesmasmenurutJumlahPetugaspelaksanaProgramUsahaKesehatanSekolah,Rifaskes2011

    279

    Tabel4.8.10.2.2 PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaanpadaPelatihandankeberadaanPedomanProgramUsahaKesehatanSekolah,Rifaskes2011

    280

    Tabel4.8.10.3.ab PersentasePuskesmasmenurutMonitoringdanBimbinganTeknisProgramUsahaKesehatanSekolah,Rifaskes2011

    282283

    PROGRAMKESEHATANOLAHRAGATabel4.8.11.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan

    Olahraga,Rifaskes2011284285

    Tabel4.8.11.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPetugasProgramKesehatanOlahraga,Rifaskes2011

    287

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxviii Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.8.11.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramKesehatanOlahraga,Rifaskes2011

    288

    Tabel4.8.11.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanMonitoringdanBimbinganTeknisProgramKesehatanOlahraga,Rifaskes2011

    290291

    PROGRAMPERKESMASTabel4.8.12.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramPerawatan

    KesehatanMasyarakat,Rifaskes2011293294

    Tabel4.8.12.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPetugasProgramPerawatanKesehatanMasyarakatRifaskes2011

    295

    Tabel4.8.12.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramPerawatanKesehatanMasyarakat,Rifaskes2011

    296

    Tabel4.8.12.3.ab PersentasePuskesmasmenurutMonitoringdanBimbinganTeknisProgramPerawatanKesehatanMasyarakat,Rifaskes2011

    298299

    PROGRAMKESEHATANKERJATabel4.8.13.1 PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan

    Kerja,Rifaskes2011300

    Tabel4.8.13.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPetugasProgramKesehatanKerja,Rifaskes2011

    302

    Tabel4.8.13.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramKesehatanKerja,Rifaskes2011

    303

    Tabel4.8.13.3.ab PersentasePuskesmasmenurutBimbinganTeknisProgramKesehatanKerja,Rifaskes2011

    305306

    PROGRAMKESEHATANGIGIDANMULUTTabel4.8.14.1.ad PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan

    GigidanMulut,Rifaskes2011307310

    Tabel4.8.14.2.ab PersentasePuskesmasMengikutiPelatihanProgramKesehatanGigidanMulut,Rifaskes2011

    311312

    Tabel4.8.14.3.ab PersentasePuskesmasmenurutPedomanuntukProgramKesehatanGigidanMulut,Rifaskes2011

    314315

    Tabel4.8.14.4.ab PersentasePuskesmasmenurutMonitoringdanbimbinganteknisuntukProgramKesehatanGigidanMulut,Rifaskes2011

    316317

    PROGRAMKESEHATANJIWATabel4.8.15.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanProgramKesehatan 318320

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxix

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Jiwa,Rifaskes2011Tabel4.8.15.2.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPetugasProgram

    KesehatanJiwa,Rifaskes2011321

    Tabel4.8.15.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramKesehatanJiwa,Rifaskes2011

    322

    Tabel4.8.15.3.ab PersentasePuskesmasmenurutMonitoringdanBimbinganTeknisProgramKesehatanJiwa,Rifaskes2011

    323324

    PROGRAMKESEHATANMATATabel4.8.16.1.ab PersentasePuskesmasmenurutProgramKesehatanMata,

    Rifaskes2011326327

    Tabel4.8.16.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramKesehatanMata,Rifaskes2011

    328

    Tabel4.8.16.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanProgramKesehatanMata,Rifaskes2011

    329

    Tabel4.8.16.3.ab PersentasePuskesmasmenurutMonitoringdanBimbinganTeknisProgramKesehatanMata,Rifaskes2011

    330331

    PROGRAMKESEHATANUSIALANJUTTabel4.8.17.1.ab PersentasePuskesmasmenurutJenisKegiatanProgram

    KesehatanUsiaLanjut,Rifaskes2011333334

    Tabel4.8.17.2.1 PersentasePuskesmasmenurutPetugasProgramKesehatanUsilaLanjut,Rifaskes2011

    335

    Tabel4.8.17.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihanPetugasdanPedomanProgramKesehatanUsilaLanjut,Rifaskes2011

    336

    Tabel4.8.17.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanMonitoringdanBimbinganTeknisProgramKesehatanUsiaLanjut,Rifaskes2011

