20131212 Landasan Teori (Muhammad Qoes Atieq)

4
LANDASAN TEORI Desain Produk Pemilihan Produk dan Jasa Kunci kesuksesan sebuah perusahaan dapat dilihat dari pemilihan produk yang baik dan tepat. Jika perusahaan berhasil memilih, fokus pada produk tersebut dengan memperhatikan kualitas produk, maka akan berdampak pada penjualan produknya yang terus meningkat. Penjualan yang meningkat ini sebagai simbol bahwa produk tersebut dicintai masyarakat dan memang memiliki kualitas produk yang baik. Misalnya perusahaan Honda memilih fokus untuk mengembangkan mesin pada mobil dan motor, Intel fokus dengan prosesor mikro, dan Michelin yang berfokus pada produk ban. Keputusan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memilih produk tertentu yang akan dipasarkan bertujuan untuk dapat mengembangkan dan menerapkan strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing. Namun, karena beberapa produk memiliki siklus produk yang terbatas/pendek dan dapat diprediksi, penting bagi perusahaan untuk harus selalu menemukan produk baru untuk dirancang, dikembangkan, dan dipasarkan. Keputusan produk ini juga mendasar bagi strategi organisasi dan memiliki dampak yang luas bagi seluruh fungsi operasi. (siapa tahu dapat dihubungkan bagaimana Nissan berhasil memilih untuk memproduksi Nissan Juke yang memang unik dan memiliki target orang urban yang stylish. Aku udh tanya2 Wawan kenapa dia pilih Juke. Jawabannya adalah: waktu dulu beli, Nissan Juke lagi in fashion. Kebukti kan?) Siklus Hidup Produk dan Strategi Seperti yang telah digambarkan sebelumnya bahwa beberapa produk memiliki siklus hidup yang terbatas dan bahkan mudah diprediksi, maka perusahaan harus menemukan produk baru untuk dikembangkan. Penetapan strategi terbaik untuk setiap produk harus didasarkan pada posisi dalam siklus hidupnya. Oleh karena itu tugas manajer operasi adalah mengidentifikasi produk dan posisinya dalam siklus hidup masing-masing. Berikut adalah pilihan strategi produk berdasarkan siklus hidupnya. 1. Fase perkenalan (introduction) Karena produk yang masih berada pada fase perkenalan ini sedang disesuaikan dengan kondisi pasar dan teknik produksinya, penting bagi perusahaan untuk mengeluarkan biaya

description

Operation Management

Transcript of 20131212 Landasan Teori (Muhammad Qoes Atieq)

LANDASAN TEORIDesain ProdukPemilihan Produk dan Jasa

Kunci kesuksesan sebuah perusahaan dapat dilihat dari pemilihan produk yang baik dan tepat. Jika perusahaan berhasil memilih, fokus pada produk tersebut dengan memperhatikan kualitas produk, maka akan berdampak pada penjualan produknya yang terus meningkat. Penjualan yang meningkat ini sebagai simbol bahwa produk tersebut dicintai masyarakat dan memang memiliki kualitas produk yang baik. Misalnya perusahaan Honda memilih fokus untuk mengembangkan mesin pada mobil dan motor, Intel fokus dengan prosesor mikro, dan Michelin yang berfokus pada produk ban. Keputusan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memilih produk tertentu yang akan dipasarkan bertujuan untuk dapat mengembangkan dan menerapkan strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing. Namun, karena beberapa produk memiliki siklus produk yang terbatas/pendek dan dapat diprediksi, penting bagi perusahaan untuk harus selalu menemukan produk baru untuk dirancang, dikembangkan, dan dipasarkan. Keputusan produk ini juga mendasar bagi strategi organisasi dan memiliki dampak yang luas bagi seluruh fungsi operasi. (siapa tahu dapat dihubungkan bagaimana Nissan berhasil memilih untuk memproduksi Nissan Juke yang memang unik dan memiliki target orang urban yang stylish. Aku udh tanya2 Wawan kenapa dia pilih Juke. Jawabannya adalah: waktu dulu beli, Nissan Juke lagi in fashion. Kebukti kan?)Siklus Hidup Produk dan Strategi

Seperti yang telah digambarkan sebelumnya bahwa beberapa produk memiliki siklus hidup yang terbatas dan bahkan mudah diprediksi, maka perusahaan harus menemukan produk baru untuk dikembangkan. Penetapan strategi terbaik untuk setiap produk harus didasarkan pada posisi dalam siklus hidupnya. Oleh karena itu tugas manajer operasi adalah mengidentifikasi produk dan posisinya dalam siklus hidup masing-masing. Berikut adalah pilihan strategi produk berdasarkan siklus hidupnya.

1. Fase perkenalan (introduction)

Karena produk yang masih berada pada fase perkenalan ini sedang disesuaikan dengan kondisi pasar dan teknik produksinya, penting bagi perusahaan untuk mengeluarkan biaya lain seperti penelitian, pengembangan produk, modifikasi dan perbaikan proses serta pengembangan pemasok.

2. Fase pertumbuhan (growth)

Dalam fase ini fase produk telah mulai stabil dan diperlukan peramalan kebutuhan kapasitas efektif. Penambahan kapasitas atau peningkatan kapasitas yang sudah ada untuk menampung peningkatan permintaan produk juga diperlukan.3. Fase kematangan (maturity)

Saat sebuah produk mencapai kematangan, akan banyak pesaing yang mulai bermunculan. Untuk meningkatkan keuntungan, diperlukan adanya pengendalian biaya yang lebih baik dan meningkatkan produksi dalam jumlah yang lebih besar.

