24540246-MAKALAH-I-A-D

20
KATA PENGANTAR Alhamdulillah dan puji syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan atas selesainya Makalah PENGANTAR ILMU ALAMIAH DASAR Program Studi Biologi. Tanpa ridha dan kasih sayang serta petunjuk dari-Nya mustahil makalah i ni dapat terselesaikan. Makalah ini disusun agar nantinya bermanfaat bagi mahasiswa program studi biologi pada khususnya untuk lebih mudah memahami mata kuliah ILMU ALAMIAH DASAR dan bagi pembaca pada umumnya. Kemudian kami tak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada dosen pembimbing Ibu Dra. St. Wahidah Arsyad, M.Pd yang memberikan tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar sehingga menambah wawasan kami tentang Ilmu Alamiah Dasar tersebut. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih. Banjarmasin, 30 September 2009 Penyusun ( kelompok 1 )

Transcript of 24540246-MAKALAH-I-A-D

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 1/20

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dan puji syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan atasselesainya Makalah PENGANTAR ILMU ALAMIAH DASAR Program StudiBiologi. Tanpa ridha dan kasih sayang serta petunjuk dari-Nya mustahil makalah ini

dapat terselesaikan.

Makalah ini disusun agar nantinya bermanfaat bagi mahasiswa program studibiologi pada khususnya untuk lebih mudah memahami mata kuliah ILMUALAMIAH DASAR dan bagi pembaca pada umumnya.

Kemudian kami tak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnyakepada dosen pembimbing Ibu Dra. St. Wahidah Arsyad, M.Pd yang memberikantugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar sehingga menambah wawasan kami tentangIlmu Alamiah Dasar tersebut.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada

pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami mohonuntuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Banjarmasin, 30 September 2009

Penyusun ( kelompok 1 )

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 2/20

 

DAFTAR ISI

Hal

Kata Pengantar............. 1

Daftar Isi.. 2BAB I Pendahuluan................. 3BAB II Pengantar Ilmu Alamiah Dasar 5BAB III Penutup........ 15Daftar Pustaka. 16

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 3/20

 

BAB IP E N D A H U L U A N

A. Latar Belakang MasalahManusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba

menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapisering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan. Pada manusia kuno untukmemuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya mereka mempertanyakanmengapa ada pelangi?, mereka membuat jawaban sendiri bahwa pelangi adalahselendang bidadari, dan ada pula yang mempertanyakan mengapa gunungmeletus?, mereka menjawab karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnyapengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itumuncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos.Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos dapat diterima karena keterbatasanpenginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Sehubungandengan dengan kemajuan zaman, maka lahirlah ilmu pengetahuan dan metode

ilmiah.Saat itu, banyak sekali orang yang kurang mengerti mengenai Ilmu AlamiahDasar (IAD), padahal Ilmu Alamiah Dasar (IAD) merupakan ilmu yang sangatpenting yang banyak membahas tentang hubungan manusia dengan alam (IAD).Di samping itu, makalah ini kami tujukan untuk melengkapi tugas mata kuliahIlmu Alamiah Dasar (IAD).

B. Rumusan MasalahSesuai dengan judul yang akan dibahas, maka timbul permasalahandiantranya:

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 4/20

 

1. Apa pengertian Ilmu Alamiah Dasar ?2. Apa hakikat dan ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar ?3. Ilmu Alamiah Dasar sebagai bagian dari MBB ?C. Metode PenulisanPada makalah ini kami menggunakan metode deskrispsi dan eksposisi.Deskripsi yaitu metode yang di gunakan untuk melukiskan keadaan objek atau

persoalan dan tidak dimaksudkan mengambil kesimpulan yang berlaku umum.Sedangkan eksposisi yaitu menjelaskan tentang pengertian-pengertian yangterdapat dalam makalah.

D. Tujuan Penulisan1. Untuk mengatahui pegertian dari Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ),2. Untuk mengetahui tujuan Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ),3. Untuk mengetahui hakikat dan ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ),4. Untuk mengetahui bahwa Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ) sebagai bagian dariMBB.