    338339

    PEMBINAANPENGOBATANTRADISIONALTabel4.8.18.1.ab PersentasePuskesmasmenurutKegiatanPembinaan

    PengobatanTradisional,Rifaskes2011341342

    Tabel4.8.18.2.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPetugasProgramPembinaanPengobatanTradisional,Rifaskes2011

    343

    Tabel4.8.18.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihanPetugasdanPedomanPengobatanTradisional,Rifaskes2011

    344

    Tabel4.8.18.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanMonitoringdanBimbinganTeknisProgramPembinaanPengobatan

    346347

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxx Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tradisional,Rifaskes 2011PELAYANANKESEHATANHAJITabel4.8.19.1.ab PersentasePuskesmasmenurutJenisKegiatanProgram

    KesehatanHaji,Rifaskes2011349350

    Tabel4.8.19.2.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPetugasPelaksanaProgramKesehatanHaji,Rifaskes2011

    351

    Tabel4.8.19.2.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihanPetugasdanPedomanProgramKesehatanHaji,Rifaskes2011

    352

    Tabel4.8.19.3.ab PersentasePuskesmasmenurutBimbinganTeknisProgramKesehatanHaji,Rifaskes2011

    354355

    PELAYANANLABORATORIUMTabel4.8.20.1.a PersentasePuskesmasmenurutJenisPelayananLaboratorium

    PemeriksaanDarahRutin,UrineRutin,KadarGulaDarah,Rifaskes2011

    357

    Tabel4.8.20.1.b PersentasePuskesmasmenurutJenisPelayananLaboratoriumPemeriksaanKolesterol,Feses,DarahMalaria,Rifaskes2011

    358

    Tabel4.8.20.1.c PersentasePuskesmasmenurutJenisPelayananLaboratoriumPemeriksaanSputum,PemeriksaanLainnya,danKegiatanLengkap,Rifaskes2011

    360

    Tabel4.8.20.2.1 PersentasePuskesmasmenurutJumlahPetugasPelaksanaPelayananLaboratoriumdanyangikutPelatihanTataLaksanaLaboratorium,Rifaskes2011

    362

    Tabel4.8.20.2.2 PersentasePuskesmasmenurutKeikutsertaanpadaPelatihanLaboratoriumdanKeberadaanPedoman,Rifaskes2011

    364

    Tabel4.8.20.3.ab PersentasePuskesmasmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganTerhadapPelayananLaboratorium,Rifaskes2011

    366367

    PELAYANANKEFARMASIANTabel4.8.21.1.1 PersentasePuskesmasmenurutJumlahPetugasPelaksana

    PelayananKefarmasian,Rifaskes2011369

    Tabel4.8.21.1.2.ab PersentasePuskesmasmenurutPendidikanPetugasPelaksanaPelayananKefarmasian,Rifaskes2011

    370371

    Tabel4.8.21.2.1 PersentasePuskesmasmenurutJenisPelatihanPetugasKefarmasian,RIFASKES2011

    373

    Tabel4.8.21.2.2 PersentasePuskesmasmenurutkeberadaanPedomanPelayananKefarmasian,Rifaskes2011

    374

    Tabel4.8.21.3.1 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanPengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananKefarmasian,Rifaskes2011

    376

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxxi

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    PELAYANANPUSKESMASKELILINGTabel4.8.22.1. PersentasePuskesmasmenurutFrekuensiKegiatanPuslingdi

    Puskesmas,Rifaskes2011377

    Tabel4.8.22.2.ab PersentasePuskesmasmenurutJenisPelayananPusling,Rifaskes2011

    379380

    Tabel4.8.22.3.1. PersentasePuskesmasmenurutJumlahPetugasPelaksanaPusling,Rifaskes2011

    381

    Tabel4.8.22.3.2.ab PersentasePuskesmasmenurutKategoriPetugasPelaksanaPusling,Rifaskes2011

    382383

    Tabel4.8.22.4.1. PersentasePuskesmasmenurutBimbinganTeknisPuslingdariDinkesKab/Kota,Rifaskes2011

    384

    Tabel4.8.22.4.2. PersentasePuskesmasmenurutPertemuanMonitoringEvaluasiPuslingdariDinasKesehatanKabupaten/Kota,Rifaskes2011

    385

    PROGRAMTANGGAPDARURATBENCANATabel4.8.23.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanDataDesaRawan

    Bencana,PelatihanTanggapDaruratkepadaMasyarakatdanSurveilans,Rifaskes2011

    387

    Tabel4.8.23.1.2 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanPelayananTanggapDaruratBencana,Rifaskes2011

    388

    Tabel4.8.23.2.1 PersentasePuskesmasmenurutJumlahPetugas,dankeikutsertaanpadaPelatihanTanggapDaruratBencana,Rifaskes2011

    390

    Tabel4.8.23.3.1 PersentasePuskesmasMenurutKeberadaanMonitoringdanBimbinganTeknisKegiatanTanggapDaruratBencana,Rifaskes2011

    392

    PELAYANANRAWATINAPTabel4.9.1.1.ab PersentasePuskesmasperawatanmenurutRuangRawatInap,

    Rifaskes2011394395

    Tabel4.9.1.2 PersentasePuskesmasperawatanmenurutRuanganRawatInapLengkap,Rifaskes2011

    396

    Tabel4.9.1.3 PersentasePuskesmasperawatanmenurutRuanganPetugasJaga,Rifaskes2011

    397

    Tabel4.9.2.1.ab PersentasePuskesmasperawatanmenurutKegiatanPelayananRawatInapRifaskes2011

    398400

    Tabel4.9.2.2 PersentasePuskesmasPerawatanmenurutJumlahPetugasPelaksanaPelayananRawatInap,Rifaskes2011

    401

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxxii Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.9.2.3.ab PersentasePuskesmasperawatanmenurutJenisTenagayangTerlibatdalamRawatInap,Rifaskes2011

    404405

    Tabel4.9.2.4.ab PersentasePuskesmasperawatanmenurutKeikutsertaanpadaPelatihanPelayananRawatInap,Rifaskes2011

    406407

    Tabel4.9.2.5 PersentasePuskesmasperawatanmenurutkepemilikanPedomanPelayananRawatInap,Rifaskes2011

    410

    Tabel4.9.2.6.ab PersentasePuskesmasperawatanmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganPelayananRawatInap,Rifaskes2011

    412413

    PELAYANANPONEDTabel4.9.3.1 PresentasePuskesmasPONEDmenurutPelayananPONED24

    Jam,Rifaskes2011414

    Tabel4.9.3.2 PersentasePuskesmasPONEDmenurutJumlahPetugasPelaksana,Rifaskes2011

    416

    Tabel4.9.3.3 PersentasePuskesmasPONEDmenurutKeterlibatanTenaga,Rifaskes2011

    417

    Tabel4.9.3.4 PersentasePuskesmasPONEDmenurutkeberadaanPelatihandanPedomanPONED,Rifaskes2011

    420

    Tabel4.9.3.5 PersentasePuskesmasPONEDmenurutPengawasan,EvaluasidanBimbinganPONED,Rifaskes2011

    421

    PUSKESMASSEBAGAIPUSATPEMBERDAYAANMASYARAKATTabel4.10.1.1 PersentasePuskesmasMenurutkeberadaanPetugasKhusus

    PemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011423

    Tabel4.10.1.2. PersentasePuskesmasmenurutPetugasYangDilatihPemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011

    424

    Tabel4.10.1.3 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanPedoman,SOPdanPeraturantentangPemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011

    426

    Tabel4.10.1.4. PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlokasiDanaKhususPemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011

    427

    Tabel4.10.1.5.ab PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanForumMasyarakat,Rifaskes2011

    428429

    Tabel4.10.1.6.ad PersentasePuskesmasmenurutKegiatanPemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011

    431434

    Tabel4.10.1.7 PersentasePuskesmasmenurutPelaksanaanPembinaandanPemantauanKegiatanUKBM,Rifaskes2011

    436

    Tabel4.10.1.8 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanInputdanProsesPemberdayaanMasyarakat,Rifaskes2011

    438

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxxiii

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.10.2.ac PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanUpayaKesehatanBersumberdayaMasyarakat,Rifaskes2011

    440442

    PUSKESMASSEBAGAIPUSATPENGGERAKPEMBANGUNANBERWAWASANKESEHATANTabel4.11.1 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanPetugasyang

    MenanganiKegiatanPenggerakPembangunanBerwawasanKesehatan,Rifaskes2011

    444

    Tabel4.11.2 PersentasePuskesmasmenurutPelatihandanPedomanPadaKegiatanPembangunanBerwawasanKesehatan,Rifaskes2011

