2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

9
BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU ( B O T A S U P A L ) KEPUTUSAN KEPALA BADAN INTELIJEN NEGARA SELAKU KETUA BOTASUPAL Nomor : KEP - 061 Tahun 2006 Tentang IZIN OPERASIONAL MESIN MULTIFUNGSI BERWARNA, MESIN FOTOKOPI BERWARNA DAN MESIN PENGGANDA BERWARNA LAINNYA Jakarta, 19 April 2006

Transcript of 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

Page 1: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU

( B O T A S U P A L )

KEPUTUSAN KEPALA BADAN INTELIJEN NEGARA SELAKU

KETUA BOTASUPAL Nomor : KEP - 061 Tahun 2006

Tentang

IZIN OPERASIONAL MESIN MULTIFUNGSI BERWARNA, MESIN FOTOKOPI BERWARNA DAN

MESIN PENGGANDA BERWARNA LAINNYA

Jakarta, 19 April 2006

Page 2: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU

(BOTASUPAL)

KEPUTUSAN KEPALA BADAN INTELIJEN NEGARA

SELAKU .

KETUA BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU NOMOR : KEP- 061 T AHUN 2006

Tentang

IZIN OPERASIONAL MESIN MULTIFUNGSI BERWARNA, MESIN FOTOKOPI BERWARNA DAN MESIN PENGGANDA BERWARNA LAINNYA

Menimbang: a. bahwa dalam rangka mengantisipasi tuntutan dan perkembangan teknologi

mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang semakin pesat akhir-akhir ini dan guna mencegah penyalahgunaan pemalsuan uang dari mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang dapat menimbulkan instabilitas perekonomian nasional, maka perlu diambil tindakan-tindakan pengamanan dan pengawasan.

b. bahwa dengan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang dapat memproduksi barang cetakan berwarna dan menghasilkan gambar cetakan serupa dengan aslinya lebih dari satu warna, memberikan peluang untuk penyalahgunaan dengan mencetak/memproduksi uang kertas dan dokumen sekuriti semakin terbuka lebar.

c. bahwa untuk itu perlu dikeluarkan Surat Keputusan Ketua Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu tentang Izin operasional mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin mesin pengganda berwarna lainnya untuk pengamanan dan pengawasannya.

Mengingat . 1. Keputusan Presiden RI Nomor 96 Tahun 2000, Lampiran-IV Sektor Industri tentang bidang usaha tertutup dan bidang usaha terbuka dengan persyaratan tertentu bagi penanaman modal.

2. Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 1971 tentang penugasan kepada Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara (sekarang Badan Intelijen Negara) untuk mengkoordinasikan semua usaha dan kegiatan dari badan/instansi yang mempunyai wewenang didalam bidang pemberantasan uang palsu.

3. Keputusan Menteri Perdagangan dan Koperasi Nomor : Kep- 03/Kp/lV/1978 tentang Impor Mesin Fotokopi Berwarna tanggal 14 April 1978.

Page 3: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

4. Keputusan Kepala Badan Intelijen Negara Nomor Kep-46 Tahun 2002 telah

diubah menjadi Nomor Kep-100 Tahun 2005 tanggal 4 Mei 2005 tentang pengamanan dan pengawasan pencetakan dokumen sekuriti.

5. Keputusan Kepala Badan Intelijen Negara Nomor Kep-160 Tahun 2002 telah

diubah menjadi Nomor Kep-103 Tahun 2005 tanggal 4 Mei 2005 tentang pedoman pelaksanaan pengamanan dan pengawasan pencetakan dokumen sekuriti.

MEMUTUSKAN:

Menetapkan : PERTAMA : Keputusan Kepala Badan Intelijen Negara selaku Ketua Badan Koordinasi

Pemberantasan Uang Palsu tentang izin operasional mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya sebagaimana tersebut dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan ini.

KEDUA : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan agar dipatuhi dan diindahkan oleh semua pihak yang berkaitan dengan izin operasional penggunaan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya.