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 5/20

 

BAB IIPENGANTAR ILMU ALAMIAH DASAR

A. Pengertian Ilmu Alamiah Dasar ( IAD )Ilmu Pengetahuan Alamiah Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji

tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehinggaterbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science )hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir iniada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris disebutNatural Science atau disingkat Science dan dalam Bahasa Indonesia sudah lazimdigunakan istilah Sains.

Ilmu Alamiah Dasar (IAD) adalah suatu program pembelajaran baru yangdikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangannya bersifat dinamis yangdapat mendukung perkembangan teknologi yang pada akhirnya mampu

meningkatkan kesejahteraan manusia, namun jika ilmu itu tidak di arahkanpemanfaatannya justru akan merugikan manusia, bahkan bisa menghancurkanperadaban manusia itu sendiri.

Di dalam al Quran surat Yunus ayat 3 Allah SWT berfirman:

....

........

....

.......

......

......

.......

..........

...

......

.......

....

..........

.....

..........

.

....

.....

........

....

...

.......

....

....

......

.........

.

.........

....

........

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 6/20

 

Artinya :

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumidalam enam masa. Kemudian dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatursegala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah adaizin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia.

Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus 3)

B. Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Alamiah DasarPanca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimanatanggapan itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperolehterakumulasi oleh karena adanya kuriositas (rasa ingin tau) manusia. Pengalamanmerupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta.Pengalaman akan bertambah terus seiring berkembangnya manusia danmewariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Pertambahan pengetahuandidorong oleh dua hal, dorongan pertama adalah rasa ingin memuaskan diri, yangbersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahamihakekat alam dan isinya. Sedangkan dorongan kedua adalah dorongan praktis

yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebihtinggi. Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science)sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan (Aplied Science).

Ilmu Pengetahuan Alamiah Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mengkajitentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, untukmengetahui hukum alam beserta keteraturannya, mengetahui cikal bakal ilmualam, mengetahui perkembangan ilmu alam. Dan pada akhirnya manusia dapatmemanfaatkan alam semaksimal mungkin dan melestarikannya. Sehinggapertanyaan mengapa hal itu dapat terjadi ? akan terjawab dengan adanyapengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas (rasa ingin tau) darimanusia yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanyasementara saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa. Keterbatasan Ilmu Alamiah

Pertama, Bidang ilmu Alamiah. Yang menentukan bidang ilmu alamiah adalah

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 7/20

 

metode ilmiah, karena bidang ilmu alamiah adalah wahana di mana metodeilmiah dapat diterapkan. Sebaliknya bidang non ilmiah adalah wahana dimanametode ilmiah tidak dapat terapkan. Contoh hipotesa tentang keberadaan Tuhanmerupakan konsep yang tidak bisa menggunakan metode ilmiah dan apabilamenggunakan konsep ini bisa menyebabkan orang Atheis. Kedua, tujuan IlmuAlamiah. Membentuk dan menggunakan teori. Ilmu Alamiah hanya dapat

mengemukakan bukti kebenaran sementara, dengan kata lain untuk kebenaransementara adalah "Teori". Karena tidak ada sesuatu yang mutlak tetapi terusmengalami perubahan (contoh teori tentang bumi ini bulat). Ketiga, Ilmu Alamiahdan Nilai. Ilmu Alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan.Manusia pemakai Ilmu Alamiahlah yang menilai apakah hasil Ilmu Alamiah itubaik atau sebaliknya. Contoh penemuan mesiu atau bom atom.

Ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar ( IAD ) adalah

.Kelahiran Alam Semesta1).

Mengenal alam semesta

Pengertian dari alam semesta adalah adalah ruang dimana di dalamnya

terdapat kehidupan biotik maupun abiotik serta segala macam peristiwa

alam yang dapat diungkapkan maupun yang belum dapat diungkapkan

oleh manusia.

2).Teori terbentuknya alam semesta

a.Teori ledakankarena adanya suatu massa dan berat jenis yang sangat besar, meledakdengan hebat karena adanya reaksi inti. Massa itu kemudianberserakan mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusatledakan.

