[021113] Hasil survei Sabtu siang

7
HASIL SURVEY SABTU SIANG WAWANCARA DAN KEGIATAN MENCOBA MENANAM

Transcript of [021113] Hasil survei Sabtu siang

Page 1: [021113] Hasil survei Sabtu siang

HASIL SURVEY SABTU SIANG

WAWANCARA DAN KEGIATAN MENCOBA MENANAM

Page 2: [021113] Hasil survei Sabtu siang

KEGIATAN MENANAM1. Dimulai dengan mencoba membuat pot kreatif dari bahan yang ada

(botol-botol plastik)Ekspektasi : memancing keingintahuan warga.Hasil : Awalnya tidak ada yang tertarik, kemudian ketika acara senam dimulai, baru ada ketertarikan dari beberapa orang ibu-ibu. Tapi tidak sempat diwawancara karena mereka lebih tertarik dengan acara senam.

2. Mulai mengisi dengan tanah dan mencoba mencari tanaman apa yang bisa ditanaman.Ekspektasi : Ada banyak tanaman toga yang bisa ditanamHasil : Tidak menemukan tanaman obat yang bisa dicangkok dan tidak berhasil mengemis bibit pada tetangga. Hanya menemukan beberapa tanaman hias yang sepertinya bisa disetek.

Page 3: [021113] Hasil survei Sabtu siang

3. Kembali berkonsentrasi dengan pot kreatif.Ekspektasi : Menarik perhatian ibu-ibu karena kegiatan menanam (memasukan tanah, mencari tanaman, hingga menyetek) sama sekali tidak menarik perhatian ibu-ibu. Hasil : Beberapa ibu-ibu terlihat tertarik, tapi tidak bisa banyak diwawancara. Ada seorang ibu terlihat sangat antusias dan meminta diajak jika ada program yang lebih serius terlebih jika tanamannya berupa tanaman obat. Ternyata pada tahap ini anak-anak lebih tertarik dan mudah diajak berinteraksi mengenai pot kreatif.

4. Menggalang anak-anak untuk membuat pot kreatif sama samaEkspektasi : Anak-anak antusiasHasil : Anak-anak antusias. Tidak hanya menghias tapi juga ingin terlibat dalam kegiatan menanam, mulai dari memasukan tanah, mencari tanaman hias untuk di setek hingga mengairi. Dan diakhiri dengan membantu menghias pot kreatif tersebut.

Page 4: [021113] Hasil survei Sabtu siang

Evaluasi Kegiatan Mencoba Menanam

. Perlu ada kegiatan/ workshop mengenai hal ini (menanam, membuat media tanam) yang lebih terintegrasi untuk menarik perhatian ibu-ibu. Karena yang hari ini terkesan tanggung dan tidak mengajak.

. Ada banyak ibu-ibu yang tertarik, tapi jangan digabung dengan kegiatan lain (seperti senam) karena jadi diabaikan. Butuh ada waktu khusus (mungkin setelah selesai senam atau bagaimalah).

.Kegiatan ini bisa juga dirancang bukan hanya untuk menarik perhatian ibu-ibu tapi juga anak anak.

Page 5: [021113] Hasil survei Sabtu siang

Hasil Wawancara

• Jika ingin mengadakan kegiatan menanam lagi, persiapannya lebih dimatangin lagi. (Contoh: jenis tanaman apa yang mau ditanam, medianya seperti apa)

• Waktu yang diperlukan untuk menanam toga cukup lama dari menjemur bibitnya, menyemai bibitnya, dan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih besar.

• Jika ingin memakai lahan bersama, lahan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Page 6: [021113] Hasil survei Sabtu siang

Evaluasi Keseluruhan

• Dari hasil kegiatan mencoba menanam, dapat disimpulkan bahwa output dari projek everyday bukan berupa menanam, karena memerlukan waktu yang cukup lama

• Terdapat antusiasme beberapa ibu-ibu dan anak-anak ketika membuat pot kreatif, sehingga mungkin output bisa berupa pot kreatif (kasarnya) atau semacamnya.

Page 7: [021113] Hasil survei Sabtu siang