    446

    Tabel4.11.3 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanSOPdanPeraturantertulisKegiatanPenggerakPembangunanBerwawasanKesehatan,Rifaskes2011

    448

    Tabel4.11.4 PersentasePuskesmasmenurutketersediaanDanaKhususUntukKegiatanPenggerakPembangunanBerwawasanKesehatan,Rifaskes2011

    449

    Tabel4.11.5 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanKegiatanPenggerakPembangunanBerwawasanKesehatan,Rifaskes2011

    451

    Tabel4.11.6 PersentasePuskesmasDenganKeberadaanInputdanProsesKegiatanPenggerakkanPembangunanBerwawasanKesehatan

    453

    PUSKESMASPEMBANTUdanBIDANDESATabel4.12.1 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanPuskesmas

    Pembantu(Pustu)danKegiatanBimtekkePustu,Rifaskes2011455

    Tabel4.12.2 PersentasePuskesmasmenurutKeberadaanBidanDesa,Bidesdenganwilayahkerja>1desa,BimtekkePolindes/Poskesdes,Rifaskes2011

    457

    ALATKESEHATANDALAMGEDUNGTabel4.13.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatPoliklinik

    Umum,Rifaskes2011458

    Tabel4.13.1.2 PersentasePuskesmasmenurutKelengkapanJenisAlatPoliklinikUmumyangdigunakan,Rifaskes2011

    460

    Tabel4.13.1.3 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatEsensialPoliklinikUmum,Rifaskes2011

    462

    Tabel4.13.1.4 PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanJenisAlatEsensialyangdigunakanpadaPelayananPoliklinikUmum,Rifaskes2011

    464

    Tabel4.13.2.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatPoliklinikGigi,Rifaskes2011

    466

    Tabel4.13.2.2 PersentasePuskesmasmenurutKelengkapanJenisAlatPoliklinikGigiyangdigunakan,Rifaskes2011

    468

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    xxxiv Laporan Puskesmas

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.13.3.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatPoliklinikKIA,Rifaskes2011

    470

    Tabel4.13.3.2 PersentasePuskesmasmenurutKelengkapanJenisAlatPoliklinikKIAyangdigunakan,Rifaskes2011

    472

    Tabel4.13.3.3.ab PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatEsensialPoliklinikKIA,Rifaskes2011

    473474

    Tabel4.13.3.4.ab PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanJenisAlatEsensialyangdigunakanpadaPelayananPoliklinikKIA,Rifaskes2011

    476477

    Tabel4.13.4.1. PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatKesehatanLaboratorium,Rifaskes2011

    480

    Tabel4.13.4.2 PersentasePuskesmasmenurutKelengkapanJenisAlatKesehatanLaboratoriumyangdigunakan,Rifaskes2011

    481

    Tabel4.13.5.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanJenisAlatImunisasi,Rifaskes2011

    483

    Tabel4.13.5.2 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanAlatKesehatanImunisasi,Rifaskes2011

    485

    Tabel4.13.5.3 PersentasePuskesmasmenurutKepemilikanJenisAlatImunisasiyangberfungsi,Rifaskes2011

    486

    Tabel4.13.5.4 PersentasePuskesmasmenurutketersediaanAlatKesehatanImunisasiyangberfungsi,Rifaskes2011

    487

    Tabel4.13.6.1 PersentasePuskesmasPerawatanmenurutKetersediaanJenisAlatKesehatanDTP,Rifaskes2011

    488

    Tabel4.13.6.2 PersentasePuskesmasPerawatanmenurutKelengkapanJenisAlatKesehatanDTPyangdigunakan,Rifaskes2011

    490

    Tabel4.13.7.1 PersentasePuskesmasPONEDmenurutKetersediaanJenisAlatKesehatanPONED,Rifaskes2011

    492

    Tabel4.13.7.2 PersentasePuskesmasPONEDmenurutKelengkapanJenisAlatKesehatanPONEDyangdigunakan,Rifaskes2011

    494

    KETERSEDIAANOBATDANVAKSINTabel4.14.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanObatUmum,

    Rifaskes2011497

    Tabel4.14.1.2 PersentasePuskesmasmenurutKecukupanJenisObatUmum,Rifaskes2011

    498

    Tabel4.14.2.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanJenisObatGigi,Rifaskes2011

    500

    Tabel4.14.2.2 PersentasePuskesmasmenurutKecukupanJenisObatGigiselamatahun2010,Rifaskes2011

    502

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas xxxv

    NomorTabel JudulTabel Hal.