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 8/20

 

b.Teori ekspansi dan kontraksi teoriTeori ini berlandas pikiran bahwa ada suatu siklus dan alam semesta,yaitu masa ekspansi dan masa kontraksi diduga bahwa siklus iniberlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun..

Tata SuryaMatahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Ceres, Yupiter, Saturnus, Uranus,

Neptunus, Pluto, dan Eris.Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintangyang disebut matahari dan semua obyek yang mengelilinginya. Obyek-obyektersebut termasuk delapan buah planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter,Saturnus, Uranus, Neptunus) yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips.173 satelit-satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor,asteroid, komet) lainnya.

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 9/20

 

Hipotesis tentang terbentuknya tata surya :

a.Hipotesis NebularHipotesis nebula pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant (17241804)pada tahun 1775. Kemudian hipotesis ini disempurnakan oleh Pierre

Marquis De Laplace pada tahun 1796. Oleh karena itu, hipotesis ini lebihdikenal dengan Hipotesis Nebula Kant-Laplace. Pada tahap awal TataSurya masih berupa kabut raksasa. Kabut ini terbentuk dari debu, es, dangas yang disebut nebula. Unsur gas sebagian besar berupa hidrogen.Karena gaya gravitasi yang dimilikinya, kabut itu menyusut dan berputardengan arah tertentu. Akibatnya, suhu kabut memanas dan akhirnyamenjadi bintang raksasa yang disebut matahari. Matahari raksasa terusmenyusut dan perputarannya semakin cepat. Selanjutnya cincin-cincin gasdan es terlontar ke sekeliling matahari. Akibat gaya gravitasi, gas-gastersebut memadat seiring dengan penurunan suhunya dan membentukplanet dalam. Dengan cara yang sama, planet luar juga terbentuk.b.

Hipotesis PlanetesimalHipotesis planetisimal pertama kali dikemukakan oleh Thomas C.Chamberlain dan Forest R. Moulton pada tahun 1900. Hipotesisplanetisimal mengatakan bahwa Tata Surya kita terbentuk akibat adanyabintang lain yang hampir menabrak matahari.c.Teori TidalTeori Tidal (Jeans dan Harold) Teori ini mengatakan bahwa tata suryaterbentuk dari dua buah matahari yang bergerak mendekat. Lalu, terjadiperistiwa tarik-menarik yang menyebabkan percikan-percikan darimatahari tersebut. Percika-percikan (tidal) inilah yang menjadi planet danbenda-benda angkasa lainnya.d.

Hipotesis KondensasiHipotesis kondensasi mulanya dikemukakan oleh astronom Belanda yangbernama G.P. Kuiper (1905-1973) pada tahun 1950. Hipotesis kondensasi

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 10/20

 

menjelaskan bahwa Tata Surya terbentuk dari bola kabut raksasa yangberputar membentuk cakram raksasa.

e.Hipotesis Bintang KembarHipotesis bintang kembar awalnya dikemukakan oleh Fred Hoyle (19152001)

pada tahun 1956. Hipotesis mengemukakan bahwa dahulunya TataSurya kita berupa dua bintang yang hampir sama ukurannya danberdekatan yang salah satunya meledak meninggalkan serpihan-serpihankecil. serpihan itu akan terperangkap oleh gravitasi bintang yang tidakmeledak dan mulai mengelilinginya.Teori-teori diatas hanya merupakan hipotesis-hipotesis saja. Sehingga,kebenaran akan terbentuknya bumi dan tata surya ini masih belum ditemukandan hanya Yang Maha Kuasa yang mengetahuinya.

.BumiBumi adalah planet bagian dalam yang terbesar dan terpadat, satu-satunya

yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki mahluk hidup. Hidrosfernya yang cair adalah khas di antara planet-planet kebumian dan juga merupakan satu-satunya planet yang diobservasimemiliki lempeng tektonik. Atmosfer bumi sangat berbeda dibandingkan planet

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 11/20

 

planet lainnya, karena dipengaruhi oleh keberadaan mahluk hidup yangmenghasilkan 21% oksigen. Bumi memiliki satu satelit, bulan, satu-satunya satelitbesar dari planet bumi di dalam Tata Surya.

