Tugas Mata Kuliah Geologi Panas Bumi

Post on 18-Dec-2015

287 views 3 download

description

panas bumi

Transcript of Tugas Mata Kuliah Geologi Panas Bumi

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGIUNIVERSITAS GADJAH MADAFAKULTAS TEKNIKJURUSAN TEKNIK GEOLOGI

TUGAS MATA KULIAH GEOLOGI PANAS BUMISISTEM PANASBUMI DAERAH GUNUNG LAMONGAN DAN GUNUNG ARGOPURO

DISUSUN OLEH:DIYANING RATRI(12/330427/TK/39584)

DOSEN PENGAMPU :Dr. AGUNG HARIJOKO, S.T., M.Eng.

YOGYAKARTAAPRIL2015Tugas Mata Kuliah Geologi Panas Bumi

Gn. ArgopuroGn. Lamongan

Gambar 1. Citra DEM daerah panas bumi, Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan

Soal :Dimanakah sumber panasnya? Apakah di Argopuro, gunung Lamongan, atau lereng mar?Informasi :1. Fumarol ada di selatan Argopuro2. Di sebelah timur laut Gunung Lamongan terdapat mata air Tiris3. Terdapat endapan travertine pada lereng mar di dekat sungai sebelah timur laut Gunung Lamongan.

PENJELASAN

Manifestasi panasbumi daerah Tiris, Probolinggo muncul di tepi sungai Pakalen. Sungai tersebut diduga melalui zona lemah berupa patahan atau batas kontak batuan volkanik hasil kegiatan Gunung Lamongan dengan Gunung Argopuro. Manifestasi panasbumi yang didapatkan berupa mata air panas. Mata air panas merupakan suatu manifestasi sistem hidrotermal, sehingga apabila terdapat sauatu mata air panas, maka besar kemungkinan terdapat suatu sistem hidrotermal aktif dibawah permukaan. Selain mata air panas yang ditemukan di Tiris, ditemukan pula fumarol di bagian selatan Argopuro. Fumarol sendiri merupakan manifestasi panas bumi yang mencirikan sistem panas bumi high relief terrain. Fumarol merupakan manifestasi yang muncul dekat dengan sumber panas. Selain itu, kehadiran maar disekitar gunung Lamongan, merupakan manifestasi dari letusan freatomagmatik yang memiliki kaitan erat dengan aktivitas hidrovulkanisme.Untuk dapat mengetahui asal sumber panas daerah ini, apakah berasal dari gunung Lamongan atau gunung Argopuro, agar lebih pasti dapat dilakukan dengan menganalisis unsur unsur kimia batuan dan air panas di wilayah tersebut. Keberadaan endapan travertine pada lereng maar yang dekat dengan gunung Lamongan dihasilkan oleh outflow sistem panas bumi yang berupa bicarbonate spring.Dari keseluruhan data manifestasi yang ada, terutama keberadaan mata air panas tipe air bikarbonat di Tiris, dapat diinterpretasikan bahwa sumber panas berasal dari gunung Lamongan. Mata air panas keluar melalui kekar kekar di jalur sesar yang ada disepanjang kali Pekalen (Tiris). Berikut merupakan peta geologi regional daerah Tiris, yang menunjukkan keterdapatan sesar dengan trend barat laut-tenggara yang memfasilitasi pergerakan fluida ke permukaan.

Gambar 2. Peta daerah panas bumi, Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan

KESIMPULAN :1. Sumber panas sistem panasbumi berasal dari gunung Lamongan2. Manifestasi air panas dapat muncul karena adanya zona lemah berupa patahan atau batas kontak batuan volkanik hasil kegiatan Gunung Lamongan dengan Gunung Argopuro.3. Endapan Travertine yang dihasilkan berasal dari aktivitas bicarbonate spring.

DAFTAR PUSTAKA :http://www.iagi.or.id/paper/geologi-panasbumi-daerah-tiris-dan-sekitarnya-probolinggo-jawa-timur (diakses 27 April 2015)Niken Angga Rukmini, 2014, Karakterisasi Endapan Maar Ranu Segaran dan Asosiasi dengan Pembentukan Mata Air Panas di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Yogyakarta : Teknik Geologi FT UGM (tidak dipublikasi)