12740344 Science Project Meningkatkan Kualitas Air Minum Dengan Metode Ozonisasi DIAN HARAPAN DAAN...

download 12740344 Science Project Meningkatkan Kualitas Air Minum Dengan Metode Ozonisasi DIAN HARAPAN DAAN MOGOT SENIOR HIGH

If you can't read please download the document

Transcript of 12740344 Science Project Meningkatkan Kualitas Air Minum Dengan Metode Ozonisasi DIAN HARAPAN DAAN...

6

6

Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode Ozonisasi

Daftar Isi

Daftar Isi 1

A.Judul 2

B.Permasalahan 2

1.Latar belakang 2Perumusan masalah 2

C.Hipotesa 3

D.Tujuan penelitian 3

E.Dasar teori 3

1.Air 3

1.Ozon ....4

1.Ozonisasi 5

F.Metode penelitian 5

1.Populasi 5Sampling 5Alat dan bahan 5Cara kerja ...5

G.Ruang Lingkup 6

H.Daftar Pustaka6

6

Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode Ozonisasi

A.Judul

Penelitian ini berjudul meningkatkan kualitas air minum dengan metode ozonisasi.

A.Permasalahan

1. Latar belakang

Oksigen (O2) adalah hal yang terpenting dan sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk respirasi sel dan metabolisme tubuh (manusia dan hewan). Di zaman ini, oksigen bersih yang terkandung dalam udara sulit didapatkan karena telah tercemar oleh polutan (terpolusi). Jadi, kita membutuhkan lebih banyak oksigen, karena oksigen membantu kita dalam berpikir (otak membutuhkan oksigen untuk bekerja), respirasi sel, dsb.

Cara yang sering dilakukan oleh pemerintah adalah dengan penanaman pohon. Hal ini kurang efektif karena pohon membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk bertumbuh. Karena percobaan melalui darat dan udara tidak efektif, jadi, satu-satunya jalan adalah penambahan O2 melalui air.

Di zaman ini, sumber-sumber air telah banyak yang tercemar, karena itu kita membutuhkan cara untuk mengolah air tersebut menjadi air bersih dan bebas dari kuman. Beberapa cara untuk menjernihkan air adalah filtrasi, memasak air hingga mendidih, ultraviolet, klorisasi, dan ozonisasi. Filtrasi, ultraviolet, klorisasi, dan memasak air, bukan cara yang paling efektif karena masih bakteri dan virus-virus tertentu masih dapat hidup dengan cara tersebut. Cara yang paling efektif adalah dengan ozonisasi. Ozonisasi dapat menghilangkan bakteri dan virus secara maksimal, tetapi air yang baru diozonisasi tidak boleh langsung diminum, dan juga tidak

Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode Ozonisasi boleh langsung diminum dengan obat karena bakteri/kandungan

zat-zat dalam obat akan ikut hilang (sehingga obat itu tidak berkhasiat lagi untuk tubuh kita).

2. Perumusan masalah

a.Oksigen dibutuhkan lebih banyakCara mendapatkan oksigen tersebutCara pengozonisasianKualitas air setelah diozonisasi

C. Hipotesa

Dengan pengozonisasian, air akan lebih berkualitas dan aman untuk di ko n sums i

D. Tujuan penelitian

1.Meningkatkan kualitas air dengan pengozonisasianMengetahui cara pengozonisasian

E. Dasar teori

1. Air

Air adalah materi essensial di dalam kehidupan. Tidak satupun makhluk hidup tidak memerlukan dan tidak mengandung air. Faktorfaktor biotik yang terdapat dalam air terdiri dari : bakteria, fungi, mikroalgae, protozoa, virus serta sekumpulan hewan ataupun tumbuhan air lainnya yang tidak termasuk kelompok mikroba. Kehadiran mikroba di dalam air mungkin akan mendatangkan keuntungan tetapi juga akan mendatangkan kerugian.