Garis tengah ekuatorial : 7.923 mil. Sedangkan antar kutub 7.900 mil. Berat

jenis 5,5 dan beratnya 6,6 x 1021 ton. Inti dalam bumi tebalnya 815 mil, inti luar

1.360 mil, mantel bumi 1.800 mil dan lapisan litosfer 20 mil. Lapisan bumi yangcair disebut hidrosfer yang menutupi 71% muka bumi dengan kedalaman rata-rata4.000 meter. Sedangkan lapisan yang berupa gas disebut atmosfer, terdiri daritroposfer setebal 10 mil. Sesudah troposfer ialah stratosfer dengan ketebalanmulai dari 10 -50 mil. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon yang dapat menolak datangnya sinar ultraviolet berintensitas tinggi dari matahari yang dapat merusaklapisan ionosfer. Enam lempengan utama di bumi : Lempengan Amerika,

Lempengan Afrika, Lempengan Eurasia, Lempengan India, Lempengan Australia,Lempengan PasifikTeori tentang kejadian bumi :

1).Teori Kant LaplaceTeori ini mengatakan bahwa tata surya terbentuk dari kondensasi massa kabutgas yang sangat panas. Pada proses kondensasi tersebut, massa gas yang jauhdari pusat massa tidak ikut tertarik ke arah pusat. Setelah mendingin, pusatmassa menjadi bintang atau matahari dan massa yang tertinggal menjadiplanet-planet dan benda angkasa lainnya yang mengelilingi matahari.

2).

Teori Chamberlain dan MaultonTeori ini mengatakan bahwa tata surya terbentuk dari dua massa kabut gasyang berekatan dan saling tarik-menarik. Akibatnya, sebagian massa dari

kedua kabut tersebut terlepas dan setelah mendingin terbentuklah bendabendakecil yang padat (planettesimal).3). Teori Jean dan Jefreys

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 12/20

 

Bintang besar yang jauh lebih besar dari pada matahari memiliki gaya tarikyang sangat kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang pasangpada permukaan matahari yang menyerupai gunung yang sangat tinggi danmenyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas selanjutnyamengalami pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri yangdisebut planet.

.Asal Mula Kehidupan di BumiAda beberapa pendapat berupa hipotesis ataupun teori tentang asal mulakehidupan di Bumi, diantaranya :1). Generatio Spontanea

Sebelum abad 17, orang menganggap bahwa mahluk hidup terbentuksecara spontan atau terbentuk dengan sendirinya. Anggapan ini disebutteori generado spontanea.Contoh : Ulat timbul dengan sendirinya dari bangkai tikus.Paham ini disebut juga abiogenesis artinya mahluk hidup dapat terbentuk

dari bukan mahluk hidup, misalnya dari lumpur akan timbul cacing.Paham ini dipelopori oleh Aristoteles.

2).CozmozoaAdalah pendapat yang menyatakan bahwa mahluk hidup di bumi iniberasal dari luar Bumi, mungkin dari planet lain. Benda hidup itu datangdalam bentuk spora yang aktif, jatuh ke bumi lalu berkembang biak.

3).Omne Vivum ex OvoFrancisco Redi (1626-1697), ahli Biologi Italia, dapat membuktikan

bahwa ulat pada bangkai tikus berasal dari telur lalat. Kemudianmengemukakan pendapat bahwa dari telur atau omne Vivum ex Ovo.

4).Omne Ovo ex Vivo

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 13/20

 

Lazarro Spallanzani (1729-1799), ahli biologi Italia, dapat membuktikanbahwa mikroorganisme atau jasad renik yang mencemari kaldu dapatmembusukkan kaldu.Bila kalau dididihkan kemudian ditutup rapat-rapat, maka pembusukantidak terjadi. Ia menyimpulkan bahwa telur berasal dari jasad hidup, atau

Omne Ovo ex Vivo.

