Sub BPK · Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali 1.765 Kepala Keluarga...

Post on 23-Jan-2021

4 views 0 download

Transcript of Sub BPK · Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali 1.765 Kepala Keluarga...

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

1.765 Kepala Keluarga DapatBantuan Rp 3,3 Miliar

SINGARAIA, NusaBaliPemkab Buleleng mu-

lai mengucurkan bantuanprogram keluarga harapan[PKH). Kali ini sebanyak1.765 kepala keluarga diKecamatan Banjar menerimaPKH berupa tabungan dankartu keluarga sehat (KKS).Total bantuan PKH yang diku-curkan senilai Rp 3,3 miliar.

Bantuan tersebut diser-ahkan secara simbolis olehWakil Bupati Buleleng drNyoman Sutj idra, Kamis(25/7) di Balai Desa KerrhaLocita, Desa Pakraman Ban-ja4 Desa/Kecamatan Banjar.

Wabup Sutjidra menga-takan, program PKH meru-pakan salah satu programpengentasan kemiskinandi Buleleng. Karena di-akui, di Buleleng masih adawarg yang masih hidup dibawah garis kemiskinan."Kami akan terus menyasarmasyarakat seperti itu hing-ga tingkat kemiskinan dapatberkurang, melalui PKH se-bagai salah satu upayanya,"kata Sutiidra.

Wabup juga memi.nta ke-

. NUSABALI/SUDIRTAWAKIL Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra serahkan bantuan pHK pada*urg19, Kr"1rnrtun BjnJ:+ Kamis (2bl1 ).

pada aparatur terbawahseperti Kepala Desa lebihgiat memverifikasi dan vali-dasi warganya yang me-merlukan. Hal ini pentingmengingat ada beberapawarga yang masih terce-cer. Verifikasi dan validasi

juga perlu untuk mendatamasyarakat yang benar-benar memerlukan. "Kitasudah memberikan daritahun lalu. Tahun ini kitaberikan kepada masyarakatyang tercecer itu," ungkapSutjidra.

Sementara Kepala DinasSosial Kabupaten Buleleng,Gede Komang menjelaskanada beberapa upaya yangdilakukan untuk menurunkantingkat kemiskinan di Bule-leng. Salah satunya adalahPKH ini. Selain itu, ada jugaprogram Kelompok UsahaBersama (KubeJ. Dalam Kubeini setiap kepala keluargamemperoleh nominal bantu-an sebesar Rp 2 juta. "Denganbantuan-bantuan ini dihara-pkan tingkat kemiskinan diBuleleng akan berkurang,"jelasnya.

Gede Komang menam-bahkan selain kepadamasyarakat, bansos juga dis-erahkan kepada para pen-yandang disabilitas terutamatuna netra. Nantinya PemkabBuleleng akan memberikanbantuan berupa sapi dan daripemerintah pusat berupabantuan dana sebesar Rp 5juta per KK. "Kita juga perha-tikan penyandang disabilitasseperti penyandang tuna netrayang tergabung dalam Pertuniagar bisa melanjutkan hidup,"tandasnya.6 k19

Edisi

Hal

: Jumot, ,o Sanuncr gor8

u/

W

ryt q{1

Wi#ri

I

Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

Edisi : Jqnad , 2e Jano",i ao$

Hal : a

.t

Dana Desa dari Pusat \-

Dicairkan Tiga KaliMANGUPURA, NusaBali

Dana desa kucuran daripemerintah pusat untuk 46desa se-Kabupaten Badungpada 2O 1B alian dicairkaidalam tiga tahap. Pencairandana desa tahun ini ber-beda dibanding tahun 2017yang dilakukan dua tahap.Total dana desa ke Badungseberar Rp 42.439.183.000.Tiap desa menerima palingrendah Rp 800 juta dan pal-ing besar Rp 1,2 miljar.

Bila pada 2017 pencairanpertama bulan luli sebanyak60 persen daD pencairan ta-hap kedua November sebe-sar 40 persen. Namun di2018, tahap pertama sudahdicairkan dalam rentangwaktu lanuari - Maretyaknisebesar ?0 persen, tahapkedua Maret - Juri pen-cairan 40 persen, dan sisan-ya pada tahap ketiga padafuli sebanyak 40 percen.

"Penyaluran dana desadari Rekening Kas UmumNegara (RKUD) diterimaRekening Khas Umum Dae-rah (RKUD). Baru setelahitu masuk ke Rekening KasDesa {RKD). Prosesnya pal-ing lambat tujuh hari kerjasetelah dana desa masuk keRKUD;' ujar Kadis Pember-

dayaan M asyarakat Desa(PMD) Badung Putu cdeSridana, Kamis (25l1).

'l'ak ubahnya tahun lalu,lanjut Sridana, peng3loka-sian dana desa lnasih mem-pertimbangkan beberapatakto r, di antaranya nle-nyesuaikan bobot jumlahpenduduk, jumlah banjar,jumlah penduduk miskin,luas wilayah dan indekskesulitan geografi s, sertamemasukkan variabel desaberprestasi. Ada tambahanindikator desa sangat tert-inggal dan desa tertinggaldengan jumlah pendudukmiskin tertinggi.

Masih seperti tahun 2017,pada tahun ini dana desayang diterima oleh masing-masing desa di Badung bisadinranfaatkan 70 persenuntuk pemberdayaan dan30 persen untuk operasionalpemerintah desa,

Agar penggunaan danadesa tersebut tepat sasaran,pemerintah daerah meny-iapkan tim khusus untukmelakuka n pengawasan.Bahkan pengawasan peng-gunaan dana desa dilakukanmulai dari tahap perenca,naan. "Jadi mulai perenca-naan, pelaksanaan, hingga

pelaporan kami awasi dankami dampingi. Sehinggasemua tidak menyalahi atu,ran," tegas Sridana.

Selain dana desa, mas-ing-masing desa di Badungjuga menerima sumtlerpendapatan lainnya yakniADD sebesar Rp 41,9 miliarlebih, dari pajak daerah danreteribusi daerah sebe-sar Rp 462 miliar lebih-"Sehingga total dana desaterendah yang d ite rimadesa sekitar Rp 9 miliarlebih dan tertinggi sekitarRp 16 miliar lebih," beberpeiabat asal Denpasar, itu.Menurutnya Desa Peiaga,Keca matan Petang sebagaidesa tertranyak tnc nerimabantuan dan Desa Selat,Kecamatan Abiansemalyang m en erima ba ntual]terendah.

Mengingat dana yang di-terima masing-masing desacukup besat Wakil BupatiBadung I Ketut Suiasa meng-ingatkan agar penggunaandana tersetrut sesuai perun-tukan. "Kami berharap paraperbekel agar bisa memper-gunakannya sesuai denganketrutuhan bukan karenakepentingan," tegasnya be-lum lama ini. *, asa