    Tabel4.14.3.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanJenisObat/AlatKB,Rifaskes2011

    504

    Tabel4.14.3.2 PersentasePuskesmasmenurutKecukupanJenisObat/AlatKBselamatahun2010,Rifaskes2011

    506

    Tabel.4.14.4.1 .PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanJenisObatPONED,Rifaskes2011

    507

    Tabel4.14.4.2 PersentasePuskesmasmenurutKecukupanJenisObatPONEDyangtersediaselamatahun2010,Rifaskes2011

    509

    Tabel4.14.5.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanVaksin,Rifaskes2011

    511

    Tabel4.14.5.2 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanVaksin,Rifaskes2011

    512

    ALATKESEHATANLUARGEDUNGTabel4.15.1.1 PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanJenisAlatKit

    PuskesmasKeliling,Rifaskes2011513

    Tabel4.15.1.2 PersentasePuskesmasmenurutKelengkapanJenisAlatKitPeralatanPuslingyangdigunakan,Rifaskes2011

    515

    Tabel4.15.2.1. PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanKitPelayananLuarGedung,Rifaskes2011

    517

    Tabel4.15.2.2. PersentasePuskesmasmenurutKetersediaanKit,Rifaskes2011 518

    .

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas

    DAFTAR GAMBAR NomorGambar JudulGambar Hal.Gambar2.1. KerangkaKonsepRisetFasilitasKesehatan2011 6Gambar4.3.1.1.1.b

    RatarataJumlahTenagaDokterperPuskesmas,Rifaskes2011

    30

    Gambar4.3.1.1.4.b

    PersentasePuskesmasyangTidakadaTenagaDokterGigi,Rifaskes2011

    34

    Gambar4.3.1.2.2.b

    PersentasePerawatdenganPendidikanTerakhirSarjana(SKPS1S2),Rifaskes2011

    39

    Gambar4.3.1.2.3.a

    PersentasePerawatdenganStatusKetenagaanHonorer,Rifaskes2011

    39

    Gambar4.3.1.2.4.b

    RatarataJumlahBidanperPuskesmas,Rifaskes2011 42Gambar4.3.1.2.5

    PersentaseBidanmenurutTingkatPendidikanTerakhir,Rifaskes2011

    42

    Gambar4.3.1.6.1.b

    RatarataJumlahTenagaPenyuluhKesehatan,Rifaskes2011

    60

    Gambar4.3.1.10.4

    PersentaseTenagaKesehatanmenurutJenisKetenagaandiPuskesmas,Rifaskes2011

    75

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    Laporan Puskesmas 1

    BAB I PENDAHULUAN

    1.1. LATAR BELAKANG Hak atas kesehatan setiapwarga negara dijamin oleh konstitusi.DalamUndang

    undangDasar1945pasal28Amenyatakanbahwa,Setiaporangberhakuntukhidupsertaberhakmempertahankanhidupdankehidupannya.Selanjutnya,dalampasal 28Hayat1,Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal, dan mendapatkanlingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan,pasal34 ayat1, Fakirmiskindananakanak yang terlantardipeliharaolehNegara,danpasal34ayat3,Negarabertanggungjawabataspenyediaanfasilitaspelayanankesehatandanfasilitaspelayananumumyanglayak.

    BerdasarkanUUNomor 32 tahun 2004 (pasal 10)danPPNomor 38 tahun 2007,penyelenggaraanurusankesehatandiIndonesiamerupakansinergiantaraperanpemerintahdaerah dan pusat. Sistem Kesehatan Nasional menetapkan Rumah Sakit dan Puskesmasmerupakan salah satubentuk fasilitaspelayanan kesehatan (Kepmenkes274 tahun2009).Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit dan Puskesmasmerupakan bagiandaripelayananpubliksebagaimanaditetapkandalamUndangUndangNomor25tahun2009tentangPelayananPublik.KeberadaanRumahSakitdanPuskesmasjugamenjadibagiandariUU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, setidaknya terkait dengan Bab V (BagianKedua)mengenaiFasilitasPelayananKesehatandanBabVImengenaiUpayaKesehatan.