KETIGA : Apabila di kemudian hari sesuai dengan perkembangan teknologi dan ancaman ternyata ada hal-hal yang perlu ditambahkan, dikurangi dan atau diperbaiki pada materi keputusan ini maka akan diadakan perbaikan seperlunya.

T embusan : Yth.1. Presiden Republik Indonesia 2. Wakil Presiden Republik Indonesia 3. Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu 4. Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen 50 Gubernur Bank Indonesia 6. Jaksa Agung RI 7. Kepala Kepolisian RI -----------------------------------------------------------------------

Page 4: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU ( BOTASUPAL )

LAMPIRAN

KEPUTUSAN

KEPALA BADAN INTELIJEN NEGARA SELAKU

KETUA BADAN KOORDINASI PEMBERANTASAN UANG PALSU Nomor : KEP. 061 Tahun 2006

Tentang

IZIN OPERASIONAL MESIN MULTIFUNGSI BERWARNA,

MESIN FOTOKOPI BERWARNA DAN MESIN PENGGANDA BERWARNA LAINNYA

BABI KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Pengertian

Dalam ketentuan ini yang dimaksud dengan : 1. Pengawasan adalah segala usaha, kegiatan, pekerjaan melalui pendataan (registrasi)

dan monitoring dalam rangka mencegah penyalahgunaan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya dari penggandaan uang maupun dokumen sekuriti dan atau kertas berharga.

2. Mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda

berwarna lainnya adalah :

- Perangkat (apparatus) yang memiliki beberapa fungsi penggandaan di dalam satu kesatuan mesin baik secara tunggal maupun multifungsi. Fungsi-fungsi yang terdapat pada mesin tersebut antara lain: penggandaan barang cetakan/dokumen berwarna dengan sistim optis atau lensa pemindai (copier), pencetakan kode/data digital dari komputer (printer), pengubahan dokumen menjadi kode digital (scanner), mengirimkan dokumen melalui jalur telekomunikasi (facsimile), berikut dengan peralatan-peralatan lainnya seperti jenis-jenis tinta/toner/cartridge copier dan lain-Iainnya.

3. Izin operasional adalah izin untuk menggunakan mesin multifungsi berwarna, fotocopy berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) kepada para konsumen mesin (pemilik/pengguna) yang telah memenuhi/melengkapi persyaratan registrasi dan syarat-syarat dari instansi terkait lainnya.

Page 5: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

4. Dokumen sekuriti yaitu barang cetakan, suratlkertas berharga adalah segala jenis dokumen atau blanko dokumen dengan bahan dasar kertas sekuriti dan atau fiturfitur sekuriti lainnya, baik sebagian maupun seluruhnya diproduksi melalui proses cetak yang karena sifat dan fungsinya memerlukan perlindungan terhadap pemalsuan atau penyalahgunaan yang telah diatur dalam regulasi pencetakan dokumen sekuriti dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL).

5. Stiker adalah label berbentuk empat persegi panjang yang terbuat dari bahan kertas

sekuriti yang merupakan alat kontrol legalisasi izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL), ditempelkan pada bagian mesin yang mudah terlihat sehingga mudah dikontrol oleh pejabat yang berwenang.

6. Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotocopy Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna

disingkat ADMINKOM adalah asosiasi dari para produsen, importir, distributor, reseller (terdaftar) mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang berperan sebagai fasilitator menjembatani kepentingan produsen/importir/distributor/reseller dengan instansi berwenang.

7. Importir terdaftar adalah perusahaan yang telah mendapat izin sebagai importer /

distributor/reseller resmi mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya dari Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Dirjen DAGLU) Departemen Perdagangan, dan memiliki surat penunjukkan sebagai distributor/reseller dari Prinsipal.

8. Distributor terdaftar adalah badan hukum menurut hukum Indonesia yang ditunjuk atau

diangkat secara resmi sebagai penyalur/reseller oleh Prinsipal untuk memasarkan/menyalurkan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya di Indonesia yang memiliki surat izin usaha perdagangan (SIUP) dari Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

9. Produsen adalah perusahaan resmi/terdaftar yang memproduksi, merakit mesin

multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya di Indonesia yang memiliki izin industri dari Departemen Perindustrian Republik Indonesia dan yang memasarkan produknya di wilayah Republik Indonesia.