Kualitas air tersebut menyangkut :

6

Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode Ozonisasi

a)Kualitas fisik yang meliputi kekeruhan, temperatur, warna, bau

dan rasa. Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahanbahan organik dan anorganik yang terkandung di dalam air seperti lumpur dan bahan-bahan yang berasal dari buangan. Dari segi estetika, kekeruhan di dalam air dihubungkan dengan kemungkinan pencemaran oleh air buangan.

a)Kualitas kimia yang berhubungan dengan ion-ion senyawa ataupun logam yang membahayakan, di samping residu dari senyawa lainnya yang bersifat racun, seperti antara lain residu pestisida. Dengan adanya senyawa-senyawa ini kemungkinan besar bau, rasa dan warna air akan berubah, seperti yang umum disebabkan oleh adanya perubahan pH air. Pada saat ini kelompok logam berat seperti Hg, Ag, Pb, Cu, Zn, tidak diharapkan

kehadirannya di dalam air.

a)Kualitas biologis, berhubungan dengan kehadiran mikroba patogen (penyebab penyakit, terutama penyakit perut), pencemar (terutama bakteri coli) dan penghasil toksin.

2. Ozon

Ozon adalah salah satu unsur gas yang berada di udara kita, berujud padat pada suhu 192,7C dan cair pada suhu -111,9C. Pada suhu udara normal, ozon di dalam air mempunyai banyak manfaat dan di udara menciptakan kesejukan. Ozon (03) mempunyai tiga atom, merupakan oksidan yang sangat kuat, merupakan gas tidak berwarna, baunya khas, efektif membunuh jamur dan bakteri lebih cepat daripada khlorin, bahkan virus dan bahan karsinogen dapat dioksidasi oleh ozon.

Keuntungan penggunaan ozon adalah pipa, peralatan, dan kemasan akan ikut disanitasi sehingga produk yang dihasilkan akan lebih terjamin selama tidak ada kebocoran dalam kemasan. Beberapa keuntungan lain yang diperoleh dari penggunaan ozon

6

6

Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode Ozonisasi dalam proses pengolahan air seperti: dapat membunuh

mikroorganisme yang terdapat di dalam air (bersifat bakterisida, algasida, fungisida dan virusida), dapat menghilangkan bau dan rasa yang umumnya disebabkan oleh komponen organik dan anorganik yang terdapat di dalam air, dan tidak menimbulkan bau ataupun rasa yang umumnya terjadi dengan penggunaan bahan kimia lain sebagai bahan pengolahan.Ozon juga merupakan bahan sanitasi air yang efektif disamping sangat aman.

Kelemahan ozon adalah stabil di dalam jaringan pipa tetapi terbentuk produk samping (seperti Bromat, asam hidrokarbonat), lalu air yang telah di-ozon harus difilter menggunakan filter karbon aktif terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Beberapa sifat dari ozon adalah berbau tidak enak (seperti bau belerang dan ada yang bilang seperti bau klorin). Apabila kita menghirup udara yang mengandung ozon terlalu lama, akan mengakibatkan sakit kepala, tapi kalau hanya sebentar dapat menyegarkan. Dikatakan juga bahwa ozon mengandung gugus oksidasi yang sangat kuat, bahkan dapat merusak karet dan gabus.

3. Ozonisasi

Air yang mendapat ozon akan bebas dari kuman. Air yang mengalami ozonisasi akan terasa sejuk dan enak, tetapi agak pahit. Hal ini terjadi karena ada tambahan O2.

F. Metode penelitian

1.Populasi

Populasi penelitian dalam penelitian ini adalahseluruh air minum

1.Sampling

Metode sampling yang dilakukan adalah pengambilan air gunung yang dikonsumsi

1.Alat dan bahan

6

a.Alat Rumkoff Meningkatkan Kualitas Air dengan Metode OzonisasiAirPipaKarbonaktif (filter)Oksigen

4. Cara kerja

Pertama tama kita harus membuat ozon terlebih dahulu Caranya pembuatan ozon :

Alat Rumkoff dialiri listrik 220 volt,akan timbul loncatan potensial sebesar 3000-6000 volt, dengan pemberian O2, oksigen ini akan berubah menjadi ozon

3O 2O3

Setelah membuat ozon kita mengozonisasi air dengan cara ozonisasi

Air yang mengalir dan melalui suatu penekanan, ozon (O3)

H2O + O3 H2O + O2 + [O]; [O] yang terbentuk akan membunuh kuman.

G.Ruang Lingkup

Air minum yang diozonisasi

G.Daftar Pustaka

http://www.ekologi.litbang.depkes.go.id/data/vol%203/Ni%20Putu%20_ 2.pdf

http://fisikaedukasi.blogspot.com/