16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

9
SOSIALISASI SEBAGAI SOSIALISASI SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN PROSES PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN KEPRIBADIAN Oleh Oleh FATHUR RAHMAN FATHUR RAHMAN

description

 

Transcript of 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

Page 1: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

SOSIALISASI SEBAGAI SOSIALISASI SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN PROSES PEMBENTUKAN

KEPRIBADIANKEPRIBADIAN

OlehOleh

FATHUR RAHMANFATHUR RAHMAN

Page 2: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

PENGERTIAN SOSIALISASIPENGERTIAN SOSIALISASI

Adalah proses mempelajari, menghayati, Adalah proses mempelajari, menghayati, dan menanamkan suatu nilai, norma, dan menanamkan suatu nilai, norma, peran, pola perilaku yang diperlukan peran, pola perilaku yang diperlukan individu-individu untuk dapat berpartisipasi individu-individu untuk dapat berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan masyarakat.yang efektif dalam kehidupan masyarakat.

Page 3: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

MEDIA SOSIALISASIMEDIA SOSIALISASI

1.1. KeluargaKeluarga

2.2. Teman sepermainanTeman sepermainan

3.3. SekolahSekolah

4.4. Tempat pekerjaanTempat pekerjaan

5.5. Masyarakat umumMasyarakat umum

6.6. Media massaMedia massa

Page 4: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

PEMBENTUKAN KEPRIBADIANPEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

Pengertian kepribadian :Pengertian kepribadian :

Kepribadian pada hakikatnya merupakan Kepribadian pada hakikatnya merupakan gambaran sikap dan perilaku manusia gambaran sikap dan perilaku manusia secara umum yang tercermin dari ucapan secara umum yang tercermin dari ucapan dan perbuatannya.dan perbuatannya.

Page 5: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

PROSES PEMBENTUKAN PROSES PEMBENTUKAN KEPRIBADIANKEPRIBADIAN

1.1. Aliran Konvergensi, kepribadian Aliran Konvergensi, kepribadian merupakan hasil perpaduan antara merupakan hasil perpaduan antara pembawaan (faktor internal) dengan pembawaan (faktor internal) dengan pengalaman (faktor eksternal).pengalaman (faktor eksternal).

2.2. Aliran nativisme, kepribadian ditentukan Aliran nativisme, kepribadian ditentukan oleh faktor pembawaan.oleh faktor pembawaan.

3.3. Aliran empirisme (tabularasa), Aliran empirisme (tabularasa), kepribadian ditentukan oleh pengalaman kepribadian ditentukan oleh pengalaman dan lingkungannyadan lingkungannya

Page 6: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

MENURUT JUNG, KEPRIBADIAN MENURUT JUNG, KEPRIBADIAN MENURUT FUNGSINYA ADA 4 :MENURUT FUNGSINYA ADA 4 :

1.1. Kepribadian rasional, yaitu kepribadian yang Kepribadian rasional, yaitu kepribadian yang dipengaruhi oleh akal pikiran sehat.dipengaruhi oleh akal pikiran sehat.

2.2. Kepribadian intuitif, yaitu kepribadian yang Kepribadian intuitif, yaitu kepribadian yang dipengaruhi oleh firasat atau perasaan kira-dipengaruhi oleh firasat atau perasaan kira-kira.kira.

3.3. Kepribadian emosional, kepribadian yang Kepribadian emosional, kepribadian yang dipengaruhi oleh perasaan.dipengaruhi oleh perasaan.

4.4. Kepribadian sensitif, kepribadian yang Kepribadian sensitif, kepribadian yang dipengaruhi oleh panca indera sehinggacepat dipengaruhi oleh panca indera sehinggacepat bereaksi.bereaksi.

Page 7: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

MENURUT JUNG KEPRIBADIAN MENURUT JUNG KEPRIBADIAN BERDASARKAN REAKSINYA BERDASARKAN REAKSINYA

TERHADAP LINGKUNGANTERHADAP LINGKUNGAN

1.1. Kepribadian ekstrovert, yaitu kepribadian Kepribadian ekstrovert, yaitu kepribadian yang terbuka, berorientasi keluar.yang terbuka, berorientasi keluar.

2.2. Kepribadian introvert, yaitu kepribadian Kepribadian introvert, yaitu kepribadian yang tertutup dan berorientasi pada diri yang tertutup dan berorientasi pada diri sendiri.sendiri.

3.3. Kepribadian ambivert, yaitu kepribadian Kepribadian ambivert, yaitu kepribadian campuran.campuran.

Page 8: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIANKEPRIBADIAN

1.1. Warisan biologis (pembawaan)Warisan biologis (pembawaan)

2.2. Lingkungan fisikLingkungan fisik

3.3. Lingkungan budayaLingkungan budaya

4.4. Pengalaman kelompokPengalaman kelompok

5.5. Pengalaman pribadi yang unikPengalaman pribadi yang unik

Page 9: 16333820 sosialisasi-sebagai-proses-pembentukan-kepribadian

EVALUASIEVALUASI

1.1. Jelaskan pengertian sosialisasi !Jelaskan pengertian sosialisasi !2.2. Mengapa keluarga disebut sebagai media sosialisasi yang Mengapa keluarga disebut sebagai media sosialisasi yang

pertama dan utama ?pertama dan utama ?3.3. Proses sosialisasi yang berjalan tidak sempurna dapat Proses sosialisasi yang berjalan tidak sempurna dapat

membentuk kepribadian menyimpang. Jelaskan mengapa membentuk kepribadian menyimpang. Jelaskan mengapa demikian !demikian !

4.4. Jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentuk kepribadian Jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentuk kepribadian !!

5.5. Sebutkan macam-macam media sosialisasi !Sebutkan macam-macam media sosialisasi !6.6. Sebutkan contoh pengaruh teman sepermainan terhadap Sebutkan contoh pengaruh teman sepermainan terhadap

pembentukan kepribadian !pembentukan kepribadian !7.7. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian !Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian !8.8. Apa sebabnya kepribadian setiap orang tidak sama ?Apa sebabnya kepribadian setiap orang tidak sama ?9.9. Jelaskan perbedaan teori empirisme dan nativisme !Jelaskan perbedaan teori empirisme dan nativisme !10.10. Berikan contoh cara mengembangkan kepribadian !Berikan contoh cara mengembangkan kepribadian !