SUARAKARYA -...

Post on 09-Mar-2019

216 views 0 download

Transcript of SUARAKARYA -...

SUARAKARYAo Senin o Selasa o Rabu o Kamis • Jumat o Sabtu 0

2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 1317 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28OJan OPeb oMar OApr OMei OJun eJul 0 Ags OSep OOkt

SELEKSI MAHASISWA BARU

1.608 Peserta SNMPTN CurangJAKARTA(Suara Karya]: Berba-gai upaya dilakukan orang agarbisa lolos seleksi nasional ma-suk perguruan tinggi negeri(SNMPTN), kendati harus ber-buat eurang. Tahun ini pesertaSNMPTN yang ketahuan mela-kukan keeurangan sebanyak1.608 orang. Tindak keeurang-an terbanyak dilakukan denganmenggunakan telepon seluler.

"Begitu ketahuan berbuateurang, nama peserta langsungdieoret dan dinyatakan gugur.Tak ada kompromi," kata KetuaPanitia SNMPTN2010 Herry Su-hardiyanto dalam jumpa pers diJakarta, Kamis (15/7), terkaitdengan reneana pengumumanhasil SNMPTN 2010 seeara se-rentak di seluruh Indonesiapada 17 Juli mendatang.

Namun, Herry menjelaskan,jumlah tindakan keeuranganpeserta SNMPTN tahun ini me-nurun hingga 50 persen diban-ding tahun lalu. Pada SNMPTN2009 tereatat ada 3.000-an pe-serta yang ketahuan melakukankeeurangan. Namun, belum di-ketahui pasti faktor penyebabpenurunan jumlah keeuranganitu--apakah karena pesertanyamakin jujur atau teknologinyamakin eanggih sehingga aksikeeurangan tidak terdeteksipengawas.

"Modus operandi keeurang-an itu setiap tahun berubah-ubah. Tahun ini sebagian besarmengguna kan telepon seluler.Ada yang menyuplai jawabandari joki yang menyamar seba-gai peserta SNMPTN.Dari ruangujian, joki meng-SMS (mengirimpesan singkat lewat teleponseluler--Red) jawaban ke pe-nampung untuk kemudian dise-barkan ke peserta lainnya. Takada soal yang boeor, jawabandari joki yang jadi peserta," kataRektor Institut Pertanian Bogor(IPB) itu.

Herry menduga aksi keeu-rangan dilakukan secara sis-

tematis. la'mendapat info, para'pelaku keeurangan itu sebelum-nya dikumpulkan dalam satuhotel untuk melakukan latihandan pengarahan. Pada SNMPTNtahun lalu, para "pemain" me-lakukan aksinya di Makassar,namun tahun ini wilayah ope-rasinya bergeser ke Semarang.

"Meski kasusnya di Sema-rang, bukan berarti warga Se-marang yang melakukannya.Pelakunya bisa siapa saja. Kamimasih melakukan penyelidikaninternal. Untuk kasus di Sema-rang, sudah 23 peserta yang di-tangkap. .Jumlahnya kemung-kinan berkembang. Tapi, apa-kah semuanya joki atau ada pe-serta, belum ada keterangan da-ri pihak kepolisian," ujar Herry,Ia menambahkan, panitia

SNMPTNsudah mendata jaring-an tersebut. Soal sanksi bagimahasiswa yang terlibat, itudiserahkan ke rektor masing-masing. "Tetapi, jika pelakunyamahasiswa IPB, akan kami ke-luarkan. Tak ada kata kompro-mi," ueap Herry menegaskan.

Hal senada dikemukakanRektor Universitas Negeri Yogya-karta (UNY)Rochmat Wahab. lamengatakan, modus operandi ja-ringan di Semarang serupa de-ngan kasus di Universitas Hasa-nuddin, Makassar. "Jangan dikirakami tidak mempelajari pola 'per-mainan' mereka," ujarnya.

Bangku KosongHerry menambahkan, jum-

lah peserta SNMPTN 2010 me-ningkat 8,8 persen dibandingtahun lalu dari-412.248 orangmenjadi 447.201 orang. Namun,dari jumlah 447.201, yang ter-seleksi hanya 367.909 orang.Sisanya sebanyak 79.292 orangdinyatakan gugur karena tidakhadir saat ujian, salah menulisbiodata, dan ketahuan berbuateurang. _

"Dari 367.909 orang yangterseleksi itu, ada 88.401 orang

Kliping Humas Unpad 2010

yang lolos seleksi. Jumlah i umemang di bawah kuota ydialokasikan 57 PTN peseSNMPTN sebanyak 89.355si," katanya.

Dengan demikian, menuHerry, saat ini ada sekitar 9kursi kosong di PTN. Jumltersebut ada kemungkinan btambah sekitar 20 persen akib tealon mahasiswa yang sudlolos SNMPTN tak mendaftulang.

"Kebijakan tentang bankosong adalah otonomi perruan tinggi masing-masing apkah tetap akan dibiarkan ksong atau mereka melakukseleksi mandiri lagi," tuturnya

Herry menjelaskan, terjnya bangku kosong yang ebesar bukan karena ketidmampuan ealon mahasiswmelainkan lebih pada kesalahdalam memilih jurusan. Jumlpeserta SNMPTN yang memili I

nilai di atas rata-rata, tetapidak mampu bersaing di prgram studi pilihannya, menc I

pai lebih dari 58.000 orang."Nilai mereka sebenarnya di

atas rata-rata, namun karena mmilih program studi dengtingkat persaingan yang ketamereka tidak mampu bersaing dlam program studi tertentu, yakhirnya tidak diterima di program studi mana pun," ujarnya.

Program studi yang memi .tingkat persaingan sangat ketamenurut Herry, untuk bidaneksakta adalah pendidikan doter, teknik kimia, farmasi, tenik industri, teknik elektro,teknik industri, dan teknolo .industri. Sedangkan progrstudi favorit pada bidang IPadalah hubungan internasionakuntansi, komunikasi, psikologi, manajemen, administranegara, dan ilmu ekonomi.

Ketika ditanyakan bankosong ada di PTN mana sajHerry enggan menyebutkan.

(TrlWah