10. Pemilik / pengguna adalah konsumen mesin, yaitu seorang atau instansi / badan /

lembaga / perusahaan yang menguasai secara sah mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya baik secara fisik maupun administrasi.

11. Operator adalah seorang yang ditunjuk atau mendapat otoritas dari pemilik / pengguna

mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang bertanggung jawab mengoperasikan / melayani / merawat mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang biodatanya telah dilaporkan oleh pemilik / pengguna kepada produsen/importir/distributor/reseller terdaftar.

Page 6: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

BAB II TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN IZIN OPERASIONAL

Pasal 2

Pengajuan Permohonan

(1) Permohonan izin operasional mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya diajukan oleh produsen / importer / distributor / reseller terdaftar untuk dan atas nama para pemilik / pengguna yang secara kolektif terdaftar dalam lampiran permohonan.

(2) Permohonan Izin operasional mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan

mesin-mesin pengganda berwarna lainnya diajukan secara tertulis kepada Ketua Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) tembusan kepada Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Departemen Keuangan (untuk importer / distributor / reseller), Departemen Perindustrian (untuk produsen / distributor dalam negeri) dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap produsen / importer / distributor / reseller terdaftar dan daftar pemohon pemilik / pengguna (kolektif), data mesin (merk, type, nomor seri, pabrik pembuat, tahun pembuatan) sebagaimana contoh Lampiran-1 Keputusan ini.

(3) Lampiran-Iampiran surat permohonan izin operasional / penggunaan mesin multifungsi

berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya sebagai berikut : a. Surat permohonan dari produsen / importer / distributor / reseller dilampiri surat izin

dari Instansi yang terkait b. Data mesin-mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin

pengganda berwarna lainnya yang telah mendapatkan izin produksi atau izin masuk (impor) dari Instansi yang terkait.

c. Data pemilik / pengguna perorangan, instansi / badan / lembaga / perusahaan yang menggunakan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna.

d. Data operator bagi pemilik / pengguna yang menggunakan operator.

BAB III PENERBIT AN IZIN OPERASIONAL DAN PEMBERIAN STIKER

Pasal 3

Penerbitan Izin Operasional

(1) Izin operasional / penggunaan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya diterbitkan Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) setelah seluruh persyaratan sebagaimana dalam bab II pasal 2 tersebut diatas dipenuhi.

Page 7: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

(2) Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) mengeluarkan izin operasional secara kolektif kepada pemilik / pengguna yang memenuhi syarat melalui produsen / importer / distributor / reseller dan memberikan label berupa stiker untuk masing-masing mesin.

(3) Stiker, berbentuk persegi empat panjang dengan nomor seri, diterbitkan bersamaan

atau satu paket dengan terbitnya izin operasionall penggunaan mesin; untuk ditempel / dipasang pada permukaan mesin bagian yang terlindung dan dapat terlihat dengan jelas secara melintang/horisontal. Stiker, sebagai jenis dokumen sekuriti dicetak dengan tanda-tanda pengaman, mengikuti ketentuan yang berlaku dalam ketentuan pengawasan dokumen sekuriti.

BAB IV

PENGAWASAN

Pasal 4

Instansi berwenang, Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna (ADMINKOM), Pemilik, pengguna dan Operator

(1) Instansi berwenang (Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu, Kepolisian Negara

Republik Indonesia, Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Departemen Keuangan) melakukan pengawasan terhadap produsen/importir/distributor/reseller terdaftar, pemilikl pengguna mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya secara berkala maupun insidentil minimal 1 (satu) kali setahun.

(2) Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna

(ADMINKOM) wajib memberikan data-data yang diperlukan oleh instansi yang berwenang bilamana terjadi penyalahgunaan terhadap mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya.

(3) Produsen / importer / distributor / reseller terdaftar wajib memberikan data-data yang

diperlukan kepada instansi berwenang dalam rangka atau untuk kepentingan pengawasan.

