123881620 Format Rancangan Penilaian Baru

download 123881620 Format Rancangan Penilaian Baru

of 12

description

(model rancangan penilaian)

Transcript of 123881620 Format Rancangan Penilaian Baru

PEMERINTAH KABUPATEN PASERDINAS PENDIDIKANSMA NEGERI 1 BATU SOPANGJln. Negara km. 144 Kabupaten Paser 76252 Tlp. (0543) 5230763e-mail : [email protected]. Web Blog : sman1batusopang.blogspot.com

FORMAT RANCANGAN PENILAIANMATA PELAJARAN: Sejarah Peminatan (IPS)KELAS/PROGRAM: X/ IPSSEMESTER: GENAPKOMPETENSI INTI:KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnyaKI-2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.KI-3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

NO.KOMPETENSI INTIKOMPETENSIDASARPENILAIAN UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN

TATAP MUKAPENUGASAN TERSTRUKTURKEGIATAN MANDIRI TAK TERSTRUKTUR

1

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya1.1 Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur.

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.

Sebelum memulai pelajaran siswa diajak bersyukur dengan cara berdoa.

Guru dan siswa mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan

Berikan contoh nilai nilai moral yang berkembang, dan dilaksanakan oleh semua warga sekolahmu dalam bentuk syukur atas segala karunia TuhanAmati perilaku masyarakat sekitar tempat tinggalmu yang sesuai dengan bentuk rasa syukur, tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.

22. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam. Guru menampilkan video berupa hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam. Guru dan siswa bersama-sama mmeberikan pesan-pesan moral dari tayangan video Berikan contoh sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.

3. 2.2 Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya. Guru menampilkan video berupa hasil budaya zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam. Guru dan siswa bersama-sama mmeberikan pesan-pesan moral dari tayangan video Dari buku teks, Berikan contoh sikap tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.

4. 2.3 Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah. Guru menampilkan video sikap-sikap yang baik Guru dan siswa bersama-sama mmeberikan pesan-pesan moral dari tayangan video Berikan contoh-contoh Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah

3.5. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, Manusia dan Sejarah

3.1 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu.4.1 Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi Pre tes awal tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu. Menerangkan manusia hidup dalam ruang dan waktu. Secara individu/kelompok membuat cerita pribadi tentang manusia hidup dalam ruang dan waktu. Cari berita di Koran atau majalah kemudian analisa berdasarkan rumus 5W + 1H. Menyusun atau menulis sebuah peristiwa sejarah, Penulisan harus menggunakan rumus 5W + 1H. Siswa memberikan keterangan tentang peristiwa sejarah yang terjadi Cari berita di Koran atau majalah maupun internet yang berkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk

6. budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan 3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan.4.2 Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi. Pre tes awal tentang konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan. Menerangkan konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan. Siswa memahami konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan. Guru menyajikan sebuah peristiwa sejarah Siswa Menyusun sebuah peristiwa sejarah, Penulisan harus menggunakan rumus 5W + 1H. Siswa memberikan keterangan tentang peristiwa sejarah yang terjadi Kemudian buatlah bahan presentasinya didepan kelas.

7. prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.8. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

3.3 Menganalis keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini.4.3 Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini Pre tes awal tentang keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini. Menerangkan keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini. Siswa memahami keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini. Guru menyajikan sebuah peristiwa sejarah Siswa Menyusun sebuah peristiwa sejarah, Penulisan harus menggunakan rumus 5W + 1H. Siswa memberikan keterangan tentang peristiwa sejarah yang terjadi4.4 Membuat opini mengenai peristiwa sejarah mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini

Sejarah Sebagai Ilmu3.4 Menganalisis ilmu sejarah. Bertanya jawab tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah Menerangkan pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Siswa memahami pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk menerangkan kembali pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.

Berpikir Sejarah4.4 Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan. Bertanya jawab tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah Menerangkan pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Siswa memahami pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk menerangkan kembali pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.

Penelitian dan Penulisan SejarahMenganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah3.5 Menganalisis dan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.4.5 Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Bertanya jawab tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah Menerangkan pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Siswa memahami pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas mencari dari berbagai literature diperpustakaan mengenai cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Sumber Sejarah3.6 Menganalis berbagai bentuk/jenis sumber sejarah.4.6 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi. Bertanya jawab tentang berbagai bentuk/jenis sumber sejarah. Menerangkan pengertian berbagai bentuk/jenis sumber sejarah. Siswa memahami berbagai bentuk/jenis sumber sejarah. Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas menganalisis berbagai gambar tentang bentuk/jenis sumber sejarah.kemudian diklasifikasi dalam bentuk tabel Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

Berpikir Sejarah3.7 Menganalisis dan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.

