Vitamin Larut Lemak

Post on 02-Feb-2016

220 views 0 download

description

vitamin

Transcript of Vitamin Larut Lemak

VITAMIN LARUT LEMAK

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANGYang termasuk dalam kelompok ini adalah vitamin-vitamin A,D,E,dan K. Kecuali vitamin E mempunyai sifat be=road spectrum, lipid oxidant, maka vitamin-vitamin A,D,E, dan K mempunyai sifat aktivitas individual. Kelompok vitamin ini mudah ditimbun kecuali vitamin E. Tidak seperti vitamin B, dimana vitamin B bersifat sebagai koenzim, kelompok vitamin larut dalam lemak ini bukan koenzim kecuali vitamin K.

Karena mudah disimpan terutama A dan D maka dua vitamin ini relatif mudahmengalami toxisitas. vitamin D, tidak dibuat oleh tanaman, tetapi dibuat dala tubuh manusia/ternak dengan pertolongan sinar matahari dan vitamin B12. Selanjutnya vitamin K, juga dihasilkan oleh mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

PEMBAHASAN

1. Vitamin Aa. Pengertian

Vitamin A, vitamin yang larut dalam adalah istilah umum bagi beberapa campuran kimia yang sejenis. Campuran tersebut terdapat kalau bukan sebagai vitamin A dalam bentuk seperti retinol, sebagai provitamin (pendahulu) dalam zat warna karotenoid tanaman. Jumlah vitamin A dalam bentuk pangan disebut vitamin A atau kandungan retinol. Oleh karena bahan tersebut dapat dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh, jumlah pendahulunya atay provitamin Adalam pangan dinyatakan sebagai nilai vitamin A.