5).Omne Vivum ex VivoLouis Pasteur (1822-1895), sarjana kimia perancis, melanjutkanpercobaan Spallanzani, yakni dengan menggunakan berbagaimikroorganisme. Ia berkesimpulan bahwa agar timbul kehidupan baru,harus ada kehidupan sebelumnya atau Omne Vivum ex Vivo. Teori inidisebut juga Biogenesis. Dengan teori ini maka teori Abigenesis mulaiditinggalkan orang.

6).

Teori UrayHarold Uray (1893), ahli kimia Amerika, mengemukakan bahwaatmosfer pada mulanya kaya akan gas-gas metan (CH4), amoniak (NHj),hidrogen (H2), dan (H20). Zat-zat ini merupakan unsur penting dalamtubuh mahluk hidup. Diduga, karena adanya energi dari aliran listrikhalilintar dan radiasi sinar kosmos, unsur-unsur itu mengadakan reaksikimia membentuk zat-zat hidup. Zat hidup yang mula-mula terbentukkira-kira sama dengan virus yang kita kenal sekarang. Zat ini setelahberjuta-juta tahun berkembang menjadi organisme.

7). Teori Oparin - HaldeneOparin, ahli Biologi Rusia (1938), dan J.B.S Haldene, ahli BiologiInggris, secara terpisah mengemukakan pendapat yang sama mengenai

asal mula kehidupan. Secara singkat pendapatnya adalah sebagai berikut :Jasad hidup terbentuk dari senyawa kimia dalam laut pada saat atmosferbumi belum mengandung oksigen bebas. Senyawa organic ini antara lainasam amino sederhana, purine dan basa pirimidin; senyawa-senyawa

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 14/20

 

golongan gula, kemudian terbentuk pula senyawa-senyawa polipeptida,asam polinukleat dan polisakarida Semuanya dapat terbentuk berkatbantuan sinar Ultraviolet, kilatan listrik (petir), panas dan sinar radiasi.Jasad hidup pertama disebut protobiont, diperkirakan hidup di dalam laut,kira-kira 10 m di bawah permukaan laut. Melengkapi teori ini, pada tahun1953 Stanley L. Miller, seorang murid Uray membuat percobaan yang

sangat berhasil. Percobaannya dilakukan untuk menguji anggapan bahwapada kondisi awal dari atmosfer bumi yang kaya akan metan, amoniak,hidrogen, dan air. Dengan bantuan kilatan listrik dan suhu yang cukup,dapat terbentuk senyawa-senyawa organik, termasuk asam amino, purin,pirimidin, gula ribosa, maupun 2-dioksiribosa asam nukleat, dannukleosida seperti ATP. Semua senyawa tersebut adalah senyawa dasardari jasad hidup. Weisz, melanjutkan hipotesis Oparin, disertai bekal teoriUray, yang telah diuji kebenarannya oleh Miller (1961). Menurut Weiszpenggabungan senyawa kimia itu terus berlangsung menjadi molekulmolekulyang lebih besar dan kompleks. Salah satu ikatan yang banyak ituberbentuk asam nuklein yang terdiri dari gula, fosfat, puru, pirimidin,asam amino. Rantai ini cenderung untuk mengikat rantai-rantai dari

sekitarnya, sehingga terjadilah rantai ganda yang setangkup. Kemudianrantai yang satu melepaskan diri dari yang pertama alam bentuk duplikat.Mulai dari sinilah, mungkin terjadi loncatan tingkah laku kimiawi darisifat tak hidup ke sifat hidup. Pada saat rantai tadi mengikat rantai yangsama, boleh kita sebut sebagai reproduksi yang pertama.

C. Ilmu Alamiah Dasar Sebagai Bagian dari MBBMPK merupakan kepanjangan dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan,sehingga MPK dapat diubah menjadi MBB yang merupakan mata kuliahBerkehidupan Bermasyarakat.