Bertanya jawab tentang menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah. Menerangkan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah. Siswa memahami menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah. Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas menganalis beberapa peristiwa dengan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah Membuat garis waktu (sinkronis, diakronis) di karton kemudian dipresentasikan Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.

Sumber Sejarah3.8 dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial 4.8 Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari Bertanya jawab tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah Menerangkan pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Siswa memahami pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk menerangkan kembali pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah

terhadap berbagai peristiwa Sejarah.sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.

Bertanya jawab tentang Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah Menerangkan pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Siswa memahami pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk menerangkan kembali pengertian sejarah dari segi istilah dan menurut pendapat para ahli dan ruang lingkup ilmu sejarah

Historiografi 3.9 Menganalisis keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern.4.9 Menyajikan hasil analisis mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Bertanya jawab tentang keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern. Menerangkan keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern Siswa memahami keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk mengklasifikasikan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern Mencari dari berbagai bahan dan literatur mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern secara fisik dan budaya, dalam berbagai bentuk presentasi.

Manusia Purba Indonesia dan Dunia3.10 Menganalisis keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya.4.10 Menarik berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam bentuk tulisan.

Bertanya jawab tentang keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya. Menerangkan keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya. Siswa memahami keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya. Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk mencari bahan kliping mengenai keterkaitan antara Manusia Purba Indonesia dan Dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya Menarik berbagai kesimpulan dari hasil evaluasi terhadap perkembangan teknologi pada zaman kehidupan praaksara terhadap kehidupan masyarakat masa kini, dalam bentuk tulisan.

Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia3.11 Menganalisis keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini.4.11 analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi. Bertanya jawab tentang keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini. Menerangkan keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini. Siswa memahami keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini. Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk membuat tabel keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi

Peradaban Awal Indonesia dan Dunia

3.12 Menganalisis keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.4.12 analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi. Bertanya jawab tentang keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, Menerangkan keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, Siswa memahami keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk membuat tabel keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial analisis peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial, dalam berbagai bentuk presentasi.

II. KKM mata pelajaran adalah:Pengetahuan: 75 (3,00) Sikap : BKeterampilan: 75 (3,00)III. Nilai Akhir Semester diperoleh dari :

1. TugasTeknik Penilaian Bentuk Instrumen

Tes tertulis Tes pilihan: pilihan ganda, benarsalah,menjodohkan dll. Tes isian: isian singkat dan uraian

Tes lisan Daftar pertanyaan

Tes praktik (tes kinerja) Tes identifikasiTes simulasi Tes uji petik kinerja

Penugasan individual atau kelompok Pekerjaan rumah Projek

Penilaian portofolio Lembar penilaian portofolio

Penilaian diri Kuesioner/lembar penilaian diri

Jurnal Buku cacatan jurnal

Penilaian antarteman Lembar penilaian antarteman

Nilai tingkah laku diberikan dalam bentuk huruf.Nilai AngkaNilai HurufPredikat

86 10074 8556 7041 55< 0ABCDEBaik sekaliBaikCukupKurangSangat kurang

2. UH/Teori3. UTS (Ulangan Tengah Semester)4. UAS/UKK (Ulangan Akhir Semester / Ulangan kenaikan Kelas)dengan rumus/formula NR= (30% Tugas) + (40%Rata2 UH/UTS) + (30% UAS/UKK) = 100%IV. Setiap UH, siswa yang belum mencapai KKM, wajib mengikuti remedial, dan siswa yang telah mencapai KKM, berhak mendapat layanan pengayaan.

V. Rancangan penilaian ini telah disosialisasikan di hadapan siswa:1. 1 Kelas X IPA 1 , Tanggal 19 Juli 2014 (Ade Dwi Atmaja)2. Kelas X IPA 2 , Tanggal 19 Juli 2014 (Putri Candra Dewi Febriantika)3. Kelas X IPA 3 , Tanggal 16 Juli 2014 (Gita Faradina)4. Kelas X IPS 1 , Tanggal 17 Juli 2014 (Piteri Julianti)5. Kelas X IPS 2 ,Tanggal 17 Juli 2014 (Piteri Julianti)6. Kelas X IPS 3 , Tanggal 16 Juli 2014 (Rasidah)Mengetahui,Kepala Sekolah

Waluyo Abu Saputro, M.PdNIP. 19630709 198703 1 022

Batu Sopang, 07 Juli 2014 Guru Mata Pelajaran

Mahfuzah Hidayati, S.Pd NIP.