    KeputusanMenteriKesehatanRepublik IndonesiaNomor128/menkes/SK/II/2004tentang Kebijakan Dasar Puskesmas mengatur hal yang esensial tentang Puskesmas.Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten /Kota yangbertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja.SecaranasionalstandarwilayahkerjaPuskesmasadalahsatuKecamatan,tapiapabiladisatukecamatan terdapat lebih dari satu Puskesmasmaka tanggungjawabwilayah kerja dibagiantar Puskesmas dengan memperhatikan keutuhan konsep wilayah desa/kelurahan/RW.Masing masing Puskesmas tersebut bertanggung jawab lansung kepada Dinas KesehatanKabupaten/Kota.UntukmenjangkauseluruhwilayahkerjanyaPuskesmasdiperkuatdenganPuskesmas Pembantu serta Puskesmas Keliling. Untuk daerah yang jauh dari saranapelayananrujukanpuskesmasdilengkapidenganfasilitasrawatinapFungsipuskesmas

    1. PusatPenggerakPembangunanBerwawasanKesehatan.Puskesmas selalu berupaya menggerakkan dan dan memantau penyelenggaraanpembangunan lintas sektor termasuk oleh masyakat dan dunia usaha di wilayahkerjanya sehingga berwawasan serta mendukung pembangunan kesehatan.Puskesmasaktifmemantaudanmelaporkandampakkesehatandanpenyelenggaraansetiappembangunandiwilayahkerjanya.

    2. PusatpemberdayaanMasyarakatPuskesmasselaluberupayaagarperoranganterutamapemukamasyarakat,keluargadan masyarakat termasuk dunia usaha memiliki kesadaran, kemauan dankemampuanmelayanidirisendiridanmasyarakatuntukhidupsehat,berperanaktif

  • Laporan Nasional Riset Fasilitas Kesehatan 2011

    2 Laporan Puskesmas

    dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk sumber pembiayaannyaserta ikut menetapkan, menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan programkesehatan. Pemberdayaan berdayaan masyarakat diselenggarakan denganmemperhatikankondisidansituasi,khususnyasosialbudayamasyarakatsetempat.

    3. PusatPelayanankesehatanStratapertama,yangmeliputi: Pelayanankesehatanperorangan Pelayannankesehatanmasyarakat

    Dalam upaya pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

    (RPJMN)20102014danRencanaStrategisKementerianKesehatan(RenstraKemenkes)20102014,makadukungankebijakanyangtepatdalamhalUpayaKesehatanmenjadisuatuhalyangpenting.Kebijakanyangtepathanyaakandiperolehbiladidasarkanpadabuktiyangkuat dan sahih (evidence based policy).Melalui kebijakan yang tepatmaka perencanaanprogram secara konkurendi setiap tingkat administrasiPemerintahandan intervensi yangdilakukanakanlebihefektif.

    Informasiyangdibutuhkanagarpenyediaan saranadanprasaranakesehatandapatdilakukan secara tepat,belum tersedia secaraakurat,up todatedanmemadai.Selain itu,saat inibelum tersediapeta status terkini tentang fasilitas kesehatan (RS,PuskesmasdanLaboratorium) dan kinerjanya pada pada tingkat wilayah dan nasional. Penyelenggaraansistempelayanankesehatandimasadatangyangkompleks(JaminanKesehatanMasyarakat/Jamkesmas)memerlukaninformasitentangsupplypelayanankesehatanagartujuantercapaioptimal.

    Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) 2011 merupakan salah satu riset kesehatannasionalyang secaraberkaladilakukanolehBadan Litbangkes,KementerianKesehatanRI,disampingRisetKesehatanDasar (Riskesdas)danRisetKhususKesehatan (Rikus).Rifaskes2011 dilaksanakankan dengan tujuan untukmemperoleh informasi terkini tentang supplypelayanankesehatan,yaitupadafasilitaskesehatanRumahSakitUmum(RSU)Pemerintah,PusatKesehatanMasyarakat (Puskesmas)danLaboratoriumKlinikMandiri (LKM).Buku inimembahas secara khususmengenaipelaksanaandanhasilRiset FasilitasKesehatan padafasilitaskesehatanPuskesmasyangdilaksanakantahun2011.

    1.2. PERTANYAAN KEBIJAKAN Supply apa yang dibutuhkan (fasilitas, SDM, peralatan kesehatan dan pelayanan

    kesehatan) agar institusi pelayanan kesehatan baik pusat maupun daerah dapatmeningkatkanpelayanankesehatanpadamasyarakatsecaraoptimaluntukmencapaitujuanRPJMN Bi