Pasal 5

Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna (ADMINKOM)

(1) Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna

(ADMINKOM) baik di pusat maupun dicabang (Propinsi / Kota / Kabupaten) dalam tugas fungsi dan peranannya melakukan konsolidasi, pembinaan, dan menjembatani kepentingan anggotanya (para produsen / importer / distributor / reseller) melalui koordinasi dengan instansi berwenang (regulator), serta berhak mendapatkan data-data yang diperlukan dari produsenl importer / distributor / reseller di wilayahnya.

Page 8: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

(2) Asosiasi Distributor Resmi Mesin Fotokopi Berwarna dan Mesin Multifungsi Berwarna (ADMINKOM) wajib memberikan dukungan dalam pengawasan, penanggulangan penyalahgunaan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya.

Pasal 6

Pemilik, pengguna dan Operator

(1) Pemilik / pengguna sebagai konsumen mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya wajib mendapatkan izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) melalui permohonan kolektif oleh produsen/importir/ distributor/reseller terdaftar.

(2) Pemilik/pengguna mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-

mesin pengganda berwarna lainnya, yang kepemilikannya diperoleh sebelum ditetapkannya keputusan ini diperlakukan sarna, yaitu wajib mengajukan permohonan izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) sebagaimana tersebut dalam pasal 6 ayat 1, paling lambat 6 (enam) bulan sejak diberlakukan keputusan ini.

(3) Pemindah-tanganan kepemilikan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna

dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya wajib dilaporkan oleh pemilik/pengguna yang baru kepada produsen/importir/distributor/reseller terdaftar untuk di teruskan ke Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL) untuk memperoleh pembaharuan izin operasional.

BAB V

LARANGAN DAN KEWAJIBAN

Pasal 7 (1) Pemilik/pengguna maupun operator dilarang memfotokopi dan atau menggandakan

uang Republik Indonesia maupun uang negara lain. (2) Pemilik/pengguna maupun operator wajib mencantumkan teks "copy" pada setiap

produk penggandaan dokumen sekuriti / kertas berharga.

BAB VI KEHILANGAN, KERUSAKAN DAN PEMUSNAHAN

Pasal 8

Kehilangan dan Kerusakan

(1) Kehilangan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya maka pemilik/pengguna wajib membuat laporan kepada kepolisian setempat dan fotokopi tanda bukti laporan diteruskan ke produsen/ importir/distributor/reseller terdaftar.

Page 9: 2006 KEP BIN 061 Izin Operasional Mesin Multifungsi Berwarna

(2) Kerusakan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya dan perbaikan dengan penggantian suku cadang maupun bahan pakai Uenis-jenis tinta/toner/cartridge) harus dilakukan oleh dan / atau diperoleh melalui produsen /importer / distributor / reseller terdaftar.

Pasal 9

Pemusnahan

(1) Pemusnahan mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesinmesin pengganda berwarna lainnya dilakukan oleh pemilik/pengguna dengan membuat Berita Acara Pemusnahan. (lampiran-2)

(2) Pemilik/pengguna melaporkan tentang pemusnahan tersebut dengan melampirkan

Berita Acara Pemusnahan kepada produsen/importir/distributor/reseller terdaftar. (3) Izin operasional dan stiker dari pemilik/pengguna mesin yang telah dimusnahkan

dinyatakan tidak berlaku.

BAB VII SANKSI

Pasal 10

Sanksi Administrasi dan Tindak Pidana

(1) Sanksi administrasi bagi produsen / importer / distributor / reseller terdaftar, pemilik/pengguna mesin multifungsi berwarna, mesin fotokopi berwarna dan mesin-mesin pengganda berwarna lainnya yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan dalam keputusan ini, dapat dikenakan sanksi pencabutan izin operasional dari Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (BOTASUPAL).

(2) Produsen / importer / distributor / reseller terdaftar, pemilik / pengguna yang

melakukan pelanggaran termasuk kategori tindak pidana, dituntut sesuai dengan ketentuan/peraturan perundang-undangan yang berlaku.