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 15/20

 

Mata kuliah MBB membekali kita berupa kemampuan dasar tentangpemahaman, pemaknaan dan pengamalan nilai-nilai dasar kemanusiaan baiksebagai pribadi, sebagai warga Negara Indonesia, anggota keluarga, wargamasyarakat dan sebagai bagian dari alam ciptaan Tuhan. Tujuannya memberikanlandasan berfikir, bersikap dan bertindak agar lulusan Perguruan Tinggi menjadimanusia yang memiliki kepribadian yang utuh yaitu pribadi yang beriman dan

bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat rohani danjasmani, cerdas, terampil, mandiri, memiliki jati diri, serta memiliki rasa tanggungjawab kemanusiaan dan kebangsaan. Sedangkan mata kuliah Ilmu Alamiah Dasarmerupakan ilmu yang banyak membahas tentang hubungan manusia dengan alam,yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untukmengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi manusia, dengan kata lainuntuk menguasai, mengendaliakan, mengetahui hukum alam besertaketeraturannya, untuk mengetahui cikal bakal ilmu alam, untuk mengetahuiperkembangan ilmu alam. Dan pada akhirnya manusia dapat memanfaatkan alamsemaksimal mungkin dan melestarikannya. Oleh karena itu, Ilmu Alamiah Dasarmerupakan mata kuliah yang bagian dari MBB

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 16/20

 

BAB IIIP E N U T U P

A. Kesimpulan. Ilmu Pengetahuan Alamiah Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang mengkaji

tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini,sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar ( Basic NaturalScience ) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yangesensial saja.. Ilmu alamiah dasar (IAD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusiadengan alam.. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar (IAD), adalah agar manusia lebih mudah dalammenjalani kehidupan di dunia (alam) ini.. Ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD) adalah alam semesta.B. SaranDiharapkan mahasiswa yang maupun masyarakat luas yang telah memahamiIlmu Alamiah Dasar(IAD), untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 17/20

 

DAFTAR PUSTAKA

Http://id.wikipadia.orgwww.stiabinabanua.ac.idHttp://elearning.gunadarma.ac.id

Http://dzulfikar.files.wordpress.com

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 18/20

 

LAMPIRAN

Penanya : Tri Aji WulandariPertanyaan : Apa yang dimaksud dengan MPK dan mengapa MPK diubahmenjadi MBB ?

Jawab : MPK merupakan kepanjangan dari mata kuliah PendidikanKewarganegaraan, sehingga MPK bisa diubah menjadi MBB yangmerupakan mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat

Penanya : Dewi Henida Sari

Pertanyaan : Apa perbedaan hipotesis planetesimal dan teori tidal ?

Jawab : Hipotesis planetesimal mengatakan tata surya kita terbentuk akibatadanya bintang lain yang hampir menabrak matahari selain itu hipotesisplanetesimal dikemukakan oleh Thomas C. Chamberlain dan Forest

R. Moulton. Teori tidal menyatakan adanya percikan-percikan (tidal)dan adanya tarik menarik, teori ini dikemukakan oleh Jeans danHarold.Penanya : Hadi Siswanto

Pertanyaan : Siapa penemu teori cosmozoa ?

Jawab : Sebelumnya kami minta maaf. Kami sudah mencari diberbagai bukumaupun artikel. Tetapi, tetap saja kami tidak menemukan siapa pencetus teoritersebut.

Penanya : Hardianti

Pertanyaan : Pada bab tata surya terdapat planet pluto dan eris, sedangkan menurutyang saya baca pada Koran kompas Pluto dan eris bukan planet ?

Jawab : Kami di sini hanya menulis keterangan berdasarkan pada gambar dan

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 19/20

 

kami meminta maaf atas kesalahan pengambilan bahan dari buku yangmenyatakan Pluto sebagai planet. Sedangkan Pluto dinyatakan bukansebagai planet pada tahun 2006 karena ukuran Pluto yang kecil danberada di luar garis edar matahari.

Pembahas

5/7/2018 24540246-MAKALAH-I-A-D - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/24540246-makalah-i-a-d-559abd308c20d 20/20