4. Fase penurunan (decline)

Ini adalah fase di mana sebuah produk hampir mati, artinya produk ini buruk bagi investasi sumber daya dan kemampuan manajerial.

(nanti disesuaikan saja Nissan Juke sudah masuk bagian mana untuk posisi siklus hidupnya)Peluang Produk Baru

Menurut Federal Reserve Board, perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang sedekat mungkin dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu manajer operasi wajib menyadari beberapa faktor di bawah ini untuk dapat mengantisipasi perubahan dalam peluang produk baru:1. Memahami pelanggan merupakan permasalahan utama dalam pengembangan produk baru. Beberapa produk cenderung dikembangkan oleh lead users yaitu perusahaan, organisasi, atau perorangan yang peka terhadap tren pasar. Manajer operasi harus menyesuaikan diri pada pasar, terutama lead user ini.

2. Perubahan ekonomis menyebabkan meningkatnya tingkat kemakmuran pada jangka panjang, tetapi siklus ekonomis dan harga berubah pada jangka pendek.

3. Perubahan sosiologis dan demografis dapat muncul pada beberapa faktor seperti berkurangnya ukuran keluarga.

4. Perubahan teknologi yang membuat segalanya mungkin dan tak terbatas lagi.

5. Perubahan politik atau peraturan menghasilkan perjanjian dagang yang baru, tarif yang baru, dan juga persyaratan yang baru dengan pemerintah.

6. Perubahan lain dapat muncul melalui kebiasaan pasar, standar profesional, pemasok, dan distributor.(nanti dihubungkan faktor mana saja yang mempengaruhi Nissan Juke dapat terjual banyak. Tolong diperiksa lagi ya Is, siapa tau di bukumu ada tambahan teori tentang peluang produk baru)Pentingnya Produk BaruPerusahaan yang memimpin pasar mendapatkan sebagian besar penjualannya dari produk yang berumur kurang dari 5 tahun. Contohnya seperti Disney yang bahkan membuat taman bermain baru untuk menarik banyak pengunjung walaupun sudah termasuk dalam perusahaan hiburan keluarga yang memimpin pasar di dunia. Disney juga terus melakukan inovasi. Seperti halnya Nissan....(nanti dihubungkan aja dengan penjualan Nissan Juke yang memang memiliki jumlah penjualan yang menjulang berkali lipat sejak launchingnya. mengapa akhirnya Nissan membuat produk Nissan Juke? Seberapa penting Nissan Juke sebagai produk baru untuk perusahaan Nissan? Apakah memang ada permintaan khusus dari konsumen? Target pasarnya siapa? Ada berapa model? Model apa yang ditarik? Bagaimanakah kesuksesan Nissan Juke di pasar, karena kalau memiliki presentase penjualan tinggi dalam 5 tahun terakhir, banyak kemungkinan Nissan menjadi perusahaan pemimpin otomatif)Pengaruh Kualitas

Heizer dan Render (2009) menuturkan bahwa selain sebagai elemen yang sangat penting dalam operasi, berikut tiga alasan lain penyebab kualitas itu penting:

1. Reputasi perusahaan. Reputasi akan mengikuti kualitas sebuah perusahaan, apakah perusahaan itu baik atau buruk. Kualitas akan muncul sebagai persepsi tentang produk baru perusahaan, kebiasaan para pekerjanya, dan hubungan pemasoknya.

2. Kehandalan produk. Hukum akan bertindak tegas pada perusahaan-perusahaan yang merancang, memproduksi, atau mengedarkan barang atau jasa yang penggunaannya mengakibatkan kerusakan atau kecelakaan. Consumer Product Safety Act membuat standar produk dan melarang produk yang tidak dapat memenuhi standar tersebut.

3. Keterlibatan global. Kualitas adalah suatu perhatian internasional di masa teknologi sekarang ini. Bagi perusahaan dan negara yang ingin bersaing secara efektif pada ekonomi global, produk mereka harus memenuhi ekspektasi akan desain, kualitas, dan harga secara global. Produk yang berkualitas hanya akan mengurangi keuntungan perusahaan dan neraca pembayaran negara.

(apakah Nissan Juke memang memiliki standar global sehingga dapat masuk pasar internasional? Bagaimanakah implikasinya ketika recall tersebut terjadi, apakah berefek pada berkurangnya keuntungan perusahaan dan membuat image perusahaan memburuk?)Standar Kualitas Internasional Nissan Juke jadi dimasukin gak Is? Aku gak tau Agus menemukan atau enggak. Aku LINE belom bales. Kalopun ada seingetku dia nemu kualitas internasional Nissan, bukan Nissan Juke. Kita pakai gelar dia yang car of the year 2011 aja)Perangkat Total Quality Management (TQM)

Terdapat banyak perangkat dalam upaya mencapai Total Quality Management, salah satunya adalah diagram sebab-akibat yang biasa disebut fish-bone diagram atau diagram ishikawa. Tugas manajer operasi adalah mengkategorikan sebab dalam empat faktor, yaitu material/bahan baku, mesin/peralatan, manusia, dan metode. Keempat faktor tersebut merupakan daftar periksa yang baik untuk melakukan analisis awal. (diteruskan dengan fishbone nissan Juke)